**/ Cerita Ida : Mempersiapkan Menjadi Orang Tua

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Des 2016

Mempersiapkan Menjadi Orang Tua


Mempersiapkan Menjadi Orang Tua  Entah kenapa membaca buku tentang perkembangan anak sejak masih dalam kandungan sampai masa balita jadi kangen ngemong bayi lagi deh hehe... Tapi engga lah, bukan berarti saya pengen hamil lagi, saya sudah lewat umur untuk hamil dan melahirkan, lagian anak-anak juga sudah pada besar.  Sekarang tinggal bagaimana bisa membesarkan dan mendidik mereka sebaik mungkin saja deh..hihi...

Masih kebayang harum bayi itu enak banget ... Dari kelima anak yang saya lahirkan alhamdulillah semua saya besarkan dengan tangan sendiri.  Sempat bingung sih karena sama sekali tidak dipersiapkan untuk mempunyai anak dan membesarkannya.  Jadi betul-betul dari nol, dan saya pikir banyak orang tua dulu yang senasib dengan saya, yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan mendidik dan membesarkan bayi.

Sepertinya untuk orang tua yang memiliki pengalaman seperti saya harusnya dijadikan pelajaran juga.  Ternyata membekali anak gadisnya kemampuan mengurusi bayi itu penting juga, agar mereka tidak canggung lagi saat mereka harus menghadapi dan mengurusi bayi mereka.  Sesekali membuat acara membantu mengurusi bayi di panti asuhan misalnya... kayaknya akan menjadi sebuah pelajaran yang berharga bagi para gadis yang akan menikah.


Untungnya dulu saya sempet membeli buku-buku tentang persiapan kehamilan dan melahirkan.  Walaupun kaku dan serba canggung, tapi ada referensi yang bisa saya baca sebagai acuan mengurusi dan membesarkan mereka.  Zaman si sulung dulu, keberadaan internet belum seperti sekarang, jadi buku-buku dan majalah betul-betul jadi rujukan.  Lewat majalah dan buku pula saya jadi tahu pentingnya dan manfaat pijat bayi serta cara pijat bayi, misalnya.

Ternyata  rajin memberi pijatan pada bayi memberikan manfaat yang banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.  Apa saja manfaatnya yuk mari kita simak.

Dengan memberikan sentuhan berupa pijatan kepada bayi berarti orang tua telah mengembangkan bahasa pertama bayi yaitu sentuhan.  Bayi akan mengasosiasikan suara orang tua dengan sentuhan kita yang lembut.

Rutin memberikan pijatan pada bayi akan membantu memperkuat sistem pernapasan, pencernaan dan peredaran darah.

Pijatan kita juga akan memberikan rasa aman, dihargai dan dicintai pada si kecil.

Memijat bayi juga merupakan salah sat cara agar bayi bisa tidur lebih tenang dan nyenyak

Pijatan pada bayi juga membantu mengurangi gejala kolik serta sembelit.

Satu hal saja seperti cara memijat bayi misalnya, yang ternyata begitu banyak manfaatnya, jadi menurut hemat saya, alangkah bagusnya kalau mereka para orang tua sudah siap dan terlatih ya saat menghadapi bayi pertama mereka.
Kalau anak-anak kita terutama para gadisnya  memiliki kesiapan yang mantap, tidak sebatas hanya belajar dari internet, buku-buku dan majalah sepertinya generasi yang akan datang akan semakin lebih cemerlang lagi.  Dengan memiliki orang tua yang sudah dipersiapkan dari A sampai Z nya tentang mengurusi, mendidik dan membesarkan anak-anaknya tentulah generasi yang dihasilkan akan lebih baik dari generasi mereka yang dididik dengan sistem orang tua yang learning by doing misalnya.

Semoga saja tulisan Mempersiapkan Menjadi Orang Tua ini bermanfaat bagi para orang tua yang akan mempersiapkan putra - putrinya ke gerbang pernikahan.

4 komentar :

  1. Ia bener, mijit2 itu wajib, kalo gak di pijit rewel, ane punya princces masih imut 2 bulan heee, kalo rewel tak pinjetne heeee

    BalasHapus
  2. Wah, bekel ini buat nanti kalo ada baby :*
    makasih tipsnya, Mak ^^

    BalasHapus
  3. wah banyak cara ya mempersiapkan anak, tgt masing2 ya,ah masa2 itu sdh berlalu

    BalasHapus
  4. Pijit bayi itu bikin bayi tidur nyenyaj juga ya Mbak. Haha, jadi lebih anteng kalau malam hari. Kita pun bisa ikutan bobo tenang.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^