**/ Cerita Ida : Anak-Anak dan Masjid

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Jun 2016

Anak-Anak dan Masjid

Miris rasanya kalau mendengar ada anak yang dibentak pengurus masjid karena dianggap mengganggu.  Di alam bawah sadar sang anak akan terekam bahwa masjid merupakan tempat yang tidak menyenangkan .  Keberadaan anak-anak di masjid memang dirasakan mengganggu oleh sebagian orang tua yang ingin khusyu beribadah di masjid.

Namanya juga anak-anak, makhluk yang belum paham fungsi masjid, baginya dunianya hanya untuk bermain.  Kalau anak sampai mengganggu  yang salah tentu saja orang tuanya. Harusnya orang tuanya diberi pemahaman agar anak dikondisikan hingga tidak mengganggu .  Para orang tua pun harus sedikit toleran terhadap ‘kenakalan’ anak-anak di masjid.  Rasulullah mencontohkan bagaimana cucunya bebas bermain kuda-kudaan di atas punggungnya saat beliau sedang shalat bahkan Rasulullah pun kemudian memperlama sujudnya.


Saaat diundang sebagai pembicara dengan materi parenting di masjid

Hanya satu dua kasus sebetulnya anak yang dilarang atau dibentak di masjid, selebihnya masjid-masjid welcome terhadap keberadaan anak-anak di lingkungan masjid.  Bahkan pembinaan anak banyak diadakan di masjid seperti  Taman Pendidikan Al Qur’an untuk anak-anak  yang berpusat di masjid. Saya juga pernah diundang ceramah di masjid dengan tema Orang Tua Sahabat Anak dan Remaja.  Memang harusnya seperti  itu, masjid menjadi tempat pembinaan umat termasuk bagaimana mendidik anak-anak.

Masjid Ramah Anak   Sumber:edupost.id
Solusi terbaik dicontohkan oleh Presiden Turki, Erdogan, beliau paham betul pentingnya anak mencintai masjid.  Oleh karena itu beliau menyiapkan masjid yang ramah anak.


Count Word : 208

7 komentar :

  1. Iya mba setuju. Masjid memang selayaknya ramah anak. Apalagi buat ibu muda seperti saya dgn dua batita.. anak2 sangat senang bila diajak ke masjid. Belajar wudhu dan shalat,learning by doing.maka selayaknya seluruh masjid bisa ramah anak.

    BalasHapus
  2. Keren ya di Turki, coba di Indonesia mulai di galakan...

    BalasHapus
  3. Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
    Semoga sukses.

    Salam saya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^