**/ Cerita Ida : Belajar dari Seorang Dosen Galau (2)

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Des 2015

Belajar dari Seorang Dosen Galau (2)

Belajar dari Seorang Dosen Galau 

Saya kan sudah cerita kalau saya  sedang ngepoin blogger-blogger keren, dalam rangka belajar, mengejar ketertinggalan saya selama ini,  cerita prolognya ada di sini ya….  Nah salah satunya yang saya kepoin kan Dosen Galau alias Kang Arul.  Kesempatan emas itu hadir dalam hidupku ternyata (cieee..lebay mode on).  Iya, akhirnya saya bisa ikut acara #kelasblogger.. Yeaaay… Alhamdulillah senenglah pastinya. Bersyukur banget, jadi gak akan saya sia-sia kan kesempatan ini untuk menyedot ilmu dari setiap pembicaranya.

Acara Kelas Blogger edisi Bandung ini sebenarnya menurut jadual mulai jam 13.00 tetapi karena berbagai sebab acara agak molor dikit. Gak apa-apa sih soalnya acara pertamanya makan siang, jadi acaranya nyantai dan bebas, kebetulan banget eh kebetulan juga maksudnya ..hihi.. saya kan belum makan siang.  Soalnya berangkat dari Cimahi jam 11 jadi perut belum minta diisi, tiba di tempat hampir jam 13 an, nah sang perut sudah mulai keruyukan kalau jam segitu mah.  

Kebetulan juga acaranya hari jum’at jadi para blogger yang laki-laki juga pada sholat jum’at dulu.  Jadinya saat saya tiba di tekape masih agak sepi, para blogger belum banyak yang datang hanya baru beberapa orang,  saya pun  langsung sholat dzuhur dulu. Setelah sholat saya dan beberapa teman yang sudah datang langsung melahap makan siang yang sudah disediakan panitia.  Niatnya sih  biar nanti bisa lebih khusyu menyimak rangkaian acara yang lumayan padat selain karena memang sudah lapar juga hehe..

Sebetulnya Dosen Gaul itu pembicara ketiga berhubung saya sedang ngepoin beliau ini, dan selaras dengan judul di atas, tulisan ini mau bercerita tentang isi materi season beliau dulu ya, walau sebetulnya semua materi asyiik punya lho... Mudah-mudahan di tulisan ketiga saya bisa mengupas tuntas materi yang lainnya.

Salah satu gaya Sang Dosen Galau
Kang Arul sebetulnya mempunyai nama asli Dr. Rusli Nasrul, MSi, ternyata seorang doktor ya, pantesan pinter haha…Beliau itu seorang dosen juga makanya nama lainnya adalah Dosen Galau.  Gak tau kenapa pakai embel-embel galau, saya belum mendengar ceritanya.   

Beliau sebetulnya orang Cimahi, ini sebetulnya cerita diluar acara siih, kan waktu di parkiran saya sempet nanya-nanya juga. Kang Arul itu orang Cimahi yang sudah meninggalkan Cimahi semenjak lulus SMA untuk keliling Indonesia.  Gak tau ya untuk urusan apa, beliau gak bilang juga.  Sssttt .. jangan bilang-bilang ya beliau sempet cerita tentang mantannya yang orang Cimahi lho.., kayaknya Kang Arul belum 100% move on deh dalam hal ini…hahaha *dijitak Kang Arul.  Bisa jadi embel-embel galau ada hubungannya sama ini ya… Moga aja istrinya gak baca ya bwahahaha... ketawa lagi deh..,..gak deng Kang Arul mah gitu da orang nya banyak banget candanya.

Skip ah urusan internalnya,  kesan pertama memang menggoda banget Kang Arul tuh, meski kebagian giliran paling bontot tapi gak bikin kita suntuk.  Serasa sedang menyaksikan Stand Up Comedy deh, tapi gak kehilangan isinya sih.  Banyak banget yang Kang Arul ajarin dan bermakna banget terutama untuk saya, blogger sepuh tapi masih belia di pengalaman. Banyak ‘petuah-petuah’nya yang jleb banget.. saya banget gitu lho…. Duh jadi sedih-sedih senang sih sebetulnya.  Sedih karena selama ini saya gak terlalu benar dalam melangkah.  Senengnya tentu saja karena ada yang ngingetin sebelum melangkah terlalu jauh dalam kesalahan.

Menurut Kang Arul kita harus bisa membranding diri kita sebagai blogger, bukan brand yang membranding diri kita.  Jangan sampai blog kita isinya penuh dengan review, harus diselingi juga dengan cerita-cerita menarik hingga blog kita tidak membosankan.

Kalau diundang dalam sebuah event kita harus paham betul apa keinginan dari brand pengundang.  Apakah tulisan kita bersifat pemasaran, iklan atau kehumasan harus dipahami betul, agar pengundang menjadi senang karena apa yang kita tuliskan sesuai dengan keinginan pengundang. Kita pun harus bisa mengambil sisi yang unik dari sebuah acara sehingga tulisan kita berbeda dari yang lainnya. Tulisan tidak usah terlalu detail dan panjang karena akan membosankan pembacanya.

Kata Kang Arul tidak ada tema di dunia ini yang belum pernah ditulis orang, yang ada hanyalah mengolah ulang kembali dengan bahasa yang berbeda, sudut pandang dan tentu saja data yang berbeda pula.  “Yang harus diperhatikan, berdasarkan penelitian orang akan membaca di menit-menit pertama saja, paragraf awal sangat menentukan tulisan akan dibaca atau tidak”  Ujar dosen yang sudah menulis ratusan buku ini.

Sesekali Sang Dosen Gaul ini membagikan voucher dari KUDO yang menjadi sponsor utama dari acara ini.  O ya, bagi temen-temen yang penasaran tentang KUDO bisa klik di websitenya atau pantengi terus twitternya.  Ada peluang menarik bagi teman-teman yang ingin berbisnis online, karena KUDO adalah semacam agen yang menjembatani antara pembeli dan produsen. Dan kita bisa lho menjadi agennya yang bisa mendapat jutaan rupiah tiap bulannya kalau kita sungguh-sungguh mengerjakannya. #KudoBox.

Seneng banget deh rasanya bisa kenal dan mengambil hikmah di pertemuan ini, sayang waktu membatasi kami.  Beberapa pesan penting yang saya ingat dari Kang Arul sebelum meninggalkan acara yang fana itu adalah antara lain hargailah pengundang dengan menulis sesuai dengan keinginan pengundang, tapi kita tidak boleh berbohong tentu saja.  Pedulilah pada Klout Score dan alexa, karena dari situlah kita dinilai, semakin kita meningkatkan diri kita maka akan semakin tinggilah nilai kita…

Credit: Kang Arul
Keren ya materinya, semoga bisa ketemu lagi dengan Sang Dosen Galau pecandu jengkol ini di lain kesempatan.. Itu harapan saya, karena pastinya masih banyak ilmu dan pengalaman beliau yang belum terbagikan karena terbatasnya waktu..  Buat teman-teman yang lain yang belum mendapatkan kesempatan ikut acara Kelas Blogger saran saya kalau ada lagi acara ini ikut aja, gak akan rugi, malah akan ada banyak manfaat yang didapat… apalagi kalau acaranya gratis tis..tis… hihi… Semoga KUDO memperpanjang terus kontraknya ya Kang biar blogger bisa ikutan acara Kang Arul tanpa harus membayar… hahaha….

8 komentar :

  1. Intip2 ambil ilmu dari postingan di sini. Efek ga bisa ikut kelas

    BalasHapus
  2. Wah mantep ni bu....
    Terimakasih udah berbagi ilmu, senang sekali..

    BalasHapus
  3. hargailah pengundang, cateettt TFS mak :)

    BalasHapus
  4. Kemarin nyaris mau ikut kelas ini tapi gak jadi krn lokasinya di bandung. Jehehe

    BalasHapus
  5. Hahaha, iya keren pisan teh, aku juga suka sama materi2 dari Kang Arul kemaren, jadi bikin ngeblog makin semangat nih. :D

    BalasHapus
  6. Menanti kelas Blogger solo.
    Selalu tertinggal saya... Hiks

    BalasHapus
  7. Itu cerita soal mantannya pasti bohong banget :-D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^