**/ Cerita Ida : Kiat Membuat Anak Senang Menulis

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

17 Apr 2015

Kiat Membuat Anak Senang Menulis


Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, itu sudah pasti.  Tetapi ternyata dalam prakteknya terkadang kita malah sering berbuat yang sebaliknya.  Memaksakan kehendak kita tanpa memikirkan perasaan si anak tak sadar sering kita lakukan.  Memiliki lima anak membuat saya sadar bahwa setiap anak memiliki garis hidup masing-masing yang dimulai dari proses mereka dibentuk dan terbentuk tanpa kita sadari.

Kalau ketemu teman-teman, terkadang suka aja ada yang nanya "Gimana sih bisa menularkan senang menulis sama-sama anak-anak...?"  Kalau ditanya begitu saya suka bingung juga jawabannya apa..soalnya dari kelima anak saya yang sudah keliatan senang menulis baru dua orang, mungkin tiga sama si bungsu tapi belum keliatan banget, sementara dua lagi ga ada yang senang menulis.. Jadi bukan karena ibunya suka maksain senang menulis kelihatannya, karena kalau karena saya tentu saja harusnya semua anak senang menulis.  Di sini saya sadar bahwa setiap anak membawa garis hidup masing-masing di awali dengan terbentuknya karakter, minat dan bakat mereka dari kecil.

Tapi setelah saya pikirkan ada juga sih sedikit bentukan kebiasaan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja yang membentuk menjadi sebuah karakter pada anak.  Karakter yang akhirnya juga menjadikan mereka memiliki minat dan bakat yang berbeda.

Baiklah sedikit tips yang mudah-mudahan membantu mereka yang bertanya dan menginginkan anak senang menulis.

Anak harus dibekali dengan senang membaca, kiatnya pernah saya tulis dalam rangka sebuah Give Away dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenangnya. Ada di SINI

Biasakan anak melihat aktivitas kita menulis.
(Saat anak baru satu, saya biasa menulis kapan pun hingga bisa terlihat Kak Azizah, gak heran yang paling senang menulis memang anak sulungku, sementara setelah anak banyak saya suka menulis dini hari, jarang keliatan anak-anak... tapi minimal kita jadi sering membicarakan aktivitas kita yang berkaitan dengan menulis).

Ajak anak-anak menceritakan kembali isi buku yang sudah mereka baca, dan mintalah agar ditulis dalam bentuk tulisan.  Beri mereka reward minimal pujian lebih bagus lagi benda yang mereka inginkan.

Sering memberi motivasi asyiknya menulis kepada anak-anak.

Buku karya anak-anak..Insya Allah tahun ini akan terbit dua buku lagi ^_^

Entah benar atau tidak niih tapi ini tokcer buat anakku, saya jarang memberikan uang kepada anak-anak, bila mereka ingin uang harus ada syaratnya dulu.  Buat anak yang senang nulis disuruh kirim dulu ke media, mau dimuat atau tidak saya suka memberinya uang, terkadang berupa pinjaman yang harus dibayar apabila tulisannya sudah diterbitkan dan honor sudah diambil. (Sadis..!!. haha tapi anak juga harus tahu ini untuk kebaikan mereka, saya kasih pengertian toh selama ini mereka les piano yang mahal, langganan majalah/beli buku atau lainnya itu gratis dan anak-anak ga usah bersusah payah untuk membayarnya)

Beri mereka buku khusus untuk membuat catatan harian mereka bisa berupa buku agenda yang menarik atau buku biasa saja.

Demikian sedikit tips dari saya semoga ada manfaatnya...  ^_^



15 komentar :

  1. Keren ceu,,, Inspiring buat yg lagi mogok menulis kek sayah #xixixi..ngaku en.. Bisa nularin nulis sama kakak chikal yg keliatannya sih ada minatnya disitu...
    Terima kasih ah..

    BalasHapus
  2. Ayo atuh saya juga baru semangat ngeblog lagi nih ambu... mudah2an bisa bertahan lama..biasalah maju mundur cantik banyak urusan ^_^

    BalasHapus
  3. Hebat Mak. Memang kebiasaan orang tua di rumah bakal ditiru sang anak ya. Bisa jadi tips kalo punya anak nanti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...iya siap-siap dari sekarang ya mba :)

      Hapus
  4. Insya Allah, pasti bermanfaat tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... mudah2an ya Mas... ayo cepet2 nikah aja Mas hahaha....

      Hapus
  5. Makasih tipsnya. Tapi anak saya nggak ada yg suka nulis, satunya suka melukis, satunya lagi musikus. Ya sudahlah yg penting nggak nggadget aja heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya Mak..gmn anaknya aja, sy jg ga nyediain gadget untuk anak-anak tp punya ortunya dikuel-kuel dah.... untung waktunya terbatas, karena ga disediakan n rebutan ada lima anak ^_^

      Hapus
  6. Memang pembiasaan itu berpengaruh ya Mak... .Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. nI.. siapa sih mas opo mak... ? Trims sudah mampir ^_^

      Hapus
  7. trik nya ampuh ya mba?boleh dicobain berarti untuk orang tua lain yang mempunyai anak jika ampuh :)
    saya sendiri sih masih belum menikah mba.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ga tau ya....cuman buat dua anak ku cukup ampuh tuh Mas ^_^
      Banyak2 persiapan jadi suami ama ayah yg baik aja Mas ...hehe..

      Hapus
  8. kalo anakku udh agak gedean mau aku biasain nulis ah.. skr ini aku lg coba dia spy suka baca mba.. walopun emg blm bisa, at least suka buku dulu ;) .. tiap bln ada aja buku yg aku beliin... dan tiap malam, aku pasti ngedongengin dia :D... Pokoknya segala cara yg bisa bikin dia suka buku, dan akhirnya jd pgn nulis :)

    BalasHapus
  9. Wah keren Mak... insya Allah kalau begitu anaknya jadi senang membaca dan menulis ^_^

    BalasHapus
  10. wah Mbak ... saya termasuk yg belum bisa menularkan kebiasaan menulis ini mah...

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^