**/ Cerita Ida : 8 Tips Asyik Menikmati Liburan di Rumah

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

10 Apr 2016

8 Tips Asyik Menikmati Liburan di Rumah



Kalau soal memanfaatkan liburan di rumah seharusnya saya jadi pakarnya dong hehe...soale setiap liburan pasti kebanyakan di rumah.  Sempet bisikin juga ke my hubby mbo ya ojo terlalu sibuk ke..kasian anak-anak sesekali ajaklah jalan-jalan yang deket-deket aja ke Singapura kek, Paris kek, atau umroh bareng kek... xixixi....  Etapi ternyata saya ga pernah bisa jadi pakar soal ini karena saya juga terkadang sibuk sendiri dan kurang fokus mengisi liburan anak-anak.  Sudah mulai sedikit tobat sih, jadi suka mengagendakan juga bareng anak-anak... "Eh minggu depan kita ngapain lagi ya..."

Ada beberapa tips yang saya lakukan menghadapi anak yang ribut pengen jalan-jalan, sementara suasananya memang tidak memungkinkan.  Selaku istri sholihat (ehm) saya memaklumi kalau urusan si abi memang bukan ngurusin diri sendiri.  Jadi walau kadang ngedumel (beuh..xixixi ) akhirnya ya sudah terima apa adanya.  Tinggal pinter-pinternya saya aja ngehadapin anak-anak rewel, sebagai gambaran sibuknya si abi nih..,  kalau semalam abinya ada di rumah aja, anak-anak pasti  terheran-heran sambil teriak "Horeeee..." hahaha......


O ya tips ya, maafken kalau tulisannya ga terstruktur heuheu... saya kadang memang mendiskusikan sama anak-anak.."Mau ngapain yah.."  Tapi biasanya mereka kurang memberi masukan yang berarti juga hehe... Soale anak yang besar-besar mah sudah punya urusan masing-masing.  Sudah sibuk sendiri dengan dunianya.  Oke...tips ..hihi..



  • Membuat kerajinan tangan / prakarya.  Anak-anak enjoy kalau sudah asyik bikin sesuatu.
  • Membuat makanan favorit keluarga bareng-bareng paling sering sih cilok, seblak, spageti, baso tahu plus siomay  (hari ini rencananya mau bikin kelepon)
  • Nonton bareng  (Kalau mau nobar syaratnya anak-anak harus sudah makan, sholat dan setor hapalan) Nah kalau mau nobar ketiga hal di atas yang biasanya rada susah, bisa mereka lakukan tepat waktu.
  • Nonton youtube bareng.  Nyari sesuatu yang rame.  Tapi kadang karena kesukaannya beda-beda akhirnya nonton youtube nya terpencar deh.  Si kaka dan Aa  kadang Maghfi plus Fathiya ngepoin youtuber yang jago-jago ngereview barang atau liat cara-cara bikin video dan sebagainya.  Kalau Mushab lebih seneng ke fotografi dan kubik, jadi yang suka ia tonton seputar itu saja.
  • Diserahkan ke mereka masing-masing dengan syarat misalnya: asal jangan main game.  Kalau mau main game juga dibatasain 1 jam di hari Sabtu dan Minggu.  (Ini biasanya kalau saya sibuk di hari week end)
  • Memberi buku atau majalah baru.  Tips ini juga sukses bikin mereka asyik karena empat anak saya senang sekali membaca. 
  • Jalan-jalan dekat rumah. Kalau di Cimahi ada Brigif , di Brigif tuh setiap Minggu rame banget sama yang jualan.  Suasananya kurang lebih mirip di Sabuga lah kalau di Bandung.
  • Untuk beberapa anak, beres-beres bareng bisa dilakukan.  Tapi ada beberapa juga yang tidak menyukai kegiatan tersebut.

Ya gitu deh, paling itu saja sih, memang harus kerja keras juga memikirkan apa yang bisa dilakukan bareng-bareng dan anak-anak dan mereka enjoy.  Terlebih anak-anak saya yang laki-laki itu anak rumahan banget, jarang main ke luar dan sepertinya ga punya banyak temen di rumah.  Sudah saya 'usir-usir' biar main ke luar tapi kayaknya mereka berdua lebih asyik main di dalam rumah.  Sesekali ke luar main sepeda atau nontonin orang mancing ikan di pinggir selokan dekat rumah.



   

23 komentar :

  1. Saya suka iseng motret anak2 yang lagi renang di belakang rumah. Tingkah laku mereka kadang lucu menggemaskan.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya Pakde kepolosan dan keriangan mereka seringkali jadi hiburan tersendiri :)

      Hapus
  2. Beres2 bareng seru itu, tp ya kasusnya sama....anak2 krg tertarik.

    BalasHapus
  3. Hihihi, hampir sama dengan caraku kalau harus menikmati di rumah saja Mba.
    Yang penting anak-anak enjoy.

    BalasHapus
  4. Kalo saya ngajakin anak laki nyuci motor bareng. Kali anak pr diajarin masak ama uminya.
    Kalo jalan2, di sini mah ( Pati ) paling ke alun2 ngeliatin (?) orang olahraga ama jajan cemilan deh.

    BalasHapus
  5. Saya belum bikin ODOP yang ini, hehehe.
    Liburan di rumah sering sekali saya lakukan, dan biasanya ya main bareng anak-anak. Main sepakbola, atau sekedar nemenin mereka bersepeda. Kadang-kadang juga masak bareng, apalagi kalau anak-anak request makanan/jajanan tertentu, nanti kami masak sendiri bareng-bareng. :)

    BalasHapus
  6. Kalau di rumah ama anak paling sering banget itu nonton bareng, mba. Kedua adalah masak banget. Seru gitu buat mpek-mpek :)

    BalasHapus
  7. enak tuh klo kumpul bareng tmn atau engga bikin kerajinan

    ohiya ka tolong bantu komen blog saya dong buat penilaian di sekolah. thanks :)

    BalasHapus
  8. sama kayak aku, tapi bedanya anak tetangga. hehe

    BalasHapus
  9. point ke 6 sangat setuju, memberi buku adalah kebahagiaan yang tak akan hilang rasanya :)

    BalasHapus
  10. Saya dan suami juga tipe anak rumahan. Kadang udah merencanakan libur ke mana gitu, eh, tetiba malas dan mikir enakan di rumah aja :D

    BalasHapus
  11. waaahh tipsnya bagus juga nih mbak... memang sejak dini anak2 perlu dikasih pembelajaran yg positif lagi mendidik... dan tentunya menyenangkan bagi anak2...
    semangat terus mbak... sukses...

    BalasHapus
  12. saya sangatlah setuju dengan tips-tips yang anda sampaikan. anak memang harus di ajari sejak kecilnya dan pasti hal ini sangat menyenangkan untuk para anak2. terima kasih. terus berkarya dan semangat terus.. go fair...

    BalasHapus
  13. Terimakasih tips nya Mba, bisa jadi referensi buat calon istri saya kalau sudah berumah tangga nanti. He hee

    BalasHapus
  14. pokoknya di rumah tuh senengnya dulu ketika anak2 masih kecil2 ya main rumah-rumahan/tenda tendaan aja kalo aku mba :)

    BalasHapus
  15. Saya seringnya liburan di rumah aja Mba, iya sama bikin kegiatan seru2an sama anak2 saja. 6 hari kerja sudah capek di luar rumah, jadi klo pas libur kesempatan utk rame2 bareng krucil :)

    BalasHapus
  16. Kreatif banget mbak, keep inspiring. :D

    BalasHapus
  17. Patut diculik nih tipsnya :D

    BalasHapus
  18. Wah Makasih Mbak Ida tipsnya. Dapet postingan ini dari blognya Mbak Myra. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali...Terima ksih sdh mampir :)

      Hapus
  19. Mau dong icip2 home made klepon na Bu Ida n krucilz....kpn ya heheu

    BalasHapus
  20. klepon yummy, anak saya suka minta dibeliin klepon kalo saya habis dari pasar

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^