**/ Cerita Ida : So Good Ayam Potong Bumbu Pecel

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Mar 2018

So Good Ayam Potong Bumbu Pecel

So Good Ayam Potong Bumbu Pecel   Anak-anak lagi masa pertumbuhan, makan pun sedang banyak-banyaknya.  Sebentar-sebentar lapar, sebentar-sebentar nanya ada apa... hihi... Senang aja sih, berarti mereka sedang sehat kan ya, karena kalau sakit pasti malas makan.  Nah di masa pertumbuhan ini mereka tentu saja membutuhkan gizi yang seimbang agar tumbuh optimal.

Nutrisi seimbang tentu saja harus terpenuhi, harus ada karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan kalsium, semua disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.  Kadang suka bingung juga sih menyiapkan menu yang bisa memenuhi kebutuhan gizi anak-anak, terutama yang sesuai dengan selera mereka.



Sebetulnya selera kelima anak-anakku gampang aja sih, mereka semua suka ayam, bahkan Fathiya itu maniak ayam.  Tapi lama-lama bosan juga kalau kita tidak membuat varian yang berubah-ubah tiap harinya.  Nah kali ini saya mencoba berkreasi membuat makanan dari ayam dicampur sayur dan buah agar gizinya seimbang, saya memberi nama menu piring gizi seimbang ini So Good Ayam Potong Bumbu Pecel.

Eh tentu teman-teman bertanya kenapa mesti So Good, kok ngiklan banget sepertinya..hahaha.... Engga kok, bukan ngiklan ini mah...Tentu saja saya memilih So Good Ayam Potong sebagai pilihan karena ada alasannya.  Teman-teman mau tau kah alasannya..?  Mau tahu..? Apa mau tahu banget..?  Hihi... Ok deh, sebelum menuliskan resep So Good Ayam Potong Bumbu Pecel saya akan sampaikan dulu alasan mengapa memilih So Good sebagai ayam potong pilihan saya.

Mengapa harus So Good Ayam Potong ?


Memilih So Good Ayam Potong sebagai pilihan tentu saja ada alasannya, pertama karena ternyata So Good Ayam Potong itu kualitasnya no 1, berasal dari peternakan modern milik sendiri.  Ayamnya dikembangkan dan diseleksi hingga mencapai pertumbuhan efisien, menghasilkan daging lebih banyak  dan tidak mudah sakit.

Selain itu ayamnya pun tumbuh normal tidak disuntik hormon.  So Good Ayam Potong juga dipotong di rumah potong bersertifikasi NKV.  Proses pemotongan dilakukan di rumah potong bersertifikasi halal.  Potongan ayamnya pun tidak melekat satu sama lain. Proses IQF yang mengunci empat kualitas yaitu rasa, segar, kebersihan dan gizi.  Itulah kelebihan yang dimiliki oleh So Good, so kenapa ayam potong ini menjadi pilihan...

 So Good Ayam Potong

So Good Ayam Potong Bumbu Pecel

 

Ini resep baru pertama kali dicoba di rumah, hasilnya ternyata anak-anak suka, semua suka, rasanya seger-seger nikmat hehe... Belum lagi kalau kita sajikan dengan tampilan ala-ala resto atau kafe menambah semangat menyantapnya.  Dalam satu sajian menu sudah tercakup karbohidrat, protein, sayur dan buah..

Bahan :

So Good Ayam Potong  6 pcs
Wortel  2 buah
Buncis  100 gram
Jagung  3 buah  (Bisa diganti kentang atau nasi)
Nanas


Bumbu :

Garam secukupnya
Bawang merah  2 buah
Bawang putih    2 buah
Merica  secukupnya
(Semua dihaluskan)
Bumbu Pecel siap saji
Mayones
Lada hitam  (bila suka)
Kecap Asin   1 sdm


Cara Membuat

Lumuri ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan kecap asin, campurkan sampai rata, biarkan selama tiga puluh menit.  Setelah meresap, ayam  diungkeb sampai empuk, kemudian dibakar atau dioven sebentar saja.

Iris nanas selebar kurang lebih 1 cm.  Ketika ayam dioven sertakan pula nanas untuk dioven sebentar.

Wortel diparut kasar

Buncis direbus sebentar (Dipotong pendek biar mudah menyantapnya)

Rebus jagung hingga empuk

Bumbu pecel diseduh dengan air tambahkan mayones secukupnya.


Hidangkan jagung, ayam nanas, wortel dan buncis dalam piring.  Tatalah agar tampilannya menarik. Kemudian tuangkan bumbu pecel secukupnya, beri sedikit mayones untuk hiasan, taburi lada hitam bila suka.  Makanan siap dihidangkan.



So Good Ayam Potong Bumbu Pecel ini rasanya segar.  Untuk karbohidrat kita gunakan kentang atau jagung, sesekali memang kita perlu mengganti karbohidrat sebagai variasi.  Dengan tampilan yang menarik serasa kita sedang menyantap makanan ala resto atau kafe.   Selamat mencoba, dijamin suka, eh insya Allah suka... hihi.. :)  Dan yang terpenting dalam satu sajian ini sudah memenuhi proporsi  piring gizi seimbang  15% protein hewani, 35% karbohidrat, 35% sayuran dan 15% buah-buahan... Praktis kan ya..



Semoga resep So Good Ayam Potong Bumbu Pecel ini bermanfaat ya teman-teman, buat variasi olahan ayam, menu ini lumayan asyik lho... :)



23 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Pecel alternatif saya teh krn saya kurang suka sayur ๐Ÿ˜ di-mix sama ayam cucok ini

    BalasHapus
  3. Waduuuh liatnya enak bgt, nyoba masak ah

    BalasHapus
  4. Bisa dicoba ni cara masak daging ayam yang berbeda spy gak bosen. Thanks resepnya, mbak :)

    BalasHapus
  5. MAntabs nih, coba ah resepnya, makasih teh Ida resepnya

    BalasHapus
  6. Di mix pakai sambal pecel ?.
    Hmm, inovasi baru nih ... dan layak dicoba ☺

    BalasHapus
  7. Busui lapar jadinya๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ณ pengen coba juga

    BalasHapus
  8. waaaaw kayaknya yummy banget teeeh! baru nyadar kalo ayam pun bisa dibumbu pecel ya? ayamnya montok gitu lagih, yumm!

    BalasHapus
  9. Menu baru nih, aku belum pernah nyobain dipakaiin bumbu pecel kayak gini.

    BalasHapus
  10. Duh kebayang segernya... Praktis pula

    BalasHapus
  11. Duh, sedap betul masakannnya..bikin ngiler.. :)

    BalasHapus
  12. Wih, mau atuh di colek dikit. Coba ah resepnya.

    BalasHapus
  13. Belum pernah coba ayam pake bumbu pecel teh, mau coba juga ah ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  14. Kehalalan makanan yang kita makan emang penting untuk diperhatikan. Saya pun lebih memilih ayam yang dipotong dengan cara halal. Ternyata So Good pun dipotong dengan cara yang halal. Jadi gak ragu untuk memilih produk ini, deh!

    BalasHapus
  15. Kreatif banget mom. Ada varian lain pengganti karbohidrat dari nasi. Ini sepiring udah lengkap banget komposisi nutrisinya. Bener-bener pilihan makanan sehat bergizi seimbang. Diit ndak melulu gak makan daging yaa

    BalasHapus
  16. Kelihatan enak dan sangat menggiurkan Teteeeeh!
    Udah lama juga gak makan pecel nih :))

    BalasHapus
  17. Makasih kakak, saya jadi lapar bacanya.. ayam bumbu pecel kreatif

    BalasHapus
  18. Itu ayam potongnya gede amat ya hahaha asyik ya potong 10 ini kan?

    BalasHapus
  19. Aku tuh ngiler bin gemes kalau liat ayam potongnya So Good. Asa seger menul-menul gitu ya Teh. Apalagi dipadu sama bumbu pecel. Nyaaaammm.
    Sayang di tempatku belum masuk yang varian ayam potong ini :(

    BalasHapus
  20. Gampang bgt buatnya ya Mba. Itu diatasnya dikasih mayo ya? Blm pernah ngerasain bumbu pecel dg saos mayo. Gmn rasanya ya?

    BalasHapus
  21. Kayak makanan di resto2 mbak jadinya.
    Ayamnya So Good empuk banget pasti enak. Sayurnya jg enak kriuk2 gtu kali ya eh iya kan wortelnya gak direbus hanya diparut?

    BalasHapus
  22. duh liat nanasnya bikin ngeceess.. berasa segernyaa x)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^