blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

18 Des 2021

Asyiknya Wisata Edukasi di KTO Sari Alam

 

KTO Sari Alam

Asyiknya Wisata Edukasi di KTO Sari Alam  Alhamdulillah, saya bersyukur sekali karena saya tidak jadi batal ikut acara ke KTO Sari Alam.  Tentu saja atas kehendak Allah SWT hingga saya bisa mengenal KTO Sari Alam ini.  Masya Allah... mengenal ibu Oday Kodariyah dari dekat sungguh sangat memberi inspirasi dan ingin menyebarkan cerita ini.

Maka lahirlah tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Asyiknya Wisata Edukasi di KTO Sari Alam.  Ceritanya berawal saat saya diajakin Teh Eka untuk ikut kunjungan ke KTO Sari Alam.  Saat itu ternyata teman-teman membawa keluarganya, untungnya ada Teh Nia yang mau datang sendiri juga.

Sayangnya ternyata Teh Nia engga jadi pergi karena anaknya sakit, wah tinggal saya yang single nih, ada keinginan untuk membatalkannya.  Beruntung tidak jadi batal karena ternyata saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa di sini. 



KTO Sari Alam

Selain bisa menikmati keindahan  alam di KTO Sari Alam, menghirup limpahan oksigen tanpa polusi, menikmati suasana yang segar dan nyaman serta belajar banyak tentang pola hidup sehat, di sini saya juga bisa bertemu dengan sosok inspiratif yang penuh semangat.  

Oya Kebun Tanaman Obat Sari Alam atau biasa disingkat KTO Sari Alam ini merupakan tempat wisata edukasi yang beralamat lengkap di Jl. Raya Ciwidey Bandung km 26 No 8 Kampung Andir Cukang Genteng Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung Jawa Barat.  Jadi sebetulnya belum masuk ke Ciwidey nya sih meski sering disebut beralamat di Ciwidey. 


Oday Kodariyah Owner KTO Sari Alam yang Inspiratif

Adalah Oday Kodariyah yang akrab disapa Mamah oleh siapa pun, merupakan pemilik dari KTO Sari Alam ini.  Pengalaman hidup yang luar biasa telah membuatnya menjadi sosok yang luar biasa yang menginspirasi banyak orang.  Masya Allah, iri sekali kalau melihat betapa beliau memiliki kebermanfaatan yang luar biasa untuk manusia yang lainnya.

Ya semua bermula dari penyakit kanker serviks yang dideritanya.  Penyakit yang berbuah berkah akhirnya...karena setelah itu Mamah Oday bisa menjadi seorang herbalis yang bisa menolong banyak orang melalui ilmu dan pengalaman yang dimilikinya.

Kanker serviks yang dideritanya membuat Mamah Oday tak berdaya, sampai semua aktivitasnya di lakukan di atas kasur.  Buah usaha sang suami dan Mamah sendiri dan tentu saja kehendak Allah SWT akhirnya penyakit itu hilang dari tubuhnya dan Mamah Oday bisa kembali bugar seperti sedia kala.

Mamah Oday dan suami yang biasa dipanggil Papap terus belajar mengembangkan kemampuannya sebagai herbalis.  Berbagai pelatihan tentang pengobatan melalui tumbuhan obat ini ia ikuti bahkan sampai dengan biaya puluhan juta pun dikejarnya.   Hingga akhirnya Mamah Oday dikenal sebagai herbalis yang banyak membantu menyembuhkan penyakit.   Kini sudah banyak sekali pasien yang berhasil disembuhkannya.

Sebuah ruangan di Herbarium yang memajang berbagai penghargaan yang diraih Oday Kodariyah


Meraih Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup

Semenjak menjadi herbalis Mamah asyik membudidayakan tanaman obat-obatan di tanah yang dimilikinya.  Lebih dari 20 hektar tanah dimilikinya bukan untuk menumpuk kekayaan tetapi lebih pada kecintaannya kepada alam.

Mamah khawatir bila tanah yang ada di sekitar KTO Sari Alam ini dikuasai oleh orang-orang yang membangun vila dan merusak ekosistem di sana.  Mamah ingin mempertahankan tumbuhan obat yang banyak tumbuh liar di alam. 

Perjuangannya ini membuahkan penghargaan Kalpataru yang diberikan pemerintah pada tahun 2018.  Mamah dianggap sebagai insan yang berjasa di bidang lingkungan hidup dengan menjaga kelestarian alam di lingkungannya.  Selain Kalpataru berbagai penghargaan lain pun diterimanya. 

Mamah kini telah membudidayakan kurang lebih 900 spesies tanaman obat di KTO Sari Alam.  Mamah Oday di KTO Sari Alam ini juga membuka wisata edukasi.  Jadi di KTO Sumber Alam yang asri selain menikmati keindahan pemandangan alam yang indah kita bisa menikmati paket wisata yang disediakan KTO Sari Alam.  

Termasuk wisata edukasi tentang hidup sehat kembali ke alam dan pengenalan tanaman obat yang ada di sekitar kita.  Tanaman obat yang Mamah budidayakan sebagian diolah dan diracik menjadi obat-obatan untuk mengobati orang-orang yang sakit yang berkunjung ke kliniknya yang bertempat tidak terlalu jauh dari KTO Sari Alam ini. 




Kesaksian Penderita Kanker yang Diobati Mamah Oday

Pada saat saya dan teman-teman berkunjung ke ke KTO Sari Alam, di sana kami bertemu langsung dengan seorang pasiennya yang bernama Teh Dewi.  Ibu rumah tangga ini datang bersama suaminya untuk berobat untuk kesekian kalinya.  Awalnya dokter mengatakan beliau harus dibiopsi karena terdapat jaringan kanker dari leher yang sudah menyebar ke payudara.  

Benjolan sebesar telur bersemayam di payudaranya, sehari menjelang tindakan biopsi Teh Dewi dianjurkan untuk berobat ke Mamah Oday untuk melakukan pengobatan alternatif.  Alhamdulillah Teh Dewi bersyukur karena dalam dua minggu setelah rutin berobat benjolannya sudah mengecil menjadi sebesar kacang hijau.

Di dalam mengobati pasiennya selain menggunakan obat-obatan herbal Mamah juga melakukan pendekatan psikis. Jadi para pasien banyak yang curhat panjang lebar mengeluarkan beban pikiran yang ada dalam dirinya.  Mamah memahami betul bahwa kebanyakan penyakit berawal dari makanan atau pikiran.

Kini tiap harinya Mamah Oday selalu sibuk melayani orang-orang yang datang berobat ke kliniknya yang juga sekaligus rumahnya.  Lokasi kliniknya sendiri berada di pinggir jalan Raya sementara untuk menjangkau KTO Sari Alam ini memerlukan waktu sekitar 15 menit dari tempat klinik dengan menggunakan kendaraan bermotor.



Serunya Berwisata Edukasi di KTO Sari Alam

Mamah Oday mempunyai harapan besar agar pengetahuannya mengenai obat-obatannya ini bisa disebarluaskan sehingga semakin banyak yang memahami bahwa banyak tanaman obat-obatan di lingkungan sekitar kita.  

Beliau juga ingin menularkan gaya hidup sehat yang selama ini ditekuninya bersama keluarganya.  Untuk itulah di KTO Sari Alam Mamah Oday membuat tempat wisata sekaligus juga sebagai tempat wisata edukasi.

Di KTO Sari Alam kita bisa berwisata sambil belajar banyak tentang tanaman obat.  Di wisata edukasi KTO Sari Alam tersedia juga  tempat kemping baik berupa tenda atau pun berupa glamping yaitu tempat kemping permanen yang nyaman.  Di KTO Sari Alam juga  disediakan kafe sehat  yang dinamainya Kafe Bukit, di sini juga herbarium dan green house tanaman obat.



Waktu saya dan teman-teman ke KTO Sari Alam alhamdulillah kami mendapatkan pengalaman yang seru sekali.  Menyenangkan sekali bisa menikmati sensasi mengelilingi api anggun dan BBQ jagung bakar saat kemping di malam hari.  Kemudian si pagi dan siang hari kami menjelajah kebun tanaman obat,  berkeliling di herbarium dan green house tanaman obat, juga sedikit ngobrol asyik dengan Mamah Oday yang inspiratif.



Kami juga menikmati jamuan makanan sehat yang lezat sekaligus demo memasak dari Teh Liesma menantunya Mamah Oday.  Keseruan yang mengasyikan karena selain bisa menikmati keindahan alam KTO Sari Alam dan lingkungan sekitarnya, menghirup limpahan oksigen tanpa polusi juga bisa mendapatkan ilmu yang luar biasa bermanfaat.

KTO Sari Alam

Keseruan asyik yang banyak manfaatnya ini bisa juga lho dinikmati teman-teman semua.  Jadi untuk teman-teman terutama yang tertarik dengan gaya hidup sehat kembali pada alam, bisa mengikuti paket berwisata di KTO Sari Alam ini. Pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik sekali.  Asyiknya lagi selama bulan Desember 2021 ini tersedia paket berwisata dengan diskon 50%.

Kesempatan menarik nih, karena diskon 50% hanya berlangsung selama bulan Desember saja.  Paket wisata ini terdiri dari menikmati berkemah di kawasan KTO Sari Alam, menyantap BBQ jagung dan marsmallow serta menikmati api unggun.


Selain itu juga teman-teman akan diajak menjelajah Kebun Tanaman Obat dan menyaksikan demo herbal makanan dan minuman, akses gratis ke Herbarium dan Green House.  Paket juga sudah termasuk makan tiga kali dan dokumentasi foto dan video.  Asyik banget kan ya bisa menikmati keseruan semua itu dengan potongan harga yang lumayan besar. 

Nah teman-teman sekian dulu ya tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Asyiknya Wisata Edukasi di KTO Sari Alam Ciwidey.  Semoga bermanfaat ya.... :D


19 komentar :

  1. Asri banget ya wisata edukasi KTO Sari Alam ini mbak. Jadi pengen deh ke sini barengan keluarga besar. Tedu, hening, bisa jadi tempat refleksi akhir tahun di sini yaa.

    BalasHapus
  2. enaknya wisata alam, cmn tadi list di atas soal pricenya agak buram mbak. Penasaran aku tuh soal price wisata KTO

    BalasHapus
  3. Wallah, bentuk rmhnya lucu n unik y? Kapan ya bunda bisa ngerasain tidur di rmh bilik yg unik ini. Asri suasananya. Md2an bunda masih diberi kesempatan olehNya utk ngalamin Wisata Edukadi ─ÂTO ini.Refreshing yg okpu dan sehat.

    BalasHapus
  4. MAsya Allah, mamah Oday inspiratif sekali, lihat pemanadangannya kebayang sejuk dan segar ya, Teh, masya ALlah benar-benar pengalaman luat biasa ya bisa ke KTO alam Sari

    BalasHapus
  5. wah seru sekali ya teh buat liburan keluarga nih, camping ala-ala kebayang pasti sejuk udaranya segeeeer

    BalasHapus
  6. Masya Allah kok nyaman banget ya tempatnya, asri banget cocok buat refresing bareng keluarga.

    BalasHapus
  7. Kalau udah denger Ciwidey udah pasti bakalan sejuk ini tempatnya. Awalnya aku pikir apa sih KTO sari alam, ternyata Kebun Tanaman Obat Sari Alam. Ciwidey kadang aku suka bingung mau kemana lagi kalau ke sana karena semuanya udh didatengin, tapi yg KTO sari alam ini aku malah baru denger.

    BalasHapus
  8. Masya Allah senangnya dapat banyak ilmu baru seputar obat herbal, ya, Mbak. Aku baru pernah denger nih ada KTO Sari Alam. Btw, glamping-nya lucuuuu banget. Khas, unik, dan menarik.

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Dengan tinggal di alam dan menyatu dengan alam begini, pikiran kembali segar dan hidup menjadi lebih bermakna.

    Seru sekali bermain di KTO Sari Alam. Pun ini ternyata obat dari penyakit stres dan kanker yang mungkin bisa menjadi salah satu jalan ikhtiar manusia.

    BalasHapus
  10. seruuu bangeettt ada camping-campingnya jugaaa. terus bisa banyak pengetahuan tentang tanaman2 obat ya mbaaa.. ternyata setiap tanaman punya khasiatnya masing2.. keren!

    BalasHapus
  11. lokasinya menyatu dengan alam.. seru kayaknya, dan adem, tenang. Informatif pula nantinya liburannya ya.

    BalasHapus
  12. Senangnya mbak rekreasi sekaligus menimba ilmu perhebalan. Keren juga ya Mamah Oday bisa mendirikan KTO yang luas banget dilengkapi tenda penginapan.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah masih ada orang-orang yang konsen terhadao alam dan ekosistemnya hingga mendapatkan kalpatatu. Wisata edukasi seperti ini juga bias mengajarkan kita lebih dekat & menghargai alam ya. Bisa kemping juga ya mbak Ida di sana

    BalasHapus
  14. Salut dengan semangat Mamah Oday dalam menyembuhkan banyak orang yang terkena penyakit kanker. Pantas ya jika beliau mendapat penghargaan. Semoga makin banyak yang terbantu dengan KTO yang dikembangkan oleh beliau.

    BalasHapus
  15. Di Semarang ada nih mba model begini bamboo garden namanya ada banyak bambu di sana. Jadi pengen main ke KTO juga nih semoga ada rejeki.

    BalasHapus
  16. Tempatnya asik banget mbak dan asri. Paling senang dengan wisata sekaligus memberikan edukasi jadi bermanfaat banget untuk para pengunjung.

    BalasHapus
  17. Kayaknya cocok buat kuajak anak-anakku ke KTO, hiburan sambil belajar ya, suasananya juga menyenangkan, aku suka suasana alam begitu

    BalasHapus
  18. Eco-friendly bgt ya mbak liburannya. Plus ada edukasinya jg.

    BalasHapus
  19. Nyaman mba tempatnya, pasti udaranya segar karena banyak pepohonan. Pengen banget liburan ke sana dan camping di sana mba

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^