**/ Cerita Ida : 11 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Efektif

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

8 Mei 2016

11 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Efektif


11 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Efektif  Pekerjaan menjadi ibu rumah tangga memang tidak ada habis-habisnya ya.  Saya merasa pasti kalau hampir semua ibu rumah tangga merasakan itu.  Berkaca dari pengalaman diri dan beberapa yang sempat saya amati, kemampuan memenej adalah hal yang paling penting untuk mengelola pekerjaan ini.  Kemampuan inilah yang membuat ibu 9 orang anak mampu mengerjakan uruasan rumah tangganya sendiri tanpa asisten tetapi mampu berkiprah di luar rumah dengan mengikuti berbagai organisasi dan mengisi majelis taklim.  Kemampuan ini pulalah yang membuat seorang ibu satu anak, tidak bekerja tetapi  merasa keteteran.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu rumah tangga dalam mengelola rumah tangganya agar lebih efektif lagi.  Domestik beres tapi mampu berkiprah di luar rumah menebar manfaat.  Sebuah proses belajar memang, tetapi bagi ibu yang mau belajar, proses menjadi lebih baik itu akan lebih cepat terjadi.


Ada sedikit tips agar bisa efektif mengelola rumah tangga, terus terang saya pun masih belajar dan terkadang tidak semua tips ini saya lakukan juga hahaha....

  • Bangun dini hari, ini membuat waktu kita lebih banyak, selain tentu saja lebih sehat dan membuat kita kaya raya, bahkan lebih kaya dari orang terkaya di dunia sekali pun. Nah lho.. kok bisa ya...  Bukankah Rasulullah SAW bersabda bangun tidur sebelum shubuh dan melaksanakan sholat 2 rakaat itu jauh lebih berharga dari dunia dan seisinya.. Nah bagi yang suka sholat tahajud dan sholat fajar anda lebih kaya, ini akan lebih kita rasakan di yaumil hisab nanti.
  • Membuat list to do, ini berguna sekali agar tidak banyak waktu yang terbuang.  Tanpa perencanaan yang baik, terkadang kita akan bingung.  Tanpa ada list to do suatu saat kita akan merasa memiliki waktu luang yang banyak tetapi saat lain kita akan sangat keteteran.
  • Belanja untuk satu minggu.  Ini jelas mengefektifkan waktu, dan tentu saja transport atau bensin ya.  Kalau ada kekurangan sedikit-sedikit bisa lari ke warung lah. hihi..
  • Mempersiapkan bumbu-bumbu inti untuk satu minggu. Bawang merah dan bawang putih bisa kita kupas kemudian di simpan dalam wadah yang kedap udara.  Cabe merah juga bisa kita giling untuk kebutuhan satu minggu.
  • Mempersiapkan menu untuk satu minggu juga membantu kita terbebas dari kebingungan memikirkan menu apa hari ini.
  • Kalau sedang kerja di rumah, biasakan menggunakan alas pel bersih di kaki kita, hingga kemana kita pergi kaki kita sambil mengepel lantai.  Hahaha....
  • Lakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, saya yakin semua ibu-ibu mahir melakukan ini karena ini kelebihan kita sebagai perempuan.  Sambil nyuci piring kita bisa sambil mendengarkan ceramah, sambil menanak nasi, sambil mencuci baju dan sambil mendidihkan air misalnya.
  • Ajarkan anak-anak membantu kita, minimal membereskan urusan mereka masing-masing. So urusan mereka bisa mereka tangani sendiri tanpa perlu kita bantu.
  • Kerja sama dengan suami, lakukan kerja sama dengan suami, karena kalau kita sibuk sendiri dan melihat suami hanya tiduran atau membaca serta minum kopi akan mengurangi moody kita juga lho hehehe...
  • Gunakan mesin untuk pekerjaan yang bisa dibantu dengan mesin.  Ini akan menghemat tenaga dan waktu. 
  • Sisipkan waktu untuk istirahat karena ini efektif untuk membuat kita lebih segar dan bertenaga kembali.

Demikian sedikit tips menjadi ibu rumah tangga yang efektif, mudah-mudahan bermanfaat untuk bisa mengefektifkan waktu kita, hingga waktu kita tidak tersita hanya untuk urusan domestik saja.  Kita bisa berkiprah di luar sana, menebar manfaat dan juga mungkin bisa menyalurkan hobi kita dengan bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama.  Selain itu juga kita bisa menambah ilmu kita dengan belajar sesuatu yang kita minati atau sukai.  :D
 


30 komentar :

  1. Wah langsung ekke bookmark ni Teh. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alahamdulillah kalau memang bermanfaat mak.. :)

      Hapus
  2. itu yang baguan ngepel bayanginnya kok aku langsung ketawa ya hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya mak Windi..tapi lumayan kalau kita lagi kesusu ga sempet ngepel.. jadi masih keliatan bersih :)

      Hapus
  3. Suami itu harus banget diajak kerjasama emang Mbak Ida, jangan biarkan keenakan sendiri. Huehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... tuh kan iya lah.. suka keki juga kalau kita cape suami tidur. Tapi liat sikon juga sih kalau memang suami lg kecapean ya biarkan saja :)

      Hapus
  4. Betul mak ida, sy satu anak aja msh keteteran. Nulis aja msh moody.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal nulis saya juga moody banget da.. hahaha

      Hapus
  5. Mempersiapkan menu untuk satu minggu, idenya boleh banget nih Mbak. Sebagai ibu rumah tangga emang paling bingung kalo nentuin mau masak apa yaaa. Kalo udah ditentuin dari sebelumnya jadi nggak bingun lagi ya kaaaan. Apalagi kalo sekalian udah siap bahan-bahannyaaa. Hehehee. Makasi tipsnya ya Mbak, Inshaallah manfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... kalau memang bermanfaat. Pas ada waktu luang kita pikirin ini ya Mak :)

      Hapus
  6. Iya perbedaan yg paling mencolok antara sy dan suami memang sy biasa multitasking sedangkan suami tidak bs. Hehehe sdh takdir kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener berapi teori venus dan mars itu ya haha..

      Hapus
  7. pentiiinggg banget ini buat saya infonya mak ;)

    BalasHapus
  8. Makasih Mak, saya mau nyoba nerapin buat to do list sama nyiapin menu buat seminggu, kadang suka bingung juga soal menu dan list ini, jadi kadang ada yang lupa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..betul mak itu lumayan sangat menghemat waktu dan pikiran kita

      Hapus
  9. 23 tahun jadi ibu rumah tangga...ternyata blm terbiasa bikin agenda spt itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mbae sudah dua puluh tiga tahun, pasti punya tips lain yang lebih canggih :)

      Hapus
  10. ibu rumah tangga harus pinter-pinternya bikin agenda dan harus terbiasa. menghemat pengeluaran. penting banget itu untuk ibu2 rumah tangga...

    BalasHapus
  11. mama ku banget ini mah...sayangnya kok anaknya (aku) susah bener buat niru hehehe..makasih umi bermanfaat banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.... belum mba...learning by doing, seiring dengan bertambah usia dan pengalaman akan semakin mampu kita memenej waktu kita. Asal mau terus belajar :)

      Hapus
  12. 😅😅😅ada nge-pel lantay gaya baru hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya.... ilmu ini teteh dapet dari seorang umahat keren hehe.. tapi bener lho cukup membantu terkadang kalau kepepet harus pergi tp ga sempet ngepel dapur :)

      Hapus
  13. Makasih sharingnya, sederhana tapi efektif. siip

    BalasHapus
  14. Terima kasih infonya, pokonya ibu-ibu harus baca ini,,

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. kalo ngga salah emang ada sendal yang model microfiber itu ya mak, buat sekalian ngeset-ngeset lantai alias bersih-bersih, hihihi, good idea mak =)

    BalasHapus
  17. Terima kasih sudah berbagi Mba Ida, ini pencerahan bagi saya sebagai ibu muda yg baru berumah tangga,

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^