blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Nov 2021

Popmama Parenting Academy 2021


Popmama Parenting Academy 2021



Popmama Parenting Academy 2021  Berawal dari kekaguman pada beberapa anak milenial yang menjadi pribadi-pribadi yang hebat yang memiliki prestasi yang mendunia. Tidak hanya berprestasi tapi juga menjadi pribadi yang bermanfaat karena pada akhirnya mereka banyak diundang ke berbagai seminar dan webinar untuk memotivasi para milenial lainnya.  

Ibu Smart Anak Hebat

Lahirlah angan-angan, seandainya saja milenial Indonesia banyak yang  menjadi anak hebat berprestasi dan menebar banyak manfaat seperti mereka.  Kemudian karena penasaran menghubungi beberapa orang tua dari anak-anak hebat tersebut. Bertanya tentang pola didik dan pola asuh yang telah mereka lakukan hingga bisa membentuk anak-anak dengan pribadi yang luar biasa.

Maka kemudian lahirlah tulisanku dalam buku parenting yang berjudul Ibu Smart Anak Hebat yang terbit di bulan Maret 2021 yang lalu.  Judul buku tersebut merupakan kesimpulan dari big why terciptanya anak-anak hebat tersebut.  

Ya, ternyata anak-anak hebat itu terlahir dari ibu-ibu yang smart yang memahami tentang pentingnya ilmu parenting.  Ibu-ibu yang paham tentang bagaimana mendidik anak dengan baik, bagaimana mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak sejak mereka lahir di muka bumi ini.

Pantaslah ada pepatah Arab yang menyebutkan al -ummu madrasatul ula, iza a'adadtaha a'dadta sya'ban thayyibal a'raq.  Arti dari pepatah arab itu kurang lebih ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, engkau telah mempersiapkan generasi terbaik. 

Seorang ibu memiliki peran yang besar dalam mempersiapkan sebuah peradaban.  Saya ingat suatu waktu pernah melakukan IG Live di akun saya @ida_tahmidah dan waktu itu mengundang seorang pakar gizi dari UNPAD yaitu Dr. dr.Gaga Irawan, MGizi,SpGk.

Beliau pernah melakukan riset di sebuah daerah dimana di daerah itu banyak terjadi stunting dan kurang gizi.  Ternyata bukan melulu karena faktor ekonomi sehingga mereka tidak bisa memberikan gizi yang baik kepada anak-anaknya tapi karena ketidakpahaman orang tuanya tentang gizi.  Hal ini terlihat setelah dilakukan penelitian ternyata uang jajan anak-anak tersebut besar-besar sampai ada yang Rp50.000,- sehari.

Miris ya, ternyata penyebab kekurangan gizi dan stunting itu bukan semata faktor ekonomi tetapi juga karena ketidakpahaman ibu mereka tentang gizi.  Semakin jelas betapa peran seorang ibu itu begitu penting untuk menciptakan generasi yang berkualitas.



Kesenjangan Generasi (Generation Gap)

Terlihat sekali betapa pentingnya seorang ibu itu menjadi ibu yang smart supaya tercipta generasi yang hebat.   Smart dalam arti mau terus belajar meng up-grade dirinya hingga terus bisa mengikuti perubahan zaman. Hingga bisa mendidik anaknya sesuai dengan zamannya.  

Ya, karena zaman berubah dengan cepat, anak zaman sekarang tumbuh dengan teknologi yang berkembang pesat.  Mereka menjadi generasi digital native yaitu generasi yang lahir di zaman digital dan berinteraksi dengan peralatan digital di usia dini.

Jadi ingat sabda Rasulullah SAW:

"Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu.  Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian"

Para orang tua zaman sekarang tentu merasakan dan melihat betul perbedaan kondisi zaman saat mereka kecil dengan kondisi anak-anak zaman sekarang.  Waktu yang terus bergerak maju, perubahan-perubahan dampak dari pesatnya teknologi pun terjadi dan tidak mungkin untuk dihindari. 

Kondisi yang akhirnya  membuat orang tua menjadi berjarak dengan anak dan berpengaruh pada nilai-nilai, kebiasaan, keterbukaan, kreativitas, pandangan hidup dan selera yang berbeda pada masing-masing generasi.  Perbedaan inilah yang menimbulkan kesenjangan generasi (generation gap).  

Sebuah kondisi yang menyebabkan kurangnya komunikasi dan pemahaman antara dua generasi.  Pandangan mereka tentang dunia diwarnai oleh bagaiman masyarakat berfungsi  semasa mereka menjalani kehidupan remajanya. 

Menyusuri waktu yang telah berlalu, mengingat masa di 20 hingga 30 tahun yang lalu, orang tua zaman sekarang mengalami masa remajanya dengan teknologi tv tabung, telepon rumah analog, radio kaset, pager, permainan game watch, ding-dong dan semacamnya.

Sementara anak-anak sekarang akrab dengan internet, smartphone, chatting, komputer tablet, laptop, media sosial, Play Station 3, televisi layar datar tiga dimensi, ipad dan lain sebagainya.  Perbedaan besar yang tentu saja berpengaruh pada kebiasaan dan gaya hidup.  

Generasi muda dengan gaya hidup touch screen, langsung beli, praktekan baru pelajari caranya.  Sementara generasi tua dengan gaya "theory button" nya dipelajari dulu detailnya kemudian baru beli. Sebuah perbedaan yang cukup ekstrim.

Pemahaman tentang kesenjangan generasi ini harus dipahami secara utuh agar dapat menemukan pendekatan yang tepat bagaimana memahami pemikiran anak di zaman sekarang. Bila ini dilakukan maka perdebatan yang tidak penting tidak akan terjadi.  

Anak zaman sekarang lebih terbuka, ia akan dengan mudah menyampaikan apa yang ia rasakan pada orang lain.  Ketika ia dilarang orang tua misalnya dengan mudah ia akan bercerita pada siapa pun baik itu status di jejaring sosial yang dimilikinya atau lewat chatting kepada temannya. 

Setelah itu berbagai respon pun hadir, "Kok orang tuamu gitu sih, gak asik", "Aku dong ... ortuku mana pernah marahin aku".  Berbagai respon yang datang yang akhirnya membuat anak merasa orangtuanya tidak seasyik orangtua teman-temannya.  Lahirlah perasaan kesal, tidak suka dengan orangtuanya. 

Menjadi Mama Millennial Smart  Bersama  Popmama.com

Agar bisa mengoptimalkan potensi dan tumbuh kembang anak yang disesuaikan dengan kondisi zaman yang terus berkembang pesat, saya mempunyai rekomendasi tempat belajar parenting yang asyik untuk para mama millennial.  Tempat belajar yang keren dan asyik ini bernama Popmama.com

Sekilas tentang Popmama.com

Popmama.com merupakan media online yang menyajikan konten worth sharing yang trending dan relevan untuk millennial mama di Indonesia.  Popmama.com ini lahir sebagai teman bagi millennial mama untuk  berbagi informasi, tips dan trik agar menjadi mama terbaik.

Popmama.com juga menyajikan berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran yang kompeten di bidangnya. Penyajian konten kreatif di Popmama.com disajikan berbeda dari media konvensional. Popmama.com banyak menggunakan visual, video, list dan humor dalam penulisan sehingga selalu menarik untuk disimak.

Visi dari popmama.com sendiri adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua. Sejalan sekali dengan kebutuhan para millennial mama ya..?.  Popmama.com ini  juga merupakan portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media.  Sebuah perusahaan media multiplatform untuk milenial dan generasi Z.



Kelebihan Popmama.com

Popmama.com merupakan situs yang dibuat khusus untuk mama muda yang diisi oleh para mama millennial dan pakar parenting.  Beberapa kelebihan dari Popmama.com ini adalah:

  • Popmama.com dari millennial mama untuk millennial mama
  • Kategori lengkap untuk mama dari Pregnancy hingga Lifestyle
  • Dilengkapi dengan tools yang sangat berguna untuk millennial mama.  Tools itu antara lain adalah:

  1. Due Date Calculator yang berfungsi untuk mengetahui prediksi perkiraan lahirnya si kecil.
  2. Ovulasi Calculator untuk mengetahui kapan masa subur mama millennial
  3. Name Finder : Untuk memberikan kemudahan ide nama anak dan untuk mengetahui arti nama anak
  4. Pregnancy Weight Gain Calculator : Memberikan masukan berat badan ideal sesuai dengan usia kehamilan
  • Meet #MillennialMama of the month merupakan spesial konten yang menghadirkan tokoh publik terpilih tiap bulannya yang bisa dijadikan Model Rules of Mama bagi millennial mama dalam mengasuh si kecil.  Tokoh publik terpilih ini akan membagikan tips dan trik kepada millennial mama lainnya cara mengasuh anak dengan baik dan benar.
  • Be extraordinari millennial mama with popmama.com   Popmama.com ini merupakan situs modern sebagai jawaban untuk millennial mama dalam mengasuh si kecil yang sudah dilengkapi dengan teknologi AMO untuk mempercepat loading saat mobile. Popmama.com memberikan pengalaman terbaik bagi millennial mama untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pola asuh anak yang baik dengan berbagai fitur dan teknologi terbaik.  
  • Terdapat special content for Ramadan, dimana Popmama.com menyediakan berbagai artikel yang penting untuk mama millennial perhatikan agar dapat berpuasa dengan aman selama masa hamil dan menyusui. 
  • Parenting Journey Community dan kontes rutin dengan banyak hadiah
  • Parenting Academy Online, Live media social, webinar hingga kulwap yang didampingi para ahli.



Popmama Parenting Academy 2021

Popmama Parenting Academy atau biasa disingkat Popac merupakan event rutin tahunan yang digelar oleh Popmama.com.  Popac ini merupakan one stop solution bagi keluarga milenial yang mencari hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan dan pengalaman berbelanja. Parenting Academy 2021 merupakan event ketiga kalinya.  Setelah sebelumnya dilangsungkan di tahun 2020 dan 2019.

Popmama Parenting Academy ini juga merupakan bagian dari komitmen Popmama.com dalam menyediakan informasi kepengasuhan anak yang terkini dan lengkap.  Popmama Parenting Academy tempat belajar yang sekaligus memberikan hiburan untuk para orang tua milenial.  Popac menjadi solusi dalam menghadapi tantangan pengasuhan anak di era milenium.  

Di dalam penyelenggaraan Popac ini, Popmama.com selalu berusaha menggandeng para pakar di bidangnya.  Diharapkan acara-acara yang digelar Popmama Parenting Academy ini bisa menjadi amunisi berharga bagi orang tua milenial.

Di tahun 2021 ini Popac hadir dengan mengusung tema "Parents Support Parents".  Tema yang pas sekali dengan kondisi pandemi ini.  Dimana begitu banyak korban yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini.  Banyak suami yang kehilangan istri atau sebaliknya istri kehilangan suaminya.

Kehilangan pasangan hidup seperti seekor burung kehilangan sebelah sayapnya.  Tak mampu lagi terbang sempurna seperti dulu.  Maka sungguh tema Parents Support Parents ini sedikit banyak bisa membantu mereka yang membutuhkan.  Orang tua bisa saling mendukung satu sama lain demi masa depan anak-anak Indonesia.  

Melalui kitabisa.com, Popmama.com berinisiasi mengumpulkan donasi bagi anak-anak Indonesia yang menjadi yatim/piatu atau yatim piatu karena covid-19.  Donasi ini kemudian akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Periode penggalangan dana ini berlangsung sampai berakhirnya Popmama Parenting Academy 2021 yaitu pada tanggal 31 Desember 2021.  Semua dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19.



Beragam Kegiatan Menjelang Popmama Parenting Academy 2021


Menjelang berlangsungnya Popac 2021 ini, Popmama.com menggelar sejumlah program seperti kulwap mengenai trik sukses memulai bisnis makanan atau Popmama Talk di Instagram yang membahas tentang hubungan gizi seimbang dan anak aktif. 

Selain itu ada juga Popmama Online Class bertema "Menumbuhkan Minat Baca Anak di Era Digital".  Lalu apa saja kegiatan yang bisa kita ikuti di Popac 2021 ini?  Berikut beberapa kegiatan Popac 2021 yang bisa diikuti.  

1. Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021


Untuk para mama yang hobi menulis dan memiliki blog ada lomba menulis di blog dengan minimal 500 kata.  Jika beruntung bisa memenangkan lomba ini, tersedia hadiah  total jutaan rupiah.  Wah lumayan banget kan sambil berlatih mengasah kemampuan menulis, siapa tahu beruntung pula bisa memenangkan hadiahnya.

Tema tulisannya adalah tentang Popmama Parenting Academy bisa memilih tentang sejarah Popmama Parenting Academy,  apa itu Popmama Parenting Academy atau isi acara dari Popmama Parenting Academy 2021.  Yuks para mama ikutanyuks.... oya tulisan yang diterima oleh juri hanya yang diterbitkan pada tanggal 1 - 30 November 2021 ya...

2.  Community Awards


Community Awards diberikan dalam rangka merangkul komunitas yang berkontribusi mendukung orang tua Indonesia.  Terdapat dua kategori dalam award ini yaitu Supportive Community dan Educative Community

Untuk Community Awards ini sudah ditutup tanggal 20 November 2021 yang lalu.  Penjurian dilakukan secara tertutup dan terbuka dilakukan pada tanggal 22 November hingga 3 Desember 2021.  Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 22 Desember 2021.  

3. Popmama Little Star 2021


Kegiatan ini ditujukkan untuk anak berusia 7 hingga 14 tahun. Si kecil bisa unjuk kebolehan sekaligus berkesempatan mendapat hadiah jutaan rupiah.  Cara mengikutinya mudah, mama tinggal merekam saat si kecil unjuk kebolehannya seperti menari, menyanyi, berakting, olahraga, modelling dan lainnya.  Video kemudian diunggah ke instagram.  Periode pendaftaran dari tanggal 15 November sampai 4 Desember 2021.




4.  Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19


Program ini seperti yang diungkapkan di atas, Popmama.com melalui kitabisa.com melakukan penggalangan dana untuk anak-anak Indonesia yang kehilangan orangtuanya karena covid-19. Donasi dilakukan hingga 31 Desember 2021 dan dana yang terkumpul akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

5. Peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi


Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi ini berisi panduan untuk memahami dan mengerti cara memberikan stimulasi bagi anak.  Di masa pandemi ini pemberian stimulasi untuk tumbuh kembang anak merupakan hal yang penting dilakukan.  

Pembuatan buku ini melibatkan sejumlah pakar juga melibatkan pembaca dalam proses penelitian.  ujian di masa pandemi yang mungkin terasa berat.  

Nah teman-teman semoga tulisan Popmama Parenting Academy 2021 ini bermanfaat dan bisa memberi inspirasi kepada kita untuk lebih peduli kepada nasib para orang tua  yang terdampak oleh pandemi covid-19 di seluruh pelosok Indonesia.

12 komentar :

  1. Kita sezaman ya, Mbak Ida .. masih melihat telepon umum, telepon analog, sentral telepon dalam kantor, pager, pantengin sandiwara radio Brama Kumbara ... hehe.

    Memang benar, butuh banget nih belajar terus supaya tidak tergilas zaman dan dijauhi anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh banget anak-anak dihadapi dan diasuh sesuai dengan zamannya supaya tumbuh-kembangnya optimal. Kasihan jika orang tua terjebak dengan pola pikirnya sendiri.

      Hapus
  2. Dari dulu suka mampir di popmama, tp baru ngeeh kalau ada parenting academynya. Bagus banget yah, bisa jd wadah buat org tua belajar banyak hal seputar parenting

    BalasHapus
  3. banyaaak nih mb acaranya ya.. dan kelihatannya semua seru, karena sampai anak - anak juga ikutan dan diberi waktu khusus

    BalasHapus
  4. Dulu waktu anak kecil-kecil sering banget baca pop mama. Ulasan perihal sharing mama milenial ada di sini. Ilmu parenting banyak disajikan di web ini. Jadi inget buat baca lagi sekarang.

    BalasHapus
  5. Generation gap ini memang harus disikapi dg baik agar tidak menimbulkan masalah ya Teh..beruntung ada media2 yg bisa memberikan tips2 solusinya. Terima kasih sharingnya ya..

    BalasHapus
  6. wahh nggak sabar menunggu Popmama Parenting Academy ini
    Bulan depan ya mbak? banyak acara yang seru ya di POPAC ini

    BalasHapus
  7. Memiliki anak itu harus siap belajar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Semoga bersama POPAC 2021, banyak tercetak generasi penerus yang bahagia.

    BalasHapus
  8. iya mbak, kesenjangan atau gap generasi ini jangan sampai terjadi yaa. malah sekarang ada generasi pi katanya, generasi yang suka pamer. alhamdulillah ada kegiatan POPAC 2021 dari pop mama ini ya. jadi pengen segera ikutan deh. pengen mendengarkan paparan psikolog nantinya. pengen belajar banyak soal parenting di era ini

    BalasHapus
  9. Ilmu parenting memang ga ada habisnya ya, Teh. Selama jadi orang tua walaupun nanti sudah tua tetep aja selalu ada hal yang harus kita pelajari. Bagaimana menjadi orang tua yang baik dan bijak. Parenting Academy ini bagus juga ya teh.

    BalasHapus
  10. Sekarang butuh banget ilmu parenting yang terpercaya. Dan senangnya bisa diperoleh di PopMama ini. Makasih informasinya mba

    BalasHapus
  11. Sepakat pake banyak kalo Popmama.com sangat membantu para millenials mama, menjadi sosok ibu terbaik di jaman now.

    Siapapun yg terpilih di POPAC 2021, semoga selalu konsisten sebagai sosok mama inspiratif.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^