**/ Cerita Ida : 9 Tips Agar Hidup Kita Sehat dan Awet Muda

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Okt 2016

9 Tips Agar Hidup Kita Sehat dan Awet Muda


9 Tips Agar Hidup Kita Sehat dan Awet Muda  Nikmat sehat adalah nikmat yang sering kita lupakan untuk mensyukurinya.  Baru kita rasakan betapa berharganya sehat itu ketika sakit datang mendera.  Rasa-rasanya semua menjadi tidak banyak berarti apa-apa takala tubuh kita dirundung sakit.  Untuk itu kita harus selalu merawat tubuh kita sebagai bukti bahwa kita mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.  Memiliki tubuh  yang sehat tidak saja membuat kita merasa nyaman tetapi juga membuat kita akan tampak lebih muda dari usia sebenarnya karena wajah kita terlihat segar berseri.

Banyak usaha yang dilakukan oleh orang untuk menjaga kebugaran tubuhnya, karena memang mencegah lebih baik daripada mengobati.  Berikut beberapa tips agar tubuh kita selalu sehat dan bugar selalu

Selalu Berpikir Positif

Berfikir positif memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dengan berpikir positif meningkatkan optimisme dan motivasi dalam hidup kita.  Berpikir positif juga tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh agar tetap sehat dan mengurangi stress tetapi juga mampu mempengaruhi kondisi seseorang secara menyeluruh sehingga memperpanjang usianya dan memperlambat proses penuaan. Intinya dengan berpikir positif akan melahirkan sikap optimis yang baik untuk kesehatan psikologis dan fisiologis.


Istirahat yang Cukup danTeratur

Manfaat istirahat yang cukup ini dirasakan dari rutinitas tidur malam.  Bukan saja sebagai kebutuhan biologis, tidur malam juga  bertujuan untuk regenasi tubuh di setiap harinya.  Saat tidur malam merupakan waktu yang tepat untuk membuang racun yang mungkin terbawa melalui makanan.  Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam di waktu-waktu tertentu.  Untuk itu tidur teratur menghindari dari kekacauan waktu biologis tidur dan tentu saja menghindari dari terganggunya proses toksin.

Pada waktu tidur malam pun dihasilkan hormon meletonin yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal bibit penyakit dan radikal bebas.  Hormon ini diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga untuk memperlancar produksi hormon ini waktu tidur sebaiknya kita mematikan lampu.

Olah Raga yang Teratur 

Olah raga yang teratur baik untuk kebugaran tubuh dan menghindari obesitas. Olah raga juga ternyata dapat  membantu memelihara kekebalan tubuh, menjaga program diet dan bahkan  menurut sebuah penelitian dapat mempengaruhi kecerdasan otak,

Pola Makan yang Sehat

Makanlah yang teratur,  makan yang bergizi seimbang, makan juga makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.  Kurangi karbohidrat, sesekali ganti nasi dengan kentang atau jagung.  Jangan terlalu banyak makanan yang mengandung gula sebagai pemanis.  Banyak mengosumsi gula meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes melitus, oleh karena itu gunakan pemanis yang sehat. Oya anda bisa mampir dan hidup sehat bersama tropicanaslim.com. Di situs itu banyak tips bagaimana bisa hidup lebih sehat dan lebih baik.

Menjaga Kebersihan

Jagalah kebersihan karena ini akan menjauhkan kita dari bibit penyakit.  Menjaga kebersihan dengan cara mandi teratur sehari dua kali.  Selain menjaga kebersihan tubuh juga, jagalah kebersihan lingkungan sekitar kita.  Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang bebas dari polusi baik itu polusi asap rokok, polusi kendaraan bermotor atau polusi lainnya.

Membersihkan Gigi yang Teratur 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan di dalam plak gigi ternyata sama dengan bakteri yang ditemukan di dalam timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah.  Para ahli berspekulasi bahwa bakteri yang ada di dalam mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritasi serta penyumbatan pembuluh darah.  Oleh karena itu kita harus rajin membersih gigi dengan rutin dan teratur.

Minum Air Putih yang Cukup 

Minumlah air putih yang cukup, bukan 8 gelas seperti yang biasa kita ketahui.  Karena ternyata kebutuhan akan air di setiap individu berbeda-beda tergantung dengan kegiatannya masing-masing. Orang yang beraktivitas tinggi berbeda kebutuhannya dengan mereka kurang beraktivitas.

Mengasah Otak Kita

Ternyata orang yang sering menstimulasi otaknya dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hobi dan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya dapat mengurangi penyakit otak yang selalu dihubungkan pertambahan usia.  Jadi ketika orang melakukan hobi atau kegiatan lain yang ia sukai dapat menstimulan otaknya dan mengurangi resiko terkena penyakit alzhaimer.  Penelitian menunjukkan pengurangan resiko itu bisa mencapai 35-40%

Menjauhi Rokok dan Minuman Keras  

Menjauhi diri dari merokok dan mengosumsi minuman keras adalah mutlak harus kita lakukan bila ingin hidup kita sehat. Minuman keras bisa merusak otak dan membuat lever membengkak sementara rokok berbahaya  untuk paru-paru, jantung, mata, dan bahaya lainnya.

Itulah 9 Tips Agar Hidup Kita Sehat dan Awet Muda semoga bermanfaat. 

7 komentar :

  1. Minum air putih kadang saya suka males hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah..iya toss... apalagi musim hujan :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah sebagian udah dipraktekin. Olahraga nih yang masih ogah-ogahan. Huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul...harus dipaksain...dulu suka ke tempat BL. sekarang kok malas ya :D

      Hapus
  3. Olahraga dan berpikir positif masih susah diterapkan X_X

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dilatih terus kayaknya..dipaksakan hihi..

      Hapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^