**/ Cerita Ida : Serunya Acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Apr 2016

Serunya Acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey



Serunya Acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey

Beberapa bulan setelah menikah ternyata perempuan muda itu  masih belum hamil juga, ada perasaan was-was menyelinap dalam jiwa mudanya.  Akankah ia dikarunia momongan...? Alhamdulillah di bulan keempat pernikahan akhirnya ia hamil juga.  Hamil anak pertama yang juga cucu pertama dari kedua belah pihak orang tua memang terasa lebih spesial ia rasakan.  Diperhatikan betul oleh calon nenek kakek, tidak boleh ini, tidak boleh itu, harus ini harus itu.  Akhirnya sang calon ibu itu pun berusaha mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.  Berbagai buku bacaan tentang kehamilan dibacanya, tak lupa ia pun  minum susu ibu hamil yang dianggapnya terbaik..

Tahun pun berlalu..

Tak terasa 17 tahun berlalu, janin yang ada di dalam kandungan sang calon  ibu  itu kini tumbuh sehat dan cerdas.  Menjadi anak yang sholihat dengan IQ yang lumayan tinggi di atas 140, sudah menjadi penulis cilik di usia 9 tahun,  6 buku solo dan antologi sudah berhasil ditulisnya...

Dan kini, Sabtu 2 April 2016 tepat pukul 07.00 WIB perempuan yang sudah menjadi ibu dari lima anak itu memasuki  Hotel Trans Luxuary lantai 3, nuansa ungu pun menyambutnya.  Ingatannya pun melayang saat pertama ia hamil karena acara yang digelar PRENAGEN Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat 2016 mengingatkannya pada susu ibu hamil yang diminumnya sejak  ia hamil untuk pertama kalinya :)

Meski belum terlalu penuh tapi sudah terlihat antrian memanjang di meja registrasi.  Memang suasananya terlihat mengasyikan kerumunan orang terbagi di beberapa stand yang tersedia.  Sempat kagum juga acaranya pagi sekali tetapi begitu banyak yang antusias hadir tepat waktu.

Ada beberapa stand tersedia, mulai dari  Registrasi, Store, Pra Kehamilan, Kehamilan, Menyusui, NutriSehat dan Boots Foto.  Segera menghampiri meja registrasi untuk daftar ulang, setelah itu sempat bingung tempat mana yang harus dituju karena ada beberapa kerumunan.  Setelah sedikit berkeliling akhirnya paham juga. Acara memang dibagi menjadi beberapa kelas, jadinya pengunjung bisa gabung dimana saja sesuai keinginannya di kelas yang memang ia butuhkan.

PRENAGEN Pregnancy Educational Journey

Acara edukasi terlengkap PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 merupakan acara yang diperuntukkan bagi para calon orang tua di berbagai kota di Indonesia.  Acara ini mengulang kesuksesan yang sudah diraih ditahun-tahun sebelumnya,  Bandung merupakan kota pertama yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan acara ini.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kampanye "PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat di tahun 2016.   Juga sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah menggunakan PRENAGEN.  Nah, sebagai ahlinya Nutrisi kehamilan dan menyusui Prenagen berusaha selalu menjadi "sahabat terbaik" menemani para calon orang tua dalam menjalankan perannya dan memberikan edukasi secara berkelanjutan.

Diselenggarakan acara ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian PRENAGEN dalam menyadarkan para orang tua betapa pentingnya nutrisi dan stimulasi di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan si kecil.  Dan pada akhirnya hal ini dapat membantu menurunkan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia.

PRENAGEN EDUCATIONAL CENTER

Melewati pukul 8, ratusan perempuan yang sebagian besar adalah ibu hamil dan menyusui semakin menyemut di area acara.  Mereka semua terbagi pada beberapa  kelas yang sudah disediakan di Prenagen Educational Center ini.  Yuk kita kunjungi satu persatu...








 
STORE

Stand ini menyediakan berbagai produk PRENAGEN, beruntungnya para ibu yang hadir di sini, karena terdapat banyak hadiah kejutan selain berbagai diskon menarik.



Kelas Pra Kehamilan

Dipandu seorang dokter muda bernama dr Adi, kelas pra kehamilan dipenuhi ibu-ibu muda yang menginginkan untuk segera mendapat momongan.  Membahas tentang nutrisi yang dibutuhkan saat mempersiapkan kehamilan, ternyata hal ini penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.  Selain itu dibahas pula tentang kesuburan dan ovulasi.



Kelas Kehamilan 

Dipandu Dokter cantik dari RSAI Hermina Pasteur, dr. Indriati, acara ini banyak menarik pengunjung ibu-ibu dan calon ibu yang sedang hamil.  Membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan kehamilan baik dari sisi nutrisi maupun sisi psikolog calon ibu yang sedang hamil.  Menurutnya seorang ibu yang sedang hamil haruslah bahagia karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan sang janin.  

Selain itu dibahas pula permasalahan dan keluhan yang dialami selama masa kehamilan.  Kelas ini dibantu seorang bidan yang juga dari RSAI Hermina Pasteur yang memperagakan senam hamil dan stimulasi yang harus dilakukan agar bisa mengurangi keluhan-keluhan sakit dan pegal pada saat masa kehamilan.




Kelas Menyusui

Beralih ke kelas menyusui, di sini para pengunjung diberikan edukasi bagaimana melakukan pemijatan terhadap payudara sang ibu agar menghasilkan ASI yang banyak.  Selain itu juga diperagakan bagaimana cara memandikan dan melakukan pemijatan yang baik untuk bayi.  Wah sangat bermanfaat sekali ya terutama bagi para calon ibu yang baru akan memiliki anak.



Kelas Nutrisi Sehat 

Bersama Chief Andrian para pengunjung yang mengerumuni stand ini diedukasi tentang nutrisi terutama pada masa kehamilan dan menyusui.  Selain itu Chief Andrian pun memperagakan demo masak makanan yang sehat yang diperlukan oleh para calon ibu dan ibu menyusui.


FOTO BOOTS


Di stand ini para ibu dipersilakan untuk berselfie ria dengan back ground suasana kamar bayi, selain itu pun dipersiapkan  aksesoris segala sesuatu tentang bayi.  Hasil pemotretan langsung bisa dicetak dan dimiliki oleh kita.


 
Kelas demi kelas memang semuanya menarik dan dibutuhkan, semuanya penuh diisi oleh para calon orang tua yang begitu antusias.

Tepat pukul 09.00 pintu gerbang aula tempat acara talkshow pun dibuka, dalam sekejap ratusan kursi yang tersedia pun dipenuhi para peserta.




PRENAGEN TALKSHOW :  Siapkan Awal Terbaik Si Kecil

Ruangan besar itu terkesan bertambah megah dengan dekorasi ungu ala Prenagen. Tak lama kemudian peserta dikejutkan dengan suara alunan musik membahana memenuhi ruangan itu.  Munculah dua perempuan cantik menari dengan lincahnya, gerakannya serasi mengikuti irama yang penuh semangat dan enak diikuti.  Itulah Belly Dance, tarian yang berguna untuk ibu hamil karena banyak menggunakan gerakan otot dan pinggul.


Dua penari sedang memperagan Belly Dance
  
Ini artinya Belly dance banyak melatih otot dan pinggul hal ini penting untuk memperkuat otot perut yang menunjang bayi dalam kandungan.  Dengan latihan ini rasa sakit pada punggung yang biasa terjadi pada ibu hamil akan hilang.

Sang MC Siska Becker.  Pa Ridwan dari Prenagen dan dr Yudi Ketua POGI

Setelah itu munculah Siska Becker sang pembawa acara membuka acara dengan manisnya dibalut baju ungu sesuai dresscode hari itu.  Seperti biasa acara dimulai dengan sambutan, sambutan pertama  dari Prenagen diwakili oleh Bapak Ridwan  mengungkapkan program Prenagen Peduli, yang ternyata memiliki beberapa program yaitu:
  • Edukasi terlengkap PRENAGEN Pregnancy EducationalJourney 2016
  • Berbagi jutaan harapan, melalui Wish Card yang tersebar di berbagai outlet di Indoonesia
  • Berbagi jutaan harapan melalui #PRENAGRAM
  • Program ini memberikan edukasi sejak awal kehidupan Si Kecil yang sadar bahwa nutrisi harus dipersiapkan sejak awal kehidupan Si Kecil yang merupakan INVESTASI yang tidak bisa diulang lagi bila terlewatkan   
 
Sedangkan sambutan  kedua adalah dari dr Yudi Mulyana Hidayat Ketua POGI Jawa Barat.

1000 Hari Pertama Kehidupan bersama PRENAGEN

Usai sambutan dilanjutkan penayangan 1000 Hari Pertama Kehidupan bersama PRENAGENPRENAGEN yang memiliki formula terbaru yaitu PRENAGEN PRENAPRO yang dirancang khusus untuk membeikan solusi Nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran ibu diawal 1000 Hari Pertama Kehidupan.




Acara pun kemudian berlangsung berbentuk drama atau sandiwara, ceritanya dimulai dengan keinginan dari Siska Becker untuk memiliki anak lagi, kemudian dia kedatangan temannya yaitu sang moderator acara ini: Mona Ratu Liu, mereka pun berbincang tentang kehamilan dan mengundang teman Mba Siska yang bernama Boyke Abidin seorang dokter ahli kandungan,


Siska Becker, Mona Ratuliu dan dr Boyke asyik berbincang

Menurut dr Boyke Abidin,SpOG (K)  seribu hari pertama kehidupan kehamilan adalah periode 1000 hari sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan, sampai anak berusia dua tahun.  Yang dimaksud dengan 1000 hari itu adalah 270 hari (9 bulan) masa kehamilan dan 730 hari atau 2 tahun sejak kelahiran. Periode ini disebut masa krisis atau biasa juga disebut masa emas (golden period).  Kalau masa ini tidak dimanfaatkan dengan baik maka bisa menyebabkan kerusakan yang permanen.

Untuk itu calon orang tua harus memahami betul apa saja yang dapat mengancam periode tersebut.  Kurang gizi merupakan penyebab kematian 2,6 juta anak setiap tahunnya di seluruh dunia.  Selain itu jutaan anak hidup dengan gangguan fisik dan kognitif karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup pada 1000 Hari Pertama Kehidupan mereka.

Lebih lanjut dr Boyke mengungkapkan enam prinsip utama dalam pencegahan malnutrisi pada ibu dan anak yaitu suplementasi asam folat dan zat besi, pemberian ASI ekslusif yaitu enam bulan dikombinasikan dengan MPASI sampai dua tahun, makanan MPASI, Suplementasi Vitamin A, pemberian Zinc untuk diare. Air sanitasi dan kebersihan.

Berbagai gaya mba Roslina Verauli, para ibu hamil yg mendapatkan tantangan dan mendapatkan doorprice

Cerita berlanjut dengan kedatangan psikolog kenamaan Roslina Verauli, kemudian pembicaraan pun beralih pada berbagai pengaruh psikologis yang memerlukan reaksi yang baik dari sang ibu dan kerja sama yang baik dari sang ayah. 

Perubahan fisik, kondisi seksualitas dan perubahan mental pada masa kehamilan terkadang memberi pengaruh besar pada menurunnya tingkat kebahagiaan calon ibu bahkan juga sang calon ayah.

Mba Vera menekankan pentingnya peran suami pada masa-masa kehamilan.  Suami memegang kendali untuk meningkatkan atau justru malah menurunkan tingkat kebahagiaan dan tingkat stress calon ibu.

Kebahagiaan calon ibu harus selalu diperhatikan karena sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan juga pada keselamatan proses kelahiran.



Seru sekali materi yang dibawakan oleh para pembicara, terakhir mereka kedatangan tamu seorang pakar dan praktisi stimulasi anak bernama Irene F Mongkar.  

Menurut Mba Irene selama 1000 Hari Pertama Kehidupan anak selain nutrisi ternyata stimulasi terhadap anak merupakan faktor yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang anak.

Membawakan materi dengan sangat menarik, karena pembawaannya yang semangat dan ceria, Bunbun demikian Mba Irene akrab disapa mengungkapkan bahwa evaluasi kemampuan dasar si kecil merupakan hal yang sangat penting ketika anak lahir ke dunia.  Evaluasi ini penting untuk mengecek apakah kondisi dan fungsi kerja sistem saraf sang anak sudah sesuai dengan semestinya.

Seorang anak harus diberi rangsangan dan kesempatan sebanyak mungkin.  Jangan sepelekan kemampuan seorang anak, dengan stimulasi yang tepat dan rajin maka hasil yang didapat akan optimal.  Bayi yang baru lahir saja disimpan di dada bawah ia akan merayap maju mencari puting ibunya,

Hasil optimalisasi dicontohkan oleh Bunbun bahwa anaknya sudah mampu membaca di usia 2 tahun, 5 tahun membaca Lima Sekawan dan 6 tahun sudah membaca ensiklopedi pengetahuan.... Luar biasa memang.

Terakhir kami diajak untuk bernyanyi bersama lagu Hanya Satu Pintaku, para suami diminta memeluk dan mengelus perut para istrinya.  Tak terasa suasana pun berubah menjadi mengharu biru banyak diantara para peserta  tak bisa menahan air matanya...

Diakhir acara diumumkan lomba busana terbaik dan tiga pemenang lomba #PRENAGRAM yang berupa lomba foto dan live tweet reportase selama acara berlangsung.  Alhamdulillah jadi pemenang pertama....

Foto: Nchie Hanie

Oya, setelah di Bandung, acara ini masih akan  berlangsung di beberapa kota lain. Untuk keterangan lebih lanjut dan pembelian tiket online bisa menghubungi website resmi Prenagen.  Semoga teman-teman di kota lain bisa mengikuti acara seru dan penuh manfaat ini.... ^_^ #PPEJ2016BDG #PRENAGRAM #PRENAGENPeduli #IbuSehatIndonesiaSehat

More about  Prenagen :

Web: www.prenagen.com

Fan Page: https://www.facebook.com/PrenagenWorld

Twitter: @prenagenworld

Instagram: PrenagenWorld

Youtube: YouTube.com/PRENAGENworld

7 komentar :

  1. Balasan
    1. hihi... iya sengaja kumplit acaranya keren sih :)Banyak ilmu nya ya..

      Hapus
  2. Wah infonya lengkap mak .... :)

    BalasHapus
  3. wah, ternyata Ibu Ida salah satu pemenang penegram yaa.
    selamat ya ibu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..iya alhamdulillah..makasih sudah mampir :)

      Hapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^