blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

15 Mei 2016

4 Langkah Cara Membangun Personal Branding untuk Blogger, Belajar dari Blog Anita d'Caritas


Pemenang arisan link kelompok satu Blogger Perempuan kali ini adalah seorang mahmud alias mamah muda yang cantik.  Yup perempuan ini memang masih muda, baru punya satu anak, namanya Anita Carolina Tampubolon.  Dari namanya bisa ditebak kan dari mana mahmud ini berasal.  Terus terang saya baru kenal dengan mahmud ini di grup alisan link ini.  Tapi begitu melihat blognya saya langsung tertarik dengan sebuah postingan tentang branding maka jadilah tulisan ini berjudul 4 Langkah Cara Membangun Personal Branding untuk Blogger, Belajar dari Blog Anita d'Caritas.



Anita sebenarnya seorang bidan dulu ia bekerja di sebuah rumah sakit, berhubung suaminya harus pindah karena mendapat tugas kerja, akhirnya Anita pun ikut pindah ke tempat yang baru.  Di tempat yang baru ia sempat melamar kerja kembali, tetapi ketika proses seleksi penerimaan kerja, diketahuinya hamil, akhirnya perusahaan tempat Anita melamar memintanya untuk fokus pada kehamilannya dulu.  Begitulah, akhirnya mahmud cantik ini menjadi stay at home mom.

Tidak bekerja dan hamil tidak membuatnya berdiam diri, Anita memilih untuk berbisnis online, minatnya di dunia literasi pun ia kembangkan dengan mendapat dukungan penuh dari sang suami, maka jadilah sebuah blog dengan nama http://anitadcaritas blogspot.co.id  Caritas itu mengandung arti kasih sayang.  Melalui blognya ia ingin berbagi kasih sayang.  Blog yang berumur satu tahun itu memang belum terlalu banyak postingannya belum sampai dua puluh postingan, tetapi salut buat Anita yang mempunyai semangat menulis yang tinggi.  Punya anak kecil masih tetap aktif ikut beberapa kelas menulis dan komunitas blogger.

Tulisan yang paling menarik bagi saya adalah tentang membangun personal branding untuk para blogger.  Mengapa ? Ya karena saya adalah blogger, sedang haus-hausnya ilmu tentang perbloggan.  Meski terkadang hanya sekedar teori, karena pada kenyataannya terbentur si moody yang punya kuasa ..hahaha...

Ada beberapa tips yang bisa diambil dari tulisan itu agar para blogger bisa membranding dirinya sendiri...apakah itu... yuk mari kita simak satu demi satu :) 

Oya arti branding sendiri adalah diri pribadi dengan segala kekuatan dan keunikan diri yang memiliki nilai dan meraih hati khalayak dengan harapan untuk mendapat pengakuan secara positif. Artinya diri kita ingin dikenal sebagai apa, maka kita harus menciptakan keunikan itu hingga kita dikenal oleh khalayak sesuai yang kita targetkan. Tipsnya adalah :



Konten

Identitas blogger  terlihat dari konten yang dimiliki oleh blog sang blogger tersebut. Blogger dikenal melalui tulisan yang ditampilkannya.  Gaya penyampaian informasi, pemilihan kata akan menjadi ciri khas yang dikenal oleh pembaca.


Selfie

Bukan blogger kalau engga bisa narsis hahaha....Iya kah... Blogger itu harus suka selfie itu adalah tuntutan untuk cara membranding diri. Selain pemilihan kata, blogger pun dikenal sebagai pengguna gambar yang mampu menarik hati para pembacanya.  Misalnya saja seorang blogger traveler, melalui gambar atau foto yang ia pajang di setiap destinasi yang ia tuju secara konsisten, akan menciptakan branding bagi blogger itu sendiri,  Traveller blogger dengan segala keunikan yang dimilikinya.

Tentukan Kita Ingin Dikenal Sebagai Apa

Membranding diri bisa dimulai dengan menentukan kita ingin dikenal sebagai apa.  Personal Branding ini bisa kita bangun dengan mencari sisi kekuatan  kita itu apa. Temukan itu dalam diri kita melalui pencarian jati diri (jiaaah hahaha..) atau kita bisa menanyakan itu pada orang lain tentang diri kita. Dengan cara itu kekuatan diri kita akan terlihat jelas, kekuatan itulah yang akan menjadi personal branding kita.

Fokus

Kunci keberhasilan dalam membangun personal branding ini adalah Fokus.  Memang ya segala sesuatu itu harus fokus, fokus itu sebuah kekuatan yang luar biasa.  Terus kembangkan, semakin komunikasikan diri kita.  Buatlah hubungan baik dengan siapa saja.  Gunakan komunikasi yang baik dengan siapa saja, hingga terbangun citra diri kita yang positif.

Itulah 4 Langkah Personal Branding yang saya pelajari dari blognya Anita.  Sangat bermanfaat terutama bagi saya sebagai blogger pemula yang sedang mencari jati dirinya.. (jiah lagi ah...hahaha).  Semoga tulisan yang saya reshare ini juga bermanfaat bagi para blogger yang membaca blog ini.

Untuk Anita (maaf ya... langsung panggil nama..*sok akrab..hihi..), dirimu keren deh, saat saya memiliki anak satu, saya banyak membuang waktu.  Dirimu langsung kepikiran bisnis online dan mengembangkan karirmu di bidang penulisan....keren.  Jadi berkaca pada diri yang baru mulai nulis saat hamil anak keempat hahaha... telat banget yak ...Teruslah berbagi kasih sayang melalui tulisanmu dirimu keren deh.....:)




 

37 komentar :

  1. Saya tidak suka selfie dan belum tahu cara selfie yang yahud di destinasi wisata. hehehehe...

    TFS ya Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak.. ini mah nulis yang seharusnya bukan yg sudah saya lakukan xixixi

      Hapus
  2. Saya belum terpikirkan ingin membranding diri saya seperti apa :)

    Tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss ah.... ini liat blognya masih acak-acakan belum ketemu niche nya apa hahaha...

      Hapus
  3. Ternyata selfie juga bagian dari personal branding ya. Oalah selama ini saya jarang selfie euy.

    BalasHapus
  4. hmm, membangun personal branding, aku ga kepikiran buat gitu hehe, ga di kenal juga gpp kayanya :D , tapi admin bener nanti kalo kepikiran mungkin cara diatas bener bener bermanfaat buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... kalau mau jadi blogger profesional katanya harus gitu, sama juga saya juga belum. Nulis mah nulis aja, sambil terus berusaha jadi blogger yang lebih baik :)

      Hapus
  5. Udah ada konsepnya, aplikasinya masih belum pede..mksh infonya nih mba..menarikkkkk

    BalasHapus
  6. wahh sama mba ida. saya juga lagi haus2nya sama ilmu blogging... dan bener banget tips mba nita. kalau mau dikenal sebagai apa ya kita yg harus tentukan.. huppp. harus belajar lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba Ira mah sudah punya branding lah :)

      Hapus
  7. Saya masih susah menentukan, saya ingin dikenal sebagai apa😊 isi blognya msh campur2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sama Mak.. masih campur-campur begini, tapi saya enjoy begini. Menulis apa yg kumau hahaha... *bandel

      Hapus
  8. makasih juga tipsnya...oh ada juga ya arisan link,,baru tau

    BalasHapus
  9. jadi ingin mencoba jadi blogger, terima kasih tipsnya teh ida

    BalasHapus
  10. wahhh iyaaa bener bangettt kak,
    selifee tuu, hihi Blogger mah memang kudu suka jepret dan dijepret pake kamera yakk hihi
    Makasih yaa kak tipsnyaa, :D

    Salam kenal kak, idaa
    blognya, aku masukin blogrol ku yaa kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali...:) Sudah mampir ke blognya...aduh makasih ya sudah dikupas *emang mangga hahaha....

      Hapus
  11. Komunikasi memang sangat berperang penting dalam mempengaruhi branding.
    Point terakhir oK Banget lah mbak

    BalasHapus
  12. personal branding utk blogger memang sangat penting ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, kalau mau jadi blogger yg profesional :)

      Hapus
  13. waduh, saya belum kepikiran untuk membuat personal branding Mba Ida, tulisan di blog saya masih gado-gado banget, prinsip saya, apapun yang ingin saya tulis yah saya tuliskan :)
    semoga suatu saat saya bisa menemukan branding untuk blog saya, amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....saya juga belum kepikiran masih gado-gado. Tapi enjoy kayak gini ..ya udah. *gamauberanjakdarizonznyaman hahaha

      Hapus
  14. Balasan
    1. iya niih saya juga banyak belajar...meski baru teori aja hahaha

      Hapus
  15. format font postnya di awal sama akhir post kok beda ya mbak hehehe *salah fokus*
    tulisan di blogku sih udah mulai ada temanya, cuma kadang2 kalo pengen ngepost sesuatu yang di luar tema blog harus ngepost di blog yang lain, jadi endingnya aku punya 2 blog. dan ya, terpaksa harus lebih fokus ke salah satu.
    http://widybookie.blogspot.co.id/ *shameless promotion*

    BalasHapus
  16. Iya niih ga tau kenapa sudah dicoba diubah ga berubah aja :)
    Iya Mak susah juga punya lbh dari satu blog...akhirnya fokus ke salah satu aja :) Kecuali dah jam terbang tinggi kali ya... :)

    BalasHapus
  17. Duh personal brandingku apa ya, ga jelas banget nih mak hehehee..
    Mau main2 juga ah ke blog Anita.

    BalasHapus
  18. mahmudnya cantik, bidan lagi ya. hehe
    Salam kenal bunda, tipsnya keren nih.

    BalasHapus
  19. Baiklah...saya akan branding pribadi..hehe..trims mba. Salam kenal

    BalasHapus
  20. ih keren yah, mak anita, salam kenal buat mak anita

    BalasHapus
  21. Tentukan kita akan seperti apa....ini mah paling syusaaaahhh....

    BalasHapus
  22. Saya sendiri belum pernah mencoba, mungkin bisa dicoba bsj tips dr kak Ida :)

    BalasHapus
  23. Makasih penjelasanya mbak, lagi membangun personal branding juga nih :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^