blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

18 Des 2020

Awas, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Minus!



Teman-teman, kali ini Cerita Ida ingin berbicara tentang penyebab mata minus.  Mata minus atau rabun jauh adalah kondisi dimana mata tidak mampu menangkap objek jauh dengan jelas, tapi dapat melihat dengan jelas objek dekat. Salah satu penyebab yang membuat mata jadi minus yaitu faktor genetik. 

Kalau di antara orang tua kita ada yang mengalami rabun jauh, kemungkinan besar sang anak juga bakal mengalami rabun jauh. Walau begini, mata minus juga bisa dikarenakan oleh kebiasaan tertentu yang memicu resiko mata minus. 

Berikut sejumlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan mata minus.

  1. Sering Begadang

Kebiasaan begadang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, nah salah satunya adalah mengganggu kesehatan mata. Saat kurang tidur, mata akan kelelahan yang akhirnya bisa menyebabkan mata minus. Untuk itu, hindarilah kebiasaan begadang kalau tidak ada hal penting yang harus dikerjakan demi menjaga kesehatan tubuh dan mata. 

Cukupi waktu tidur minimal 8 jam per hari agar mata bisa pulih dari kelelahan sehabis beraktivitas seharian. Tak hanya itu, memberikan waktu tidur yang cukup juga dapat membantu menimbulkan pelumasaan mata dengan signifikan sehingga membuat akumulasi iritasi bersih.

mata minus
Sumber: pinterest.com

  1. Jarang Mengkonsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Asupan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran yang kurang pada tubuh juga bisa memicu masalah kesehatan mata. Dengan memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran, kesehatan mata kita bisa terjaga dengan baik. 

Buah-Buahan dan sayuran memiliki nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Seperti Vitamin E, Vitamin C, dan beta-karoten yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat baik buat kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten dan lutein, dimana keduanya punya peran sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan mata.

  1. Terlalu Lama Melihat Layar Gadget

Terlalu lama berhadapan di layar gadget akan berpotensi terjadinya mata minus atau rabun jauh. Mata akan bekerja lebih keras ketika terlalu lama menatap layar gadget. Di Kondisi inilah yang bikin mata jadi lelah dan bikin fungsinya melemah. 

Jika memang pekerjaan kita mengharuskan menggunakan laptop atau komputer, cobalah untuk mengalihkan mata dari layar monitor meski hanya beberapa menit. Lihatlah hal-hal yang ada di sekitar agar bisa mengurangi resiko mata minus atau rabun jauh yang bertambah.

  1. Menggosok Mata Terlalu Sering 

Walau terdengar sepele, namun menggosok mata terlalu sering bisa memicu infeksi mata dan konjungtivitis alergi. Bukan hanya itu, kebiasan ini juga dapat menimbulkan resiko keratoconus dimana penipisan serta pembentukan kembali kornea mata menjadi kerucut, nantinya hal ini akan menyebabkan faktor kehilangan penglihatan dengan bertahap. 

Hal tersebut gak cuma menyebabkan mata seseorang jadi rabun jauh, tapi juga berdampak buruk buat kondisi mata pada seseorang yang sudah mengalami glaukoma dan mata minus.

Sumber: pinterest.com

  1. Membaca, Menonton, Hingga Main Gadget di Ruang Gelap
Kebiasaan satu ini seringkali dilakukan banyak orang. Padahal, tanpa disadari menonton, membaca Ebook atau buku serta bermain gadget di ruang gelap bisa memicu terjadinya mata minus. Ketika hal ini dilakukan, mata akan bekerja lebih keras supaya bisa memproses perubahan pada tingkat cahaya di ruang gelap yang berubah lebih cepat ketimbang di ruang yang terang. 

Ini bisa bikin mata jadi lelah, sakti dan kering. Jika kebiasaan ini tidak segera dihindari, maka tidak hanya dapat menimbulkan mata minus saja, tapi juga menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia, sakit kepala, dan lain sebagainya.

 Sekarang sudah tahu kan kebiasan-kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan resiko mata minus? Yuk, mulai sekarang tinggalkan sejumlah kebiasaan tersebut agar kesehatan mata kita bisa terjaga dengan baik! Semoga tulisan Awas, 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Minus! ini bermanfaat ya teman-teman....

20 komentar :

  1. Trimakasih infonya mbak. Saya udah kena minus sejak sma, tapi cenderung ke silinder, sampe sekarang harus selalu pake kacamata

    BalasHapus
  2. Kebiasaan2 aku banget itu di atas teteh.
    Sedari kecil suka baca juga, sampe sekarang kerjaan ga jauh2 dari layar gadget or kompi.
    Alhamdulillah, masih normal, itu yang aku bersyukur banget. Sampe orang2 pada aneh, ko ga minus siih. hihi..

    BalasHapus
  3. Waah, aku sejak keil suka banget membaca dan mungkin banyak kebiasaan buruk yang enggak aku sadari ya. Aku sih aada minus dan ada plusnya, silinder, hehe. Sekarang sih belajar perbaiki cara baca dll ya.

    BalasHapus
  4. Kalau saya, mata minus sejak SMP, saat itu blm ada internet/gadget. Penyebabnya justru karena kurangnya penerangan. Listrik baru masuk desa, lampunya masih bohlam lima Watt yg merah gitu. Udah deh sampai sekarang mata saya jadi minus.

    BalasHapus
  5. Sepertinya saya no 3 nih yang sering hehe.. Terima kasih infonya, penting juga buat saya yg sudah minus ini..

    BalasHapus
  6. sejak pandemi jadi lebih sering menggunakan gadget dan udah mulai kerasa nih mba mata kanan jadi blur, sedih banget rasanya :(

    BalasHapus
  7. Ulalaaa, nomor 3 tuh seriiingg bgt jadi penyakitnya para kreator konten ya mbaaa
    aku juga berusaha untuk merawat mata dgn lebih baik lagi.
    engga binge wathing K-drama, dan berusaha makan minum yg bergizi.

    BalasHapus
  8. ini bener banget, soalnya akhirnya aku minus karena poin 1,3, dan 5. suka lupa kalau pake hp itu nonton lama2 layar nempel banget ke wajah padahal gelap kan kamar. kalau pake lappy gt kan agak enak yaa. tapi tetep better ruangan itu terang kalau mau aktivitas malam sekalipun

    BalasHapus
  9. Dari kelima kebiasaan itu hampir semuanya saya lakukan mbak...saya suka makan sayur dan buah-buahan tapi mata saya harus pakai kacamata setiap hari. Bahkan jarak pandang mata saya jadi terbatas...ternyata memang kebiasaan itu tanpa saya sadari sering saya lakukan...terimakasih sharing informasinya mbak supaya saya bisa mengubah kebiasaan buruk tsb diatas..

    BalasHapus
  10. Baca gelap-gelapan kalau orang tua dulu bilang yang bikin mata jadi minus. Jadi sekarang berupaya agar tidak bertambah minusnya aja

    BalasHapus
  11. duh iya nih jadi sadar banget kalo akhir akhir ini jadi nggak terlalu memperhatikan kesehatan mata , apalagi semenjak pandemic kebanyakan di depan layar

    BalasHapus
  12. Hiks sebagai pengguna kacamata minus karena matanya minum, bener deh kamu tulisnya mba . Kebiasaanku baca di ruang gelap

    BalasHapus
  13. Aku dulu juga teh karena sering tiduran baca bukunya dengan cahaya remang akhirnya sejak 2001 pake kacamata hahaha...

    BalasHapus
  14. huwaaa memang itu yang terjadi di diriku. Udah begadang, enggak pakai kacamata karena entah ada di mana, lalu suasana remang-remang. Huhu ...

    BalasHapus
  15. Huwaaaa itu yang aku lakukan dan lbh parah lagi saat di rumah aja kek skrng.
    Merasa emang mata udah kyk burem2 tp msh agak ragu mau cek mata haha, mungkin tahun baru ganti kaca mata, khawatir nambah minus :D

    BalasHapus
  16. Nonton film di HP sambil tiduran juga berefek pada mata Mbak. Padahal kebiasaan itu enak dilakukan haha..
    Siapa sih yang nggak nyaman tiduran sambil main HP, gara-gara itu nata saya minus 4��

    BalasHapus
  17. Mau ditinggalkan juga ga bisa ya mba beberapa faktor di atas, terutama untuk kita yang pekerja teks dan harus ngadepin layar laptop lama. Mungkin pengaturan waktunya aja yang harus disiasati ya.

    BalasHapus
  18. Gak pengen anak-anakku bermata minus kaya emak bapaknya..
    Haturnuhun tipsnya teteh.
    Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  19. Aku baru sekarang nih rajin makan buah. Makanya dulu mataku minus. Ternyata emang karena jarang makan buah ya.

    BalasHapus
  20. Ya ampuuun...aku sering begada g dan lama lihat layar gadget. Hiks, suamiku juga nih suka lihat gadget dalam ruang gelap. Baru tahu bikin mata minus.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^