**/ Cerita Ida : Wonderful wife, Sebuah Pribadi yang Harus Terus Dikejar

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

16 Feb 2014

Wonderful wife, Sebuah Pribadi yang Harus Terus Dikejar

Cimahi, 16 Februari 2014

Bismillah,

Ini GA pertama yang saya ikuti, mudah-mudahan bisa ikutan GA -  GA yang lainnya hehe... Jadi pemicu semangat untuk semakin rajin menulis :) Mudah-mudahan ya....

Pernikahan antara sepasang suami istri merupakan sebuah ikatan perjanjian yang sangat kuat dan kokoh, di dalam al qur'an ikatan ini disebutkan sebagai ikatan Mitsaqon golidzon.  Kata mitsaqon golidzon hanya dipakai untuk tiga hal saja yaitu pada perjanjian Allah SWT dengan para nabi, perjanjian Alloh SWT dengan Bani Israel dan ketiga Pernikahan. 

"Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali (mahar), padahal sebagian kamu telah bergaul sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat" (An-Nisa: 21).

Allah SWT menyetarakan ikatan pernikahan dengan kedua perjanjian lainnya bukanlah tanpa sebab.  Rumah tangga adalah salah satu benteng di antara benteng-benteng akidah.  Itulah sebabnya sebuah rumah tangga harus dibangun oleh suami istri yang berusaha menjadikan bentengnya itu benteng yang kuat.

Suami dan istri bagaikan sepasang sayap pada seekor burung, satu sama lain saling membutuhkan, saling mendukung.  Salah satu saja sayap itu patah maka rumah tangga tidak akan dapat berjalan dengan baik, tidak akan berhasil menjadikan sebuah rumah tangga menjadi benteng akidah yang kokoh.

Menjadi wonderful wife adalah sebuah proses yang harus terus diupayakan dan ditingkatkan. Menurut pendapat saya ada tiga hal penting yang mendasar yang harus dimiliki seorang istri untuk menjadi wonderful wife:

1. Memiliki Pemahaman yang baik terhadap agamanya / Memiliki Akidah yang kuat

Istri yang memahami pemahaman yang baik, akan menyadari betul untuk apa ia hidup di dunia. Ia akan memahami bahwa ia hidup memiliki tugas sebagai hamba dan sebagai kholifah di muka bumi.  Pemahaman ini akan menghantarkan ia menjadi pribadi yang berusaha sebaik-baiknya dalam menjalani kehidupannya. Ia memahami bahwa setiap yang ia lakukan harus dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Ia pun memahami bahwa suaminya adalah imamnya yang harus ia taati selama tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT.  

Tips untuk mewujudkannya:  
Selalu berusaha terus mencari ilmu melalui pengajian-pengajian, tarbiyah/ pengajian yang berkesinambungan, membaca  mendengarkan radio dan sebagainya.  Sehinga pemahamannya terus bertambah.

Selalu berusaha untuk dekat dan mendekati yang maha kuasa Alloh SWT



2.  Memiliki kemampuan Manajemen Waktu

Seorang istri haruslah memiliki kemampuan untuk memenej waktunya dengan sebaik-baiknya.  Pemahamannya terhadap kehidupan menghantarkannya untuk menjadi sosok yang memiliki multi peran dalam hidupnya.  Seorang istri yang memiliki banyak peran dalam hidupnya haruslah memiliki kemampuan memenej waktunya.   Memenej waktu diperlukan dalam menjalankan rutinitas yang dimilikinya, untuk pengembangan anak dan keluarganya dan peningkatan kualitas dirinya.  Sehingga semakin lama ia akan menjadi pribadi semakin baik.

Tips:  Komitmen, memiliki planning, target, kemampuan mengatakan tidak terhadap pada apa yang tidak direncanakannya.



3.  Istri yang lembut dan penuh kasih sayang

Seorang istri dengan pemahaman yang baik, kemampuan memenej waktu yang baik haruslah didukung dengan kemampuan bersikap lembut dan penuh kasih sayang,  Komunikasi dengan suami, anak dan keluarga dalam menerapkan prinsip-prinsip hidupnya dan berkomitmen terhadapnya dilakukan dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Sehingga akan mudah dalam menerapkannya karena dilakukan dengan komunikasi yang baik.

Tips :  Ini lebih pada sifat dan kepribadian tetapi bisa diusahakan dengan terus belajar dan bergaul dengan orang-orang yang bersifat lembut dan penuh kasih sayang. Berusaha dan belajar terus menjadi pribadi yang penuh empati.



Itulah tiga hal mendasar menurut saya yang penting dimiliki seorang istri untuk menjadi istri yang ideal.

Sementara itu masukkan untuk blog Bu Ida Nur Laela apa ya.... saya senang membacanya karena sesuai dengan moto di blog yaitu ingin selalu berbagi kebaikan.  Saya banyak mendapat manfaat dengan membaca blog bu Ida.  

Masukkannya apa ya... jadi bingung deh oh iya back groundnya mungkin awan yang bergerak itu kadang sedikit mengganggu ketika asyik membacanya, fontnya sedikit lebih dipergelap biar mata emak-emak seperti saya ini lebih nyaman membacanya.  Blognya bisa didaftarin bu jadi blog yang menghasilkan fulus hehe....



20 komentar :

  1. wah...komplit sekali bu...sepakat sg ibu: agama yg paling utama. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali bu..., senang sekali ada yang mau membaca tulisan saya :)

      Hapus
  2. Salam kenal bu.. kriterianya menarik, plus gambar lagi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, hehe... iseng saja bu biar rame hehe, terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. Subhnallah... postingan ini benar-benar mengajarkan banyak hal kepadaku pribadi, khususnya nanti kalau mau menikah. Gambaran awal pranikah. 

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, saya senang sekali kalau memang bermanfaat, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk dapat yang terbaik, bukan begitu ya Dik ? hehe... btw Terima kasih ya sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  5. hai mak,,salam kenal ya,,tulisannya menginspirasi banget,,,^^

    BalasHapus
  6. Salam kenal kembali mak.... terima kasih ya sudah mampir, alhamdulillah :)

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih juga sudah mampir ya Mak... :)

      Hapus
  8. butuh keikhlasan super untuk bisa jadi wonderful wife ya mak... semoga bisa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali Mak.... mudah untuk diucapkan dan dituliskan tapi prakteknya super duper deh perjuangannya, trims sudah mampir ya mak, btw mau follow blognya Mak Latree dan lainnya gimana caranya ya... kok beda sama yang dulu ya... :)

      Hapus
  9. wow, manajemen waktu itu penting ya, mak. apalagi kalo emak multitasking harus ngurus rumah sendirian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak....penting sekali, kalau ga bisa atur waktu keteter yah, segala ga kelar xixixi...

      Hapus
  10. berkunjung mak, makasih udah ikutan GA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah seneng dikunjungi yg punya hajat.... terima kasih ya Mak ... :)

      Hapus
  11. Poin pertama itu sangat mendasar sekali mak...saya setuju sangattt..^^
    barakallaahu fiik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya Mba, memang itu kan yg dipesankan rasulullah ya...number one is Dien nya...hehe..:)

      Hapus
  12. Sepakat Mak... Harus banyak belajar nih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat satu paket ini ya mba... hehe... diminta cuman tiga, jadi bingung juga, nyari yg paling ... diantara yg paling... xixixi, terima kasih sudah mau membaca :)

      Hapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^