blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Apr 2018

Kisah Seru Menjadi Blogger



Tidak pernah menyangka kalau ngeblog bisa jadi semenyenangkan saat ini.. Mungkin banyak blogger yang berpendapat seperti itu ya.  Hanya prediksi saja sih, mengingat dulu ngeblog hanya sekedar hobi, mencurahkan isi hati, isi pikiran dalam tulisan.  Tapi kini ngeblog bisa menjadi sebuah profesi, sudah berapa banyak blogger yang akhirnya menjadi full time blogger.

Menulis ini, sebetulnya menjawab pertanyaan teman-teman yang berniat terjun ke dunia blogger.  Selalu ada saja yang bertanya, gimana dong caranya jadi blogger, ujung-ujungnya minta no WA untuk 'konsultasi'.  Senang aja sih, tapi mereka harus tahu kalau memang segala sesuatu itu tidak bisa instan butuh perjuangan, termasuk menjadi seorang blogger.

Beberapa kali memberi pelatihan cara membuat blog, ujung-ujungnya sih mandeg karena walaupun blog sudah ada tetapi untuk memeliharanya dengan belajar membuat tulisan dengan konten  yang baik dan menarik itu memang butuh perjuangan.  So, menjadi blogger butuh konsistensi ternyata ya, ga bisa ujug-ujug menghasilkan.  Bagusnya sih jangan pernah berharap dulu mendapat penghasilan dari blog karena pasti akan kecewa.  Karena para blogger yang sekarang memonetisasi blog nya dulu nya juga ga pernah berharap dapat uang dari blog.


Banyak tulisan berserakan tentang blogger antara hobi dan profesi, kalau kita search itu di mesin pencari maka bermunculan lah artikel yang relevan tentang blogger, profesi dan hobi.  Meski ada yang masih menganggap blogger sebagai hobi, tapi banyak juga yang sudah menganggapnya sebagai profesi.  Diantara mereka sudah ada yang bisa mendapatkan belasan juta per bulannya.  Bahkan untuk seleb blog konon satu postingan artikel dihargai bisa sampai sepuluh juta.  Hmmm memang menggiurkan ya xixixi.... Kalau saya sih masih menganggap penghasilan yang didapat dari ngeblog sebagai berkah ngeblog..:)


Bersama para blogger di sebuah event blogger.  Seru bisa kumpul2 asyik :)


Baca juga:  Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog

Sebetulnya mau menjadikan ngeblog sebagai hobi atau mau memonetisasi blognya itu kembali kepada diri blogger masing-masing.  Tapi ketika kita mulai menjadikannya lahan untuk mencari penghasilan tambahan jangan sampai menjatuhkan diri kita sebagai blogger yang berimbas pada blogger yang lainnya..  Kalau merasa blog kita sudah mulai bagus, sudah memiliki DA dan PA yang baik, Pageview yang tinggi sudah selayaknya kita mempunyai tarif sendiri.

Karena dibalik sebuah blog yang bagus itu ada effort yang cukup besar untuk membangun blog nya hingga bisa menjadi blog yang bermutu.  Harus menulis secara konsisten dengan konten yang menarik, dan itu butuh perjuangan, pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran.  Harus memiliki koneksi internet dan itu tidak gratis, harus berpayah-payah mengumpulkan backlink bermutu hingga memiliki DA dan PA yang tinggi. Dan bila waktu dan tenaga itu digunakan untuk yang lain bisa juga menjadi sesuatu yang lebih produktif.


Untuk para blogger yang sudah memiliki nama, pasti ada perjuangan berat di balik semua itu, mungkin kita sekarang tinggal komen wah besar ya pendapatnya tapi kita tidak tahu perjuangan di balik itu.  Yang pasti perjuangan tidak pernah menghianati hasil, dan itu sudah sunnatullah nya seperti itu.  Hasil insya Allah berbanding lurus dengan pengorbanan dan usaha.

Baca juga;  Cara Menulis di Blog dengan Standar SEO

Sebagai blogger terkadang kita juga diundang ke suatu event untuk meliputi acara dan itu butuh pengorbanan waktu, ongkos dan lainnya.  Senjata kita para blogger itu hp dan koneksi internet, kamera ( kalau ini bisa juga kamera hape sih hihi...).   Di tempat acara berlangsung selain memotret, menyiapkan bahan tulisan para blogger pun biasa melakukan share acara melalui media sosial Fesbuk, Twitter dan IG.

Jadinya biasanya seorang blogger itu memiliki follower  Instagram, Fesbuk dan twitter yang cukup banyak. Dan itu juga butuh perjuangan dong, jadi seorang blogger harus membangun dan membuat media sosialnya menjadi media sosial yang hidup.  Artinya dia harus sering meng update medsosnya dengan konten-konten yang menarik.   Nah ini juga perlu dicatat para pemula yang ingin masuk ke dunia blogging.

Jadi mempunyai smartphone alias hape pintar itu penting banget bagi seorang blogger.  Saya juga lagi keteteran nih, hape saya sudah mulai kronis.  Sebetulnya sudah jatuh hati banget sama hape berkah ngeblog yang satu ini tapi mungkin sudah saatnya diganti karena sangat berpengaruh terutama saat-saat ada event blogger.  Untungnya sih ada hape Si Tengah Fathya yang sangat-sangat membantu kala hape saya mulai down di tengah acara live twitt misalnya.  Tapi kan tidak selamanya bisa pinjam seperti ini.

Sekarang mata saya mulai melirik-lirik nih, tiap ada tulisan jual handphone terbaru, mata saya langsung terbuka lebar..hihi... Karena memang mau tidak mau meski susah move on dari hape lama, keberadaan hape baru harus mulai saya incar.  Kalau beli online saya harus membelinya di tempat yang sudah memiliki nama dan terpercaya seperti di Tokopedia misalnya.  Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diingainkan saat membeli barang secara online.  Oya di Tokopedia juga kita menjual pulsa ternyata, so Ayo membeli pulsa di Tokopedia. yuk :)

Nah ini mungkin yang bisa saya tulis untuk teman-teman yang berniat menjadi blogger, harus tahu dulu Kisah Seru Menjadi Blogger.  So tidak terlalu berharap banyak di awal-awal karena jalannya panjang dan berliku hihi... Jadikanlah terlebih dahulu menulis sebagai hobi yang menyenangkan hingga saat harus membangun blog dengan cara mengisinya melaui tulisan yang bermutu tidak merasa berat atau terbebani. Goodluck..Tetap semangat ya :)


20 komentar :

  1. seru pisan ikut event ini, semoga next bisa ngikut hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup harus ikut seru, ketemu banyak teman-teman blogger keren :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya Teh, banyak banget berkah ngeblognya..
    Aku pun begitu, 10 tahun menjadi blogger selalu happy, berkah ngeblog yg paling besar ampe sekarang adalah bisa gabung di Dewa SEO, alhamdulillah..
    Semoga makin menjadi blogger yang senior makin membumi ya teh, bermanfaat dan yg penting upgrade trus agar bisa menjadi blogger yg flexible disegala zaman. Aamiin
    Mari Have Fun Ngeblog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa gabung di Dewa SEO... sukses terus ya teh Nchie makin berkah, makin bermanfaat :)

      Hapus
  3. Alhamdulillah dengan menjadi blogger aku pun mendapat banyak pengalam seru, mba. Dan semoga banyak yang merasakan keseruan menjadi blogger ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allohumma Aamiin..semoga ya Mba :)

      Hapus
  4. Bukan hanya seru teh, tapi jadi kebiasaan saya. Kalau gak nulis blog suka kepikiran....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kok sama ya, jadi kayak nyandu gitu ya hehe..tapi saya kalau sdh datang malas juga susah deh, harus mau maksain diri :)

      Hapus
  5. Memang seru banget jadi blogger, banyak banget suka dan dukanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya teh..alhamdulillah jadi lebih berwarna deh hidupnya :)

      Hapus
  6. Waduh berkah ngeblog terhebat adalah punya teman seperti teh Ida

    Hiks jadi pingin melukkkkk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaa sini Ambu kita pelukan ... xixixi, Seneng ya Ambu dengan ngeblog saya jg bisa punya temen yg keren kaya Ambu :)

      Hapus
  7. Nggak sia-sia punya blog dari 2009. Walopun aktifnya baru 2 tahun belakangan, manfaatnya udh banyak banget teh, paling seneng sih bagian punya temen-temen baru 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya ya..seneng bisa punya temen2 baru, termasuk temenan sama gadis imut n lucu kayak dirimuh :)

      Hapus
  8. Alhamdulillah ya mba. Meskipun aku bukan blogger yg aktif bgt, tp tetep ngerasain menfaatnya yg banyak bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...bersyukur banget ya mba :)

      Hapus
  9. Yup. Banyak keseruan kl ikut event2 blogger. Ngangenin pisan dan bikin ketagihan. Mau lagi mau lagi 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup.. nagih banget ya bu guru :)

      Hapus
  10. Pengen punya hape baru yg kameranya oke, biar kalau ke event gk perlu tenteng2 kamera lagi hehe. APa daya blm ada dana beli hape baru huhuhu #malahcurcol :))

    BalasHapus
  11. Jadi blogger memang menyenangkan, selain menjadi media menurahkan isi hati atau pengalaman, blog juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^