blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

27 Nov 2022

Hal-Hal Kecil yang Berdampak Tak Terduga


Hal-Hal Kecil yang Sering Kita Lupakan

Hal-Hal Kecil yang Berdampak Tak Terduga  Jangan remehkan hal yang kecil "Karena kita tidak tahu kebaikan mana yang membawa kita menuju ke surga" Teman-teman tentu sebagian besar dari kita pernah mendengar kutipan dari Imam Hasal al Basri ini.  Sebuah pengingat yang sangat penting karena berapa banyak dari kita yang sering meremehkan hal-hal yang kecil.

Termasuk saya dong, tulisan ini juga sebagai pengingat bagi diri, karena sering lalai atau menyepelekan hal-hal yang kecil.  Padahal sesuatu yang besar itu awalnya berasal dari hal yang kecil kan ya teman-teman.  Sebuah pepatah Cina juga mengatakan "Orang yang memindahkan gunung mulai dengan membawa batu-batu kecil".

Hal-Hal Keci yang Berdampak Tak Terduga

Ada beberapa hal yang sering kita sepelekan dalam hidup kita padahal itu ternyata sangat berarti.  Agar hal ini menjadi pengingat saya tulis di blog Cerita Ida kali ini dengan judul Hal-Hal Kecil yang Berdampak Tak Terduga.  Nah hal-hal kecil ini apa sajakah? Yuk simak di uraian di bawah ini ya...

Dosa-Dosa Kecil

Yang pertama yang harus sering kita perhatikan dalam keseharian tentang hal yang kecil adalah dosa-dosa kecil karena tidak ada dosa kecil bila dilakukan terus-menerus.  Dosa kecil akan menjadi besar saat tidak kita taubati dan kita lakukan terus menerus.

Dan ini yang sering terjadi dalam kehidupan kita.  Dosa-dosa yang kita lakukan dan kita anggap kecil atau sedikit tanpa terasa saat terakumulasi itu menjadi sesuatu yang besar dan memperberat timbangan dosa kita.  Tentu ini akan menjadi penyesalan kita saat kematian tiba dan kemudian kita harus mempertanggung jawabkan perbuatan kita selama hidup di dunia.

Detik-Detik Waktu Kita

Detik-detik terakumulasi menjadi menit, dan menit yang terkumpul menjadi jam.  Dan pada kenyataannya sering kita membuang waktu kita untuk hal yang sia-sia.  Saat kita membuka medsos misalnya, niatnya membaca WA dan membalas yang perlu dibalas.

Ternyata kenyataannya setelah memegang hape yang dibuka tidak hanya WA saja tapi akhirnya membuka yang lain-lainnya, scroll instagram, facebook, baca-baca berita selebriti dan tanpa terasa menit-menit terbuang berubah menjadi satu jam waktu kita yang terbuang tidak jelas.....


Padahal kan setiap waktu kita pasti ada pertanggungjawabannya, kalau kita membiasakan itu terjadi berapa banyak waktu kita yang tidak kita manfaatkan dengan baik.  Dan ini kelak akan menjadi penyesalan yang berkepanjangan.

"Diantara tanda Allah berpaling dari seorang hamba, Allah menjadikannya sibuk dalam hal yang sia-sia sabagai tanda Allah menelantarkannya" (At-Tamhid Hadist ke-21 hal.200)

"Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat," (Hadist riwayat Tirmidzi no.2317 dan Ibnu Majah no.3976).

Uang Receh

Selain waktu uang recehan adalah hal yang kecil yang sering kita remehkan tetapi saat itu terkumpul menjadi sesuatu yang 'sangat lumayan' terlebih saat di tanggal tua :D  Uang recehan kembalian dari belanja sebaiknya kita kumpulkan di satu tempat tertentu.  Pernah lho saya mendapat uang ratusan ribu rupiah dari kumpulan uang recehan itu.  Lumayan bisa menghemat budget belanja untuk beberapa hari.

Niat

Seringkali kita melakukan sesuatu tanpa niat yang jelas, atau hanya satu niat saja, padahal kalau diniatkan dengan beberapa niat pahala yang kita lakukan berlipat ganda.  Misalnya saja saat ikut pengajian rutin atau ke majelis taklim jangan hanya diniatkan untuk mencari ilmu, niatkan pula untuk hal-hal baik lainnya.  

Misalnya kita niatkan silaturahmi dengan teman-teman, masya Allah ternyata niat silaturahmi ini bisa menjadi penolong yang menyelamatkan kita saat melewati jembatan shirotul mustaqim kelak. Hasilnya luar biasa sebetulnya kalau kita membiasakan niat-niat baik saat beraktivitas dalam kehidupan keseharian kita.

Perhatian - Perhatian Kecil

Perhatian kecil yang kita berikan berdampak besar ternyata.  Mengucapkan kata-kata terima kasih, mengucapkan permintaan tolong, atau permintaan maaf kita menjadikan sebuah contoh bersopan santun kepada anak-anak yang berdampak besar pada akhlak mereka.  

Atau perhatian kita saat menanyakan perasaan atau apa pun itu pada pasangan atau anak-anak, adalah perhatian kecil yang sangat berarti untuk mereka.  Tentu mereka akan senang karena setiap orang di muka bumi ini pasti akan senang bila mendapatkan perhatian-perhatian.  Berapa banyak anak-anak yang menjadi nakal karena merasa tidak mendapatkan perhatian dari orangtuanya.

Padahal kepedulian-kepedulian kecil ini sebetulnya cukup membuat mereka merasa diperhatikan.  Sayangnya ini memang merupakan pembiasaan yang butuh proses waktu.  Namun tak usah khawatir bagi kita yang tidak terbiasa melakukan perhatian-perhatian kecil ini.  Walau terlambat kita bisa memulainya dari sekarang saat hal-hal kecil ini  selama ini luput dari perhatian kita.

Teman-teman adakah memiliki pengalaman Hal-Hal Kecil yang Berdampak Tak Terduga lainnya yang ternyata berdampak besar saat kita lakukan?  Yuk komen di kolom komen ya, siapa tahu bisa menginspirasi pembaca yang lainnya...:D


16 komentar :

  1. benerrr banget.. terutama niat si yaa.. terlihat sepele tapi hal kecil itulah yang selalu dinilai oleh Allah.. bahkan bisa membedakan perbuatan satu dengan yang lain juga

    BalasHapus
  2. bener banget mbaaaa, yang utama tuh niat yaa, walau bukan anak medsos tapi aku tuh suka salfok kalau udah pegang hape wkwkwk

    BalasHapus
  3. Jika kita bisa menghargai hal-hal kecil makan dampaknya akan baik pada diri kita ... betul banget, hal kecil itu kadang tidak disadari tapi kalau terakumulasi pasti akan terasa dampaknya :)

    BalasHapus
  4. hal-hal kecil, sederhana bisa berdampak luar biasa. contoh yang paling konkrit dan terasa banget di aku tu pas mondok dulu, kembalian seribu dua ribu tu aku kumpulin dan ini sering jadi andalan kalau pas kiriman dari orang tua telat atau ada pengeluaran dadakan.

    BalasHapus
  5. Masyaallah terima kasih banyak pengingatnya, mbaa
    Bener bgt ya, aplg yg pas bagian jangan pernah remehkan dosa kecil
    Hikss

    BalasHapus
  6. Saya sangat berhati-hati dengan niat saat ini mba. Sebab niat penentu dr apa yang kita lakukan. Trus dosa-dosa kecil yg dianggap sepele nantinya akan semakin permisif, hiks. Terima kasih sudah mengingatkan mba Ida.

    BalasHapus
  7. Dari hal-hal kecil itu bila kita rutinkan niscaya akan berbuah manis untuk kita ya mbak. Saya pernah takjub dengan seorang tukang parkir. Biasanya biaya parkir hanya seribu, namun ketika saya kasih dua ribu dan kembaliannya tidak saya minta, maka dia sangat berterimakasih sambil mendoakan yang baik2 untuk saya.

    BalasHapus
  8. Meski terbilang hal kecil, tapi kalau berdampak luar biasa maka bukan lagi menjadi kecil. Maka dari itu Istiqomah jadi kuncinya juga ya

    BalasHapus
  9. Teh Ida, selalu sejuuukkkk hatiku rasanya klo.mampir d postingan Teteh

    Trima kasih banyak utk friendly reminder nya ya.

    Sangat sarat faedah ini Tehhh

    BalasHapus
  10. Ya Allah bener banget kadang suka meremehkan hal2 itu yapi pas kepepet pas butuh hal2 itu jd tampak berharga ya teh. Terima kasih buat remindernya supaya jangan sampai menyepelekan sesuatu lagi ya,

    BalasHapus
  11. Ya ampun..makasih sudah mengingatkan ya mbak. Bener banget yang bagian uang receh itu. Kalau pas lagi punya uang, kadang ya dibiarin aja tuh uang receh bertebaran di dalam tas, nyangkut di laci meja dll. Coba pas gak ada uang, beugh..dicari deh..

    BalasHapus
  12. Maa syaa Allaah, terima kasih banyak Mbak sudah diingatkan lewat artikel ini. Betapa masih banyak juga hal-hal kecil yang masih saya sepelekan padahal hal2 kecil tersebut seperti dosa-dosa kecil dan detik-detik waktu yang terbuang begitu saja bisa berdampak fatal jika dilakukan terus menerus

    BalasHapus
  13. uang recehan memang sering terabaikan, paling miris sih kalau ada penjual yang udah ogah-ogahan terima uang recehan, apalagi yang pecahan kecil (100 ataupun 200) hikss, padahal itu kan juga uang, kalau kurang 100 ataupun 200 gak bakalan sampai 1juta :(

    BalasHapus
  14. Wah bener nih apalagi bagian scroll medsos 😅 bisa ga kerasa bikin waktu habis puluhan menit.

    BalasHapus
  15. Bener banget Mbak aku setuju setiap hal kecil akan berdampak besar,dan semua yang berdampak besar dari hal kecil.

    BalasHapus
  16. Bener banget mba makasih sudah diingatkan ketemu teman niatkan silaturahmi. Dan berbuat kebaikan lainnya niatkan untuk mencari ridho Allah

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^