blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Des 2020

Waktu untuk Mama, Membuat Mama Bahagia


waktu untuk mama


Hari itu
  saya sedang jalan-jalan melihat postingan instagram alias instagram walking, eh ini salah satu waktu untuk mama untuk seorang Ida lho...hehe... Saya terpaku dengan postingan  salah satu seleb di tanah air yaitu Jennifer Bachdim. Tahu dong ya siapa dia, Jennifer ini juga adalah istri pesepak bola Irfan Bachdim. 

Dalam postingan itu, Jennifer mengungkapkan bahwa sebagai seorang ibu dari tiga anak ia benar-benar memerlukan waktu untuk dirinya sendiri.  " .... I think for now I need time for mama..." begitu ungkapnya.  


Sebagai seorang ibu dari lima orang putra putri tentu saja saya merasakan betul apa yang Jennifer rasakan.  Saya pernah dong berada dalam posisi Jennifer Bachdim ini.  Saat anak-anak masih kecil waktu saya banyak tercurah untuk anak-anak dan keluarga.  Kadang kejenuhan pun datang melanda.  

Bayangkan saja dari bangun tidur hingga menjelang tidur hampir semuanya urusan itu tentang anak-anak dan keluarga. Apalagi saat ada anak yang masih menyusui, kadang waktu tidur pun terganggu oleh tangisan si kecil yang ingin disusui.  

Beruntungnya saya senang menulis di blog, kegiatan menulis di blog seperti sebuah sefl healing yang menjauhkan saya dari stress dengan jenuhnya rutinitas.  Menulis di blog menjadi waktu untuk mama bagi saya yang mengalihkan perhatian dari rutinitas mengurus anak-anak dan keluarga. Alhamdulillah saya bersyukur sekali.

Saya menjadi sadar bahwa waktu untuk diri sendiri itu sangatlah penting. Waktu untuk mama  membuat seorang ibu bisa tetap bahagia di tengah rasa lelah dan rasa jenuh oleh rutinitas.  Dan menjadi mama atau ibu yang bahagia itu penting lho.... Anak-anak bahagia terlahir dari ibu yang bahagia.

Kembali ke postingan Jennifer di instagram tentang waktu untuk mama ini, tentang perasaan betapa seorang ibu itu memerlukan waktu untuk dirinya sendiri di tengah kelelahan mengasuh dan merawat anak.  Tentang betapa ia juga harus menghargai apa yang dimilikinya saat ini ternyata semua perasaanya itu terpresentasikan di video berikut ini…

 


Saat anak-anak beranjak besar dan sibuk dengan urusannya sendiri ternyata waktu untuk mama bagi saya tetap saja diperlukan.  Di sini seorang ibu harus pandai memenej waktu agar tetap bisa menikmati waktu untuk mama  yang membuat diri tetap bahagia,  tapi tetap bisa memiliki waktu yang berkualitas dengan anak-anak.

 


Dulu saat masa belum terjadi pandemi, selain ngeblog waktu untuk mama bagi saya adalah traveling.  Bukan sembarang traveling karena itu bagian dari pekerjaan sebagai traveler blogger.  Sekarang di masa pandemi selain menjadi blogger waktu untuk mama bagi saya adalah berkebun, menanam tanaman hias di halaman rumah.

Tentu saja selain  harus pandai membagi waktu, saya juga harus pandai memenej uang yang ada untuk bisa memiliki waktu untuk mama.  Baik itu traveling atau pun berkebun  memang merupakan waktu untuk mama yang membutuhkan  budget tersendiri.  

Saya sangat terbantu dengan menggunakan dompet digital dalam setiap pengeluaran uang sehari-hari.  Salah satu dompet digital itu adalah OVO.  Dengan menggunakan OVO semua pengeluaran tercatat dan tersimpan sebagai data yang bisa kita lihat di laman histori.  Jadi kita bisa mengevaluasi pemborosan yang mungkin saja terjadi.

Selain itu dengan adanya point berlipat yang merupakan salah satu fitur utama OVO kita jadi bisa banyak berhemat karena point itu bisa ditukar dengan berbagai diskon penawaran eksklusif.  Terlebih di masa pandemi ini dimana pembelian banyak dilakukan secara online.  


Nah di toko online kita dapat menemukan banyak sekali  penawaran promo menarik yang dapat kita temukan di laman Deals. OVO memberikan banyak kemudahan transaksi tanpa mengharuskan kita membawa banyak uang tunai.  Dan ini sangat terasa manfaatnya terlebih saat sedang traveling karena OVO sudah bekerja sama dengan ratusan merchant.

Eh dari waktu untuk mama  kok jadi keterusan ngobrolin OVO ya..hahaha..tapi nyambung banget kok, karena dengan dompet digital ini kita bisa memenej uang lebih baik lagi pastinya  hingga saya ada budget, menyisihkan sejumlah uang untuk memenuhi hobi yang menjadikan diri saya lebih bahagia. 

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Waktu untukMama, Membuat Mama Bahagia ini bisa bermanfaat untuk kita semua ya...:)


45 komentar :

  1. HIks, kok jadi nangis sih saya liat iklannya, bikin kangen mama, huhuhu.
    Btw saya pecinta OVO banget ngetdah, membantu banget khususnya di zaman pandemi ini, sebagai dompet digital, biar nggak ribet bawa duit cash yang berpotensi penularan virus.

    Dan setuju banget Mba, kadang ibu udah memikirkan dirinya, semua untuk anak, padahal menyisihkan uang untuk hobinya itu sah-sah saja :)

    BalasHapus
  2. Selfie healing for me as mom.. Dan masing masing ibu butuh banget ini.. Makasih mbak sudah sharing

    BalasHapus
  3. Wow me time for mama itu begitu pentingnya yah. Moga semua mama pada happy yah

    BalasHapus
  4. Wow me time for mama itu begitu pentingnya yah. Moga semua mama pada happy yah

    BalasHapus
  5. Seorang ibu emang harus bisa menghargai diri sendiri supaya apa yang dibebankan kepadanya bisa dinikmati, bukan jadi tekanan. Banyak ibu yg tidak bisa menyadari kewajiban dan tugasnya. Lari deh dari kenyataan. Menjalankan hobi, me time dan curhat dengan orang terdekat supaya posisi dipahami itu perlu menurut saya

    BalasHapus
  6. Saking banyaknya me time malah hobi yang lain jadi kelupaan mba 😁

    BalasHapus
  7. Teh Ida, aku setujuuu dgn ini.
    waktu untuk mama ber-me time itu super duper penting!
    Kalo buatku, aku hobi ngedrakor, dan biasanya ini "exclusive me time" :D
    Habis nge-drakor, rasanya legaaa binti puas wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran harus bangeettt melakukan self healing dgn cara alokasikan time for mama ya Teh.

      Semangaattt untuk seluruh ibu, mama, bunda di muka bumi.
      Salam takzim untuk Bunda2 kitaaa

      Hapus
  8. Istilahnya agak gak biasa ya, mungkin variasi nama ya. Kalo aku namanya metime, biasanya aku nonton sih atau bersih-bersih. Rasanya emang self healing.

    BalasHapus
  9. Wah senangnya kumpul. Aku cuma berdua dg si bungsu karena suami kerja luar kota & si sulung magang. Sepiii banget. Malah bingung mau ngapain. Nggak ada yg diurus.

    BalasHapus
  10. Nyambung banget Mbak, Ovo sama waktu untuk Mama karena salah satu waktu untuk diriku sendiri adalah belanja di e-commerce hahaha

    BalasHapus
  11. Me time ku sbg mama adalah mandi dan berlama2 di kamar mandi hahaha...soalnya kan tiap wkt anak nempel melulu ya jadi pas mandi titip k suami deh

    BalasHapus
  12. Memang penting sekali 'mama time' ini ya mba.. agar para ibu tetap sehat lahir batin dan bisa melaksanakan tugasnya sebagai istri dan ibu yang penuh kasih...

    BalasHapus
  13. Memberikan reward buat diri sendiri penting banget ya teh, bagaimana pun me time adalah hak buat mama, apapun caranya dengan versi masing2 akan membuat bahagia si mama..biar sehat jiwa dan raganyaa.
    Kalo me time aku, mojok ngopi sendiri,hal paling bahagia banget

    BalasHapus
  14. itu yang bungsu mirip banget Mba Ida.
    Eh iya mba, anakku masih kecil-kecil jadi emang berasa waktu tersita buat mereka tapi ini penting buat pondasi hidup anak-anak. Ga lama mereka bakal sibuk dengan kegiatan masing-masing.

    BalasHapus
  15. Ya waktu untuk mama ini penting banget sih buat kita para mama agar lebih bahagia. Jadi sesibuk apapun itu sempatkan waktu untuk me time.

    BalasHapus
  16. duh aku ngga kuat nonton videonya mba, inget orangtua tapi inget sama diri sendiri rasanya, kaya berkaca ke tahun tahun berikutnya T.T

    BalasHapus
  17. kaya me time gitu ya teeeh, penting banget sih emang me time itu yaa, ngabisin waktu buat hal yang disukai biar fresh juga pikiran hihihi, semangaaat

    BalasHapus
  18. intinya sih me time ya mbak, bukan cuma buat mama :) kalau sudah self love apapun yang di kerjakan akan berhasil karena berasal dari keikhlasan

    BalasHapus
  19. Aku juga suka Mak, jadi mama mama yang me time pakai OVO. Apalagi ada yang top up ovonya hahahaha

    BalasHapus
  20. ah so true banget yaaa teh, memang kita kadang perlu waktu untuk sejenak memberikan jeda untuk diri sendiri, krn kalo kita bahagia kita bisa fokus menyayangi dan mencintai org2 terkasih

    BalasHapus
  21. waktu untuk Mama itu memang penting ya Mbak, biar Mama tetap waras, Mama kan juga manusia ya *upsss

    saya juga pakai OVO Mbak, dan sesuka itu memang ya karena kemudahannya, apalagi sekarang udah bisa transfer juga dan biayanya lebih hemat dibanding mennggunakan ATM/internet banking :)

    BalasHapus
  22. Tidak bisa membayangkan betapa sibuknya mbak Ida mengurus kelima buah hati saat mereka kecil...emang butuh me time supaya tidak jenuh ya mbak. Aku juga sering bertransaksi pake OVO, lebih praktis, simple dan mudah.

    BalasHapus
  23. We all need a little break indeed. With that, we can stay safe, healthy, and sane amidst all the responsibilities that I have to fulfill

    BalasHapus
  24. Banyak kisah dari anak tentang ibu. cerita ini mengingatkan aku sama mamaku. duh, jadi kangen mama. pengen banget berbuat sesuatu yang bikin mama bahagia. sayangnya mama udah gada. moment bersama mama selalu bikin bahagia. oia, OVO dompet digital yang memudahkan kita semua ya....aku juga senang pakai OVO.

    BalasHapus
  25. Sering ga sadar yaa, teh...
    Bahwa Mama pun merupakan seorang pribadi yang utuh. Jadi membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri saat sedang tidak membersamai anak-anak.

    Pakai cashless semacam OVO memang uda paling enak zaman sekarang.
    Jadi terkontrol pengeluaran (hehhe...pengalaman aku yang sering boros banget kalau pegang uang beneran))

    BalasHapus
  26. Aku pemakai OVO, alhamdulillah OVO aman krn ada salah satu perusahaan yang kalau kasi fee masuknya ke OVO hihihi.
    Ini dulu andalan banget buat naik ojek, kalau skrng andalan buat cek out keranjang marketplace #eh :D

    BalasHapus
  27. Makin mudah melakukan transaksi apa aja kalau ada dompet digital ya mba. Keperluan penting yang urgent bisa langsung kita beli tanpa harus keluar rumah. Belanja online dulu nih di masa pandemi gini, sangat membantu aktivitas belanja ibu sehari-hari.

    BalasHapus
  28. Bener banget, sebagai ibu kadang perlu juga me time untuk bersantai sejenak dari kepenatan

    BalasHapus
  29. Apalagi kayak sekarang ya teh setiap hari kumpul satu keluarga. Ibu kadang ga sempat ngurus dirinya sendiri. Harus menyediakan waktu nih untuk diri sendiri

    BalasHapus
  30. Buat saya "me time" buat seorang Ibu tuh penting banget untuk menjaga kewarasan, biar nggak olah vokal mulu gitu loh. Kalo nggak, bisa bahaya tuh. Mana musti di rumah mulu, ngurus kerjaan rumah yg ga abis2. Kayaknya spa, nyalon atau nonton sendiri juga oke tuh

    BalasHapus
  31. Berasa banget di pandemi begini, butuh waktu untuk Mama bagi diri sendiri. Setiap hari ditempelin bayi dan anak kecil, 24jam setiap hari. Dulu masih mending bisa melipir ke cafe bentar, ngopi cantik ketemuan teman supaya biar tetap waras ngobrol dengan sesama orang dewasa. Sekarang mah ga berani 😅

    BalasHapus
  32. Inspirasi bagi siapa pun yang membaca, bersyukur selalu

    BalasHapus
  33. Tadinya kukira waktu untuk Mama, itu merawat Mama lho. Taunya Me Time. Sip...Memang ya, untuk diri sendiri perlu juga perhatian...Aku alhamdulillah banyak waktu, krn anak-anak udh berkeluarga...

    BalasHapus
  34. Saya setuju banget kalau mama harus punya waktu untuk diri sendiri. Kadang-kadang gak perlu lama. Tetapi, asalkan bisa dinikmati juga efeknya berasa

    BalasHapus
  35. Alhamdullilah pisan, teh Ida punya suami yang sayang dan memahami kebutuhan istri
    Sehingga bisa ngeblog walau punya baby
    Gak heran anak anak meni sehat jeung gareulis
    Selalu happy dan sehat ya teh 💗💗💗

    BalasHapus
  36. Ingat teh ida itu ingat instagram live dengan para pakar-pakar itu, duh sudah menancap dibenak saya kalau teh ida itu ya moderator itu. Anyway apa hanya aku saja yang belum pake OVO ya?wkwkwk, saya gak doyan belanja teh, tapi kalau disuruh belanja ya mau, LOL

    BalasHapus
  37. MashaAllah. Hebat Mbak Ida. Punya 5 anak itu sesuatu loh. Luar biasa waktu, tenaga dan pikiran yang harus tercurahkan satu persatu untuk setiap anak yang tentu saja memiliki karakter dan cara penanganan yang berbeda-beda. It's awesome Mbak.

    BalasHapus
  38. aku banyak pake fintech sekarang, dua yang aku pake mulai dari OVO sama ShopeePay. Kalau dulu OVO pas promo lumayan banyak, cuma sekarang berkurang tapi akhirnya tetap kepake buat bayar ojek online atau belanja online yang udah terhubung gitu mbak :D

    BalasHapus
  39. "Cashback 30% dengan OVO"
    Baca gini aja udah bikin bahagia lho, padahal belum transaksi. Udah ada secercah harapan untuk bisa jajan tapi tetap hemat juga

    BalasHapus
  40. aku pelanggan setia ovo mbak
    hampir semua transasksi aku lakukan dgn bayar pake ovo
    termasuk beli kado buat mama di hari ibu kemarin

    BalasHapus
  41. Sebagai Ibu juga,
    perlu banget me-time - aku memilihnya di pagi hari, pagi pagi buta ketika anak anak masih lelap dan malam sesudah mereka masuk kamar, kalo engga lelah mental dan itu rasanya lebih dari lelah fisik ya

    BalasHapus
  42. Pakai ovo bisa melakukan transaksi lebih mudah ya. Apalagi ngasih kado untuk orang tersayang gini, jadi lebih praktis. sehat-sehat terus kakak dan mamanya.

    BalasHapus
  43. Jadi kangen mama aq bun, padahal baru beberapa hari yang lalu ketemu.
    Tapi baca ceritanya bunda auto terhanyut aq.. Btw pakai OVO semua jadi lebih mudah ya, bahkan buat ngasih kado udah nggak perlu repot lagi

    BalasHapus
  44. Mama memang butuh me time ya. Tanpa itu, entahlah bakalan kayak gimana deh keseharian kita. Segala aktivitas sangat berpotensi bikin stres. Apalagi di masa pandemi. Hayuk ah selalu sediakan waktu untuk melakukan hal-hal yang bikin bahagia.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^