**/ Cerita Ida : Kedai Grengseng | Kuliner Arab Ramah di Kantong

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

4 Jun 2016

Kedai Grengseng | Kuliner Arab Ramah di Kantong

kedai grengseng

Sebetulnya saya jarang menyengaja menyantap makanan khas Arab, sesekali saja kalau ada momen khusus.  Ada sebuah tempat yang amat berkesan dengan menu arabnya di sebuah penginapan di daearah Lembang sana, Nasi Kebuli dan Sambosa nya yang enak banget di lidah.  Yang empunya bukan keturunan Arab tetapi berulang ke sana bahkan kalau nginep pun ternyata sarapan pagi nya ada pilihan Nasi Kebuli.  Di sana pula saya mengenal Nasi Kebuli dan Sambosa... ternyata uenaaak ya, etapi kali ini saya mau cerita tentang kuliner Arab bukan di sana tapi di sebuah tempat kuliner bernama Kedai Grengseng dan Baba's.

Yup, Bandung yang membasah di pagi menuju siang itu saya berkuliner ria ke Kedai Grengseng di Jalan Tubagus Ismail No 45 A.  Tempatnya gampang kok, ada di lantai dua di bawahnya ada mini market Indomaret cari aja New Tubit Eat 'n'Chat.  Niatnya ingin merasakan kembali kelezatan kuliner Arab yang paling saya suka yaitu Nasi Kebuli, etapi kali ini Nasi Kebulinya sedikit disulap jadi Nasi Goreng, dan sedikit mengalami penyesuaian dengan lidah orang Indonesia, alias rasa rempah yang menyengat khas Arabnya agak dikurangi.  Ternyata rasanya lebih mantap lho...., salut deh sama chiefnya yang bisa menyesuaikan dengan lidah Indonesia.



Nasi Goreng Kebuli Kedai Grengseng
Nasi Kebuli Kedai Grengseng
Selain rasanya yang lebih cocok di lidah, Nasi  Goreng Kebuli ala Kedai Grengseng ini ternyata cukup ramah di kantong.  Mungkin juga karena daerah di sekitar Tubagus Ismail ini banyak mahasiswa sehingga harganya pun disesuaikan, lebih murah tetapi tidak murahan.  Tengok saja penyajiannya yang simply namun tetap nyaman di pandang mata.  Nasi Goreng Kebuli ini tampak menarik disajikan dengan potongan mentimun, bawang bombay plus tomat yang memberi rasa segar.  Selain itu ada taburan kismis dan bawang goreng tak lupa sedikit emping yang memang pas menemani Nasi Goreng Kebuli ini.  Hmmm lezaaato, asli saya melalapnya sampai suapan terakhir hahaha..... (ini lapar apa rakus sih....hihi..)

Sambosa ala Kedai Grengseng

Oya sebelum memesan Nasi Goreng Kebuli ini saya sempat mencicipi makanan khas Arab lainnya yaitu Sambosa, makanan arab favorit saya, dengan mengeluarkan uang 20 K kita sudah mendapatkan tiga potong sambosa yang dilengkapi saus tomat dan sambal tomat.  Hmmm  enak sekali, rasanya memang sudah sedikit berubah tidak terlalu menyengat rasa rempahnya, tapi rasanya asli tetap enak, dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.


Timun Serut Lemon Ala Baba's
Jus Leci ala Baba's

Di dekat Kedai Grengseng ini ada tempat minuman yang bernama Baba's, sebelum menu makan menuju siang itu saya sempat memesan minuman Timun Serut Lemon.  Duh jadi bertekad mencari resep minuman ini buat buka puasa di bulan ramadhan nanti.  Enak pake bingits suegeer, ya ampun, saya gak bohong, bersyukur banget punya lidah yang memang begitu ramah hingga semua yang menempel di lidah terasa enak hehe.. atau memang makanan dan minuman di sini serba enak yaaa hahaha...entahlah mungkin cuaca yang mendung tapi gerah juga mendukung.  Etapi nanya teman-teman juga emang Timun Serut Lemon ini enak dan seger.  

Lemon Sensation

Sebetulnya teman-teman yang kebetulan janjian bareng, sempat menanyakan minuman andalan di Baba's itu apa. Jawabannya ternyata ada tiga yaitu Jus Leci dan Lemon Sensation dan tentu saja Timun Serut Lemon.  Khusus Lemon Sensation, ini buat teman-teman penyuka minuman yang asem-asem seger.  Dan saya gak berani mencoba, karena saya gak suka yang asem-asem, jangankan di kondisi normal, saat hamil muda yang biasanya suka asem saya gak suka makanan dan minuman yang asem.  Karena sudah kesengsrem dengan Timun Serut Lemon saya tidak mencoba minuman yang lainnya, sempat icip-icip sedikit Jus Leci tapi menurut saya Timun Serut Lemon tetep juaranya hehe..

Gitu deh cerita kulinerku kali ini, pokoknya recomended banget lah, selain rasanya yang enak, harganya pun cukup ramah di kantong, penasaran?  Yuuk di coba. O, ya Teman-teman bisa mampir ke IG nya juga  di @kedaigrengsengkambing.

6 komentar :

  1. Enaknya kalau dapet tempat makan yang ramah di kantong harganya tapi rasa tetap oke punya. Jadi pelanggan selalu balik lagi jadinya. nasi kebuli, bikin laper jadinya :D

    BalasHapus
  2. Wah patut dicoba nih ... :)

    BalasHapus
  3. pgn nyobain sambosanya ih...

    BalasHapus
  4. Daftar harganya mana, mbak? Aku pernah nyicipin yg Sambousa, emang enak :D

    BalasHapus
  5. kemarin sempat nemu sambosa juga di Medan tapi belum sempat cobain

    BalasHapus
  6. Bapakku ada darah arabnya, paling demen nih makanan beginian, kapan-kapan coba ke sana ah. Thanks for sharing, mbak.

    Salam,
    Gabrilla.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^