blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Des 2020

Refleksi Tahun 2020


Refleksi Tahun 2020

Tahun 2020 akan segera berlalu dalam hitungan hari, dan kita akan menjelang tahun yang baru di tahun hitungan masehi ini.  Biasanya saya selalu membuat resolusi untuk tahun yang akan datang.  Namun tahun ini memang berbeda karena datang sebuah masa yang tidak pernah diprediksi sebelumnya yaitu adanya bencana pandemi.  Jadi saya lebih memilih membuat sebuah tulisan tentang Refleksi Tahun 2020.

Pandemi  yang saat ini sedang terjadi telah mengubah banyak hal termasuk tatanan kehidupan manusia di dunia ini.  Banyak yang terpuruk bahkan untuk kebutuhan primer saja banyak yang mengalami kesulitan.  Tapi di balik sebuah musibah harus selalu bisa diambil ibroh atau pelajarannya. Saat kita berhasil menjadikan keberkahan alias ziyadatul khoir atau bertambahnya kebaikan maka berarti kita telah lulus menghadapi pandemi ini.

Ada banyak hal yang terjadi di tahun ini yang harus saya syukuri yang merupakan bagian dari pengejewantahan dari resolusi 2020 yang saya tulis tahun lalu di sini.  Masya Alloh...bukan ingin mensyukuri musibah tapi memang kita harus selalu melihat sesuatu dari kacamata positif.

Refleksi Tahun 2020 di Kehidupanku


Umroh


Mengawali tulisan Refleksi di Tahun 2020 ini saya jadi teringat kejutan dari Allah SWT di tahun ini.  Di awal tahun ini tepatnya tanggal 24 Februai 2020 alhamdulillah senang sekali saya dan suami diundang Allah SWT ke Baitullah.  Mungkin ini yang paling saya syukuri karena kalau bukan karunia dan kehendak Nya saya dan suami tidak akan bisa umrah tahun ini.  

Sehari atau dua hari setelah saya sampai ke Mekah tiba-tiba saja Mekah tertutup dari luar tidak boleh lagi ada yang masuk.  Rombongan travel umrah yang saya ikuti menjadi salah satu rombongan terakhir di masa pandemi.  Bahkan sebuah keluarga yang kukenal saat ikut manasik namun keberangkatannya berbeda dua pekan terhambat tidak jadi pergi



Mendirikan INI


Masa pandemi ini memang beberapa pintu rezeki dari ngeblog berkurang.  Tapi alhamdulillah di masa pandemi ini justru saya dan suami bisa menjajaki sebuah usaha bernama Imani Networking Indonesia (INI) dan alhamdulillah Allah takdirkan sudah menghandle beberapa proyek.  

Berharap semoga ke depan makin banyak lagi proyek.  Menjadi sebuah usaha yang penuh keberkahan  dan juga bisa menjadi jalan rezeki bagi banyak teman-teman blogger.   Teman-teman yang membaca Refleksi Tahun 2020 ini ikut mendo'akan ya semoga INI bisa terus maju dan menjadi sebuah perusahaan digital marketing yang sukses ...Aamiin... :D

Dikelilingi Positive People


Di masa pandemi ini juga saya di kelilingi positive people... Allah SWT membuka jalan melalui IG Live yang mulai saya lakukan di bulan Juli 2020.  Sebuah aktivitas yang tanpa pernah terpikirkan sebelumnya.  Tidak ada niat diri sama sekali untuk tampil dan menjadi host di IG Live akun pribadi tapi tiba-tiba kesempatan itu datang begitu saja.

20 Episode sampai pertengahan Desember lalu IG live sudah saya lakukan dan itu tersimpan di IGTv akun IG @ida_tahmidah.  Masya Allah banyak hal positif yang bisa diambil dengan menghadirkan nara sumber yang inspiratif.  Orang-orang yang menginspirasi, orang-orang yang sukses di dalam kehidupannya.  Orang-orang yang telah selesai dengan dirinya dan banyak berkiprah dan bermanfaat untuk banyak orang.

Hidup Lebih Teratur


Bergaul dengan mereka sedikit banyak saya sedikit terwarnai walau belum bisa optimal.  Hidup lebih tertata, manajemen waktu yang bagus serta fokus pada passion itulah ibroh yang bisa saya ambil dari kesuksesan para narsum.  

Saya jadi bertekad untuk selalu menggunakan waktu dengan sebaik mungkin yang bisa saya lakukan.  Seperti yang diungkapkan seorang motivator muda dr Gamal Albinsaid ... 

Tumbuhkan rasa bersalah saat kita menggunakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat....

Jadi banyak ber refleksi ke dalam diri, apa yang sudah saya lakukan selama ini? Apa manfaat saya untuk sekitar?  Apakah waktu yang Allah SWT berikan sudah dimanfaatkan dengan baik? Ihiks...

Kelas Mengaji dan Kelas Bahasa Inggris


Di masa pandemi ini juga alhamdulillah Allah SWT memberi kesempatan kepada saya untuk kembali belajar bahasa Inggris dengan menjadi pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak.  Sayang saja sih, dulu saya sempat kursus bahasa Inggris di dua tempat kursus.  Saat selesai kelas advance saya ambil kursus lagi di tempat lainnya, itu saya lakukan karena waktu itu saya sangat menyukai bahasa Inggris.

Selain itu juga di masa pandemi ini saya bisa mengajar anak-anak mengaji, yang membuat saya lebih senang, Maghfira -bungsuku- juga turut menjadi pengajarnya.  

Ikut Beberapa Kursus


Di masa pandemi ini juga saya sempat mengikuti beberapa pelatihan, diantaranya adalah pelatihan kelas blogger, kelas canva dan kelas fotografi.  Alhamdulillah kelas canva bermanfaat untuk membuat infografis, kebetulan saya memegang akun fesbuk sebuah komunitas yang harus selalu update dengan berbagai konten yang bermanfaat untuk anggota komunitas.

Saya juga menjadi semangat belajar fotografi kembali, meski tidak optimal tapi insya Allah saya akan terus belajar karena lama-lama ternyata saya menyukai dunia fotografi juga.



Rumah Jadi Lebih Asri


Pandemi membuat saya di rumah saja, akhirnya jadi sering bebenah rumah, mulai deh cari-cari pepohonan artificial untuk dekorasi rumah.  Kemudian tertarik menghias ruangan dengan kaktus dan akhirnya jadi tertarik bercocok tanam.

Awalnya sayuran, tapi kemudian kesukaan pada bercocok tanam ini malah terus ke berbagai macam tanaman hias.  Alhamdulillah ternyata ini membuat kebahagiaan dan semangat saya meningkat.  Saya niatkan sebagai sebuah usaha untuk go green dan mentadaburi ciptaan Nya yang luar biasa.  

Selain tentu saja meningkatkan imunitas diri dengan rasa bahagia bisa berkebun di rumah dan membuat rumah menjadi asri.  Terus terang saja sebelumnya saya tidak terlalu peduli dengan tanaman di rumah jadinya rumah agak gersang meski ada juga sih pepohonan tapi tidak banyak.

Kak Azizah Pulang ke Indonesia Dua Kali


Ini juga saya tulis  sebagai bentuk rasa syukur karena awalnya tahun ini kaka tidak berniat pulang.  Tapi qodarullah ternyata malah jadi dua kali bisa pulang ke rumah...Manusia berencana Allah yang Maha Berkehendak.... Alhamdulillah jadi obat pelepas kangen. 

Masih banyak anugrah di tahun 2020 ini yang harus saya dan keluarga syukuri.  Bounding dengan keluarga semakin terjalin erat, dzikir pagi al matsurat jadi barengan dengan suami dan banyak lagi berkah lain yang harus disyukuri. 

Setelah membuat tulisan refleksi 2020 ini, malah jadi tampak tahun 2020 ini ternyata bukan lah tahun kegelapan.  Tapi tahun yang penuh dengan keberkahan yang luar biasa dari Allah SWT.  

Jadi ingat firman Allah SWT di QS Ibrohim ayat 7

Dan (ingatlah) ktetika Tuhamu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat".

Jadi apa pun yang terjadi pada kehidupan kita harus selalu disyukuri karena insya Allah itu yang terbaik dari Allah SWT dan pasti ada kebaikan di dalamnya.  Pandemi ini pengingat dari Allah SWT bahwa kita makhluk yang tiada daya upaya...Semua yang terjadi adalah atas izin dan kehendakNya.

Pandemi ini mengingatkan bahwa hidup di dunia ini hanya sementara, sekarang banyak di sekitar kita yang meninggalkan kita, tidak ada yang tahu siapa selanjutnya, karena maut akan selalu mengikuti kita, suka tidak suka itu pasti akan terjadi.  Semoga kita selalu menjadi orang yang siap menghadapinya. 

Refleksi Tahun 2020 ini membuat saya banyak bersyukur ternyata banyak hal yang bisa disyukuri di balik sebuah musibah.  Dengan fokus pada hal yang positif hal-hal yang membuat kita kecewa tidak akan banyak mempengaruhi kehidupan kita.



Nah teman-teman semoga tulisan Refleksi Tahun 2020 ini yang merupakan tulisan kolaborasi Blog Cerita Ida  dengan Komunitas Bandung Hijab Blogger ini bisa memberi manfaat untuk semuanya terutama pada diri untuk senantiasa mensyukuri nikmat - nikmatNya .....

20 komentar :

  1. Wah, memang di masa pandemi ini kia harus mengambil hikmahnya. Tidak sepenuhnya membawa petaka tetapi juga memberikan berkah yang tak kita duga. Karena pandemi ini dan istilah #DiRumahAja menjadi pemacu semangat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan, bahkan memberikan tercuatnya ide-ide bagaimana untuk menggunakan waktu untuk menghilangkan kejenuhan itu. Beragam ide pun bermunculan dan tahulah kita akan skill-skill yang sebenarnya sudah kita miliki tapi tidak pernah terasah, dan di masa inila kita tahu bahwa kita bisa. Tentang workshop online juga menguntungkan ya, bagi unda yang sudah uzur mudah mengikutinya tanpa keluar rumah dan berkendaraan menuju tempat workshop sebagaimana ketika bunda masih berusia lebih muda dari 81 tahun. Berbicara mengenai IG Live sama sekali bunda masih asing dan ini harus bunda pelajari selama pandemi ini. Belajar tanpa pendamping memang sulit bagi bunda yang sudah uzur ini, tapi memang kalau masih menginginkan berkiprah di dunia online memang satu-satunya jalan harus belajar, menambah ilmu dari dunia online. Mungkin bunda bisa belajar dari Ida ya tentang IG Live ini, hehe...tapi bunda mah selalu newbie terus nih gimana ya. Come on, come on bundaaa....move on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih Bunda Yati keren banget, 81 tahun masih aktif jadi blogger...Masya Allah sehat terus Bunda ya. Tetap terus menginspirasi :D

      Hapus
    2. saya salat sama bunda Yati yang masih mau belajar di usia yang tidak lagi muda, bahkan terus aktif sebagai blogger :) semoga saya bisa seperti bunda Yati ya kelak

      Hapus
  2. Th 2020 ini memang th yang berbeda dari tahun2 sebelumnya. Pandemi sangat berpengaruh dan berdampak bagi kita semua ya. Tapi kita memang harus tetap semangat dan berpikir positif. Banyak akhirnya yang merintis usaha baru di tengah pandemi ini dan malah sukses juga.

    BalasHapus
  3. Tumbuhkan rasa bersalah saat kita menggunakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat....

    Ya ALLAH, kok aku ngerasa maluuu banget baca kalimat ini yhaa.
    Baiqlahhh, semogaaaa di ujung 2020 ini aku bisa taubatan nasuha, dan menjalani 2021 dgn lebiihh baik lagi plus berorientasi kampung akherat! SEMANGAAAATT

    BalasHapus
  4. Sungguh menginspirasi. Aku kayanya perlu juga berefleksi seperti mba Ida. Sukses dan barokah selalu buat perusahaan digital marketingnya yaaa ♥ Moga moga bisa kollab jugaaa ya. Keep on writing♥

    BalasHapus
  5. produktif banget teh di thun ini, semoga tahun depan makin berkah dan segala harapannya bisa tercapai ya teh, amiin

    BalasHapus
  6. Year 2020 has been an amazing one as well for me despite the fact that we are facing all the troubles and challenges from COVID-19 pandemic. I am blessed that the Almighty bestow us with endless blessings up until the very end of the year

    BalasHapus
  7. MashaAllah mbak ternyata banyak hikmah yang didapatkan selama pandemi ini ya. Jadi jangan melulu sedih, karena dibalik peristiwa ada hikmah yang luar biasa menyejukkan hati. Jadi sadar diri bahwa iman ini masih terlalu dangkal. Pandemi memang membuat kita harus instropeksi diri agar memperbanyak bekal iman dan taqwa kita..
    karena kita hidup pada akhirnya akan mati tinggal menunggu panggilan saja.

    BalasHapus
  8. Tahun 2020 ini memang menjadi tahun yang berbeda dari n tahun sebelumnya. Semoga saja tahun depan lebih baik ya mba

    BalasHapus
  9. Terima kasih untuk pengingatnya mba. Harus banyak bersyukur karena sejatinya Allah selalu mencurahkan semuanya untuk kita dalam kondisi apapun. Semoga INI yang dijalankan terus berkembang dan membawa berkah untuk banyak orang ya mba.

    BalasHapus
  10. Masyaallah...semoga INI nya bisa terus berkembang ya...keren banget tetrh di tahun 2020 ini produktif banget.

    BalasHapus
  11. artinya ngga semua tentang pandemi ini kerugian dan kesedihan ya mba, selalu ada hikmah dan berkah bagi siapapun yang terus berjuang. terimakasih mba sudah berbagi jadi ikut tertular semangatnya.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah di masa pandemi teh ida jadi lebih produktif yaaa, Tetap semangat ya teh, sehat selalu

    BalasHapus
  13. MasyaAllah mbak, di tengah pandemi begini, begitu banyak hal positif yang sudah terjadi di kehidupan dikau ya mbak. Aku ikut seneng mbak, alhamdulillah wa syukurillah banget ya mbak. Semoga INI makin sukses kedepannya aamiin

    BalasHapus
  14. aku bacanya ikut bahagia mba. ternyata dibalik pandemi ini banyak hal positif juga yang terjadi ya mba. semoga tahun depan semakin banyak lagi hal hal positif

    BalasHapus
  15. Tahun 2020 memang sungguh sangat berkesan ya, teh..
    Lancar-lancar semua rencana dan semoga Allah selalu berikan keberkahan atas segala yang terjadi.

    BalasHapus
  16. Tahun 2020 mau berakhir saya belum menulis tentang refleksi, entahlah rasanya gak percaya aja tahun 2020 sudah diambang akhir. Yang pasti tetap harus bersyukur diberi kesehatan dan kehidupan yang baik. Masih bisa bernafas, meski dalam kondisi keterbatasan sosial

    BalasHapus
  17. keren banget masih terus produktif dengan ikut pelatihan dan kursus-kursus. mbak ada referensi kelas bahasa inggris dan bahasa arab online? saya jadi pengen ikutan, hehe..

    BalasHapus
  18. Wah super sekali mba masih sempat ikut kursus, aku jadi termotivasi mau ikutan juga

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^