**/ Cerita Ida : Keistimewaan-Keistimewaan Lailatul Qadar

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

8 Jul 2015

Keistimewaan-Keistimewaan Lailatul Qadar

Bulan Ramadlan berlari tak terasa, putaran waktu begitu cepat beranjak, tak terasa kita sudah memasuk 10 hari terakhir ramadlan, sebentar lagi ramadlan penuh berkah ini akan pergi meninggalkan kita. Sepuluh hari terakhir adalah putaran final di bulan ramadlan.  Sebagaimana sebuah perlombaan putaran final merupakan hasil seleksi dari putaran sebelumnya, babak penyisihan dan semi final, tentu saja pesertanya pun semakin sedikit.  Semoga kita termasuk di dalamnya, karena saat inilah seperti halnya menanam adalah saat panen menuai hasil.

Alangkah ruginya kita bila saat berharga ini kita sudah termasuk peserta yang gugur walau masih melaksaanakan shaum kita. Jangan sampai kita termasuk orang yang disebut dalam hadist Rasulullah SAW yang isinya kurang lebih banyak yang puasa di bulan Ramadhan ia hanya mendapatkan lapar dan haus saja.  Naudzubillah, semoga syaum kita diterima Allah SWT.  Aamiin Allohumma Aamiin.

Sumber: tokeinfo.com

Seperti kita ketahui di sepuluh hari terakhir ini ada satu malam yang begitu istimewa yang kita kenal dengan sebutan Lailatul Qadr Malam Ketetapan, malam yang teramat mulia karenanya kita diperintahkan oleh Rasulullah untuk mencarinya di sepuluh hari terakhir ramadlan Sabda Rasulullah yang disampaikan istrinya Siti Aisyah RA " Rasulullah ShollAllahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadan dan beliau bersabda: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Lalu apa sajakah keistimewaannya sehingga kita diperintahkan untuk mencarinya ?  Mari kita simak:

1.  Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al Qur'an

Al Qur'an diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril selama kurang lebih 23 tahun ada yang mengatakan tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari, namun al qur'an diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah yang ada di langit dunia tepat pada saat lailatul qadr.

2. Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan 

Lailatul Qadr adalah lebih baik dari seribu bulan  ( QS Al Qadr ayat 3)
Pernyataan itu jelas berasal dari Allah SWT karena tercantum dalam Al Qur'an yang suci, yang tidak tercampur tangan manusia, tidak berubah sepanjang zaman karena sudah dijamin Allah SWT dalam firmannya dan ini terbukti sampai kini kemurniannya selalu dapat dijaga,  al qur'an pun dapat menjelaskan fenomena alam2 yang baru ditemukan di abad modern ini, seperti : Gunung yang bergerak QS An Naml 88, adanya laut yang seakan-akan memiliki pemisah sebelah tawar dan sebelahnya asin Al Furqon 53. Kemudian ada juga fenomena awan Cumulonimbus  penyebab kecelakaan pesawat yang ada di QS An Nur 43 dll. Sungguh orang yang sangat bodoh yang menyangka al qur'an adalah buatan Muhammad SAW.

Lebih baik dari seribu bulan ada yang mengatakan secara value atau nilainya ada yang menganggap jumlah pahala yang berlipat sampai seribu kali lipat.  Jumhur ulama membenarkan keduanya.  Jadi kalau pada malam itu melaksanakan sholat qiyamu lail maka itu sebanding dengan melakukan sholat selama 1000 bulan atau 83 tahun.

3.  Para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke dunia

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril QS. Al Qadr ayat 4
Keistimewaan malam ini sangat luar biasa, dimana para malaikat turun ke dunia dikomandani  malaikat Jibril. Mereka turun untuk membawa do'a-doa orang yang berdo'a pada malam itu, kemudian mereka naik dalam kelebatan yang cepat, naik turun naik turun dan naik membawa do'a kepada Allah SWT.  Mereka meminta dengan pengharapan yang sangat kepada Allah untuk mengabulkan do'a-do'a seolah mereka berkata "Ya Allah aku malu kalau do'a orang ini tidak engkau kabulkan".

4.  Lailatul Qadr malam penuh keberkahan

"Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan kamilah yang memberi peringatan" QS. Ad Dukon ayat 3

Malam yang penuh keberkahan, itulah lailatul Qadr dimana malaikat turun membawa keberkahan kepada orang-orang  mukmin yang menghidupkannya.

5.  Lailatul Qadr disifati dengan salam

Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar QS Al Qadr ayat 5

Malam penuh kesejahteraan, malam penuh keselamatan karena pada malam ini syetan tidak bisa berbuat kejahatan kepada manusia. Bisa diartikan juga mlam ini bagi yang melakukan amal sholeh di malam ini maka akan selamat dari siksaan dan hukuman. Malam ini juga malaikat turun dengan membawa berkah, salam dan keselamatan.

6.  Lailatul Qadr adalah saat ditentukannya takdir dan nasib manusia dalam setahun

Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah  QS Ad Dukhon ayat 4
Pada malam ini ditentukan takdir dan nasib manusia selama setahun baik itu rejekinya, ajalnya maupun ketentuan dan ketetapan lainnya.  Barang siapa berdo'a di malam ini untuk kehidupannya maka  nasib dan takdirnya bisa berubah menjadi lebih baik.

7.  Lailatul Qadr adalah saat apabila kita menghidupkan malam tersebut dengan ibadah maka dosa-dosanya diampuni Allah SWT

"Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”Hadist Bukhori
Jadi bila pada malam ini melaksanakan sholat dengan penuh keimanan dan ikhlas hanya semata mengharap pahala dari Allah SWT maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosa kita.

Pada malam ini dianjurkan untuk berdoa di dalamnya dan untuk memberbanyak doa terlebih lagi dengan doa yang terdapat dalam hadits A’isyah, beliau berkata: “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku jika aku mengetahui pada suatu malam bahwa itu adalah lailatul qadar, apa yang harus aku katakan?” Maka beliau menjawab: ‘Katakanlah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa, fa’fu’anni (Ya Allah Engkau adalah Maha Pengampun, mencintai orang yang meminta ampun, maka ampunilah aku)” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih)

Masya Allah..., semoga kita dapat meraih malam ini dan mengisinya dengan ibadah yang penuh dengan keimanan dan pengharapan akan ridla dari Allah SWT.  Aamiin Allohumma Aamiin.

4 komentar :

  1. Begitu istimewanya malam Lailatul Qadar ya Mba.. Kita sbg muslim tentunya berharap berkah Lailatul Qadar..mari sama2 meningkatkan amal ibadah pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan ini...

    BalasHapus
  2. memang istimewa malam laitul qadar .. setiap bulan puasa yang saya tunggu adalah malam itu dan menandakan lebaran sebentar lagi :)

    BalasHapus
  3. Cepet banget hari berlalu, belum banyak ibadah yg terlaksana seperti yg sy rencanakan. Semoga Allah mengampuniku. :(

    BalasHapus
  4. iya sama dengan komennya mak lusi, berasa cepet ramadhan kali ini.
    memang sangat istimewa, terkadang terlewatkan momen istimewa ini :(

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^