**/ Cerita Ida : Tips Sukses Ramadhan

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

19 Jun 2015

Tips Sukses Ramadhan

Ramadhan baru saja kita mulai, mumpung masih baru menginjak hari-hari awal, mari kita bertekad agar Ramadhan ini menjadi Ramadhan terbaik yang pernah kita lalui.  Berpuluh kali ramadhan kita lalui, sudahkah menjadikan diri kita menjadi pribadi lebih baik?

Ramadhan adalah bulan discount, bulan dimana Allah mengobral pahala sedemikian besar.  Kalaulah untuk discount di mall - mall kita senang berburu untuk mendapatkannya, sudahkan discount untuk keperluan akhirat yang abadi kita buru sedemikian rupa?  Kalau jawabannya masih belum berarti kecintaan kita kepada dunia masih sangat besar.  Padahal dunia hanyalah tempat singgah sementara yang sangat sekejap saja bila dibandingkan keabadian akhirat. Dunia bila dikonversikan dengan waktu akhirat hanya sekitar 29 menit untuk kurang lebih 63 tahun usia kita di dunia.

sumber: percikaniman.org

Sungguh disayangkan bila bulan yang penuh berkah ini kita sia-siakan, keberkahan yang luar biasa ini kita biarkan berlalu begitu saja. padahal siapa yang akan menjamin bahwa kita besok masih bisa melaluinya.  Oleh karena itu hari-hari yang kita lalui harus kita maksimalkan dengan sebaik-baiknya.  Apa yang harus kita lakukan agar sukses di dalam ramadhan kita?

1.  Banyak beristigfar/taubat dengan taubatan nasuha.
Beristigfar kepada Allah, akan membuat kita selalu ingat kepada Allah, ingat kepada dosa-dosa kita.  Selain dari itu dibeberapa hadist disebutkan bahwa beristigfar akan memperlancar rezeki kita.  Seorang ustadz yang kini dikenal memiliki kekayaan yang berlimpah memberikan tipsnya bahwa ia mendawamkan lebih dari 2000 kali istigfar dalam seharinya.
Tentu saja niat kita hanya semata-mata ingin membersihkan diri dari dosa, adapun kelancaran rezeki adalah bonus yang Allah janjikan.

2.  Banyak Berdo'a
Berdo'a memohon kepada Allah agar bisa melalui bulan ini dengan sebaik-baiknya, bisa menggunakannya dengan maksimal yang kita mampu.  Apalah kita manusia ini tanpa bantuan Allah yang maha kuasa.

3.  Memperbaiki amalan sehari-hari
Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk sholat yang lima waktu, selain itu ada pula sunnah - sunnah rowatib yang menempurnakannya. Perbaiki itu dengan meningkatkan kualitasnya. Memahami bacaan2 sholat kita agar kita bisa lebih khusyu di dalam sholat kita.

4.  Birul Walidain
Di bulan ini marilah kita tingkatkan bakti kita kepada ibu bapak kita. Ada hadist yang mengatakan bahwa keridlaan Allah tergantung pada ridlanya ibu bapak kepada kita.  Tentu saja pada hal2 yang tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT.  Minta maaflah pada keduanya, banyak-banyak mendo'akannya, kirimi hadiah yang ia sukai kalau kita mampu.

5. Perbanyak membaca al qur'an
Bulan ramdhan juga adalah syahrul qur'an, bulannya al qur'an.  Bulan dimana al qur'an diturunkan, mari tingkatkan dan perbanyak interaksi kita dengan al qur'an.  Tidak hanya membacanya tapi mentadaburinya juga.

6. Menjauhkan dari perbuatan sia-sia
sumber:pulsk.com
Mulut, mata, tangan, kaki telinga hati semua akan ada pertanggungjawabannya.  Mari kita gunakan untuk suatu hal yang berguna, kurangi atau jauhi mata dari hal-hal yang tidak baik, nonton hiburan dan tidak ada manfaatnya kita kurangi atau bahkan kita hilangkan. Jangan biarkan mulut kita membicarakan hal yang buruk termasuk gibah membicarakan orang lain. Bersihkan hati dari iri dengki.

7. Banyak menghadiri majelis ilmu, majelis taklim atau majelis dzikir

8. Memperbanyak aktivitas sosial, shodaqoh, zakat, dan memberi makan orang yang berbuka puasa

9. Tidak berlebihan dalam mempersiapkan hari Raya, seperti membuat kue yang menghabiskan waktu, belanja yang berlebihan.

10. Itikaf di sepuluh hari terakhir.
Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan telah Allah janjikan akan turun malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan,  mari kita jemput dengan amalan terbaik kita agar kita bisa mendapatkannya.

11.  Iringi syaum ramadhan kita dengan syaum enam hari di bulan syawal.

Itulah sedikit tips agar sukses di bulan ramadhan, mari kita bertekad kuat untuk menjadikan ramadhan ini menjadi ramadahan yang terbaik dalam hidup kita.... Apabila kita menggunakan ramadhan dengan sebaik-baiknya, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, bagaikan kepongpong yang berubah menjadi kupu-kupu cantik.  Ramadhan adalah kepompong yang membuat kita pribadi yang semakin berkilau yang banyak menyebar manfaat bagi sesama.

Ada yang mau menambahkan...silakan dengan senang hati.. Selamat menunaikan ibadah di bulan ramadhan ini dengan ibadah terbaik kita.


9 komentar :

  1. Benar mbak. Ramadan adalah bulan paling istimewa ya.
    Terima kasih sudah berbagi tips, Mbak Ida. sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama....senang sekali kalau memang bermanfaat ^_^

      Hapus
  2. diskon paling besar, semoga mampu menggunakannya dan barokah ya mba

    BalasHapus
  3. Bwetul sekali mbak, semoga aku bisa spt itu…

    BalasHapus
  4. Banyak yang bisa dikerjakan ya, mba. Semoga bisa istiqomah menjalankannya.

    BalasHapus
  5. Ya Allah, berilah kami kemudahan dan kesanggupan untuk menjadikan amalan ramadhan kami kali ini jauh lebih baik daripada ramadhan-ramadhan yang lalu

    BalasHapus
  6. Setuju. Ramadan buat detox ya, lebih banyak ngumpul dg orang2 yg membuat iman kita lebih baik.

    BalasHapus
  7. Paling susah menghindari poin 9, Teh ;p

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^