blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

6 Apr 2020

Pilihan Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Al Islam Bandung



Pilihan Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Al Islam Bandung  Siapa sih yang ingin sakit?  Tentu tidak ada yang menghendakinya bukan?  Tapi kalau sudah terlanjur sakit dan harus dirawat di rumah sakit tentu kita menginginkan pelayanan yang terbaik ya...  

Nah berkaitan dengan itu Cerita Ida kali ini menulis tentang sebuah rumah sakit Islam di Bandung yaitu Rumah Sakit Al Islam Bandung atau biasa disingkat RSAI.  Aih, menulis ini jadi mengenang masa lalu karena dulu sebelum menikah sempat bekerja di sini.  

Lumayan lama juga kerja di sini sempat pindah ke sebuah bank Islam tapi kemudian kembali ke RSAI lagi karena diminta atasan saya yang dulu.  Namun saat hamil anak pertama, akhirnya saya memutuskan untuk resign dan kemudian menjadi ibu rumah tangga yang full di rumah.

Bagi warga Bandung tentunya mempunyai banyak pilihan rumah sakit yang  menerima pelayanan kesehatan yang kita butuhkan. Salah satunya adalah Rumah Sakit Al Islam Bandung  yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Nomor 644 ini. 

Rumah sakit ini menawarkan berbagai fasilitas kesehatan yang bisa diberikan pada pasiennya mulai dari rawat jalan dengan berbagai poliklinik yang lengkap, rawat inap, home care, kateterisasi jantung, hingga medical checkup yang menawarkan berbagai macam paket yang kita inginkan. 


Rumah sakit ini juga merupakan tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ketika kita harus menginap di rumah sakit. RS Al Islam Bandung menawarkan beberapa ruang rawat inap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Pilihan ruang perawatan rawat inap di RS Al Islam Bandung itu adalah:

  1. Rawat inap umum
Untuk pilihan ruang rawat inap pertama yang ada di rumah sakit ini adalah ruang rawat inap untuk umum. Maksudnya ruang rawat inap adalah bisa digunakan untuk perawatan pasien umum, bpjs, dan juga pasien kontraktor yang telah bekerja sama dengan rumah sakit ini. 

Nah untuk teman-teman ketahui ruang rawat inap umum menawarkan berbagai kelas perawatan yang bisa dipilih dengan tarif dan fasilitas yang berbeda.  Apa saja itu saya paparkan di bawah ini ya...

·         Ruang rawat inap VVIP A dan VVIP B mempunyai kamar untuk 1 pasien dengan fasilitas bed pasien, sofa bed, overed table, meja, kursi, tv, kulkas, ac, dan juga kamar mandi.
·         Ruang rawat inap VIP A mempunyai kamar untuk 1 pasien, sofa bed, tv, ac, kulkas, dan fasilitas lainnya.
·         Ruang RG VVIP merupakan ruang rawat gabung dewasa.
·         Ruang VIP B untuk kamar 1 pasien dengan sofa, overbed table, tv, ac, dan dispenser.
·         Ruang utama A untuk 1 pasien, sedangkan untuk ruang utama B untuk 2 pasien.
·         Ruang kelas 1 untuk 2 pasien, kelas 2 untuk 3 pasien, kelas 3 dan 4 untuk 4-6 pasien.

  1. Rawat inap anak
Pilihan ruang rawat inap selanjutnya di RS Al Islam Bandung adalah ruang rawat inap untuk anak. Sehingga apabila anak Anda mengalami sakit dan membutuhkan perawatan khusus, nantinya ruangannya juga akan dibedakan dengan ruang untuk pasien dewasa. 

Ruang rawat inap pasien anak ini melayani pasien mulai dari usia 1 bulan hingga 18 tahun dengan berbagai penyakit. Ruang ini menawarkan berbagai kelas yang terdiri dari kelas 1, kelas II, kelas III, utama, dan terakhir adalah VIP B.

  1. Rawat inap kebidanan
Ruang rawat inap selanjutnya adalah ruang rawat inap kebidanan yang merupakan ruang perawatan untuk pasien pasca melahirkan dan juga untuk pasien yang hamil. Selain untuk pasien ibu hamil dan melahirkan, ruangan ini juga bisa digunakan untuk pasien ginekologi, pengangkatan rahim karena menderita kanker, dan juga kondisi lainnya. 

Ruangan ini juga akan mempunyai tenaga medis yang berpengalaman dan dilengkapi dengan alat medis yang lengkap.

  1. Rawat inap khusus
Untuk jenis ruang rawat inap terakhir yang ada di Rumah Sakit Al Islam Bandung adalah ruang rawat inap khusus. Ruangan ini digunakan untuk perawatan pasien yang mempunyai kondisi khusus misalnya untuk ruang perawatan perinatologi, NICU, HCU maternal, HCU dewasa, HCU anak, PICU, isolasi, ICU, dan berbagai perawatan lainnya. 

Oleh karena itu ruangan ini memang diperuntukkan pasien yang membutuhkan perawatan khusus dan penyakit khusus yang dilengkapi dengan tenaga medis yang ahli dan alat medis yang canggih.


Nah teman-teman cukup ini dulu ya, Cerita Ida tentang Pilihat Ruang Inap Rumah Sakit Al Islam Bandung ini.  Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang memerlukan informasi tentang Rumah Sakit Al Islam Bandung ini.  Sampai jumpa di Cerita Ida berikutnya :)

26 komentar :

  1. Terima Kasih Teh Ida sudah berbagi walaupun saya tinggal di jakarta namun informasi ini sangat berguna sekali untuk teman yang tinggal di sekitar jalan soekarno hatta Bandung

    BalasHapus
  2. wiiih nuhun teh udah sharing nih soal rumah sakit al Islam, aku beberapa tahun lau pernah jenguk papanya temen ke sana hehe

    BalasHapus
  3. Wah, service di RS ini pastinya paripurna, ya. Bisa daku rekomen kalo ada temen di BDG yg lagi sakit. Teh Ida dulu bagian apa di RS ini?

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah masuk ke RS Al Islam ini, karena jaraknya juga jauh dari rumah. Terima kasih untuk informasinya ya, teh :)

    BalasHapus
  5. Walaupun aku gak tinggal di bandung. Paling gak ud dpt info yg lengkap dr teteh. Thanks

    BalasHapus
  6. Nah, idem dengan mba Nurul.
    Pertanyaannya sama, "Mba Ida dulu bertugas di bagian apa ya?"

    Untuk rumah sakit, bagiku, pelayanan yang berkualitas adalah keniscayaan!

    Kalau tidak urgent, aku lebih memilih rumah sakit yang jauh jaraknya, namun dengan pelayanan yang berkualitas (tidak melulu harus modern) ketimbang yang misalnya staffya, kurang ramah plus kamar mandi bau, dll.



    BalasHapus
  7. Makasih infonya teh saya izin share sama teman yang ada di bandung yah teh. semoga teteh sehat selalu. Semiga pandemi ini segera berlalu yah biar kita semua bahagia

    BalasHapus
  8. Makasih ya mbak buat sharingnya. Jadi nambah info lagi nih tentang Rumah Sakit di Bandung. Ternyata banyak jenis ruang rawat inap sesuai kebutuhan pasien ya.
    Pastinya informasi ini akan sangat bermanfaat bagi teman2 terutama yang tinggal di Bandung.

    BalasHapus
  9. teh mau nanya, kalau disini khusus muslim atau non muslim juga boleh berobat kesini teh? serius nanya, soalnya selama ini penasaran tapi ga tau mau nanya ke siapa hehee kebetulan teteh bahas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas Mba.. ga liat agamanya apa kalau mau berobat atau dirawat di RSAI mah silakan... :D

      Hapus
  10. Pernah ke rumah sakit Al Islam ini waktu masih kerja, dapat tugas nganter donasi ke seseorang. Lokasinya yg saat itu blm saya tahu, bikin saya muter muter hehehe... Sekarang semua rumah sakit mendapat sorotan ya karena pandemi yang melanda kita

    BalasHapus
  11. Banyak ya mba pilihan ruang inap yang tersedia di sana. Dan maman saat sepeti ini ruang tersebut banyak dibutuhkan..

    BalasHapus
  12. Pilihannya banyak ya ruang rawat inap Rumah Sakit Al Islam Bandung ini. Bagaimana dengan status pasien, apakah menerima juga pasien tanggungan BPJS di sini?

    BalasHapus
  13. Ku punya kenangan yang ga manis teh di RSAI ini, kebetulan dket dengan kantorku dulu waktu jamannya masih gadis, bilang gini"gedung baru kek apartemen, keknya enak nginep disono".
    Dan besoknya nginep selama 3 minggu karena kecelakaan lantas, pas didepan RSAI.Huhuuu, dan mendampingi bapakku meninggal di RSAI juga, nemenin adek lahiran dan cesar di RSAI juga.

    Suka dengan pelayanannya,ruangannya bersih dan agamis, siraman rohani yang kusuka bikin adem.
    Ah semoga sehat selalu semuanya..

    BalasHapus
  14. pernah beberapa kali nengok yang sakit nih disini

    Tapi yang paling nempel ingetan malam malam bawa Iyok yang berdarah keningnya

    BalasHapus
  15. Wah jadi inget kemarin Adzki baru pulang rawat inap di RS Ad**nt. Bagus teh tulisannya, bermanfaat buat orang-orang yang ingin dapat info kamar yang terbaik buat keluarganya ketika harus rawat inap. Dan fasilitas kamar VVIP wow, kebayang harganya juga fantastis, berasa nginep di hotel berbintang. Hehe

    BalasHapus
  16. Informasinya sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ada di sekitar sana, agar tidak kesulitan mencari yang direkomendasikan

    BalasHapus
  17. Aku gak tahu rumah sakit Al Islam. Maksudnya bukan gak tahu adanya. Tapi belom pernah masuk ke sana. Mungkin karena jauh ya dari aku. temen atau sodara palingan kalo masuk rumah sakit biasanya ke RSHS dan Imanuel. Ternyata lengkap ya ruang rawat inapnya.

    BalasHapus
  18. pernah beberpaa kali kesana karena jenguk teman lagi sakit, tapi udah lama banget mungkin sekarang udah banyak yang berubah y mba.

    BalasHapus
  19. Ini salah satu Rumah sakit Islam yang rekomended di Bandung ya Mbak? Layanan kesehatan dan ruang rawat inapnya lengkap ya.

    BalasHapus
  20. Wah ad rekomendasi rumah sakit nih, karena namanya islamik, ini dipisah kah pasien laki2 dan pr di perawatan umum?

    BalasHapus
  21. Allahamdulillah ya Mba kalo fasilitasnya lengkap gini
    Jadi lega nggak debar-debar kalau ada masalah bisa merujuk ke Al Islam Bandung.

    BalasHapus
  22. Rumah sakit ini termasuk yang tipe apa mba kalau untuk rujukan BPJs? Lengkap juga ya fasilitas dan pelayannya. Bisa menjadi andalan warga Bandung ya.

    BalasHapus
  23. Rumah sakitnya bagus mbak, memang kalau fasilitasnya mumpuni begini pasti paling disenangi. Asik juga kalau dirujuk kemari ya mbak.

    BalasHapus
  24. RS Al Islam Bandung memang lengkap ya....
    pasien dari BPJS juga dilayani dengan baik.
    semoga RSAI terus konsisten dengan layanannya yang keren.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^