blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Okt 2020

UMKM dan UKM di Masa Pandemi : Tips dan Trik untuk Bangkit


UMKM


UMKM dan UKM di Masa Pandemi: Tips dan Trik untuk Bangkit  Tak bisa kita pungkiri masa pandemi ini telah membuat goyah perekonomian di negara kita baik skala mikro atau pun makro.  Pandemi yang kehadirannya tidak ada yang memprediksi kedatangannya membuat tidak ada yang mempersiapkan diri sebelumnya untuk menghadapi masa pandemi covid-19 ini.  Banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang gulung tikar, PHK terjadi dimana-mana, para pedagang pun banyak mengalami penurunan omzet.

Pengertian UMKM 

UMKM adalah sebuah jenis bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah, berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari perusahaan mana pun.  UKM adalah usaha kecil yang memiliki kekayaan tidak lebih dari Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha dengan penjualanan tahunan paling banyak Rp300 juta sampai paling banyak 2,5 Milyar per tahun.

UMKM merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia, jumlah UMKM menurut Badan Pusat Statistik (BPS)  mencapai 64 juta. Angka ini mencapai 99,9 % dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. 

Selama masa pandemi UMKM paling terdampak, sekitar 30% usahanya terganggu karena jatuhnya permintaan.  Sekitar 50% -70% UMKM lainnya terganggu tapi kemudian menciptakan inovasi-inovasi kreatif.

Di IG Live Sharing Cerita Ida episode ke 13 telah hadir seorang praktisi bisnis online dan offline yang juga merupakan mentor bisnis di beberapa komunitas bisnis UMKM atau pun UKM.  Selain itu juga beliau adalah pakar instagram organik yang sudah menolong banyak pengusaha UMKM bangkit dan maju karena belajar instagram dari beliau.  Beliau adalah Hamdi Eka Putra yang biasa disapa Bang Hamdi.

Semua guru bisnis kebingungan memberikan berbagai solusi tapi tidak bisa maksimal untuk menjadi solusi dari masalah yang ada.  Pada kesempatan IG Live Bang Hamdi membagikan ilmunya yang beliau dapatkan dari guru bisnisnya, berbagai pengalaman pribadi dan para pengusaha lainnya.  Ternyata solusi itu ada dan solusi itu dekat.

Bang Hamdi mengungkapkan bahwa solusi untuk para UMKM di masa pandemi itu meliputi dua hal yaitu:


Solusi UMKM dan UKM Bangkit dengan Ikhtiar Langit

Ini kisah tentang pengusaha Happy Tranggono terlilit hutang puluhan milyar, kemudian beliau berusaha mencari solusi ke sana kemari.  Pak Happy bertemu ulama yang memberikan beliau nasihat.  Setelah beliau mengikuti nasehat ulama itu ternyata masalah beliau teratasi, utang puluhan milyar itu akhirnya lunas.  

Dan ternyata banyak pengusaha lain pun yang berhasil mengatasi masalah dan akhirnya sukses dengan usaha yang disebut usaha langit ini.  Apa sajakah usaha langit itu?  Ini dia ... yuk kita simak ya teman-teman :D

Memperbaiki Hubungan dengan Allah SWT

Mungkin kita sering berbuat dosa maka hal yang pertama harus dilakukan adalah bertaubat kepada Allah, sholat sering ketinggalan, tidak tepat waktu untuk laki-laki mungkin jarang di masjid.  Perbanyak istighfar di keseharian kita.  Ada seorang pengusaha yang sukses dan memiliki puluhan perusahaan ternyata beliau melafalkan istigfar 2000 kali dalam sehari.

Perbaiki Hubungan dengan Orang Tua

Perbaiki Hubungan dengan Pasangan

Perbaiki Hubungan dengan Orang Lain

Rutin Bersedekah

Dalam kesempatan IG Live ini Bang Hamdi juga bercerita tentang Pak Puspo pemilik ayam bakar Wong Solo yang terimbas masalah poligami Aa Gym.  Karena Pak Puspo memberi Poligami Award kepada Aa Gym beliau terimbas dampak masalah poligami Aa Gym.  Akhirnya usahanya jatuh diboikot pembeli.

Waktu itu Bang Hamdi sempat berfikir bahwa Pak Puspo itu dalam sebuah pelatihan pernah mengungkapkan bahwa infak bulanannya adalah 30 % dari keuntungan, tidak mungkin ia akan jatuh.  Benar saja, dalam waktu tak begitu lama usaha Pak Puspo pun bangkit bahkan maju pesat merambah ke beberapa usaha lain seperti Ayam bakar Kaki Lima, Ayam Penyet Surabaya dan lain sebagainya.

Sesungguhnya janji Allah SWT itu nyata, dan Allah tidak pernah mengingkari janjinya.  Di dalam Al Qur'an juga tersebar ayat bagaimana Allah SWT akan melipatgandakan sedekah kita , 10 kali, 70 kali bahkan sampai 700 kali lipat.  Masya Allah....

Solusi UMKM dan UKM Bangkit dengan Ikhtiar Bumi

PIVOT 

Di dalam permain basket dikenal istilah Pivot yaitu gerakan memutar badan yang tumpuannya menggunakan  salah satu kaki sebagai poros tumpuan.  Nah di dalam bisnis pivot itu berarti bahwa bila pelaku UMKM atau UKM akan berganti bisnis haruslah relevan dengan bisnis  sebelumnya.

Misalnya saja bisnis umrah, karena di masa pandemi ini tidak mungkin berjalan maka kalau kita beralih bisnis kita bisa memanfaatkan grup-grup jamaah umrah baik yang sudah pernah pergi maupun yang akan pergi tapi terhalang pandemi. 

Kita bisa jualan nasi kebuli makanan khas di Arab untuk mengobati rasa kangen jamaah akan suasana tanah suci atau produk lain yang masih berhubungan.  Selain itu  jualah barang-barang yang banyak dibutuhkan.

RISET

Sebelum berbisnis pelaku bisnis UMKM dan UKM terlebih dahulu harus melakukan riset, terutama riset mengenai produk yang akan dijadikan bisnis kita. Kriteria sebuah produk bagus adalah memiliki keuntungan 20% baik kita sebagai produsen atau sebagai reseler.  Bila kurang dari itu lebih baik tinggalkan karena hanya akan menghabiskan waktu dan energi kita.  Jadi cari produk yang harganya tidak rusak di pasaran.  

Kemudian kita harus riset tentang audien cari audiens atau konsumen yang jumlahnya di atas 10 juta.  Ini bisa kita lakukan di fesbuk dengan mencari di Fesbuk Audiens Insight misalnya atau kita bisa minta data ke Badan Pusat Statistik.

Riset yang ketiga carilah produk yang belum terlalu banyak kompetitornya.

TINGKATKAN ILMU MARKETING

Ada sebuah formula menarik  dari Harvard University yaitu berbisnis dari hal yang bisa kita lakukan dan mungkin kita lakukan lalu kemudian barulah berbisnis yang sesuai dengan keinginan.   Bisnis tidak harus mulai dengan hal ideal tapi bisa dengan hal bisa dan mungkin sehingga ini lebih akan pasti kita follow up tidak sebatas wacana saja seperti yang sering terjadi. Untuk marketing misalnya kita bisa menggunakan cara yang mudah dan gratis di berbagai grup WA.

Kita harus aktif di grup WA tersebut dengan prosentase sharing 80% dan selling nya cukup 20%.  Ini akan membuat autority kita di grup menjadi bagus. Save lah nama-nama anggotanya kemudian rutinlah untuk update status di WA.

Kita juga bisa gabung di grup-grup Fesbuk, dan di instagram, posting minimal satu postingan dalam sehari.  Sebelum live di instagram, sebetulnya banyak titipan pesan dari teman-teman untuk menanyakan tentang instagram ini, tapi sebelum bertanya Bang Hamdi sudah mengatakan bahwa untuk belajar instagram secara menyeluruh di butuhkan pelatihan yang membutuhkan waktu satu atau dua hari.  Ga jadi deh nanya-nanya tentang instagramnya...hehe...

Demikian teman-teman tulisan Cerita Ida yang sebagian besar merupakan rangkuman IG Live bersama Bang Hamdi di IG Live Sharing Cerita Ida yang saya beri judul UMKM dan UKM di Masa Pandemi: Tips dan Trik untuk Bangkit.  Semoga bermanfaat :)

31 komentar :

  1. Tips dan triknya bagus sekali. Pemerintah juga lagi memberikan bantuan 2,4 juta utk pemilik UMKM nih mbak. Semoga tepat sasaran dan dapat dipergunakan dengan baik juga ya.

    BalasHapus
  2. Tips nya bermanfaat banget mbaa.. bener juga ya, yang paling utama adalah memperbaiki hubungan dengan Allah, Insyaallah Allah akan bantu ya mbaa.

    BalasHapus
  3. duhhhh eneran bermanfaat banget nih kak.... kata kunci yang harus dilakukan sekarang adalah bertahan... bertahan dan kembali bangkit. sungguh perjuangan sekali ya

    BalasHapus
  4. Riset adalah bagian penting dalam memulai dan mengembangkan usaha. Bahkan bagi yang mengaku sebagai UKM kecil sekali pun.

    BalasHapus
  5. Market research paling penting nih. Semoga semua pada bangkit dan perekonomian kita normal lagi

    BalasHapus
  6. Menabungnya langsung sama Allah, maka insya allah akan dapat keberkahan dan tambah rezeki. Solusi utama ini memang untuk dapat bangkit di masa seperti ini

    BalasHapus
  7. Jadi inget sama bukunya Dee Lestari soal UMKM. optimis mereka yang jadi roda penggerak perekonomian Indonesia akan bangkit. Segera.

    BalasHapus
  8. Topik yang sangat menarik ya kak, setuju sekali kak hubungan dengan Allah mesti baik dulu yang lain akan mengikuti. Semoga kita semua di mampukan ya .. Amin ^---------------^

    BalasHapus
  9. Aku suka tips memperbaiki hubungan dengan Allah Swt dan juga dengan orangtua, dan sangat setuJu juga. Karena menurutku semua kembali ke situ. Butuh restu orangtua dan juga butuh bermohon dan berdoa kepada Allah Swt

    BalasHapus
  10. Bagus banget tips berbisnisnya. Perbaiki hubungan dengan Allah, pasangan, keluarga, orang lain & rutin sedekah.. jadi ingat petuah ustaz, jagalah Allah maka Allah akan menjagamu. Dalam berbisnis pun seperti itu ya.

    BalasHapus
  11. Amazing banget tips nya mba..Benerkan hubungan dengan Allah, pasangan dan orang tua, mau ga mau semua berhubungan ya mba

    BalasHapus
  12. Mba Idaaaa bangga banget ama dirimu yg bikin IG live dgn konten super duper berfaedah, lanjutkaaann ya Mba.
    Btw, itu tipsnya beneran mantuuulll! Memang di pandemi ini, kita kudu semakin kenceeeenggg membangun hubungan baik hablum minALLAH dan hablum minannas

    BalasHapus
  13. Sekarang UMKM pun sebaiknya melek dunia digital, ya. Karena memang bisa membantu penjualan. Supaya pangsa pasar semakin luas

    BalasHapus
  14. Bene banget nih tips tipsnya. Pokoknys selama kita berhubungan baik dg Allah maupun makhluk-Nya, insya allah usaha apapun ada kemudahan

    BalasHapus
  15. betul mba dlm berbisnis kita jgn pernah melupakan kedekatan kita pada Allah, sehingga ketika mengalami krisis, Allah sdh memberikan solusi. Makasih ilmunya mba kebetulan adik ipar saya baru memulai UMKM

    BalasHapus
  16. Ilmu langit memang luar biasa, memperbaiki hubungan dengan Allah dan hubungan kepada orang orang terdekat jangan lupa, ini note banget. Kalau riset sepertinya agak sulit ya mbak, emang kalau untuk urusan kayak gini, kita butuh mentor ^^

    BalasHapus
  17. Mau dong mbak share juga tentang syarat biar bisa daftar UKM UMKM. Aku baru tah kalau itu beda artinya hehe

    BalasHapus
  18. Tips2nya bermanfaat banget nih mba, kesemuany dibutuhkan untuk membangun umkm agar tetap bertahan di masa pandemi dan usaha langit juga dimaksimalkan :)

    BalasHapus
  19. Terima Kasih atas tipsnya kak. ini sangat bermanfaat buat kami sebagai UMKM, karena terus terang saat pandemi kami merasa sedikit demi swdikit kendor semangatnya. hehehe

    BalasHapus
  20. MAsyaAllah melafalkan istigfar sampai 2000 setiap hari. SUngguh keliatan sepele tapi sebetulnya tak mudah. Tapi dampaknya luar biasa

    BalasHapus
  21. Terima kasih banyak kak sudah sharing, semoga ya para pelaku UMKM bisa bangkit dan bertahan dimasa pandemi saat ini.

    BalasHapus
  22. Banyak sekali hikmah di masa pandemi yaa, teh.
    Semoga kita senantiasa diberikan kebersihan hati untuk bisa menggali makna yang ada. Termasuk untuk terus belajar dan percaya kepada takdir Allah.

    BalasHapus
  23. Masya Allah bener banget nih harus ada infak bulanan 30% ya biar rezeki lancar terus. Gak hanya pemilik UMKM, tapi juga freelancer kayak saya.

    BalasHapus
  24. Makasi tipsnya mbak, kebetulan aku juga lagi usaha online :)

    BalasHapus
  25. waa terima kasih tips dan sharingnya ya teeeh, saat pandemic kaya gini emang semua kena dampaknya yaaa huhuhu

    BalasHapus
  26. Wah ada grup khusus nya ternyata yah,trus ada tips n trik ya,keren ini sih. Mantep nih obrolan livenya bisa menjadi tulisan.

    BalasHapus
  27. Maa syaa Allaah banget tipsnya ini.saya juga percaya kesuksesan itu ada kaitannya dengan hubungan kita sama Allaah.

    BalasHapus
  28. Tips dan trik untuk UMKM semakin maju saya juga Coba nih Mbak memulai untuk berbisnis apalagi di masa pandemi di rumah saja dan memanfaatkan dunia digital

    BalasHapus
  29. Sekarang makin banyak owner UMKM berusaha upgrade ilmu suapaya bisa bertahan, meningkatkan omset serta kualitas. Semoga makin banyak yg support karena UMKM jg penggerak roda ekonomi

    BalasHapus
  30. BAru tau mba istilah pivot tadi. Benar juga ya, jika ingin memulai usaha baru, setidaknya berkaitan dengan usaha lama, dimana kita sudah punya pelanggan tetap.

    BalasHapus
  31. Aku lihat sendiri banyak sekali tetanggaku yang punya UMKM mendapat bantuan dari pemerintah lewat bank, Mbak. Mereka dengan senang hati mengurus persyaratannya. Semoga bantuan tersebut bisa benar-benar membantu perekonomian mereka.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^