**/ Cerita Ida : Menjadi Selangkah Lebih Cerdas di Acara RoadBlog Bandung

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Mei 2016

Menjadi Selangkah Lebih Cerdas di Acara RoadBlog Bandung


Sabtu 14 Mei 2016 sebetulnya hari yang paling kutunggu, karena hari itu ada acara RoadBlog Bandung yang sudah diuar-uar jauh sebelum hari H.  Sempat terjadi sedikit 'debat' juga di grup BloggerBdg karena ada peserta yang tidak terangkut ikut acara ini.  Animo Blogger mengikuti acara RoadBlog yang diadakan beberapa kota besar di seluruh Indonesia ternyata cukup besar.  Dan Bandung adalah kota yang kesembilan yang sukses mengadakan acara ini.

Sebetulnya sempat terjadi drama di rumah karena suami pun ternyata harus pergi untuk mengisi training, sementara tiga anak  harus pergi juga.  Dengan halus suami minta aku cancel acara ini, terang aja saya menolaknya karena untuk mengundurkan diri di acara ini harus dua hari sebelumnya, dan saya sudah minta izin sebelumnya. Kalau tiba-tiba mengundurkan diri berarti mendzolimi orang lain, kalau ikut berarti tidak taat suami..ihiks..... Sempat bimbang, ragu, sedih, semua bercampur menjadi satu.


Akhirnya saya putuskan pergi, dengan berusaha mempersiapkan di rumah seoptimal mungkin, mendidik si kecil supaya mandiri juga...(jiaaah alasan hahaha...). Pagi sekali saya sudah mempersiapkan segalanya masak, beres-beres, pesenan panjang untuk dua krucils yang akan kutinggal di rumah.  Kalau keamanan insya Allah bisa terjaga karena ada pegawai laundry di rumah, soal makan ini yang jadi khawatir si abi.  Anak kedua dan kelima ini kebetulan soal makan harus diingetin terus.  Diantar si abi setengah jalan saya pun bergegas menuju Hotel Best Western La Grande Primer di Jalan Merdeka Bandung.



Membawa berjuta risau di dada dan suami yang cemberut, saya bertekad untuk mengikuti acara ini dengan serius, saya harus mendapatkan sesuatu di acara ini.  Manfaat itu bukan berupa materi saja, apapun itu ilmu, pertemanan dan lainnya, Pokoknya saya tidak boleh setengah-setengah, banyak yang saya korbankan....

Beruntungnya acara ini memang full manfaat, membuat selangkah lebih cerdas, walau terkadang diganggu telepon si bungsu yang sesekali nelepon lapor ini itu hahaha.. Anak lucu itu segala sesuatu dilaporkan, sampai Aa nya tidur terus pun dilaporkan.  Akhirnya dengan alasan pulsa telepon rumah takut membengkak kuminta ia berhenti menelepon dan jadi anak manis di rumah.

Sebelum acara dimulai para blogger yang hadir diminta memperkenalkan diri oleh kang Ali yang menjadi salah satu panitia acara ini.  Selanjutnya acara diambil alih MC keren Raja Lubis, dan sebelum para pemateri tampil  peserta dihibur oleh Duo Mulyana yang membawakan lagu yang menghentak seolah mengisyaratkan peserta untuk bersemangat mengikuti acara ini.  Selain nada yang enak didengar, liriknya pun bagus mengingatkan pendengarnya... "Apa guna punya ilmu tinggi kalau untuk mengibuli.... "



Selanjutnya Bang Aswi sebagai ketua Blogger Bandung pun memberikan sambutan, setelah ice breaking dari Raja Lubis, Mas Aldi dari Excite yang merupakan EO acara ini pun tampil memperkenalkan tentang Excite.  Ternyata Exite itu adalah sebuah perusahaan yang memberikna layanan Royalty Point Reward kepada para anggotanya.  Bagi para member yang melakukan aksi tertentu di website excite seperti berlangganan, belanja, isi survey atau ngedownload akan mendapatkan point yang nanti kalau sudah terkumpul bisa ditukar dengan barang, voucher atau pulsa.

Ternyata panitia melihat banyak blogger yang terlihat kurang bersemangat, dan selidik punya selidik banyak peserta yang belum sempat sarapan hahaha..... Bahkan Teh Langit pun vulgar bilang lapeer di cuitannya hahaha... Okelah kalau begitu.panitia pun pengertian hihi....akhirnya acara pun di break dulu.

Sessi pertama pun akhirnya dimulai moderator cantik Mba Alaika Abdullah pun mengambil alih mic dari tangan Raja Lubis.  Mba Alaika pun memandu sessi pertama yang terdiri dari tiga pembicara yang juga menjadi sponsor d acara ini yaitu dari Lembaga Sensor Film Bapak Dodi Budiatman, Mas Barry M Angga dari Traveloka dan Pak M Nur Hasan dari Pegadaian.
 
Sessi Kesatu

Lembaga Sensor Film (LSF)

UU NO 33 Tahun 2009 yang membuat keberadaan LSF lebih terbatas karena tidak bisa memotong film.  Memang keberadaan LSF ini mengandung unsur kontradiksi.  Di satu pihak ada yang merasa perlu ada LSF karena keberadaannya diperlukan agar kebebasan film dibatasi dan harus ada untuk melindungi film Indonesia, di sisi lain yang kontra pada LSF menganggap keberadaan LSF ini memacung kreativitas para sineas.

Sebuah film untuk bisa tayang di layar lebar, harus memiliki Surat Lulus Sensor yang dikeluarkan LSF, bagi yang melanggar ada denda sampai 10 milyar terutama untuk film yang melanggar UU perfilm di Indonesia.

Pada kesempatan itu pula Pak Dody mengingatkan kepada para peserta untuk melakukan sensor mandiri berupa menyeleksi film yang layak tonton secara mandiri serta harus disesuaikan pula dengan usia penontonnya.

Kepada para blogger Pak Dody pun berpesan agar aktif mensosialisasikan aturan - aturan di dunia perfilm an kepada masyarakat luas.

Traveloka dan Pegadaian

Pembicara kedua adalah Mas Barry M Angga dari Traveloka,  Mas Barry pun bercerita sejarah berdirinya Traveloka.  Didirikan oleh Pak Ferry Unardi yang saat pulang kuliah dari USA kesulitan mencari tiket pulang ke Padang.  Dari Kejadian itu Pak Ferry mendapat ide untuk mendirikan Traveloka di tahun 2012.  Pada tahun 2013 Traveloka pun membuat Online Travel Agen dan tahun 2015 membuat Hotel Booking System

Jadi Traveloka itu merupakan travel agen pertama di Indonesia.... Keren ya Pak Ferry bisa jadi pionir, gitu deh kalau sudah bakat bisnis semua bisa jadi kesempatan untuk dijadikan lahan bisnis.

Sementara pembicara ketiga di sessi pertama ini adalah Pak M Nur Hasan dari pegadaian.  Dari uraian Pak Nur ini saya banyak mendapat pengetahuan baru lho tentang pegadaian. Mau tahu tentang pegadaian lebih lengkap ... kepoin blog ini yaa nanti saya menulis khusus tentang pegadaian.

Pada kesempatan ini dari pegadaian pun bagi-bagi 10 voucher bagi peserta yang beruntung yang dapat mendownload aplikasi pegadaian di playstore.  Alhamdulillah kebagian langsung buka tabungan emas dong...hihi....


Setelah acara tanya jawab yang lumayan seru, karena para peserta begitu antusias bertanya acara pun di break ISHOMA dulu.  Peserta pun diminta untuk kembali ke ruangan pukul 13.10



SESSI KEDUA

Ngantuk dong yaah...sudah makan perut kenyang pas tengah hari lagi, kalau suasana di ruangan sih ga panas karena ber AC tapi ini justru bikin ngantuk haha.... Tapi ternyata tidak karena begitu masuk ke ruangan peserta langsung disambut sulap keren dari Mas Aldi.  Keren juga Mas Aldi bisa nebak nama suami teh Winda yang baru saja dikenalnya, no pin ATM Teh Yuli dan kartu yang dipilih Kang Hilman... jadi penasaran kok bisa ya...hehe...

Setelah itu peserta dihibur kembali dengan alunan lagu penuh semangat dari Duo Mulyana.   Setelah dihibur oleh sulap dan lagu peserta pun kembali menikmati acara yang membuat selangkah lebih cerdas ini dengan uraian dari Bank Sinar Mas yang memperkenalkan produk terbaru tabungan online beserta segala kelebihannya.



Pembicara selanjutnya adalah dari Genfix, Bu Anisawati yang memperkenalkan tentang Genfix.  Jadi tahu deh tentang Genfix yaitu layanan video strimming premium yang berisi berbagai macam konten mulai dari sepak bola sampai drakor,  Pembayarannya pun mudah bisa melalui operator provider yang kita gunakan.  Asyiknya lagi para peserta yang hadir dapat akses gratis Genflik selama 30 hari... Alhamdulillah.....

Coffe break, yeaaay..... sessi ketiga diselingi dulu dengan menyantap cemilan yang dihidangkan, saya manfaatkan acara ini buat sholat ashar dulu baru setelah itu ngopi asyik eh ngeteh asyik deng karena saya memang ga kuat ngopi... hihi  *ga ada yang nanya ya...

SESSI KETIGA

Sessi ini acaranya blogger banget deh, dan ini kayaknya yang paling ditunggu para blogger.  Paparan menarik tentang Content Writing dari Bang Aswi dan SEO Specialist dari Kang Argun.  Pada kesempatan ini Bang Aswi memberikan tips menulis bagi para peserta tips dari Bang Aswi adalah blogger itu harus :



Rajin membaca
Mempercantik blog agar enak dibaca dan dikunjungi
Be your self
Tuliskan setiap proses
Renungkan atau endapkan dulu tulisan sebelum di publish
Narsis, blogger kudu narsis, bukan hanya diri tapi narsis postingan, rajin ngeshare tulisan kita.

Sementara  Kang Argun alias Arif Gunawan  mengungkapkan makna SEO (Search Engine Optimizer) secara sederhana yaitu sebagai sebuah teknik agar terlihat menarik di Google.  Tujuannya agar tulisan kita ditemukan oleh para pencari di mesin google.  Jadi intinya tulisan kita itu harus terlihat, menarik dan mudah dicari google.

Setelah acara tanya jawab dan bagi-bagi hadiah, acara seru ini pun harus usai karena waktu memang sudah mulai menjelang maghrib.  Diakhiri dengan foto bersama usailah acara yang membuat selangkah lebih cerdas ini.... semoga ilmunya berkah tidak sekedar menjadi pengetahuan semata tapi bisa diaplikasikan dalam praktek terutama ilmu menulis dan SEO nya..... eh nabung emasnya juga deng.. nabung online juga,  sensor mandiri juga.... Aih pokoknya semuanya deh yaaa.... :)

23 komentar :

  1. Saya jarang diendapkan kalo tulisan di blog , harus belajar ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama suka pengen langsung publish hahaha

      Hapus
  2. setuju banget tulisan itu proses :)

    BalasHapus
  3. Wah, seru acaranya ya, Mak. Iya bener. Nulis yang baik itu harus sabar dan belajar terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup begitulah proses untuk terus lebih baik :)

      Hapus
  4. Seru kayaknya,,tapi sayang saya gak bisa datang,,padahal masih di Bandung

    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya atuh kenapa ga ikut...:) Eh salam kenal kembali :D

      Hapus
  5. whuaaa ada kisahnya yaa menuju roadblog ini
    trus,,trus.. gimana pulangnya masih cembeerut ga nbapaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulangnya masih cemberut tapi sambil ngasih amplop tebel honor ngisi training hahaha...

      Hapus
  6. kalau suamiku sewaktu aku ikut ROadBlogJakarta, dia tanya manfaaanya buat aku apa? trus dianterin dech ke tempat acaa, anak-anak dititip ke neneknya, hehe.

    BalasHapus
  7. Biasanya juga suami suka anter, ga nanya ada manfaat apa engga juga suka dengan suka rela mengantar istrinya hehe.... kali ini mah memang kondisinya lagi pada tabrakan...anak2 saribuk umi abinya juga harus pergi..pokoknya begitu deh :)

    BalasHapus
  8. banyak informasi dan ilmu yang didapat yah.. beruntung sekali nambah pengetahuan baru

    BalasHapus
  9. Waaah meski penuh drama diawalnya, namun akhirnya bisa dapat banyak informasi dan ilmu juga ya Mba Ida di acara ini, saya ikut belajar dari postingan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang kalau bisa ambil pelajarannya ...terima kasih :)

      Hapus
  10. Duh... selesai baca tulisan ini, saya malah kalah duluan. Udah gitu belum saya posting lagi hasil liputan saya mengenai roadblog di Makassar.

    BalasHapus
  11. Teh Ida.... duh, sampai ada drama segala... Salut deh sama Teteh, yang komit untuk datang dan bijak menyiasati agar pak suami ridho (walo cemberut) atas kepergian Teteh. Hihi.
    Acaranya seru banget dan saran ilmu, yaaa? Semoga apa yang Teh Ida bagikan di sini juga bermanfaat bagi yang baca yaaa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya teteh moderator, bingung pastinya waktu itu teh, tapi begitulah pak suami mah iya..iya boleh pas hari H nya ga dipikirn kalau mau pergi seharian juga :)

      Hapus
  12. Setelah lihat postingan2 Roadblog ini, baru ngeh nama asli Kang Argun dan Bang Aswi.

    Kebayang sejuta perasaan risaunya Mbak Ida meninggalkan 5 krucils di rumah. Belum lagi saat di acara menerima telepon si bungsu terus yang me;aporkan apa saja hahaha mirip dengan saya,nih. Kalo saya pergi, si tengah yang suka sebentar2 telepon untuk melaporkan apa saja, di antaranya si kakak main tab -lah, si kakak beginilah, si adik begitulah wkwkwk.

    ALhamdulillah akhirnya bisa ikutan acaranya ya Mbak

    BalasHapus
  13. Wah seru acaranya ya, blogger kudu narsis? Wah, aku banget tuh wkwkkw

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^