blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Apr 2022

Iklan Jadul yang Berkesan




Iklan Jadul yang Berkesan  ODOP hari kesekian bercerita tentang iklan jadul yang berkesan yang sampai saat ini masih diingat.  Pikiran saya langsung terbayang saat masa kecil dulu.  Zaman siaran televisi hanya ada saluaran dari TVRI saja.  TVnya pun masih hitam putih.  Paling senang nonton di hari Minggu yaitu film  tentang keluarga Laura Ingalls yaitu Litle Hous on The Praire.

Nonton bareng-bareng dengan sepupu dan teman-teman main.  Sayangnya filmnya sering terganggu dengan adanya iklan-iklan. Kami yaitu saya dan anak-anak tetangga sekitar rumah jadi sering tebak-tebakan berapa banyak iklan yang menjeda film.  Atau kalau tidak apa iklan berikutnya.  Itu kami lakukan mungkin untuk mengisi rasa bosan menanti film dimulai atau kelanjutan dari film.

Dulu kalau engga salah ingat bahkan ada siaran khusus iklan semua dengan tag line yang terkenal Teliti Sebelum Membeli. Beberapa iklan jadul ada yang masih saya ingat yaitu Miwon.  "Bumbu Masak Miwon"  yang dinyanyikan dengan lagu nada tertentu. Bintangnya pasangan Titik Sandora dan Muchsin Alatas.

Iklan jadul lain yang masih saya ingat adalah iklan Ajinomoto dengan kata-kata cup cup Ajinomoto nya yang dibintangi oleh pelawak senior almarhum Bagio. Kok yang iklan micin aja ya yang diingat..hehe... Iklan jadul lainnya adalah iklan Supermi dengan Saya suka supermi dan  Ana Uhibu Supermi nya, ada juga iklan Energen dengan kata-kata Mana Sempat Keburu Telat..serta iklan Rinso dengan kata-kata Rinso membersihkan paling bersih.

Duh duh... dari iklan jadul yang saya sebutkan di atas itu tentunya jadi bisa terlihat ya betapa jadulnya saya... hahaha...



Sebenarnya masih banyak iklan-iklan lain yang masih terbayang, tapi saya lupa kata-katanya. Kalau sekarang kita menonton iklan-iklan jadul misalnya. tentu terlihat sangat kuno. Teknologinya jauh dibanding sekarang.  Jadi lucu aja lihatnya.  Apalagi anak milenial yang nonton mungkin akan menertawakannya hehe...

Tapi bagaimana pun iklan-iklan itu dulu sangat menarik ditonton sekarang terkesan sangat ketinggalan zaman sekali karena teknologi memang berkembang sangat pesan.  Tidak menutup kemungkinan iklan-iklan zaman sekarang yang kita tonton dianggap berteknologi sangat maju, tapi ditonton 20 tahun yang akan datang akan dianggap sangat ketinggalan juga hehe.... 

Nah teman-teman cukup sekian saja ya tulisan tentang Iklan Jadul yang Berkesan ini.  Mengingat iklan-iklan masa lalu jadi membuat terkenang masa-masa yang telah lalu nih...xixixi. 

11 komentar :

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:



    Brainware University in Kolkata

    Sage University in Indore

    Assam Don Bosco University in Baksa

    Amity University in Gwalior

    CMR University in Bangalore

    BalasHapus
  2. Wah beneran jadul pisan ya sampai saya malah ga ingat ada iklan itu. Mungkin pas saya gak nonton saja deh. Secara saya dulu di rumah emang gak punya tv. Nonton pun kadang ngadon ke tetangga

    BalasHapus
  3. Iklan jadul mengingatkan tentang masa lalu ya, Mbak. Aku baru lihat iklan detergent tersebut saat di masa dulu setelah lihat postingan ini.

    BalasHapus
  4. Jadi ingat jaman televisi masih menjadi barang mewah karena belum semua memilikinya, iklan2 jadul kala itu sangat menarik untuk ditonton. Bahkan kala itu acara TV banyak iklannya ketimbang acara hiburan. Itupun yang nonton sudah banyak. Bahkan rumah yang memiliki televisi seringkali ramai dikunjungi tetangga. Mereka ibarat nobar nonton acara TV ramai2 meski banyak siaran iklan yang ditonton. Seru banget kala itu mbak.

    BalasHapus
  5. Iklan² Zaman dulu tuh memang sangat menarik ya, teh. Apa lagi banyak kata2 yang suka melekat di otak hahaha. Jadi kangen masa2 kecil ��

    BalasHapus
  6. Lah sama banget, Mbak. Aku pas kecil juga suka ngitungin jumlah iklan atau main tebak-tebakan iklan berikutnya wkwk. Sederhana tapi seru.

    BalasHapus
  7. Iya itu yaa, teh..yang bikin orang menyebut pasta gigi tuh, Pepsodent.
    Sabun cuci tuh Rinso. Sama obat mematikan serangga, Baygon.
    Hihii...karena iklannya zaman dulu berhasil mengendap lama di hati penonton dengan taglinenya.

    BalasHapus
  8. Kenapa ya emang kalau iklan iklan jadul tuh sederhana tapi emang kata-katanya langsung menempel ya mba. Teringat terusss

    BalasHapus
  9. huaa aku belum ada tuh waktu iklan rinso itu.. kalau iklan jadul yang berkesan banget ya RCTI oke deh kayaknya Mba. dulu sering nonton RCTI soalnya haha yang ibu2 di pasar apung kalimantan ituu

    BalasHapus
  10. Iklan jadul itu justru nancep banget ya, mba.. Kayak dulu ada iklan shampoo, saya inget banget pemeran adeknya bilang "rambut kakak bagus.. "

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^