**/ Cerita Ida : Pentingnya Nama Blog

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

22 Nov 2018

Pentingnya Nama Blog

Pentingnya Nama Blog

Pentingnya Nama Blog ini merupakan tulisan ketiga dari program #BPN30DayChallenge2018 yang saya ikuti di Grup Blogger Perempuan.  Tema di hari ketiga ini adalah Kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan? Sebuah tema yang penting saya kira, karena nama akan berpengaruh pada branding dan pencarian di Google.

Dengan tema seperti itu saya memilih judul tulisan ini,  Pentingnya Nama Blog karena tenyata nama blog itu memang penting.  Nama blog adalah identitas.  Sebetulnya selain nama juga yang merupakan identitas sebuah blog itu adalah judul dari blog.  Mengapa demikian karena judul dapat membantu pembaca mengidentifikasikan, membayangkan, mengira-ngira apa isi konten dari sebuah blog.


Awal mula saya membuat blog  dan memberi nama blog serta judulnya saya sama sekali tidak memahami Pentingnya Nama Blog.  Saya memberi nama blog ini idatahmidah.com  karena saat itu saya melihat teman-teman blogger menggunakan nama masing-masing untuk blognya.  Pun begitu dengan judul Cerita Ida, lebih karena tujuan saya membuat blog adalah sebuah sarana saya bercerita apa saja yang ingin saya ceritakan di blog.



Pentingnya Nama Blog


Seiring dengan waktu dan pemahaman saya tentang blog akhirnya saya memahami Pentingnya Nama Blog itu.  Seseorang yang memahami tentang bagaimana mengelola blog dengan baik memberikan nama blog berdasarkan tujuan atau target penamaan tersebut.  Hal yang mendasarinya ada dua yaitu:

  1. Branding
  2. SEO

Jadi penamaannya itu akan ditujukan untuk apa branding atau optimasi SEO.  Berikut ini sedikit saya jabarkan satu persatu.

1.  Branding  (Domain Branding)


Seperti halnya blog idatahmidah. ini adalah contoh nama domain yang dipakai seorang blogger yang dipakai untuk  memperkenalkan bahwa Ida Tahmidah sebagai seorang blogger. Pada awalnya tidak ada yang tahu tentang idatahmidah.com.  Dengan konsistensi mengisi blog, berinteraksi dengan blogger lain, mensosialisasikan idatahmidah.com di sosial media akhirnya terbangunlah branding bahwa Ida Tahmidah ini seorang blogger.

Kelemahan dari blog branding adalah memerlukan waktu lama untuk membangun brand tersebut, karena dimulai dari tidak ada yang mengenal sama sekali.  Hanya jika sudah terbangun branding itu, maka akan memiliki ikatan atau loyalitas yang kuat dengan blog tersebut.  


2. SEO  ( Keyword on Domain /KOD )


Keyword on domain sering digunakan untuk mengoptimasi SEO sebuah blog.  Dengan keyword on domain, sebuah blog akan relatif lebih mudah berada di halaman pertama Google.  Contoh:  jualhijabbandung.   Jualhijabbandung adalah keyword yang digunakan untuk domian tersebut.

Alasan pemilihannya mungkin ownernya sudah menganalisa bahwa pencarian dengan kata jualhijabbandung banyak.  Kelemahannya tidak punya enggagment atau ikatan dan loyalitas pengunjung.  Jadi orang mampir di blog itu karena menemukannya di Google dengan kata kunci itu.

KOD ini banyak digunakan oleh orang yang berjualan dengan banyak merek.  Untuk sebuah blog keyword yang digunakan sebagai domain itu lebih kepada tujuan membuat blog tersebut.

Tips Memberi Nama Blog


Memahami Pentingnya Nama Blog, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kita ingin memberi nama sebuah blog.  Berikut beberapa tips di dalam memilih nama blog.  

  • Tentukan tujuan membuat blog untuk apa
  • Nama harus sesuai dengan isi blog
  • Gunakan nama yang mudah diingat, sederhana, singkat (pendek)
  • Hindari menggunakan nama blog dengan merek yang sudah terkenal
  • Periksa dan Cek ketersediaan nama tersebut

Inilah tulisan mengapa saya memberi nama blog ini idatahmidah.com dan dengan judul Cerita Ida hingga bagaimana Pentingnya Nama Blog serta sedikit tips Memberi Nama Blog,  semoga bermanfaat ya teman .. :)

#BPN30DayChallengge2018
#BogggerPerempuan





17 komentar :

  1. ridous..., ceritanya sih liat artis/penulis pakek nama lain yang keren. dibuatlah nama blognya Ridous

    Kunjungi juga ya di gugel dengan kata kunci ridous

    BalasHapus
  2. Dulu nama blog saya anny hahaha alayyyy syukrlah sudah berganti ke jalan yang benar :)
    Setuju banget Mba. Nama ngaruh ke Branding supaya mudah diingat orang lain juga calon pemberi job dan peluang lainnya :)

    BalasHapus
  3. Teteeeeh, atuhlah blog aku namanya Bibi Titi Teliti alesannya cemen bener karena dulu di majalah Bobo paling suka sama karakternya Bibi Titi Teliti hahaha.

    Untung weh blog aku gak dikasih nama Lee Min Ho :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kalo Lee Min Ho malah naik dong di Search Engine hahahaha
      *kok aku nimbrung ngobrol di sini?*

      Hapus
    2. wkwkwk Teh Ery ngakaklah bacana :p aku sudah duga kenapa Teh Ery pake bibi titi teliti :p

      btw Teh ida aku juga baru tahu ada hubungan sama SEO ya ternyata

      Hapus
  4. Benar juga tips nya. Aku buat nama blog itu mikir 3 hari. Eh pas udah bikin namanya ternyata banyak yang sama hehe

    BalasHapus
  5. Iya ya bener juga
    Aku dulu pas bikin nama blog mikirnya lamaaaaa
    Pengennya yang gampanng diingat dan melekat sama diriku, tapi mau pake nama sendiri secara lengkap kok yo gak pede hahahaha
    Akhirnya pakai nama pena aja deh

    BalasHapus
  6. dulu nama blog saya: Dunai Bunda Paksi...
    eh trus diprotes sama kakak2nya Paksi, emang Ibu cuma punya anak paksi
    hahaha
    trus setelah beajar soal personal branding dll akhirny pindah tld dan pake nama "udara" ophiziadah deh...

    BalasHapus
  7. Itulah kenapa saya namakan blog saya itu KekeNaima. Isinya sebagian ebsar ya tentang anak-anak saya. Mau pakai nama sendiri, tapi rasanya kurang pas :D

    BalasHapus
  8. Yg penting mudah diingat, gak alay, trus menunjukkan branding blognya ya mbak? Noted. Dulu pengen bikin blog dgn nama sendiri tapi kalau dipikir2 harus mulai dr awal yawes akhirnya pakai yg ada aja. Paling namaku yg aku ganti belakangnyašŸ˜

    BalasHapus
  9. Sama Mbak, saya pakai nama sendiri untuk nama blog dan akun media sosial dengan tujuan untuk personal branding. Dan Alhamdulillah sesuai dengan harapan.

    BalasHapus
  10. Penting ya mba nama blog itu. Dapat pencerahan baru nih aku

    BalasHapus
  11. Iyaps branding, dari beberapa workshop yg saya ikuti memang lbh baik utk medsos dan blog menggunakan nama pribadi utk lebih mudah dikenali

    BalasHapus
  12. Sama mba, nama blogku untuk branding juga. Supaya sama dengan medsos lainnya.

    BalasHapus
  13. Paling enak pake nama sendiri asal namanya jangan pasaran karena nanti udah banyak yang pake wkwk

    BalasHapus
  14. nama blog ku ada yang nama sendiri dan ada juga nama yang bikin orang penasaran, sengaja biar dikepoin. hihi

    BalasHapus
  15. Betul nama blog itu bisa buat branding ya mba. Akupun sampai skrg masih dengan nama yg sama tapi subnama berbeda hehe.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^