**/ Cerita Ida : Bumbu Padang Restu Mande, Asli Padangnya dan Praktis

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Mei 2015

Bumbu Padang Restu Mande, Asli Padangnya dan Praktis

 Bumbu Padang Restu Mande, Asli Padangnya dan Praktis

Masakan padang itu khas ya...kerasa banget rempahya.  Berulang kali saya mencoba memasak rendang padang tapi rasanya tak pernah seperti masakan yang saya beli di restoran atau rumah makan padang. Kenapa ya? Padahal sudah sesuai resep. Mungkin ada bumbu-bumbu rahasia yang membuatnya demikian khas. Sampai mencoba bumbu langsung jadi di pasar lokal tapi rasanya tetep beda.  Iih bikin penasaran deh.

Sampai akhirnya ada teman yang memperkenalkan bumbu padang Restu Mande, awalnya sih udah underestimate aja deh, paling juga rasanya beda etapi ternyata kali ini saya salah, masakan yang saya buat ternyata mirip sekali masakan padang.  Alhamdulillah...Horeeee saya bisa masak masakan padang...hihi..

Temen saya itu memberi dua macam bumbu masakan padang yaitu Bumbu Ikan Asam Padeh dan Bumbu Gulai Kepala Kakap. Saya mencoba yang Bumbu Gulai Ikan Kakap dulu, soalnya abinya senang sama yang namanya gulai.


Dan ternyata praktis sekali ya, ga usah nambah bumbu apa-apa lagi kecuali jeruk nipis, sedikit daun kemangi untuk menambah wangi dan tentu saja santan.


Etapi meskipun praktis pas saya coba ternyata rasanya betul-betul padang asli, sayang saya tak sempat membuat foto hasil masakannya, ada sih tapi ga begitu jelas, tampilannya kurang menarik soalnya saya salah, kan ini seharusnya warnanya kuning ya, tapi pengganti ikan kakap saya ganti cumi, nah si tinta cumi ini tidak dibuang karena pada suka juga etapi malah tampilannya jadi gak karuan deh hehe.... jadi gak bagus buat ditampilin di sini.  Saran saya kalau mau pakai cumi, si tintanya harus dibuang bersih kalau mau melihat tampilan cerah menarik.  Tapi yang tidak bermasalah dengan tampilan silakan aja tintanya ga dibuang soalnya rasanya enak banget.

Penasaran dong tentang Bumbu Padang Restu Mande ini akhirnya saya cari informasi ternyata harga per bungkusnya Rp 20.000.  Lumayan murah juga kalau dibandingkan dengan isinya yang bisa untuk 1 kg ikan.  Kalau kita mau pakai setengahnya bisa juga tinggal ambil setengahnya tutup rapat simpan dalam lemari es.

Ternyata selain dua rasa di atas masih ada empat varian rasa lainnya, jadi terdapat enam variant bumbu Padang Restu Mande yaitu:

Bumbu Gulai Ayam, Bisa dipergunakan untuk memasak Gulai Ayam, Gulai Otak, Gulai Ikan Patin,   Gulai Cumi, Gulai Sayuran (nangka, kacang panjang, dll)

Bumbu Rendang, Bisa dipergunakan pula untuk Kalio Daging, Hati, Limpa dan Gulai Nangka

Bumbu Gulai Cincang & Gulai Kikil/Tunjang, bisa untuk memasak gulai daging, gulai usus/babat

Bumbu Bakar, Bisa dipergunakan untuk ayam, ikan kembung, ikan salem, ikan nila, dll

Bumbu Asam Padeh, bisa untuk memasak daging, ikan tongkol, ikan tuna, tom yam, dll

Bumbu Gulai Kepala Kakap, Bisa dipergunakan untuk Gulai Kepala Kakap, Gulai Tongkol,/Tuna, Gulai Sayuran kuning, Telur, Tahu, dll

Waah asyik ya banyak macamnya, kita jadi jago masak masakan padang deh, selain itu ternyata bumbunya tidak mengandung MSG lho, terbuat dari rempah pilihan berkualitas tinggi serta awet disimpan lama bisa sampai 6 bulan kalau belum dibuka padahal tanpa pengawet, itu karena proses pembuatannya yang lama dan sangat dijaga kebersihannya.

Ayo Mak yang mau masak masakan padang praktis tinggal pilih varian yang disukai, dijamin tidak akan kucewa deh hehe.... Selamat mencoba ya  ^_ ^

6 komentar :

  1. menurut saya, rahasia bumbu padang itu ada di tangan kokinya mbak, bisa jadi bumbu rahasia itu adalah kesgungguhan dan keringat di tangan sang koki... :D seperti bumbu padang ya mbak ceritakan itu... hehehe.. tapi bumbu itu pakai mesin atau handmade ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Handmade Mas.... Gitu ya...tergantung kokinya berati bukan resep....tp kalo sdh ada bumbu seperti ini..siapa pun jd bs masak deh hehe...

      Hapus
  2. Duuuh jadi kangen masakan padang. Di Jogja padangnya rasa jawa jadi nggak jelas heheee

    BalasHapus
  3. waah saking penasarannya sama bumbu padang restu padang ini,sampai mencari informasinya ya mbak.hehe.Terimakasih infonya :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^