**/ Cerita Ida : 11 Manfaat Blog yang Perlu Kita Ketahui

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

11 Okt 2018

11 Manfaat Blog yang Perlu Kita Ketahui



11 Manfaat Blog yang Perlu Kita Ketahui   Beragam manfaat blog bagi pemakainya, dan tentu saja setiap orang memiliki tujuan berbeda-beda ketika membuat blog.  Saya pribadi awal ngeblog tahun 2005 an di Multiply dengan nama blog Bumi Sakinah, tujuan awalnya menulis tentang perkembangan anak.  Namun ternyata akhirnya bukan saja tentang perkembangan anak tetapi banyak juga curhatnya.. hehe..


Mulai aktif dan serius ngeblog lagi di akhir tahun 2013, setelah lama vakum karena patah hati Multiply nya wafat.  Eh ternyata kini manfaat blog bukan saja untuk ajang curhat dan catatan pribadi alias diary digital,  Manfaat blog semakin banyak dan semakin berkembang seiring dengan semakin luasnya penggunaan internet di zaman milenial ini.  Lalu apa saja kah manfaat blog itu ?  Setidaknya ada 11 Manfaat Blog yang secara pribadi bisa saya rasakan.

11 Manfaat Blog yang Perlu Kita Ketahui


Latihan Menulis


Blog bisa menjadi sarana kita untuk melatih kemampuan menulis.  Pernah denger nasehat Practice Make Perfect ?  Semakin sering kita menulis di blog maka kemampuan menulis kita semakin terasah.  Dengan menulis di blog tanpa disadari kita sedang belajar terus untuk membuat tulisan kita semakin baik dan lebih baik lagi.

Menyimpan Cerita atau Kenangan


Kadang ada saat-saat di dalam hidup kita yang begitu berharga dan selalu ingin kita kenang.  Selain foto, tulisan pun dapat merekam momen yang tak ingin kita lupakan secara detail.  Menulis tentang tumbuh kembang anak, prestasi atau apa pun itu menjadi lebih bersemangat karena dengan blog selain untuk diri sendiri juga bisa berbagi manfaat dengan orang lain.  Terlebih di blog bukan hanya tulisan yang dibagikan tapi bisa dengan foto-fotonya juga.

Berbagi, Berdakwah


Blog bisa juga digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan kebaikan.  Saling memberi tips dan trik, how to, how to  be atau pun menyebarkan kebaikan dengan mengingatkan akan kebesaran Allah SWT, menyebarkan ayat-ayatnya.  Sampaikanlah walau satu ayat bisa jadi acuan kita untuk terus selalu berbagi.

Berjualan


Zaman sekarang pengguna internet sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri.  Kita bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk berjualan juga.  Selain di instagram, blog bisa dimanfaatkan untuk  semakin meyakinkan bahwa kita adalah tempat berjualan yang dapat dipercaya.  Jadi selain bermain instagram para penjual online juga membuat blog untuk lebih memperkuat kepercayaan para pelanggan dan calon pelanggan.

Branding


Blog dapat meningkatkan kepercayaan para pembaca terhadap pemilik blog dalam waktu yang singkat.  Kita tinggal menuliskan hal-hal yang bermanfaat untuk para pembaca sesuai topik yang mereka sukai.  Menciptakan figur sebagai diri yang kita inginkan misalnya saja terpercaya dan berwawasan luas melalui tulisan-tulisan yang kita share.  Selanjutnya para pembaca pun akan mempercayai kita dan membranding diri kita atau seseorang sesuai tujuan kita.

Tempat Curhat


Blog juga bisa menjadi sarana untuk mencurahkan apa yang ada di dalam pikiran atau perasaan kita.  Melepaskan segala beban, atau apa pun itu melalui tulisan di blog bisa membebaskan jiwa kita dari perasaan yang mengekang atau yang tidak mengenakan hati kita.  Terlebih lagi jika mendapat respon dari pembaca yang kadang bisa menjadi solusi atau membuka wawasan kita.  Yang perlu diingat menulis curhat ada batasanya, tidak boleh membuka aib diri, suami atau keluarga atau bahkan orang lain.  Menulis di blog bisa dibaca banyak orang jadi harus lebih berhati-hati.

Belajar Menjadi Lebih Baik


Mem publish tulisan kita di blog terkadang mengundang banyak komen atau masukan dari teman-teman sesama blogger atau dari pembaca lainnya.  Dengan demikian kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan tulisan kita.dan hal-hal yang kita tulis.  Dengan cara seperti itu maka kita akan melakukan perbaikan-perbaikan dari segala kekurangan yang kita miliki.

Memiliki blog bisa memperluas pertemanan :)

Menambah Teman / Membuka Jejaring


Ketika kita menulis sesuatu yang menarik, pembaca yang ingin berkomentar, bisa kita buatkan sebuah format bagi  para pembaca untuk menuliskan emailnya atau bahkan menulis nomor hape misalnya sebelum menuliskan komentarnya.  Komunikasi ini bisa membuka pertemanan menjadi semakin luas tentu saja.  Kita bisa me list email yang kita miliki untuk membuka komunikasi yang lebih jauh dan  luas lagi.

Sarana untuk Berkarya


Menulis di blog bisa juga untuk membuktikan eksistensi diri.  Menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain akan memberi kepuasan tersendiri.  Hal itu tentu akan menjadi sebuah motivasi yang besar untuk terus menulis dan menulis lagi.  Untuk terus menebarkan manfaat secara lebih luas lagi.

Mengikuti Kontes


Saat ini banyak sekali lomba menulis di blog baik itu berupa lomba SEO atau review.  Tentu saja ini bisa dijadikan ajang oleh para blogger untuk semakin mengasah kemampuan mereka dan untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik.

Sarana untuk Mendapatkan Uang


Saat ini blog sudah bisa menjadi sebuah sarana untuk mencari uang.  Banyak sekali blogger yang sudah mendapatkan manfaat dari blognya.  Bisa dari mereview barang, menang lomba, content placement,reveral, iklan di blog, undangan event, adsense, jual beli blog dan banyak lagi.  Perlu diingat bahwa hal ini butuh proses, jadi jangan sampai kita membuat blog dengan tujuan utama untuk mencari uang ya..karena ini membutuhkan waktu kalau hanya itu tujuannya kita akan kecewa nanti.

Sebetulnya masih banyak manfaat blog yang lain, semua itu tergantung pada bagaimana kita memanfaatkannya secara optimal.  Tertarik untuk membuat blog?  Caranya mudah, banyak teman-teman blogger yang men share tulisan tentang membuat website atau blog.  Nah jangan lupa kalau mau profesional menjadi blogger beli domain ya jangan gratisan atau bahkan sekalian sewa hostingnya juga.  Jangan lupa belinya di Niagahoster aja ya teman-teman, terpercaya dan enggak ribet kok :)

Itulah tulisan 11 Manfaat Blog yang Perlu Kita Ketahui, semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman ya, terutama yang membuat blog.  Semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi :)

30 komentar :

  1. Bener buk, ngeblog itu bisa berdakwah lewat tulisan dan karya yaπŸ˜€

    BalasHapus
  2. setuju semua teh curhat pengalaman yg mgkn sodara ada di benua lain bisa baca meski ga secara lgsg face to face bicara 😁

    BalasHapus
  3. Setuju banget, kadang kusuka nyari review produk dari blog dan itu sangat membantu

    BalasHapus
  4. hehe pembahasan yang sangat lengkap, tambahan, dan bisa tau lebih awal tetang produk yang baru launch, kan blogger sering diundang brand ternama saat launch produk baru, juga bisa dapet tips hehee..

    BalasHapus
  5. Mantap Ceu...
    Go Ngeblog Blog#lagi😁
    Smogaa

    BalasHapus
  6. Setuju sama semua manfaatnya teh. Aku pengen nge-highlight banget yang "Belajar Menjadi Lebih Baik" hehehe

    BalasHapus
  7. Kalau diseriusi blog memang bisa jadi ladang usaha. Asal jangan buat menyimpan berita tidak baik saja ya... Bisa-bisa malah dijerat pidana, wah bahaya kan...

    BalasHapus
  8. Bener banget semua manfaat yang disebutkan diatas. Apalagi manfaat yang terakhir, saat ini ngeblog bisa dijadikan mata pencaharian juga. Siapa yang nggak mau, melakukan hobby tapi dibayar he he he.

    BalasHapus
  9. betul sekali mbak setuju. aku sudah merasakan hampir semua manfaat dari blog yg mbak paparkan di atas. dulu awalnya ngeblog tuh cuma iseng iseng aja dan nulisnya juga masih acak acakan. hihi

    BalasHapus
  10. Saya masih belum bisa branding mba πŸ˜… yg seru kalau dapat komentar unik, rasanya senang bisa berbagi informasi ^^

    BalasHapus
  11. Iya ya kak, blog bisa jadi media dakwah yang menjangkau lebih banyak pembaca, pesan berfaedah tersampaikan dan berpahala pula

    BalasHapus
  12. baca komentar komentar yang masuk juga jadi belajar ya. Aku baca blog seseorang itu awal. tengah dan akhir. Baru atas lagi pelan2 hahaha.

    BalasHapus
  13. Hehe.. yang terakhir itu memang menggemaskan ya, rindu rindu gimana gitu kalau sudah mendapatkan hasil dari apa yang diusahakan.

    BalasHapus
  14. Investasi akhirat juga ngeblog itu, terutama yang mengamalkan apa yang kita tulis

    BalasHapus
  15. setuju teh, buatku blog jadi tempat buat healing diri sendiri :)

    BalasHapus
  16. Awalnya ngeblog buatku itu hanyalah curhat dan tempat menyimpan kenangan, sekarang banyak sekali manfaat blog apalagi bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  17. Menulis di blog selain sebagai stress release juga membuka pintu rejeki berupa teman, ilmu, dan materi bagiku :)

    BalasHapus
  18. banyak manfaat dari ngeblog, ga hanya materi juga yang lain .maka nya sekarang saya aktif ngeblog

    BalasHapus
  19. Wuih benerya teh ida banyak banget manfaat ngeblog, alhamdulillah bisa ngeblog dan bisa kenal dengan blogger kece kayak teh ida, banyak ilmunya hehe

    BalasHapus
  20. Saya sempat vakum ngeblog sekitar setahunan gitu dan rasanya kangen banget untuk bisa nulis lagi. Kembali ngeblog juga akhirnya bisa merasakan manfaatnya terutama mengasah kemampuan menulis. Suka aja ikutan lomba walaupun gak menang, yang penting tampil dulu. Haha.

    BalasHapus
  21. Dengan ngeblog saya jadi banyak teman

    BalasHapus
  22. Mantep banyak banget ya yg bisa diperoleh dari blog.
    No 11 bikin bahagia, hehe..

    BalasHapus
  23. Bener kak.... Aku udah ngerasain semua manfaatnya dan bagiku nyeblog itu semacam streess release sekaligus diari digital. Bisa dilihat dan dibuka kapan aja.

    BalasHapus
  24. Benerrr. .Untuk aku ngeblog agar bermanfaat dan menambah teman

    BalasHapus
  25. Saya seneng bisa konsisten ngeblog. Yang pasti selain bisa menulis, blog bisa jadi portofolio online

    BalasHapus
  26. Saya berprofesi sebagai guru, juga lagi belajar menulis di blog. Awalnya menulis begitu saja eh lama-lama ketagihan. Dari tulisan blog sudah beberapa kali menang lomba dengan hadiah antara lain handphone,laptop dll. Makanya belakangan biarpun blog saya bernama www.bugurusiti.com tapi sudah lebih banyak tulisan bersponsor, sesekali tetap menulis masalah pendidikan, guru dan anak didik hahaha...

    BalasHapus
  27. Beruntung banget saya hingga saat ini mengenal dan mempunyai blog. Memang benar apa2 manfaat yg sudah disebutkan mbak ida diatas. Tapi juga sekaligus tantangan buat saya untuk konsisten nulis dan bw sih mbak ..hehe

    BalasHapus
  28. Banyak manfaatnya ya mbk. Alhamdulillah aku juga ngerasain beberapa manfaat di atas. Yg paling aku rasain, dua tahun belakangan ini, blog bisa dijadikan sbg cara utk mengumpulkan uang buat biaya kuliah.
    Jd tetep semangat ngeblog donk, mbk ya ?

    BalasHapus
  29. wah kalo dijabarin ya banyka banget ya emang manfaat blog tuh mbak . thank you for sharing :)

    BalasHapus
  30. Aku setuju banget sama semua manfaat di atas, aku juga merasakan bgt manfaatnya.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^