blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

17 Mar 2021

Review Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

Review Buku Resep Sehat JSR

Teringat dengan perbincangan saya saat IG Live dengan ahli gizi dari UNPAD Dr. dr. Gaga Irawan, MGizi, SpGK yang mengatakan kalau ingin kualitas hidup kita lebih baik maka gaya hidup kita saat ini harus diubah terutama soal makanan karena penyakit kebanyakan datangnya dari makanan selain dari pikiran.

Selama ini saya sering mengikuti kajian-kajian yang dibawakan oleh dokter Zaidul Akbar yang  sudah fokus selama 10 tahun di bidang pengobatan Islam dan Jurus Sehat Rasulullah SAW.  Tapi dalam prakteknya saya selalu kalah dengan keinginan mengosumsi sesuatu yang enak di mulut saja.  Hanya sedikit-sedikit yang saya tiru, tapi saya menganggapnya  itu sudah cukup lumayan, mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi.



Terlebih setelah mengikuti Grand Launching Buku Resep Sehat JSR dr. Zaidul Akbar yang sempat Cerita Ida tulis di sini.  Bukan mengada-ada kalau saya mengungkapkan rasa senang dan syukur hadir buku keduanya ini.  Apalagi buku kedua ini berisi resep-resep praktis dari dr. Zaidul Akbar.  Tidak tanggung-tanggung ada 200 resep pilihan yang bisa jadi panduan kita untuk hidup sehat dengan gaya hidup sehat dan pengobatan yang islami. 

Senang juga karena tampilan bukunya sangat menarik dicetak hard cover, dengan tampilan foto-foto yang menarik, sangat nyaman untuk dibaca.  Terima kasih banyak kepada Syaamil Quran yang telah menerbitkan buku yang menarik dan sangat bermanfaat ini. Teman-teman  ada yang penasaran dengan isi buku ini? Baiklah Cerita Ida kali ini akan mereview buku Resep Sehat JSR ini khusus untuk teman-teman semua.


Review Buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar



Profil Penulis


Nama dokter Zaidul Akbar kini sudah tidak asing, bukan main-main, followers di akun instagramnya pun mencapai 2,9 juta followers.  Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Diponegoro Semarang yang  lahir pada tanggal 30 November 1977 ini ternyata beristrikan seorang dokter juga.  Zaidul Akbar kini lebih dikenal sebagai ahli pengobatan islami.  

Namanya mulai dikenal masyarakat sejak menawarkan konsep hidup sehat dan pengobatan islami melalui buku pertamanya yang berjudul Jurus Sehat Rasulullah (JSR).  Buku ini viral dengan konsep kesehatan islaminya seakan membawa masyarakat untuk hijrah terutama dalam aspek kesehatan.  Memang tujuan dari JSR adalah mendorong masyarakat agar kembali pada panduan hidup sehat yang sejalan dengan Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah SAW.

Dokter yang juga ustadz ini mengaku turun berdakwah karena masalah kehalalan obat, menurutnya masalah halal haram sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang.  Dokter Zaidul berprinsip bahwa Islam agama yang dianutnya ini adalah agama sempurna dengan pengaturan yang lengkap termasuk soal kesehatan dan pengobatan.

Saya suka sekali dengan prinsip hidupnya yang sangat futuristik, jauh menjangkau ruang dan waktu.  Sangat memperhatikan kehidupannya nanti di akhirat, semua aspek kehidupannya ingin sesuai dengan aturan sang pemberi kehidupan.  


Konsep Dsar Kesehatan dan Pengobatan dalam Islam


Di buku keduanya ini dr. Zaidul ingin menyampaikan bahwa konsep dasar kesehatan dan pengobatan dalam Islam bermula dari konsep akidah seorang mukmin.  Bahwa apa pun penyakitnya gangguan apa pun hanya Allah SWT saja yang bisa menyembuhkan.  Seperti kutipan ayat Al Qur'an yang ia tulis di kata pengantar penulis  "Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku." (QS.Asy Syu'ara; 26:80)

Sesederhana apa pun metode dan sarana yang digunakan, penyakit akan sembuh jika Allah SWT berkehendak.  Sebaliknya secanggih apa pun metode dan bahan digunakan tidak akan sembuh kalau Allah SWT tidak berkehendak.  Islam memberikan pedoman pengobatan dan kesehatan yang berlandaskan Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah SAW yang keduanya bermuara pada akidah dan tauhid.

Disamping itu juga Allah SWT menciptakan bumi untuk dipergunakan oleh manusia dalam rangka kemaslahatan dan ketaatan kepaa Allah SWT.  Semua yang ada di muka bumi ini diciptakan oleh Allah SWT untuk menjaga kesehatan makhluk ciptaan-Nya di muka bumi.  Dalam setiap ciptaan Allah SWT terkandung keberkahan, keseimbangan dan manfaat. "...Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia;  Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali Imran, 3 : 191)



Bagian Pertama


Buku ini terdiri tiga bagian, dimana di bagian pertama buku Resep Sehat JSR dr. Zaidul Akbar mengingatkan kepada kita tentang nikmat terbesar yang sering dilupakan untuk disyukuri yaitu nikmat kesehatan.  Di bab ini dibahas tentang perbedaan sakit dan penyakit. Tentang tiga sehat dimana apabila ketiga hal ini sehat maka penyakit tidak akan mendekat.  Selain itu ada juga tentang sakit sebagai ujian bagi orang yang beriman.


Bagian Kedua

Di bagian kedua bercerita tentang penyakit dari Allah SWT dan obatnya pun dari Allah SWT.  Di bagian ini dokter  Zaidul Akbar membahas mengapa harus menggunakan obat alami serta mambahas beragam khasiat mulai dari bumbu dapur, buah-buahan, sayur-sayuran, umbi, daun-daunan, bunga-bungaan, kacang-kacangan, tumbuhan biasa dan yang luar biasa juga tentang air zamzam air terbaik di muka bumi.



Bagian Ketiga


Dan bagian ketiga berbagai resep untuk berbagai macam penyakit, dibahas secara sistematis hingga kita mudah untuk mencari resepnya bila kita memerlukan.  Jadi resep-resep itu dikumpulkan sesuai dengan khasiatnya untuk apa.  Misalnya ada resep untuk sistem reproduksi, resep untuk sistem saraf, resep untuk sistem pencernaan.  Sungguh sangat memudahkan.


Kesimpulan

Ditulis dengan bahasa yang enak dibaca, dan tampilan full colour yang dilengkapi dengan foto-foto berkualitas tinggi membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca dan dimiliki sebagai panduan hidup sehat di rumah.  Terlebih tulisannya pun cukup besar sehingga memudahkan para lansia untuk membacanya.

Selain itu juga di dalamnya terdapat berbagai tips yang disarankan dr. Zaidul Akbar yang aplikatif mudah dilakukan oleh siapa saja.  Dua ratus resep yang dibagikan dr. Zaidul Akbar ini ditulis dengan sederhana, praktis tidak bertele-tele sehingga mudah dipahami. Ramuan yang ada di buku ini terbuat dari bahan-bahan yang harganya terjangkau dan banyak ditemukan di sekitar kita.

Secara umum buku ini sangat menarik, beruntung sekali saya bisa memilikinya, untuk teman-teman yang ingin hidup sehat sesuai aturan Allah SWT dan Rasul-Nya buku ini menjadi buku wajib untuk dimiliki. Kalau diminta memberi rating untuk  buku ini saya akan memberi full lima bintang .... 

Serius, karena buku ini  menurut saya buku yang sangat penting untuk dimiliki bagi siapa pun yang mendambakan hidup sehat.  Nah teman-teman cukup sekian Review Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar ini semoga bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. 

9 komentar :

  1. Duh ngiler banget liat minuman pakai serei itu Mba, kebayang enak dan sehatnya.
    Buku ini bagus banget ya, bikin kita selalu hidup sehat bersama bahan-bahan alami dan herbal.
    Apalagi resepnya banyak dan ditulis di buku yang premium gini :)

    BalasHapus
  2. Aku juga sering ngalamin. Pingin makan yang nggak cuma enak, tapi baik buat kesehatan. Cuma seringnya kalah sama nafsu. Wkwk

    Resep rempah-rempah dari dr. Zaidul kalau ditelatenin emang kerasa efeknya di badan. Alhamdulillah sekarang udah ada bukunya jadi nggak perlu cari-cari lagi di youtube resepnya.

    BalasHapus
  3. Duh..bukunya penuh isi yg manfaat ini ya. Jadi ingin me.bacanya juganih..oh dan tentu mempraktekkannya juga ya..

    BalasHapus
  4. Resep2 yg di-share Ust Zaidul Akbar ini praktis, segar, murah meriah dan bermanfaat banget untuk tubuh kita ya Mba.
    Sayangnya, kadang alasan "Lagi mager buat bikin" sering jadi penghalang untuk jalankan healthy lifestyle JSR
    Semogaaaa daku bisa konsisten!

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah akhirnya buku JSR dari dr Zaidul Akbar dapat dibaca oleh banyak orang ya,

    Saya rutin mendnegar kajian beliau dan mengikuti informasi yang beliau bagikan di medsosnya. Alhamdulillah juga, sampai hari ini masih mengkonsumsi rimpang.

    BalasHapus
  6. Sebenarnya ini yang saya butuhkan juga karena selama ini terlalu sering makan fastfood. Buat netralin darah.

    BalasHapus
  7. Ide bukunya menarik sekali, tebel lagi ya sampai 500an halaman. Kelihatan dr. Zaidul Akbar ingin berbagi banyak ilmu kesehatan dan berbagi sehat a la Rasulullah.

    Bukunya dijual onlina saja kah, mbak? Di toko buku offline sudah beredar mbak?

    BalasHapus
  8. Masya Allah.. aku juga jadi ingin punya buku ini mba, untuk harga bukunya berapa ya mba?

    BalasHapus
  9. Perlu baca bukunya nih biar termotivasi resep JSR nya. Dulu pernah praktekin tapi kalah oleh rasa lapar dan pengen makan enak wkwkw

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^