**/ Cerita Ida : Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga (Waktu adalah Kehidupan)

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

11 Nov 2018

Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga (Waktu adalah Kehidupan)

Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga    Kita mungkin sering mendengarkan kutipan yang mengatakan bahwa Waktu adalah Uang.  Tapi sebetulnya ada yang jauh lebih luas lagi tidak semata hanya uang saja tetapi Waktu adalah Kehidupan.  Itu adalah ungkapan dari Imam Syahid Hasan Al Banna yang sangat penting dan selalu berusaha untuk saya ingat dalam kehidupan saya.



Waktu adalah Kehidupan


Sesuai dengan karakteristiknya waktu berganti dan berlalu begitu cepat terlewati, tak terasa dan tak akan kembali lagi. "Waktu adalah Kehidupan" memiliki makna yang mendalam.  Karena manusia adalah waktu yang dilaluinya mulai dari semenjak ia lahir sampai meninggalkan dunia yang fana ini.

Sangatlah tepat ungkapan Yusuf Qardhawi bahwa menyia-nyiakan waktu walau hanya seperseribu detik sekalipun sama halnya dengan menyia-nyiakan kehidupan. Bagi seorang muslim sedetik saja ia tidak dapat memanfaatkan waktunya maka ia telah kehilangan dari sebagian kehidupannya.

Bila kita mau memperhatikan, Allah SWT di dalam al qur'an banyak bersumpah dengan waktu.  Di QS Ashr Allah SWT bersumpah tentang waktu atau masa.  Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal sholih yang saling nasehat menasehati di dalam kebenaran dan kesabaran.

Selain itu juga masih ada sumpah lainnya seperti Demi Waktu Fajar, Demi Waktu Malam, Demi Waktu Dhuha dan lain sebagainya.  Allah SWT bersumpah demi makhluknya menunjukkan betapa pentingnya hal itu.  Menunjukkan bahwa hal itu perlu mendapatkan perhatian dan mentadabburi manfaat apa yang bisa dihasilkannya.

Rasulullah SAW bersabda :
"Tidak akan lewat tapak kaki seorang hamba pada hari kiamat, kecuali setelah ditanya empat perkara yakni tentang waktu atau umur yang ia habiskan di duni,  masa mudanya yang ia lewatkan, hartanya dari mana didapatkan dan bagaimana ia keluarkan,  dan tentang ilmunya sejauh mana ia telah amalkan"


Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga


Saat memutuskan menjadi full time mother saya menyadari betul bahwa akan ada konsekuensi dari semua itu.  Termasuk berlimpahnya waktu yang dimiliki kalau kita tidak memiliki target-target dalam kehidupan ini.  Meski katanya kerjaan seorang ibu itu tidak ada habis-habisnya tetapi kalau itu hanya menjadi rutinitas dan tidak memiliki target khusus maka akan menjadi sebuah rutinitas yang menjenuhkan dan waktu pun menjadi tidak termenej dengan baik.

Kelebihan menjadi ibu rumah tangga adalah kita akan menjadi fokus kepada tugas kita yang utama.  Dan itu memang sangat penting, kelak di akhirat kita tidak akan ditanya kenapa kita tidak bekerja mencari uang tetapi akan ditanya tentang tugas dan kewajiban kita.

Kelebihan yang dimiliki ibu rumah tangga


  • Fokus di tugas utama yang paling mulia'
  • Bisa mengikuti tumbuh kembang anak
  • Memiliki banyak waktu untuk keluarga
  • Jauh dari tekanan atau setress karena pekerjaan
  • Fokus mempersiapkan masa depan anak anak dan keluarga
  • Fokus melayani suami


Kelebihan yang dimiliki wanita karir


  • Mandiri secara finansial
  • Bisa berkomunikasi dengan lebih baik
  • Wawasan lebih terbuka luas
  • Pandai berdandan dan merawat diri
  • Terbiasa multitasking
  • Tidak tergantung penuh pada suami
  • Senang belajar dan bersemangat mengembangkan potensi diri'
  • Berfikir positif dan cepat tanggap
  • Punya komitmen untuk tidak merepotkan orang lain

Ibu Rumah Tangga dan Manajemen Waktu


Sengaja saya membuat perbandingan seperti itu, karena dari sana kita bisa melihat apa yang kurang bisa dioptimalkan saat menjadi ibu rumah tangga.  Pilihan menjadi ibu rumah tangga sudah merupakan pilihan yang tepat bagi para perempuan yang suaminya mampu memenuhi kehidupan keluarganya dengan baik.

Masalahnya menjadi ibu rumah tangga sering menjadi stagnan dan tidak berkembang karena tidak ada kompetisi, tidak ada yang SOP menjadi ibu rumah tangga kecuali kita membuatnya sendiri.  Untuk itulah dibutuhkan manajemen waktu ibu rumah tangga agar waktu kita tidak habis untuk area sekitar sumur, dapur dan kasur.


Dengan memenej waktu dengan baik maka akan banyak waktu luang yang bisa kita gunakan untuk  mengembangkan potensi diri. Bahkan akhirnya kita bisa berkiprah di bidang lain seperti halnya wanita karir tanpa kekurangan waktu untuk keluarga kita.  Asyik kan ya...?

Di sinilah Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga yang baik hingga bisa membuat seorang ibu rumah tangga tetap bisa mengoptimalkan potensi diri, mandiri secara finansial, pandai bergaul, wawasan terbuka luas dan lain sebagainya.


Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Rumah Tangga


  • Tentukan Skala Prioritas
  • Memiliki target harian
  • Menentukan time line pekerjaan
  • Berpikir Positif
  • Mengukur kemampuan diri
  • Mempunyai visi misi pribadi
  • Selalu dekat dengan Allah SWT

Semoga tulisan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu Rumah Tangga ini bermanfaat ya teman-teman.  Mohon maaf bila ada yang menyinggung, tentu itu karena tidak kesengajaan.  Tidak ada maksud lain dari tulisan ini kecuali ingin menyebarkan kebaikan.

18 komentar :

  1. Kebetulan saya ibu bekerja mbak jadi kadang saya tidur lebih sedikit dan terjaga lebih banyak dari orang lain di rumah. Memang sulit, tapi kyk mbak bilang di atas multi tasking, mungkin saya udah terbiasa krn udh kebiasaan hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah maksud saya kelebihan yang dimiliki oleh ibu pekerja harus bisa dikejar oleh ibu di rumah biar tetap bisa berkembang karena di rumah itu kerjaan mah ga pernah ada habisnya kalau diikutin mah harus dimenej :)

      Hapus
  2. Kalau masalah target harian, sering pula nggak tercapai Mom. Soalnya selalu riwuh sm duo krucils. Rencananya mau apa, endingnya apa... Kadang gak nyambung wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya sih kalau sama krucils mah kalah kita..mereka mah prioritas, harus mau bersabar sampai saatnya tiba mereka tumbuh besar hehe..

      Hapus
  3. Kurang2nya bisa memanage diri justru jadi IRT yg bisa bikin stress mah. Kerjaan gak abis2, tuntutan ini itu tapi penghasilan sepuas-puasnya dikasih suami saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya ..makanya harus deket sama Allah biar gak setress ya teh ... Karena di rumah mah ladang pahala nya lebih besar :)

      Hapus
  4. Saya baru setahun berperan sngai ibu rumah tangga tangga yang berkarir di luar. Alhamdulillah sering menulis poin -point yg penting yg harus dijalankan agat bisa seimbang mengurus keluarga dan tanggung jawab di sekolah.

    Makasih ya mbak telah diingatkan lagi ttg nasehat hasan Al bana ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keren mba..semakin sibuk semakin bisa memenej sih..

      Hapus
  5. Manajemen waktu menjadi hal paling penting karena waktu tak pernah bisa kembali walaupun dibeli.
    Semoga semakin dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan ibadah.

    BalasHapus
  6. Wah, boleh-boleh nih tipsnya dicontek. Aku nih, IRT yang moody. Jadinya suka banyak kerjaan yang terabaikan. Ripuh di belakang. Ihiks...

    BalasHapus
  7. Wah...mantap mbak, lengkap pula ulasannya. Tips terakhir memang bener2 dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba..saya juga selalu berperang dengan moody hiks..

      Hapus
  8. Aku merasa manajemen waktuku buruk,kebanyakab leha2 eh pas DL numpuk semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas DL baru gelagapan ya Mba...bingung yg mana yg harus dikerjakan..samaan sih kadang kalau datang malesnya saya jg suka gitu :)

      Hapus
  9. Mendekatkan diri pada Tuhan itu yang utama ya. Kerasa banget kalau lupa doa, pasti jadi cepet marah atau moody-an saat berhadapan dengan anak. Aku udah 2 tahun jadi stay at home mom dan baru beberapa bulan ini benerin agenda sehari-hari supaya lebih produktif. Terima kasih banyak ya, Mba, tipsnya.

    BalasHapus
  10. Lagi butuh banget nih mengatur ulang waktu. Kalau gak dibuat skala prioritas kadang bingung sendiri ya mau ngapain lagi, pasti ada yang terlupa padahal masih punya waktu untuk mengerjakan. Thanks for sharing yaaa.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^