**/ Cerita Ida : Benarkah Sumber Segala Penyakit Itu Perut?

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Jan 2017

Benarkah Sumber Segala Penyakit Itu Perut?


Benarkah Sumber Segala Penyakit Itu Perut


“Sumber dari segala penyakit adalah perut, perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu obat” (H.R. Muslim)

Pernah mendengar hadist di atas? Memang benar ternyata ya, penyakit itu berawal dari perut yang artinya berawal dari makanan.  Kalau Rasulullah yang berucap sudah bisa dipastikan benar adanya karena berasal dari Sang Pencipta.  Semua ucapannya bisa terbukti kebenarannya setelah dikaji secara ilmiah.  Rasulullah sudah mencontohkan bahwa perut seharusnya diisi oleh 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 diisi oleh udara. 

Dalam mengosumsi makanan pun kita harus selalu hati-hati, ada banyak makanan yang bila kita mengosumsi berlebihan akan mengakibatkan penyakit.  Eh semua juga kalau memakai kata 'terlalu' akibatnya memang kurang baik ya.  Misalnya terlalu banyak mengosumsi yang asin-asin atau garam atau terlalu banyak mengosumsi gula juga tidak baik bagi tubuh,

Salah satu penyakit yang diakibatkan terlalu banyak mengosumsi gula adalah diabetes. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya gula darah dalam tubuh kita,  Tidak bisa dipungkiri begitu banyak makanan manis yang mengundang selera kita untuk selalu menyantapnya.  Padahal bila kita konsumsi berlebihan akan menyebabkan hal yang tidak baik bagi tubuh kita, salah satu diantaranya adalah penyakit Diabetes.  Orang yang memiliki penyakit diabetes harus memilih makan untuk penyakit diaabetes.

Ada banyak makanan yang bisa menimbulkan penyakit diabetes, tentu saja kita tak ingin tubuh kita mengalaminya.  Jadi salah satu caranya hindari mengosumsinya secara berlebihan, cukup sulit memang.  Mengingat begitu banyak makanan yang bila kita konsumsi berlebihan bisa menimbulkan timbunan gula dalam tubuh kita, bahkan tidak saja makanan yang terasa manis.  Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, roti dan mie juga bila dikonsumsi berlebihan akan menghasilkan banyak gula dalam darah kita.

Beberapa makanan dan minuman yang bisa menimbulkan penyakit diabetes adalah sirup, permen, jus buah dalam kemasan, susu, kopi, minuman bersoda, nasi putih, mie, kentang goreng, kue kering, pancake, kacang polong, nanas, apel, jeruk, pisang, mangga, kismis,  makanan cepat saji, daging babi, ikan goreng, ayam goreng, masih banyak lagi yang lainnya.  Waah banyak juga ya, bagaimana dong?  Intinya sih menjaga diri untuk tidak mengosumsi makanan tersebut secara berlebihan.  Selain dari pada itu juga olah raga yang teratur bisa mengurangi kemungkinan teradinya penyakit ini.

Sementara itu ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.  Meski pisang, jeruk dan apel bisa menyebabkan diabetes tapi untuk rasa yang tidak terlalu manis, buah-buahan ini masih bisa dikonsumsi penderita diabetes. Tetapi untuk buah yang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi seperti mangga dan lengkeng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.  

Adapun makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah antara lain oatmel, dark chocolate, bluberry, brokoli, bayam, minyak zaitun, kayu manis dan kunyit.  Semoga tulisan  Benarkah Sumber Segala Penyakit Itu Perut ? ini bermanfaat bagi kita semua.  Begitu banyak makanan di sekitar kita yang begitu nikmat untuk disantap, tapi harus hati-hati juga karena ternyata benar ya sumber dari penyakit itu kebanyakan memang dari makanan.

5 komentar :

  1. Hmm, papaku diabet mbak, kadang bandel, kadang disiplin banget, huuhuhu

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  2. wahh artikelnya padat dan jelas banget, mudah di pahami, makasih untuk infonya yang sangat bermanfaat ini...

    BalasHapus
  3. thanks for sharing mbak ^^ pengingat banget ini :)

    BalasHapus
  4. Tfs Mak, aku baru tahu hadits nya^^ oia satu lagi, Suamiku bilang kalo sakit itu 90% dari pikiran yg 10% nya luka jadi kalo pikiran bersih, harta bersih, gak punya hutang, jauhi riba insya allah sehat lahir batin^^

    BalasHapus
  5. Ibu saya kena diabet, mba. Banyak pantangan makanan, tapi sering dilanggar juga.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^