**/ Cerita Ida : Peluang Investasi di Sektor Usaha Peternakan Sapi

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Okt 2016

Peluang Investasi di Sektor Usaha Peternakan Sapi



Peluang Investasi di Sektor Usaha Peternakan Sapi. Selama ini kita sering mengosumsi susu tiap harinya, bahkan mungkin ada diantara kita yang berlangganan susu murni tiap harinya.  Selain terasa lebih segar, susu murni memang lebih menyehatkan dibanding susu olahan lainnya.  Terlebih untuk keluarga yang masih memiliki anak-anak yang masih kecil kebutuhan akan susu memang masih sangat besar.
 
Namun tak banyak yang tahu kalau ternyata produksi susu dalam skala nasional dalam kondisi yang makin menghawatirkan.  Produksi susu segar nasional ternyata baru memenuhi kurang lebih 18% kebutuhan nasional negara kita.  Bahkan diperkirakan tahun 2020 nanti hanya mampu memenuhi 10% saja dari kebutuhan nasional akan susu sapi segar.


Dan untuk menyikapi permasalah itu pemerintah diminta melakukan berbagai upaya penguatan untuk mendukung upaya peningkatan susu sapi nasional.  Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan yang semakin lebar antara permintaan susu sapi nasional dengan produksi susu sapi nasional. 

Berbagai peluang untuk meningkatan produksi susu nasioanl sebenarnya masih terbuka luas.  Seperti misalnya peningkatan angka kelahiran dan penekanan angka kematian sapi yang akan meningkatkan jumlah populasi sapi-sapi betina.  Peningkatan populasi ini jelas akan berdampak pada peningkatan susu nasioanal. 

Peluang peningkatan jumlah susu nasional ini tidak terlepas dari sejumlah tantangan yang cukup signifikan  yaitu harga susu peternak yang relatif murah, skala usaha yang relatif kecil, keterbatasan pakan hijauan, sumber bibit sapi perah yang masih belum tersedia, pemodalan yang sangat minim, belum efisiensinya pengeloaan koperasi susu.  

Selain upaya-upaya menanggulangi tantangan yang ada, upaya pemerintah meningkatkan populasi sapi perah melalui impor memang perlu dilakukan. Baru-baru ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah mengidentifikasi  minat investasi dari produsen susu ternama Selendia Baru yang akan menanamkan modal di bidang peternakan sapi perah terintegrasi dengan industri pengolahan susu.

Melihat ketimpangan yang ada antara supply dan demand susu nasional memang kita bisa melihat sebuah peluang investasi bersama BKPM di sektor usaha peternakan sapi. Investasi di sektor usaha peternakan sapi ini memang perlu terus ditingkatkan agar untuk mengantisipasi semakin turunnya kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia akan susu segar yang selalu meningkat tiap tahunnya.

4 komentar :

  1. Iya nih, potensial banget peluangnya, kmrn ada kawan aku yg udah mau nyoba main disana, tapi memang persaingannya lumayan berat

    BalasHapus
  2. Semoga perternakan sapu utk produksi susu semakin membaik kedepannya shg Indonesia bisa mengapai kedaulatan panganya

    BalasHapus
  3. Aku suka susu sapinya saja teh..

    Tapi, ada tetangga juga tuh yang punya usaha peternakan sapi, apalagi pas qurban nanti bisa dijualin (labanya gede katanya) hahahah

    BalasHapus
  4. Bisnis di sektor sapi ternyata menjanjikan juga,,,

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^