**/ Cerita Ida : Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Kita

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Agu 2016

Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Kita


 
Anak adalah anugrah terindah dari Yang Maha Kuasa, untuk itu kita harus mensyukuri keberadaannya dengan cara mengoptimalkan tumbuh kembangnya dari sejak bayi.  Pertumbuhan dan perkembangan bayi harus kita stimulasi sejak awal kehidupannya di dunia ini.  Untuk itu seyogyanya setiap orang tua harus sudah mempersiapkan pengetahuan tentang itu dari masa sebelum menikah, hal ini berguna agar bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita karena kita telah memiliki pengetahuan yang cukup.

Yang harus diketahui oleh para orang tua adalah pertumbuhan dan perkembangan bayi itu berbeda-beda pada setiap individu.  Jadi kita tidak boleh membandingkan dengan teman-teman seusianya Kalau kita merasa khawatir tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi kita, maka kita bisa konsultasikan kepada dokter anak.  Namun secara umum pertumbuhan dan perkembangan bayi memang bisa kita bandingkan dengan standar yang bisa kita temukan di Kartu Menuju Sehat anak kita misalnya.

Menurut pengalaman melahirkan dan membesarkan lima orang anak, ternyata pernyataan pertumbuhan dan perkembangan bayi itu berbeda-beda memang betul adanya.  Misalnya si sulung cenderung lebih cepat berbicara dan jalannya. Sementara adiknya yang kedua itu lebih lambat bicaranya tapi aspek lain lebih menonjol.



O ya, yang perlu kita ketahui pertumbuhan dan perkembangan memiliki makna yang berbeda, kalau tumbuh itu memiliki pengertian penambahan berat badan dan tinggi badan secara fisik yang terukur secara angka.  Sedangkan makna kembang dapat diartikan penambahan kemampuan kognitif dan aktivitas fisik sejalan bertambahnya usia anak kita, misalnya perkembangan kemampuan berbicaranya, motorik kasar dan motorik halus.


Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi ada beberapa hal yang harus kita lakukan yaitu :

Ungkapan Kasih Ayah dan Bunda

Kasih sayang terhadap buah hati kita harus diungkapkan baik secara verbal maupun dengan sentuhan dan belaian.   Bayi yang mendapat sentuhan dan belaian terutama dari kedua orangtuanya maka akan lebih tenang, nyaman dan bahagia.  Tumbuh dan kembangnya pun akan lebih optimal dibandingkan bayi yang kurang belaian dan sentuhan.  Selain itu bayi yang mendapat sentuhan dan belaian akan tumbuh basic trust atau kepercayaan dirinya.

Kecukupan Nutrisi 

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita maka kecukupan nutrisinya harus kita perhatikan.   Nutrisi yang diperlukan oleh bayi kita adalah protein dan kalsium sementara untuk otaknya nutrisi yang dibutuhkan adalah DHA, Omega 3 dan Omega 6.  Tandanya bayi kita terpenuhi nutrisinya dengan baik adalah ketika usia 1 tahun batita memiliki berat badan tiga kali lipat dari saat pertama kali dilahirkan.

Stimulasi

Memberikan stimulasi kepada anak kita sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.  Yang dimaksud dengan stimulasi di sini adalah pemberian rangsangan dari lingkungan untuk memancing respon tertentu.  Peran dari orang tua penting sekali yaitu membimbing perkembangannya agar lebih terarah sekaligus memberikannya cinta yang juga merupakan stimulan yang penting hingga pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih optimal.


Ketiga hal di atas itu adalah tiga hal yang sangat penting yang harus diberikan kepada anak kita agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.  Pertumbuhan dan perkembangan bayi memang harus selalu kita perhatikan karena tiga tahun pertama dalam kehidupan bayi adalah saat-saat yang sangat penting yang sangat berpengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangannya hingga dewasa.




5 komentar :

  1. betul ya mbak, tugas dan tanggung jawab ortu itu besar sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mak...berat hihi...tapi mau tidak mau harus dijalani dengan berupaya melakukan yg terbaik :)

      Hapus
  2. sayangnya banyak ortu yg sekarang tren menitipkan anak2 ke kakak/neneknya krn alasan bekerja ya mbak, miris

    BalasHapus
  3. Pernah ikut seminar parenting konon katanya stimulasi penglihatan salah satunya dengan sering membiasakan wajah ayah dan ibunya, sehingga diharapkan para durasi kedekatan ortu dan anak2nya bisa lebih banyak ketimbang dengan orang lain

    BalasHapus
  4. Pas mau lahiran pas baca ini, makasih banyak mbak ida udah sharing

    Salam,
    Ara

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^