**/ Cerita Ida : 6 Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Mei 2016

6 Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari


Terus terang selama ngeblog saya tidak pernah riset kata kunci terlebih dahulu agar tulisan saya itu mudah dicari orang.  Padahal kata kunci merupakan salah satu cara untuk menaikan trafik blog kita.  Sebetulnya kalau ingin serius ngeblog sebelum menulis kita harus mencari kata kunci yang paling banyak dicari orang di mesin pencari agar tulisan kita menjadi optimal.  Share di media sosial seperti yang selama ini saya lakukan memang cukup efektif, tetapi effortnya cukup berat juga.  Mengapa? Karena kalau ingin blognya bagus kita harus rajin posting.  Dengan rajin posting dan kemudian di share di media sosial akan mendatangkan trafik yang cukup baik.  Tetapi tanpa riset kata kunci kalau tidak posting blog kita akan sepi pengunjung.



Jadi mencari kata kunci yang paling banyak dicari itu merupakan salan satu langkah penting sebelum kita menulis, Hal ini dilakukan agar efektif dan efesien, sehingga blog kita tetap ramai dikunjungi orang walau kita tidak posting tulisan.  Lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari ini? Ada beberapa cara untuk mencari kata kunci banyak dicari yaitu:

6 Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari

Google Trends

Google Trends merupakan salah satu produk dari google yang disediakan google untuk mencari topik yang sedang hangat.  Kita bisa menggunakan Google Trends ini untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari.  Google Trends akan menampilkan topik terpopuler yang paling banyak dicari dengan cara mengurutkan pencarian terbanyak di mesin pencari berdasarkan topik yang kita cari. Dengan bersumber dari hasil riset kata kunci melalui google trends ini maka tulisan kita besar kemungkinan akan mudah terindeks oleh mecin pencari.

Caranya masuk ke Google Trands Explore lalu kita pilih Worldwide (negara), waktu, katagori, kemudian isi kolom + ad Term dengan kata yang kita cari misalnya "cara mencari"

Google Search Auto Suggestion

Google Search Auto Suggestion adalah saran otomatis yang diberikan oleh google saat kita melakukan pencarian dengan mengetik sesuatu di kotak pencarian google.   Kita bisa menggumakan saran yang diberikan google ini untuk menjadi kata kunci pada tulisan yang akan kita posting.  Caranya adalah masuk ke Google.co.id kemudian ketik kata yang kita cari di kotak pencari google.

Google Adword Keyword Tool / Google Keyword Planner

Google Adword Keyword Tool adalah sebuah fasilitas gratis yang diberikan oleh google kepada para advertiser untuk melakukan riset pasat.  Jadi sebenarnya awalnya tool ini digunakan oleh para pengiklan di google.  Pada pengembangannya tool ini diperbaharui dengan menambah tool untuk mencari kata kunci, sehingga banyak digunakan para blogger untuk mencari ide kata kunci.  Untuk menggunakan tool ini kita harus membuat akun terlebih dahulu.  Silakan masuk ke situs ini http://www.google.com/adwords/ setelah membuat akun kita bisa log in dan menggunakannya.  Kelebihan dari google adwords ini kita bisa mengetahui jumlah pencarian dengan mengetik volume.  Dan secara teori jumlah pencarian lebih dari 400 per bulan itu adalah kata kunci yang bagus atau kalau untuk toko online ini profitable

Ubber Suggest

Hampir mirip dengan google keyword tool sebenarnya, aplikasi ini merupakan aplikasi penyaran kata (suggestion tool). Setelah menulis kata kunci  ubbersuggest akan menambah huruf atau angka pada angka kunci yang kita inginkan kemudian ia akan memberikan saran kata kunci. Pertama kali sila mampir ke https://ubersuggest.io/ kemudian ketiklah kueri yang kita inginkan.

Populer Post

Mencari kata kunci dengan Populer Post adalah memanfaatkan populer post di situs lain yang relevan dengan kata kunci yang kita inginkan.  Caranya adalah dengan blog walking ke beberapa blog kemudian memanfaatkan populer post di blog mereka sebagai kata kunci yang kita gunakan dengan menambah beberapa fase sehingga sedikit berbeda.


Memanfaatkan Media Sosial Lain

Ada kalanya yang menjadi trends di sebuah medsos ikut pula trend di medsos lain. Banyak orang yang aktif di berbagai media sosial sehingga medsos yang satu berkaitan dengan medsos yang lain so kita bisa mencari kata kunci di twitter misalnya, ini dilakukan dengan menggunakan Twitter Search, atau di Youtube dengan menggunakan Youtube Trends.

Demikian sedikit tips mencari kata kunci untuk dijadikan ide penulisan di blog kita, sehingga blog kita bisa lebih optimal hasilnya.  Semoga bermanfaat ya..

36 komentar :

  1. Saya juga ngeblog ga perhatian dgn kata kunci euy... Btw langsung lirik popular post di blog mbak Ida. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.... tos ah eh my populer post mah geje da :)

      Hapus
  2. Saya paling sering tengok di Google Adwords mbak :))

    BalasHapus
  3. Saya yang penting posting hehehe, ya sesekali nengok di popular post blognya teman 😃

    BalasHapus
  4. Saya selama ini ikut ide yang ada di kepala nulisnya. Kata kunci pun mengikuti. Harus di coba nih biar postingan terindeks dg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak...tapi suka males duluan hihi...*curcol

      Hapus
  5. Yaa...gak ada petunjuk gimana cara menggunakannya nih. Padahal pingin belajar tadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang kok mak kalau sudah masuk link nya mah tinggal ketik frase utk mencari kata kunci yang kita inginkan

      Hapus
  6. Wah, selama ini aku kok ya gak kepikiran kata kunci. TFS ya, mba Ida.

    BalasHapus
  7. Saya dulu juga rajin riset kata kunci tapi sekarang agak kurang.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. oooh, ternyata banyak cara ya mba. saya ga terlalu perjhatian nih, perlu waktu utk mempelajarinya. saya udah sempet nulis aja alhamdulillaaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos ah mba... kadang pengen nulis bentroks sama moody saya mah mak hihi

      Hapus
  9. klo aq langsung googling aja pake tab new incognito :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah apa lagi itu tab sy sdh ga ada yg satu wafat dengan damai yg satu lg dijula hahaha

      Hapus
  10. owh, ada caranya yah Mba Ida :)
    selama ini nggak pernah memperhatikan kata kunci, kalo mau posting yah posting yah posting ajah :)

    tapi sepertinya mulai sekarang harus berpikir kata kunci sebelum posting, makasih Mba Ida :)

    BalasHapus
  11. astaga ternyata banyak ya.. saya selama ini cuma pake google search auto suggestion doang. haha. makasih sharingnyaaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada yg lain keliatnnya.... masama :)

      Hapus
  12. kalau saya masih belum konsisten. Kadang search dulu. Tapi sering juga enggak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah keren si mba yg satu ini, selangkah lebih baik hahaha

      Hapus
  13. Dulu ada yang pernah kasi tau saya tentang google trend & google suggestion. Eeeehhh.... pas ngeblog ilmunya malah ga dipake.
    Dan sekarang saya dapet ilmu yg lebih lengkap lagi dari mbak Ida.
    Makasih ilmunya makkkk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg cuman teori tp prakteknya mah suka males duluan :)

      Hapus
  14. di kantor juga pake adwords n g trends >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba apalagi buat lembaga atau kantor..mereka kan jauh lbh serius dari blogger ya... ::)

      Hapus
  15. waduh kalo peduli kata kunci terus kita ngeblog nya gak bisa bebas kudu memenuhi selera pembaca donk ya

    BalasHapus
  16. Sekilas kesannya sepele, namun ketika dipraktekan langsung banyak yang gagap. Nih saya ngacung yang termasuk di dalamnya. Hehehe

    BalasHapus
  17. Justru dengan ngeblog sesuai minat tapi dicombine dengan topik terhangat, kayanya oke juga ya mba :)

    Plus, bisa dijadikan tempat nyari ide

    BalasHapus
  18. Hanya posting sesuai hati, kadang-kadang aja sih kejar-kejaran dengan beberapa media online "raksasa" ...demi mendapatkan kata kunci yang sedang trend... Siapa cepat dialah yang lebih dulu bertengger di puncak pencarian Google ...hehehe

    BalasHapus
  19. masih gaptek dgn kata kunci, nuhun tipsnya

    BalasHapus
  20. Jaraaang banget ngecek kata kunci begini, mba. Biasanya langsung nulis aja :D. Etapi perlu juga siy ya biar postingannya banyak dicari orang. Nuhun tip nya, mba :).

    BalasHapus
  21. saya belum lirik2 kata kunci teh Ida
    baru nyoba2 buat judul menarik aja...,
    masih harus banyak belajar

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^