**/ Cerita Ida : XL Future Leader : Kesempatan Emas Belajar Menjadi Pemimpin

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

22 Mei 2015

XL Future Leader : Kesempatan Emas Belajar Menjadi Pemimpin

"Beri aku 10 pemuda akan kugoncang dunia.." Demikian kutipan presiden pertama kita Ir. Soekarno. Lain lagi dengan sebuah ungkapan berbahasa Arab yang artinya “Aduhai alangkah indahnya jika masa muda kembali lagi hari ini, akau akan menceritakan kepahitan pada masa beruban.”.  Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mendengar kata-kata "Pemuda adalah harapan bangsa".  Menurut Dr.Yusup Qordowi kalau diibaratkan matahari, usia muda ibarat jam 12, waktu saat yang paling terang dan paling panas.

Maka tepat sekali kalau kita berharap banyak pada para pemuda.  Maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada kondisi pemudanya.  Maka tepat juga kalau XL begitu memperhatikan para pemuda dengan program XL Future Leader nya. Eh kok ujug-ujug cerita tentang XL? Hehe...iya ceritanya saya dan teman-teman dari Komunitas Blogger Bandung diundang untuk mengikuti Blogger Meet Up Selasa 19 Mei 2015 di sebuah cafe bernama Cafe Noah's Barn Coffenerry, sebuah cafe keren di Jalan Dayang Sumbi No 2 Bandung.

Apa itu XL Future Leader?  XL Future Leader adalah sebuah program yang diluncurkan oleh XL sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada para pelanggannya dan umumnya masyarakat Indonesia atau dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility). Merupakan bukti komitmen dan konsistensi XL dalam mendukung peningkatan dunia pendidikan di Indonesia dengan memfasilitasi pemuda berbakan untuk diasah menjadi pemimpin masa depan yang mempunyai kemampuan berkompetisi secara global.

Ini adalah tahun ke empat XL meluncurkan program ini.  XL memilih lebih dari 130 orang mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia untuk di didik menjadi calon pemimpin yang tangguh.  Tentu saja mahasiswa yang dipilih telah lolos syarat dan seleksi yang telah ditetapkan.


Dari hasil sebuah studi yang dilakukan XL tentang kebutuhan pemimpin yang kompeten,  jawabannya adalah soft skill sebagai tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Untuk itu XL memantapkan pilihannya mengasah soft skill pemuda yang meliputi tiga area kompetensi utama, dan berkontribusi mencetak para pemimpin Indonesia di masa depan.



Program ini ditujukan kepada pemuda Indonesia  yang berstatus mahasiswa di tahun kedua dan ketiga, aktif berorganisasi dan memiliki IPK di atas 2,85.  Mahasiswa yang terpilih nantinya akan di didik dan mendapatkan pelatihan ekslusif selama dua tahun meliputi Effective Communication, Entrepreneurship and Innovation, and Managing Change.  Diharapkan setelah mengikuti pengembangan tiga kompetesi utama tersebut para peserta XL Future Leaders akan siap menjadi pemimpin dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Oya program ini dinamai Global Thingking Class.

Selain itu juga XL Axiata juga mengadakan program CEO CHALLENGE bagi anak muda Indonesia berusia di bawah 25 tahun. Program yang dinamai juga BOD CHALLENGE ini memilih tiga peserta terpilih yang akan ditantang menjadi CEO selama satu minggu dan akan mendapatkan fasilitas setara CEO XL Axiata...fiuuuh mantap ya..

Mejeng dulu ah di kafe keren hihi...

Pendaftaran kedua program ini dilakukan secara online melalui www.xal.co.id/futurleaders mulai 23 Maret hingga 30 Juni 2015.  Guna memperkenalkan program ini XL melakukan Road Show keliling beberapa kampus yang dipilih untuk dikunjungi  di seluruh Indonesia, di Bandung XL berkunjung ke ITB  pada hari Rabu 20 Mei 2015 yang baru lalu.

Pada kesempatan itu hadir empat fasilitator program yang merupakan alumni program Global Thingking Class yang telah berhasil dan berkiprah di bidangnya ada Bismar, Ochi Navajo.  Tiga dari ITB dan satu lagi dari UNPAD.

Sebuah program yang sangat bermanfaat dan patut terus kita dukung sebagai salah satu kontribusi kita memajukan bangsa besar ini. Good Luck XL...

6 komentar :

  1. Sayangnya, aku gak tahu bahasa inggris. Masih di bawah rata-rata, jadinya gak bisa ikut yang beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih sayang atuh Mas... padahal yg suka nulis biasanya kecerdasan berbahasanya bagus lho ^_^

      Hapus
  2. bisa melatih kepemimpinan ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali memang itu salah satu tujuannya..... jadi pengen mahasiswa lagi... ^_^

      Hapus
  3. Tipe pemuda yg disebut2 Bung Karno itulah kiranya yg menjadi tujuan XL Future Leaders ya Teh.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^