**/ Cerita Ida : Tips Agar Tidak Malas Ngeblog (Tips Merawat Hobi)

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Nov 2015

Tips Agar Tidak Malas Ngeblog (Tips Merawat Hobi)

Tips Agar Tidak Malas Nbeblog (Tips Merawat Hobi)

Please yah man teman jangan di bully karena tulisan ini bukan saya banget deh hehe... Terkadang saya juga suka nanya sih betul engga kalau menulis itu hobi saya, karena kalau hobi pasti lah bakal semangat dan tidak ada kata malas untuk melakukannya.  Tetapi ternyata sering juga acara menulis bentrok dengan rasa capek atau segudang alasan lain yang bisa dianggap pembenaran.

Biasanya rasa malas menulis eh bukan malas sih sebenarnya ya, karena semangat dalam dada mah masih menggebu, tapi kalau kurang motivasi ketika badan sudah capek, dan segudang agenda lainnya menanti menulis menjadi suatu hal yang dinomor  sekiankan.  

idatahmidah.com
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, hobi juga ternyata butuh motivasi ya untuk bisa istiqomah dalam hobi itu, karena kalau kurang motivasi hobi lambat laun bisa jadi bukan hobi lagi lho.. iya kan.. Berapa banyak dari kita yang dulu hobi membaca tetapi setelah menikah, bekerja, punya anak, interaksi dengan hobi itu terus berkurang bahkan akhirnya menjadi hilang sama sekali.

Saya juga dulu punya hobi menanam dan merawat pohon anggrek, bahkan sampai punya rumah anggrek segala, punya cita-cita punya kebun anggrek. Eh setelah sibuk dengan berbagai hal salah satunya waktu itu membuat Pelangi English Club...Akhirnya rumah anggreknya hancur, dan pohon-pohon anggrek itu pun hancur tidak bersisa.  

Padahal dulu minimal sebulan sekali hunting mencari anggrek jenis baru.  Punya buku-buku tentang anggrek, hapal jenis-jenis anggrek sering datang ke pameran aggrek, iih jadi sedih banget bila inget itu... jadi mubajir banget ya....ihiks.. (Cup.cup ..lupakan lah masa lalu ..xixixi...)  Lalu apakah bertanam anggrek itu adalah hobi driku..  (deuh pakai laptop siapa niih ga ada tanda tanyanya....hihi..)

Kalau lihat dari Wikipedia sih makna hobi adalah  kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby". Sedangkan tujuan dari hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan.   

Dari makna hobi di atas bisa dipahami bahwa hobi itu dilaksanakan saat waktu luang, nah itu berarti bisa diartikan saat seseorang tidak memiliki waktu luang maka hobinya bisa saja tidak bisa ia lakukan karena ada sebuah hambatan yang menghalanginya untuk melakukan hobinya itu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa betul menulis dan bertanam anggrek adalah hobiku...(lha kok kesimpulannya koyok gini sih... hihi,,)  Kesimpulannya hobi bisa berkurang, bahkan bisa hilang bila tidak kita pupuk dan kita jaga agar tetap menjadi hobi kita.  Hobi bisa hilang bila peluang untuk melakukan hobi itu hilang dalam arti kata kita tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya.

Berkaca dari pengalaman dimana beberapa hobiku hilang, maka saya tak ingin dong hobi menulis ini ikut hilang juga.  Berkaca dari pengalaman pula maka saya bisa mengambil kesimpulan bahwa cara memelihara hobi menulis atau ngeblog itu dengan :

  • Bergabung dengan komunitas sehobi.  (Selain untuk memperluas pertemanan, dan banyak lagi manfaat lainnya, percayalah dengan bergabung dengan komunitas sehobi akan saling mentransfer  semangat
  • Milikilah target walaupun target yang sangat sederhana
  • Pandai memenej waktu, hingga kita memiliki waktu luang untuk melakukan hobi kita
  •  Miliki jadual tetap 
  •  Khusus untuk ngeblog, ketika rasa malas datang ketika capek misalnya menulislah sesuatu yang menyenangkan kita hingga kita bisa menulis dengan menyenangkan.
  • Mengingat hasil yang akan didapat kalau kita rajin
Deuuh apalagi ya... mungkin teman-teman ada yang mau menambahkan... Untuk sementara cukup itu dulu dari saya mah,  mudah-mudahan virus malas berlalu dari kita. Buat teman-teman yang rajin dan semangat ayo dong bagi-bagi ilmu semangatnya...


*Ditulis ketika badan terasa capek hingga malas untuk ngeblog ^_^




18 komentar :

  1. Managemen waktuku masih payah banget mbak apalagi klo dikantor lf banyak kerjaan udah bisa posting aebulan 2x aja udah sip bgt deh. Padahal pengennya jd blogger profesional :(

    BalasHapus
  2. Saya akhir-akhir ini sering banget males nulis karena mata mudah lelah, kalo udah lama liat laptop, mata capek trus berujung pusing dan mual. Buat menyiasatinya, saya milih ngedraft dulu via hape.

    BalasHapus
  3. Hallo, mba. Terkadang harus mencuri-curi waktu buat menyalurkan hobi. Heheheh

    BalasHapus
  4. Teteeeeh...
    Dari dulu aku hobinya nonton drama seri mulai dari Hollywood jaman Melrose Place, Dawson Creek, trus beralih ke drama Taiwan, dorama Jepang, dan sekarang mentok di drama korea hehe...

    Betul Teh, sebaiknya gabung di komunitas supaya bisa menemukan teman yang sehati sejiwa ama kita hehe...

    BalasHapus
  5. kok saya jadi menyesalkan kenapa pohon-pohon anggrek itu itu bisa hancur tak bersisa yah mbak?? (abaikan pertanyaan ini, hehe)
    setuju sama point yang pertama mbak "Bergabung dengan komunitas sehobi" akan membuat kita merasa memiliki teman yang satu visi dan misi sehingga rasa bosan dan malas bisa cepat teratasi :)

    BalasHapus
  6. Kalo saya mah jadi males nge-blog karena selalu kekurangan ide buat nulis. Jadinya sekarang terlantar, dan berganti ke hobi lain :D :D :D

    BalasHapus
  7. Saya mah ga bisa kalau ga nulis. Jadinya gelisah kalau sehari aja ga nulis. Bukan hobi, tapi takdir. *halah

    BalasHapus
  8. Point 3 dan 4 masih belum saya penuhi.

    BalasHapus
  9. nambahin mbak...
    rajin mengamati sekitar. karena enggak jarang kita bisa menemukan tulisan dari pengamatan terhadap sekitar kita. Setuju? Setuju?

    BalasHapus
  10. Betul tuh, mba.... kalo udah jd ibu RT plus 3 anak, selalu jadi alasan utk tidak 'memelihara' hobi menulis ataupun ngeblog, hehehe

    BalasHapus
  11. kalau lihat tulisan teman-teman bagus dan membandingkan dengan tulisan saya yang amburadul jadi malas posting nie mbak...nggak pede banget..
    butuh beberapa hari untuk menghimpun kekuatan kembali...hehe...

    BalasHapus
  12. Dicatet tipsnya, biar pas lagi galau ngeblog bisa bangkit kembali. Makasih Mak Ida..

    BalasHapus
  13. aku minimal sebulan jangan sampai sama sekali ga nulis ;))

    BalasHapus
  14. Bully aaaah :D Blog ini termasuk rajin update, jadi gpp dong ngasih tips. :))

    BalasHapus
  15. Hiks....hiks....aku juga harus bersemangat nih

    BalasHapus
  16. Yuhuuu...
    Kalau Hobi sudah mendarah daging :v
    ..f..

    BalasHapus
  17. kalo saya nulis blog tergantung mood , kalo mood lagi bagus lancar nulisnya, tapi kalo bad mood , wah ... otaknya mentok ... :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^