blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Mar 2021

Tanaman Hias Murah


Tanaman Hias Murah

Tanaman Hias Murah  Senang banget hobi gardening alias berkebun alias merawat tanaman hias sekarang makin viral, lumayan membuat bumi sedikit menghijau.  Terlebih di era digital ini informasi begitu mudah masuk, semua tersebar dengan begitu mudah dan cepat membuat semakin banyak inspirasi tentang merawat tanaman hias ini. Fenomena ini bisa kita lihat di sosmed seperti IG dan Fesbuk.

Sebetulnya hobi menanam ini tak memerlukan biaya mahal, semua bisa disesuaikan dengan budget yang ada.  Banyak juga tanaman hias murah yang bisa kita dapatkan, bahkan yang gratis pun ada.  Bunga-bunga yang tumbuh liar juga kalau diperhatikan ternyata indah-indah dan cantik ya...

Yang jadi masalah meredam hawa nafsu untuk menjadi kolektor berbagai tanaman.  Kalau ini diikuti jelaslah butuh budget yang besar.  Dan ... kalau sudah hobi susah sekali meredamnya, akhirnya jadi hobi yang mahal deh..huhuhu.... Padahal tanaman hias murah itu banyak juga lho..

Kalau mau mengikuti hawa nafsu ga akan ada habisnya, terlebih yang punya banyak uang.  Keinginan untuk menambah koleksi akan terus ingin diikuti.  Sekarang kan semakin banyak jenis Aglonema, Begonia, Caladium, Anthurium, Calathea, Alocasia, Anggrek dan lainnya.  Apalagi penampakannya yang indah-indah duh jadi lapar mata melihatnya.

Suasana di Cihideung yang memanjakan mata

Sering iseng minta dianterin suami ke Cihideung kebetulan ada klien bisnis di daerah perumahan elit daerah Ciwaruga.  Jadi sekalian ke sana ya ke Cihideung, niatnya cuman jalan-jalan melihat yang indah-indah, ujung-ujungnya kadang beli juga.  

Setelah  itu kan perlu pot, perlu tanah...sudah deh budget bulanan untuk hobi semakin membengkak.  Beneran jadi belajar mengerem hawa nafsu...untungnya keuanganku cukup terbatas hehe... (keuangan terbatas kok untung ? hahaha.....)

Tidak hanya murah, tanaman hias ini malah gratis, ditemukan di selokan saat jalan2 pagi

Tanaman hias murah bahkan yang tumbuh liar di selokan dipadupadankan jadi indah juga ya?

Tanaman Hias Murah


Tanaman hias murah itu banyak sebenarnya, walau kata murah itu relatif ya, ada yang bilang Rp25.000,- itu sudah mahal, tapi ada yang bilang jutaan itu masih murah...xixixi... tergantung keuangan kita tentunya.  Tapi murah di sini murah yang benar-benar dalam arti sebenarnya ya sesuai dengan nominalnya, tanpa embel-embel lainnya.

Tanaman hias murah itu rata-rata karena mudah mendapatkan dan tumbuhnya, sementara yang mahal sulit mendapatkannya karena butuh perawatan khusus untuk memperbanyaknya.  Salah satu tanaman hias murah yang sedang ngehits adalah tanaman hias Miana.

Miana koleksiku, 3 Miana yang rimbun paling atas hanya Rp5.000,-

Miana merupakan tanaman semak dengan tinggi mencapai .5 meter.  Daunnya berkhasiat sebagai obat wasir, obat bisul, obat demam nifas, obat radang telinga dan obat haid tidak teratur.  Tanaman ini memiliki nama lain Sigresing (Batak), Adong-Adong (Palembang). Jawer Kotok (Sunda), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (bugis) dan Serewung (Minahasa).  Demikian tentang Miana menurut Wikepidia :D

Tanaman hias murah seperti Miana banyak sekali jenisnya, ini disebabkan Miana mudah bermutasi jadilah Miana memiliki banyak varian dengan corak dan warna beraneka ragam.  Tanaman hias miana menyukai tempat yang terang dan mudah beradaptasi dengan sinar matahari langsung.  Asalkan jangan sampai terlambat menyiram saja karena tanaman ini mudah layu kalau kekurangan air.

Sinar matahari yang optimal membuat warna Miana akan semakin memikat. Jadi tak perlu ragu lagi untuk menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung ya teman-teman.  Saya sendiri sudah membuktikannya, kebetulan di rumah ada beberapa macam Miana, ada sekitar 20 varian Miana yang saya miliki.

Masih sedikit dibanding dengan varian Miana yang konon mencapai ratusan.  Search di google ada yang jual paket Miana 60 macam tapi berupa stek bukan pohonnya jadi kita hanya dikirim berupa batang.  Tapi tak perlu khawatir karena Miana gampang sekali tumbuh.  Hanya dengan menancapkan batangnya, maka akan tumbuhlah pohon Miana itu.

Salah satu Miana lucu

Kebanyakan koleksi tanaman hias murah Miana yang saya miliki merupakan pemberian dari seorang teman penjual bunga di Sumatera.  Ia mengirim berbagai macam Miana berupa batangnya saja.  Karena saat itu awal saya mengenal Miana tentu saja saya kaget karena hanya dikirim batang tanpa akar bahkan tiba dalam kondisi daun yang sebagian sudah  mulai membusuk pula...

Alhamdulillah saya coba tancapkan saja ke tanah batang tanpa akar itu,  dan ternyata semua berhasil tumbuh dengan baik.  Sebagiannya lagi saya beli di Cihideung dalam kondisi sudah rimbun sebanyak tiga pohon harganya hanya Rp 5.000,- per pohon dan tiga macam yang masih bayi yang saya beli seharga Rp2.500,- per pohon, murah kan?  

Sisa lainnya merupakan pemberian teman, jadi yang saya beli ada 8 varian Miana.  Dari sekian banyak Miana ada yang saya beli di Purwakarta harganya Rp15.000,-  itu pun kondisinya masih baby.  Ternyata Miana jenis ini lebih sulit tumbuhnya dibanding Miana yang lain yang mudah tumbuh.  

Senang sekali melihat warna-warni ceria Miana yang membuat taman mungil di rumah jadi semakin semarak karena menjadi lebih berwarna.  Mengingat kebanyakan koleksi tanaman hias saya berupa tanaman berdaun hijau tanpa bunga keberadaan warna-warni Miana memang membuat suasana lebih berwarna.

Salah satu miana yang unik

Sayangnya meski murah ternyata untuk yang langka cukup mahal juga, saya pernah menemukannya dua kali di Cihideung harga per pot cukup rimbun adalah Rp.100.000,- .  Lucunya dan untungnya salah satu pohon yang langka itu ternyata ada anakan yang masih sangat mungil dijual Rp2.500 saja, semangat dong saya beli, mana cuman satu-satunya lagi.  Dan memang ternyata jenis Miana yang satu ini cukup sulit membesar.  

Miana unik dan langka, yg rimbun seratus ribu (kiri), kanan itu atas bawah beda ini kecilnya 15rb


Miana unik dan langka ini sudah mulai ada yang mengincar seperti aglonema lho... Saya perhatikan Miana cantik dan terlihat langka  punya tetangga yang disimpan di luar tembok  pagarnya ada yang mengambil sebagian dan disisakan sedikit saja.  

Karena takut terjadi kejadian serupa, akhirnya sebagian koleksi Miana itu saya pindahkan ke bagian belakang rumah.  Kebetulan masih ada lahan kosong di belakang rumah, sayangnya di sana tempat kucing-kucing peliharaan suami dan si bungsu jadinya banyak diganggu para anabul itu...

Entah sudah berapa banyak tanaman saya yang rusak oleh para anabul yang jumlahnya memang banyak. Peliharaan di rumah saja ada sembilan kucing, belum kucing-kucing tetangga yang juga sering hilir mudik di sekitar rumah.  

Padahal pengen banget membuat belakang ini tempat yang nyaman dan hijau.  Tapi keberadaan kucing itu membuat mood saya terbang haha....karena sudah berapa kali pohon di belakang rumah hancur terjatuh oleh para anabul.

Harga pohon sepuluh ribuan....

Mau bagaimana lagi, hobi saya bertabrakan dengan hobi suami dan anak-anak, jadinya harus berlapang dada bila ada tanaman yang rusak.  Paling sekarang meminimalisir kerusakan itu dengan menyimpan batu-batu.  Konon katanya dengan cangkang telur juga bisa.  Selain bagus untuk unsur hara bagi tanaman ternyata cangkang telur itu tidak disukai para anabul.  Sayangnya untuk ini saya belum rajin mengambil cangkang telur yang sudah dijemur jadi kehujanan lagi beberapa kali..hahaha..


Eh ujung-ujungnya kok jadi tulisan curhat ya...hehe, ya intinya walaupun kita tidak ada budget khusus untuk hobi merawat tanaman hias tidak perlu menyurutkan langkah kita untuk semangat menanam pohon, kan itu bisa diniatkan untuk kebaikan.  Menghijaukan bumi, menambah kesegaran udara di sekitar kita, membuat pemandangan yang menyenangkan dipandang mata dan lain sebagainya.

Soal tanamannya ya pilih saja tanaman hias murah yang banyak tersedia.  Atau bisa gabung di grup berbagi benih yang teman saya buat di fesbuk.  Banyak jalan menuju Roma, intinya asalkan ada kemauan di situ ada jalan. 

Nah teman-teman cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida tentang Tanaman Hias Murah ini, semoga bermanfaat untuk siapa pun yang membacanya.


26 komentar :

  1. Miana bagus sih, apalagi kalau kita bisa menatanya dengan rapi dan menarik, bikin adem melihatnya. Menurut saya selama perawatan dan penataaan baik, tanaman murah juga bisa bagus sih. Apalagi kalau gratis ehehehe

    BalasHapus
  2. Jenis miana itu baru saya ketahui namanya. Saya juga senang untuk melihat bunga dan tanaman nan cantik, tapi kurang bisa merawatnya. Penikmat bunga tapi tak bisa merawat. Sangat tertarik dengan tanaman yang disajikan.

    BalasHapus
  3. Tanaman hias sekarang lg ngehits banget yah. Yg dulunya mahal jadi murah, yg dulunya murah jadi mahal.

    Sekarang tergantung kita memilih, mana yg bener2 mau dibeli.

    Tp tanaman hias ini memang menggiurkan sih krn rumah jadi asri klo banyak tanaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah setuju banget. Ada juga jenis tanaman yang liar tumbuh di rumahku dulu, eh pas masa pandemi gini harganya langsung naik wkwkkw

      Hapus
  4. Sudah mah warnanya bervariasi dan menarik, kalau ditata dengan rapi bikin betah melihatnya dan juga lingkungan jadi tampak asri dan segar.

    BalasHapus
  5. ya ampun bagus-bagus banget tanamannya. Aku tuh kurang bisa telaten mba Ida untuk merawat tanaman seperti ini. Warna-warnanya juga cakep mba :)

    BalasHapus
  6. Udah lama pengen ke Cihideung teh niat banget nyari tanaman buat di halaman depan biar asri belum kesampean juga baca ini jadj makin pengen ke sana

    BalasHapus
  7. Ini bisa dijadiin kado banget nih buat orang tua yang lagi doyan doyannya ngurusin tanaman hias. Warnanya colorful, harganya super murah pula

    BalasHapus
  8. Cantik-cantik banget tanamannya. Bikin adem lihatnya. Terutama yang Miana yang warna kuning. Jadi pengen punya.

    BalasHapus
  9. Miana nya gemas sekali ini mba Ida. Pengen beli tapi kalau di kosan sepertinya belum bisa nih mba. Tapi nanti tetep mau coba beli ah semoga masih bisa nemu hehe.

    BalasHapus
  10. meni gareulisss.....
    teh Ida, kayanya ada yang bukan miana di atas tapi varian dari kembang ssepatu

    karena saya stek tanaman seperti itu.

    Kalo ga salah lho ya, kan cuma lihat dari foto

    BalasHapus
  11. Tanam menanam lagi hits banget memang, mau itu menanam yang games di ecomerce hihi, apalagi ini menanam yang menjadikan rumah cantik

    BalasHapus
  12. Tanaman ini aq punya semua nih. Selain bikin cantik rumah, tanaman juga bikin hati bahagia.

    BalasHapus
  13. Keuangan terbatas kok bangga.

    Ampun alu ketawa geli di bagian kalimat ini Teh.

    Bagi pecinta tanaman pasti bahagia banget ya, bisa bikin rumah asri dengan budget jajan tanaman yang nggak berlebihan.

    Aku mah suka fotoinnya aja Teh.

    BalasHapus
  14. Aku suka miana juga mbak. Dan ternyata bisa distek biar tambah banyak

    BalasHapus
  15. Ibuku dari aku kecil sampai punya cucu hobi banget sama tanaman. Aku kebalikannya, gak bakat merawat tanaman atau hewan 🤣

    BalasHapus
  16. Tanaman hias bisa bikin mata jadi adem dan tenang.

    BalasHapus
  17. Cakep banget tanaman hiasnya bu. Duh aku jadi pengen koleksi tanaman hias juga

    BalasHapus
  18. Menghijaukan bumi memang penting banget ya dengan kondisi bumi sekarang ini. Punya tanaman hias di pekarangan makin mempercantik dan nambah adem juga pastinya. Syukurnya di halaman rumahku banyak tanaman juga nih yang ditanam dan dirawat oleh ibuku.

    BalasHapus
  19. cihideung mah atuh terkenal murah dan lengkap sejak jaman habeula. tempat langganan saya dan ibu berlanja tanaman .

    BalasHapus
  20. Jaman now yang berburu tanaman hias dan hobby ini menjamur banget, bisa dijadikan buat berbisnis pula. Dan bener teh ga perlu biaya mahal juga, masih bisa dikreasikan ya Teh.
    Aku mah penikmat tanaman hias aja ga bisa merawatnyaa.

    BalasHapus
  21. Tertarik sama Miana. Ternyata walaupun titelnya adalah tanaman bias tapi punya manfaat obat-obatan ya teh.

    BalasHapus
  22. Mbak, kalau mau ikutan nanem2 gini harus cara² merawatnya gitu gak sih? soalnya aku pengen banget punya taneman2 kayak gini, tp ragu bisa merawatnya dengan baik gitu

    BalasHapus
  23. Tanaman Miana bagus-bagus mbak, orangtua saya juga suka menananan di depan rumah saat lagi pandemi. Sekarang tanaman-tanaman di rumah saya udah makin penuh

    BalasHapus
  24. Bagus2 mbak tanamnnya bisa nih untuk dijual ya heheh saya juga suka banget koleksi tanaman seger aja lihatnya

    BalasHapus
  25. Cakeep banget jadi mau buat juga taman hias dirumah

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^