**/ Cerita Ida : Agar Ramadlan Kali Ini Lebih Baik

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

27 Jun 2015

Agar Ramadlan Kali Ini Lebih Baik

Agar Ramadlan kita kali ini lebih baik apa yang harus kita lakukan?  Hal ini harus benar-benar kita usahakan karena barangsiapa yang ramadlan kali ini sama dengan ramadlan tahun lalu ia termasuk orang yang merugi, dan ramadlan kali ini lebih buruk maka ia termasuk orang yang celaka.

Siapakah yang tahu kehebatan Bulan Ramadlan? Orang yang berilmu dan yang beriman.  Tetapi ada yang lebih tahu kehebatan Bulan Ramadlan. Siapakah dia?  Orang yang telah wafat.  Mereka yang telah wafat sangat tahu kehebatan Bulan Ramadlan ini, dan seandainya mereka masih hidup mereka akan sangat merindukan  suatu malam yang mana malam itu akan menghapus seluruh dosanya selama hidup di dunia hingga ia akan nyaman di alam kuburnya, yaitu malam lailatul qadar.

Sumber:thisismystorylah.blogspot.com

Lalu apa yang harus kita lakukan agar ramadlan kali ini lebih baik dari ramadlan tahun yang lalu?

Usia kita tidak akan bertambah, usia kita akan berkurang, akan sangat rugi bila setiap detik hidup kita tidak memberi nilai tambah dalam kehidupan kita.  Maka di Bulan Ramadlan ini kita harus manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, selalu memberikan nilai tambah bagi kita.

Manfaatkan Waktu Sahur dengan Maksimal

Sahur merupakan amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, maka seyogyanya kita melaksanakan sahur ini dan usahakan jangan sampai tertinggal satu hari pun. Sahurlah walau hanya dengan seteguk air..

Sahur yang dicontohkan Rasulullah diakhir waktu, sepanjang 50 ayat yang dibaca tartil atau kurang lebih 30 menit.  Jadi waktu sahur terbaik kurang lebih 30 menit sebelum adzan berkumandang.

Banyaklah berdo'a saat sahur.  Saat waktu sahur adalah saat diijabahnya do'a. Mintalah ampun, mintalah rezeki, niscaya Allah akan mengabulkan do'a kita.

Banyak beristigfar pada waktu sahur  Jangan biarkan waktu sahur kita, kita gunakan untuk banyak tertawa dengan menonton hiburan di televisi. Sungguh merugilah kita, waktu terbaik kita biarkan dengan berlalai-lalai dari mengingat Allah SWT.


Manfaatkan Saat Berbuka dengan Sebaiknya

Segerakanlah berbuka syaum sesuai pada waktunya. Jangan ditunda-tunda. Berbukalah dengan kurma, itu yang disunahkan, bukan berbuka dengan yang manis atau berbuka dengan bala-bala.  Kurma, itu yang disunahkan dan disebutkan dalam hadist.  Kalau ada kurma basah sesuai yang disunahkan, kalau tidak ada dengan kurma kering.


Sumber: blogfyna.com
Lakukan Shalat Tarawih

Lakukanlah tarawih karena iman dan ridla Allah niscaya Allah akan mengampuni dosa kita. Lakukan dengan khusyu dan tidak tergesa-gesa.

Perbanyak Sedekah

Shadaqoh terbaik adalah saat ramadlan, maka perbanyak shodaqoh di bulan ini.  Niscaya Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda.

Perbanyak Tilawah Al Qur'an

Bulan Ramadlan juga disebut Syahrul Qur'an.  Maka perbanyak membaca al qur'an di bulan ini.  Rasulullah mencontohkan bulan Ramadlan digunakan untuk belajar, setoran hapalan al qur'an kepada malaikat jibril.

Niatkan Beritikaf

Di Bulan Ramadlan kalau singgah ke masjid harus diniatkan itikaf, lebih baik lagi kita bisa menggunakan 10 hari yang terakhir dengan itikaf. Manfaat itikaf kita bisa merenungi masa lalu, memikirkan apa yang kita lakukan hari esok. Memberi ketenangan, ketentraman, dan memberikan cahaya pada hati yang penuh dosa. Beritikaf di 10 hari terakhir akan terbebas dari dosa-dosa karena disepuluh hari terakhir itu ada malam lailatul qadar.

Semoga Ramadlan kali ini adalah ramadlan yang terbaik untuk kita.... Aamiin Allohumma Aamiin ^_^










10 komentar :

  1. Insya allah akan saya coba semuanya di tempat saya kuliah saat ini.

    BalasHapus
  2. Boleh juga mbaa tipsnya, bisa saya coba nanti :)

    BalasHapus
  3. Makasih lho mbaa tipsnya, nambah ilmu :)

    BalasHapus
  4. PR banget buat banyakin tilawah. Huhu

    BalasHapus
  5. lengkap banget tips nya, mudah2an bulan ramadhan kali ini membawa berkah bagi semua orang

    BalasHapus
  6. aamiin...
    saya langsung kesindir teh, berbuka dengan bala2 :D

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak artikelnya mba,, sangat membantu saya dalam mendampingi menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan..

    BalasHapus
  8. Wah, terima kasih judah sharing tulisan ini. Ternyata masih banyak yang saya lupa jalankan ^ ^
    BEAUTY BLOG | WWW.NONAHITAMPAHIT.COM

    BalasHapus
  9. terimakasih ilmunya mba :) akan aku terapkan biar ramadhan kali ini lebih baik dari ramadhan yang tahun kemaren :)

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^