blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

27 Apr 2020

Tips Menghilangkan Rasa Malas


Tips Menghilangkan Rasa Malas  Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa sudah lebih dari sebulan anak-anak belajar di rumah.  Pandemi virus corona ini memang banyak mengubah pola kehidupan masa kini yang cenderung banyak hidup di luar rumah.

Sebulan lebih akan sangat terasa lama bila kita tidak bisa memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya. Terlalu lama di rumah dan tidak memiliki aktivitas menyenangkan di dalamnya bisa mengakibatkan Cabin Fever.


Cabin Fever adalah adalah perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah maupun tempat tertentu.  Tulisan Tips Menghilangkan Rasa Malas ini adalah salah satu upaya untuk menghindarinya.

Kenapa dari Cabin Fever kok ke tulisan Tips Menghilangkan Rasa Malas?  Nyambungkah?  Kalau menurut saya pribadi sih nyambung ya.  Cabin Fever benarnya muncul dari kurang aktifnya seseorang ketika harus menjalankan isolasi di rumah yang akhirnya mengakibatkan rasa bosan.

Nah kalau kita tidak malas beraktivitas tentu saja kita tidak akan mengalami  cabin fever ini bahkan gejalanya pun tidak.   Sebelum melangkah lebih lanjut ke tips ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu gejala  Cabin Fever ini.

Bila teman-teman mulai merasakan kegelisahan, menurunnya motivasi, mudah tersinggung, sulit konsentrasi, mudah putus asa, lemah lesu, tidak sabaran, tidak percaya dengan orang-orang di sekitar kita, sering merasa sedih,  hati-hati ya mungkin teman-teman sudah mulai terserang gejala ini.

Kembali ke tema tulisan ini Tips Menghilangkan Rasa Malas ini penting untuk digaris bawahi.  Rasa malas sering membuat kita mati gaya, mager alias malas gerak.  Kerjaannya hanya tiduran, nonton, terus-terusan terhubung dengan gadget tanpa ada kejelasan untuk apa.

Ketika kebiasaan mager ini berulang, hati-hati saja Cabin Fever bisa menyerang diri kita, karena tentu saja akan bosan kalau hanya melakukan itu-itu saja.  Dan ini akan terus memicu rasa malas yang berkepanjangan dan akhirnya terkena Cabin Fever.

Tips Menghilangkan Rasa Malas


Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita untuk minimal menekan rasa malas, alhamdulillah kalau sampai bisa menghilangkan rasa malas itu.  Tips Menghilangkan Rasa Malas itu antara lain adalah:

Memahami Waktu adalah Kehidupan


Pemahaman akan pentingnya memanfaatkan waktu juga suatu hal yang harus dimiliki oleh kita semua.  Bahwa setiap detik ada pertanggungjawabannya di akhirat nanti.  Ketika memahami ini tentu saja kita akan berupaya terus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Dari pemahaman ini kita akan mulai berfikir dan fokus memikirkan aktivitas apa saja yang bisa kita lakukan di rumah yang bermanfaat.  Kalau tidak terpikirkan tentu kita akan mulai dengan mencari referensi di Mbah Google, kalau muncul rasa malas mungkin teman-teman akan search di mesin pencari ini dengan kata Tips Menghilangkan Rasa Malas :D

Memiliki Target 


Ini sangat penting sekali, untuk membuat hari-hari kita lebih terorganisir alias termenej waktunya.  Dengan adanya target ada sesuatu yang harus kita selesaikan ini membuat kita berusaha mengejar mencapai target tersebut.

Bayangkan saja kalau kita mengendari kendaraan dengan tanpa tujuan yang jelas  kita akan kebingungan akhirnya jadi kemana-mana yang tidak jelas atau malah tidak kemana-mana.


Tidak Menunda Pekerjaan


Jangan pernah sampai menunda pekerjaan walaupun tugas kita sedikit dan kita anggap mudah.  Karena dengan menunda -nunda pekerjaan ini akan menjadi kebiasaan kita dan akhirnya munculah rasa malas itu.

Membuat To Do List


Kerjakan apa yang bisa kita kerjakan sekarang, susunlah rencana kerja harian kita dengan membuat to do list di malam hari.  Jadi saat terbangun kita sudah tahu apa yang akan kita kerjakan hari ini, hingga tidak ada lagi kesempatan untuk santuy yang tidak jelas.

Bergerak/ Berolah Raga


Banyak panduan olah raga di youtube dengan iringan musik yang menghentak membuat kita lebih bersemangat bergerak.  Percayalah kalau sudah berolah raga kita tidak akan mau hanya rebahan lagi.

Mulai dari Hal yang Mudah


Ketika kita malas berolah raga, misalnya paksakan saja dengan melakukan olah raga yang mudah terlebih dahulu hingga kita tidak enggan melakukannya.  Demikian juga dengan yang lain memulai dengan yang mudah akan meminimalisir rasa enggan dalam diri kita.

Lawan Rasa Malas


Pikiran kita adalah raja , saat rasa malas melanda kita  harus menguasainya dengan pikiran kita. Hanya diri kita yang bisa mengendalikan rasa ini.  Maka mainkan pikiran kita ubah dengan memberi motivasi pada diri.

Pikirkan Apa yang Aknn Terjadi


Kita harus memikirkan konsekuensi bila kita mengikuti rasa malas.  Apa yang terjadi kalau tidak melakukan pekerjaan yang harus kita kerjakan.  Lebih jauh lagi bagaimana pertanggungjawaban kepada Allah SWT jika kita menyia-nyiakan waktu.  Berpikirlah nanti bagaimana, bukan bagaimana nanti.

Hadiahi Diri Sendiri


Kita harus menghargai diri kita sendiri saat berhasil melakukan apa yang harus dilakukan.  Sebenarnya tanpa hadiah pun akan ada hadiah langsung berupa kebahagiaan karena berhasil menyelesaikan tugas dan bahagia berhasil melawan rasa malas.

Tetapi dengan memberi hadiah kepada diri akan lebih berkesan dan akan memberi motivasi untuk melangkah meningkat lebih baik lagi.

Hindari Tempat Rebahan


Tempat tidur, sofa atau karpet menjadi tempat yang nyaman yang membuat kita malas bergerak.  Hindarilah ini semua hingga tidak ada kesempatan untuk bermalas-malasan.

Memaksimalkan Hobi 


Hobi merupakan hal yang apabila kita lakukan akan menyenangkan diri kita.  Maka guanakan masa-masa senggang dengan mengoptimalkan hobi kita.  Asyik kan kalau hobi kita bisa optimal dan menghaislkan?

Melakukannya kita akan senang tidak terpaksa,  jadi bisa dalam waktu yang lebih lama kita lakukan.  Optimalkan hobi ini hingga bisa bermanfaat untuk diri dan orang lain.



Nah teman-teman itulah beberapa Tips Menghilangkan Rasa Malas ala Cerita Ida.  O ya teman-teman sebetulnya selain untuk memotivasi diri selama di rumah aja ini agar tidak terkena Cabin Fever, tulisan ini juga merupakan kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger.

Harapan saya sih dengan menulis  Tips Menghilangkan Rasa Malas ini bisa memotivasi diri dan teman-teman yang mungkin sudah mulai dilanda bosan karena di rumah saja sudah lebih dari sebulan ini.  Semoga ada manfaatnya :D

48 komentar :

  1. Wahh.. tipnya bisa di terapkan nih. Makasih teh udah sharing

    BalasHapus
  2. Nahhh ini artikel yg sesuai sama aku beberapa hari terakhir mbak. Kalau nurutin malas nggak akan selesai selesai. Jadi emang perlu melawan deh rasa malas itu.

    Aku pun juga bikin to do list kerjaan. Supaya bisa memaksa diri menyelesaikan tugas. Biar ga rebahan mulu buat nurut kemageran ataupun kemalasan itu y mbak hehehe

    BalasHapus
  3. Nah bener banget tips yang terakhir, memaksimalkan hobi. Akhirnya pas Wfh ini bisa ngeblog lagi, setelah lumutan rumah matanya karena ditinggal Tuannya.
    Apalagi hobinya dibayar,Alhamdulillah selalu berlimpah.

    Btw bener banget teh, tips malasnya. Aku malah on terus pas dirumah nih, meski sesekali rebahan di sofa sambil mantau kerjaan kantor.

    Makasih tipsnya yaaa..

    BalasHapus
  4. setuju banget buat menghindari tempat rebahan yg suka posesif bikin kualitas semangat menurun. Harus banget ya diusahakan untuk selalu produktif biar ga rebahan mulu heehe

    BalasHapus
  5. Yang paling berat tuh ga menunda pekerjaan dan rajin olahraga, kadang masih terbuai dengan waktu yang banyak padahal itu kan ilusi. Bisa aja waktu kita sebenarnya tak banyak, tiba-tiba ada kesibukan lainnya dan jadwal pertama jadi berantakan. Apalagi zaman sekarang pas pandemi hawanya pengin rebahan padahal banyak yg bisa dikerjakan. Bisa jadi uang juga.

    BalasHapus
  6. Checklistnya bagus, jadi pengen punya. Itu bikin sendiri ya, Kak? Malas itu memang godaan banget ya. Makanya kan ada nasihat, yang mesti dikalahkan itu bukan orang lain, melainkan diri sendiri, salah satunya ya mengalahkan kemalasan diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga..download dari IG alhamdulillah free..tapi aku lupa nama IG nya anakku yg ambil.

      Hapus
  7. Kl sy sih lebih pada bikin target untuk diri sendiri n biasanya ekspektasi lebih dikit jd kl g kecapai masih lumayan aman. Minimal target proses bukan hasil

    BalasHapus
  8. berat sekali emang menghilangkan rasa malas, apalagi kalau misalnya kita sudah mentok. Saya selalu membuat ceklist kapan deadline suatu pekerjaan, dari situ bisa kelihatan sih mana yang harus diselelsaikan dan dikerjakan segera

    BalasHapus
  9. Wah senang banget ya mbak kalau kita bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri. Kalau saya mengatasi rasa malas salah satunya juga buat target pekerjaan perhari mbak.

    BalasHapus
  10. Wah makasih banyak ilmunya teh. Aku juga seminggu dirumahaja tuh Cabin Fever sampe kaya yang mau nangis-nangis. Tapi benar kesalahanku dalam melawan rasa malas, aku belum punya target apapun.

    BalasHapus
  11. Luar biasa teh Infonya, buat aku yg malas nya suka Menunda kerjaan, Duh jadi kalau aku. Terimaksih teteh pencerahannya

    BalasHapus
  12. Kayanya penting punya checklist ya teh di masa ramadhan ini biar ga kebablasan rebahan mulu

    BalasHapus
  13. nah ini yang aku cari, terima kasih kak sudah mengingatkan, mulai membuat to do list dulu ah. ok jangan malas. semangat

    BalasHapus
  14. Ini tips yang memberi ide agar masa di rumah aja menjadi lebih produktif dan bisa memaksimalkan waktu yang ada sebaik mungkin. Apalagi selama bulan Ramadhan, begitu pagi udah rebahan, bisa-bisa molor panjang, hiks.
    Makasih inspirasinya, mba Ida.

    BalasHapus
  15. Bikin target perlu juga itu, jadi lebih terukur dan bikin SemangatCiee. Soalnya kalau ndak ada target yang dituliskan gitu suka kelewat, hehehe #curcol dah jadinya

    BalasHapus
  16. Berasa ditampar dengan artikel ini. Abis, selama masa stay at home ini rasanya saya jadi lebih banyak rebahan dan sangat kurang olah raga. Huft, harus diusir nih si malas...

    BalasHapus
  17. Wah, sejak masa WFH ini saya cenderung malas2an nih. Perlu banget utk coba tips nya di atas.

    BalasHapus
  18. Pengingat banget nih Mbak buat saya yang suka menunda pekerjaan. Saya juga biasa buat To Do List tapi seringnya ingkar janji sama diri sendiri. Kurang komitmen dan kurang disiplin mewujudkan apa yang sudah dibuat sendiri.

    BalasHapus
  19. Kesebelas tips di atas bener-bener reminder banget buat aku yang sejak sering di ruamh ini jadi meningkat rasa malasnya. Ditambah pas puasa jadi pengen rebahan terus. Kayaknya aku harus menghindari tempat rebahan agar bisa mengurangi rasa malas.

    BalasHapus
  20. Bisa jadi reminder teh Ida. Makasih sharingnya ya. Semoga kita dijauhkan dari rasa malas ya. Kayaknya perlu diikutin juga bikin timeline kayak gini. hehehe

    BalasHapus
  21. Menghindari tempat rebahhan yang paling sulit buat aku thh.. Heee tapi insyaalloh aku akan coba, mkash tips nya

    BalasHapus
  22. Dulu aku susaaaaah bgt ngelawan malas karena emang anaknya nggak mau, bener kudu dibiasain dan dilawan. Serta malas ini akan hilang kalau punya tujuan dan target, hus hush jauh2 deh malas berlebihan

    BalasHapus
  23. wah tipsnya cocok banget nih, apalagi sekarang musimnya Working From Home, terkadang membuat malas untuk beraktifitas. Misal, seharusnya kita berpenampilan rapi, tetapi karena working from home, kita beralasan kan tidak kelihatan waktu meeting online. Padahal jika kita bisa konsisten dengan poin-poin aktifitas yang harus kita lakukan, pastinya gak akan bikin jadi mager.

    BalasHapus
  24. Yang paling sulit memang menghalau / mengendalikan rasa malas, hihihi.

    BalasHapus
  25. Jadi reminder abis supaya ga males2an. Tapi kadang kasur aku jadiin tempat yoga, belom ada uang buat beli matras hrhe

    BalasHapus
  26. Makasih tipsnya mbak..
    Bisa diterapkan di rumah, karena sejak harus di rumah saja lebih sering malas

    BalasHapus
  27. Terlalu lama diam di rumah tanpa melakukan apa-apa pastinya membosankan ya, Teh
    Saya sendiri lebih memilih membuat to do list dan melakukan hobi supaya gak bosan

    BalasHapus
  28. Setuju dengan hadiahi diri sendiri.. biar semangat menjalani hidup.. btw mengenai cabin fever ini memang terasa sangat membosankan tapi memang ga ada pilihan lain... selagi bisa dirumah..dirumah lah...kecuali ga bisa lagi ya kak

    BalasHapus
  29. Nah, aku juga udah rencana mau menghadiahi diri sendiri. Karena bulan-bulan ini tuh berat banget. Udah aku plan mau beli buku baru setelah invoice cair, hehehe.

    BalasHapus
  30. Haduwhh, bener bangedd nich, harus banyak gerak dan olahraga, secara saya anaknya mageran, duhh...

    BalasHapus
  31. Ini nih...tips mantul ngilangin mager. Aku juga jadi mikirin kayanya perly point checklist dehh biar tetap konsisten kejaan selama wfh. Makasih loh tipsnya bunda..

    BalasHapus
  32. Penyakit yang obatnya ada pad diri sendiri ya teh yaitu malas. Kalau gak dilawan ya gak akan pergi-pergi itu si malas. Tapi kita sekarang lagi disuruh rebahan aja loh dirumah gimana dong? hehehe

    BalasHapus
  33. Yaampun bermanfaat bsnget nih teh tips tips nya, yg paling susah dipraktekin adalah menghindarin tempat rebahan hehehe secara itu comfort zone bangetšŸ˜‚

    BalasHapus
  34. Setuju sama poin hadiahi diri sendiri, dg memikirikan iming2 yg akan kita dapat biasanya malas akan berganti jd semangat. Yuk mulai lawan rasa malas semuanya.

    BalasHapus
  35. Wow aku baru tau lho istilah cabin fever tapi bener banget ga boleh malas karena ini adalah kesempatan yang harus dimaksimalkan juga dan hindari tempat rebahan �� ner uga hahhahah

    BalasHapus
  36. kalau aku malasnya siang hari aja mba, malamnya aktif kayak kelelawar hehe. mager banget si, udah ga ada kerjaan, ga ada duit pula

    BalasHapus
  37. Aku ngerasa di sentil nih, yang selalu merasa malas ngapa² in ini jd tips yang bener² bermanfaat buat ume dan hrus mulai di terapkan nih..

    BalasHapus
  38. Samaa akupun bikin to do list dan checklist..dan btw, banyak yang belum ke check hahaha.. Postnya inspiring,teh..jadi bikin semangat nyelesein checklist

    BalasHapus
  39. Menghindari tempat rebahan itu sulit banget haha

    BalasHapus
  40. Ini yang aku perlukan teh menghindari malas karena sering ada jenuhnya itu hehe

    BalasHapus
  41. Sepertinya Ramadhan ceklist bisa jadi salah satu cara ampun biar gak malas-malasan di bulan penuh rahmat ini yaa. Terima kasih mbak, sharing tips mengilangkan rasa malasnya sangat bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  42. Magnet terbesar itu tempat rebahan... Makasih tips nya ya teh.. Aku harus bisa menerapkan tips nya hohoho, semangat!

    BalasHapus
  43. Tips nya lengkap banget teehh..aku jadi semangat nih bacanya..makasih sharingnyaa

    BalasHapus
  44. Entah kenapa rasa malas itu selalu ad aplg klu udh minim motivasi, tp emng sih ntuk menghilangkan rasa malas itu perlu effort slh satunya bwt target dlm jurnal

    BalasHapus
  45. Semuanya noted banget teh, tp karena kondisi skrg blm punya ruang kerja yg terpisah dari kamar tidur, maka mau gamau jadi ada session rebahan wkwk

    BalasHapus
  46. Aduh, gawat banget nih di poin hindari tempat rebahan. Gawat segawat gawatnya karena godaan kasur nyaman dan kamar sejuk itu beneran bikin pengen malas malasan sepanjang hari rasanya.

    BalasHapus
  47. Yup, aktivitas yang terbatas bisa membuat kita menjadi malas bergerak. Untungnya, aku punya banyak tanggungjawab yang harus dikerjakan, jadi nggak rebahan mulu. :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^