**/ Cerita Ida : Tempat Wisata Murah di Solo

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

21 Feb 2019

Tempat Wisata Murah di Solo

Tempat Wisata Murah di Solo    Saya dulu sempat berpikir bahwa Bandung merupakan tempat yang paling nyaman untuk menjadi kota tempat tinggal.  Ketika pergi ke Yogjakarta untuk kesekian kalinya akhirnya saya beranggapan bahwa Yogyakarta ternyata merupakan tempat yang nyaman untuk menjadi tempat tinggal juga.  Dan saat saya jalan-jalan ke Solo selama tiga hari, saya merasa Solo juga merupakan tempat yang nyaman untuk menjadi tempat tinggal ..hihi...





Mungkin banyak tempat lain kalau saya kunjungi ternyata nyaman juga ya untuk ditinggali, dan anggapan saya selama ini hanya Bandung yang asyik untuk tempat tinggal itu karena saya kurang banyak jalan-jalannya.. hahaha...  Tapi Solo memang lain sih, saat pertama kali datang, saya langsung merasa jatuh cinta dengan suasananya yang begitu hommy.

Di Solo jarang sekali macet, mungkin karena angkutan umum sudah mulai berkurang dan hanya ada di tempat-tempat tertentu saja.  Beda dengan Bandung angkutan umumnya masih banyak dan ini merupakan salah satu sumber kemacetan.  Itulah sebabnya mengapa saya menulis  tentang Solo di tulisan Tempat Wisata Murah di Solo ini, karena Solo membuat saya jatuh cinta di pandangan yang pertama.

Berbicara tentang Solo, saya jadi ingat beberapa tempat wisata murah  di Solo yang mengasyikan yang pernah saya kunjungi beberapa waktu yang lalu.  Sudah cukup lama sih tapi sangat berkesan.  Teman-teman bisa mencoba beberapa tempat wisata di Solo dan menikmati suasana yang menyenangkan di sana.  Tiket pesawat terbang domestik mahal?  Jangan khawatir, teman-teman bisa menggunakan bis yang nyaman.  Tiketnya bisa pesan di https://www.traveloka.com/tiket-bus-travel/gajah-mulia-sejahtera.

Saat jalan-jalan di Solo, saya berangkat bersama sahabat-sahabatku, kami tergabung dalam geng Tiga Emak Petualang.  Formasi kami terdiri dari tiga emak rempong yang senang jalan-jalan...hahaha...  Eh tapi di petualangan mendatang (insya Allah, do'a kan lancar ya...) formasi kami sudah berubah dan otomatis mengubah nama kami menjadi Empat Emak Petualang karena ada tambahan personil seorang emak yang juga senang jalan-jalan.

Tempat Wisata Murah di Solo


Berbicara tentang Tempat Wisata Murah di Solo, ada beberapa tempat yang kami datangi saat berwisata di Solo.  O ya selama di Solo kami menginap di Hotel Solo Paragon yang nyaman dengan kolam renangnya yang ngangenin.  Beberapa tempat yang kami kunjungi saat di Solo adalah:



Keraton Surakarta


Keraton Surakarta sampai sekarang masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan.  Namun demikian tempat ini juga sekaligus menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo.  Di sini teman-teman bisa belajar mengenai sejarah Solo lebih detail.  Keraton Surakarta ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744.  Bangunan ini didirikan untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan di tahun 1743.

Kompleks di Keraton Surakarta dibagi menjadi Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Siti Higgil Lor dan Kidul, Sasana Sumewa, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton dan Kemaggangan.  Semua tempat itu memiliki fungsi yang berbeda, salah satunya dimanfaatkan sebagai museum.


Grojogan Sewu Tawangmangu


Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata berupa air terjun setinggi 80 meter yang berlokasi di sisi barat Gunung Lawu sekitar 37 Kilometer dari pusat Kota Solo.  Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Menuju lokasi ini terlebih dahulu harus menuruni 1250 anak tangga, tidak terlalu curam karena tangganya dibuat cukup landai.  Jadi walaupun lebih dari 1250 anak tangga tapi insya Allah saat pulang harus menaiki anak tangga tidak terlalu melelahkan walau cukup membuat kaki pegal-pegal hehe... Jangan khawatir pula karena pemandangan di sini indah, serta udara yang segar dengan angin yang sepoi-sepoi membuat rasa lelah menjadi tidak berarti,

Taman Sriwedari


Taman Sriwedari merupakan tempat wisata di Solo yang merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah Laweyan Solo.  Tempat ini digunkan sebagai lokasi hiburan rutin Malam Selikuran.  Tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan PON di tahun 1948.


Di Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang merupakan tempat pertunjukan wayang orang,  Taman Sriwedari memang merupakan pusat hiburan, seni dan budaya masyarakat Solo.  Bila ingin mampir ke sini datang saja sekitar puku 10.00 pagi sampai 22.00 malam dengan tiket yang cukup murah hanya Rp 3.000 per orang.

Kampung Batik Kauman


Tempat Wisata di Solo yang Mengasyikan lainnya yang kami kunjungi adalah Kampung Batik Kauman.  Ke Solo tanpa membeli batik tentu saja serasa tidak lengkap, dan jika tertarik melihat proses pembuatan batik secara langsung kita bisa datang ke Kampung Batik Kauman ini. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta.




Di Kampung Batik Kauman kita bisa membeli aneka batik dengan motif dan corak beragam.  Pada umumnya batik yang diproduksi di sini berupa batik tulis, batik cap atau batik kombinasi.  Motifnya cukup modern dengan warna yang relatif gelap.  Harganya bervariasi mulai dari yang murah kisaran ratusan ribu sampai yang mahal dengan harga jutaan rupiah.

Pasar Klewer


Di Pasar Klewer kita bisa belanja batik dengan sepuasnya karena tempat ini merupakan surganya batik khas Solo yang murah tetapi berkualitas.  Di sini koleksi batiknya lengkap lho, pasar yang ditempati sekitar 2000 pedagang ini tidak hanya berjualan batik tetapi banyak item fashion lainnya yang dijual di Pasar Klewer ini.

Museum Batik Danar Hadi


Museum Batik Danar Hadi yang dikenal juga dengan nama House of Danar Hadi (HDH) terletak tidak jauh dari Taman Sriwedari tepatnya di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 261 Sriwedari Solo. Berlokasi di kompleks bangunan kuno yang termasuk cagar budaya Kota Solo Ndalem Wuryningratan.  Museum ini didirikan oleh perusahaan batik asal Solo  yaitu PT Batik Danar Hadi.  

Di Museum Danar Hadi ini terdapat kurang lebih 10.000 koleksi batik dengan berbagai motif tergantung kultur, lingkungan dan periode masing-masing pembuatan batik.  Koleksi ini merupakan milik pribadi pendiri PT Batik Danar Hadi yaitu H Santoesa Dullah.  Di belakang museum ini terdapat pabrik batik tulis dan cap yang dibuka untuk wisatawan.



Umbul Ponggok


Sebetulnya tempat ini agak jauh dari Kota Solo, tepatnya di Kota Klaten sekitar 25 km dari Kota Solo, jauh ya..hahaha.  Ngejar tempat ini dari Kota Solo, ga terlalu lama sih kalau naik mobil sekitar 40 menitan.  Ke sini memang harus naik mobil pribadi karena belum ada angkutan umum yang masuk sampai ke lokasi.

Umbul Ponggok dikenal sebagai tempat berenang snorkeling dan diving.  Tempat ini merupakan tempat yang unik karena merupakan kolam renang alami.  Berukuran kir-kira 50 x 25 meter dengan kedalaman 1,5 sampai 2 meter Umbul Ponggok sering dimanfaatkan untuk kegiatan fotografi di bawah air.

Melihat penampakan orang berfoto di kedalaman air seperti yang menikmati banget hidup di dalam air.  Bisa seolah-olah sedang naik motor, sepeda, duduk di taman atau sedang menonton televisi.  Lihat di foto begitu mengasyikan, tetapi sebenarnya untuk mendapatkan foto seperti itu perjuangannya cukup luar biasa.. hehe..


Rumah Hobbit ala Solo  (Lembah Sumilir Kemuning Karang Anyar )


Lembah Sumilir ini memiliki udara yang sejuk, lokasinya yang berada di antara kebun teh membuat kita jatuh cinta dengan suasananya yang memanjakan mata.  Karang taruna di daerah kemudian menambahkan beberapa rumah hobbit untuk menarik perhatian pengunjung datang ke tempat ini.  Rumah Hobbit inilah kemudian menjadi spot utama berfoto di tempat ini.

Itulah beberapa Tempat Wisata Murah di Solo yang kami kunjungi saat beberapa hari ada di Solo.  Masih banyak tempat menarik lainnya di Solo yang sayang dilewatkan, kami juga sempat berkuliner ria di beberapa kafe di Solo.  Ternyata Solo sudah seperti Bandung saja, ramai juga kafe nya di malam hari oleh para pengunjung.  

Yuk kita nikmati keramahan Kota Solo yang selalu membuat kangen...hehe... Semoga tulisan Tempat Wisata Murah di Solo ini bermanfaat ya teman-teman.  

51 komentar :

  1. Mupeng ke rumah hobbit ala Solo nih teh, pengen ke SOlo deh jadinya

    BalasHapus
  2. solo :) aku belum pernah ke solo :( padahal pengen banget nyobain kulinernya

    BalasHapus
  3. Wah semuanya menarik, apalagi saya penasaran dan ingin sekali berkunjung ke Keraton, kaya waktu di Jogja, betah berlama-lama di bangunan bersejarahnya itu, kemudian ke Kampung Batik Kauman.

    BalasHapus
  4. Jadi kangen pengen ke Solo lagi, pengen ngubek-ngubek Pasar Klewer

    BalasHapus
  5. baca cerita teh ida jadi pengen banget bisa main ke Solo, jalan berdua, minum kopi, beli batik, naik kereta lama, berburu jamu, Hihiiiii... Seruuuu...

    BalasHapus
  6. Ah teh Ida mah ngabibita. Jadi weh saya kepengen main ke Solo lagi. Kapan ya bisa ke sana lagi? :D

    BalasHapus
  7. Wah, ternyata banyak ya tempat wisata menarik di solo...

    BalasHapus
  8. Tahun lalu ke Solo cuma 3 hari dan ga sempat jalan-jalan, aku penasaran mau ke Rumah Hobbit-nya 😊

    BalasHapus
  9. oh umbul ponggok air alami ya bu ida, pernah liat TL sliweran foto di sini seru ya pun nampaknya kekinian ya artistiknya.

    BalasHapus
  10. Pengen jalan2 ke solo lagi..iya ya solo kota nya relatif adem n nyaman..pikabetaheun kayaknya hehe

    BalasHapus
  11. Solo terkenal sama batiknya tapi aku mah tetep pengen icip-icip kulineran nya kalo ke daerah tuh main mah suka cape duluan *lirik anak-anak

    BalasHapus
  12. Udah lama saya gak ke Solo, nih. Itupun dulu biasanya karena urusna kerjaan. Kalau ada teman saya, maunya kulineran terus dan harus soto hehehe. Kapan-kapan kalau ke Solo, oengen explore tempat lain juga

    BalasHapus
  13. aku tertarik ke solo semoga bisa kesana

    BalasHapus
  14. Pemgen banget bisa ngerasain berkunjung ke Tawangmangu dari dulu, tapi belum kesampean.

    Banyak tempat yang akhirnya membuat nyaman ya mba. Kalau aku, nomor 1 buat kota nyaman ya masih jogja.

    BalasHapus
  15. Waktu suami ke Solo juga singgah ke Pasar Klewer. Katanya kalau saya yg kesana bisa kalap dan harua jaga dompet soalnya bisa borong semua hehe. Solo memang destinasi yg wajib dikunjungi ya mba.

    BalasHapus
  16. banyak tempt keren dan menarik di Solo yang Aku belum pernah datangi nih mba..cakep yaaa itu yang mirip rumah hobbit

    BalasHapus
  17. Aku seneng banget mba kalo lagi di Solo.. Kayaknya semuanya berjalan selow, gak buru-buru, santai.. :D Makanannya enak-enak, murah pun yaa.. Bahagialah.. haha.. Penasaran aku belum pernah ke Museum Danar Hadi itu.. Next time ke Solo lagi pingin agendain ke sana jadinya..

    BalasHapus
  18. Belum semua kesana haha. Secara blm pernah ke solo, seringnya jogja terus. Mdh2an bisa kesana :)

    BalasHapus
  19. Pernah ke Solo kala kecil, sudah lama sekali bareng rombongan kantor bapak. Solo panas kesannya bagi orang Bandung. Sebenarnya rombongan kantor menghadiri acara undangan rekan sekantor lalu piknik keliling Solo. Ke Kasunanan Surakarta, Pasar Klewar, Grojogan Sewu, lalu ke waduk.
    Sekarang Solo beda jauh dengan dulu, ya?
    Masih panaskah?
    Bagi saya kenangan akan suatu kota yang disinggahoi adalah hal yang membekas dalam hati karena perjalanan membuat kita kenal banyak orang sekaligus bagaimana kehidupan lain di luar bentuk kehidupan yang selama ini kita kenal.
    Semoga suatu saat kelak saya dan keluarga bisa mengunjungi Solo untuk menapaktilasi perjalanan serta merasakau atmosfer kota yang kental dengan budaya Jawa. Salam.

    BalasHapus
  20. Ketika berbicara tentang Solo ingatan saya selalu tertuju pada batik. Batik khas Solo cantik2 ya mbak. Ternyata tempat wisata disana juga indah. Saya suka berkunjung ke Solo karena daerahnya yang nyaman, jauh dari hiruk pikuk atau keriwehan lalu lintas yang padat, sangat cocok menjadi tempat berwisata sembari menenangkan diri. TFS mbak.

    BalasHapus
  21. Ke Batik Kauman & Pasar Klewer bikin lapar mata ya mbak hehehe, bagus-bagus batiknya bawaan mau dibeli semua. Aku waktu itu gak sampai tergoda banyak sih paling berli beberapa aja. AKu gak sempat ke musuem batik danar hadi waktu ke sana.

    BalasHapus
  22. Duhh mupeng banget sama rumah hobbitnya gak perlu ke luar negeri kalau cuma mau liat rumah hobbit, bukti bahwa org Indonesia itu kreatif 😁

    BalasHapus
  23. saya pernah ke solo tapi ga banyak tempat wisata yang saya datangin dari list diatas saya baru ke muesum danarhadi. lainnya insya allah bisa dikunjungi dilain waktu

    BalasHapus
  24. Saya kalo dikasih kesempatan ke Solo kayaknya gak bakalan melewatkan kesempatan ke pasar klewer untuk belanja batik :)

    BalasHapus
  25. Wahhh ada romah hobbit juga. Yang jalan-jalan ke Solo wajib mengunjungi romah hobbit dan foto-foto di sana nih :)

    BalasHapus
  26. Rumah hobit ala solonya lucuk banget mba.. ngga perlu jauh jauh ke New Zealand ya mba bisa ke menikmati destinasi lokal nan indah yaitu di Solo.. selain instagrambale juga murah meriah ya.. sukaa

    BalasHapus
  27. Udah lama pingin backpackeran ke Solo, tapi belum kesampean aja...
    Asik ya kayaknya, nabung dulu ah... Hihihi

    BalasHapus
  28. Teteh aku meuni belum pernah nih ke Solo, pengen pisan ngajakin Kayla dam Fathir ke sana. Dan baru tahu ternyata di Solo juga ada rumah Hobbit, kayak di Farm House Lembang yah Teeeh..

    BalasHapus
  29. Paling suka ke Keraton SOlo, karena ada namaku di sana.

    BalasHapus
  30. Yuuk ke sololagi mbaa, nanti ke kebun teh ndoro donker, rumah minyak atsiri, dan de tjolomadoe, pasti seru deh kalo bareng-bareng :)

    BalasHapus
  31. Batik Kauman membagi terkenal sejak dulu.

    Memakai warna alami yang bikin kain batik ini bernilai ekonomis tinggi

    BalasHapus
  32. Sudah murah, tempat wisatanya keren-keren pula. Kapan yah saya bisa jalan2 ke Solo. Wong injak pulau Jawa saja saya belum pernah. Tapi semoga bisa jalan-jalan ke sana suatu hari nanti.

    BalasHapus
  33. Kampung mertuaku di Klaten deket banget sama Umbul Ponggok. Tapi aku sendiri belum pernah ke sana hahhaha soalnya katanya Umbul Ponggok sekarang udah komersil, tiket jadi lebih mahal dan kolamnya lebih kecil dibanding umbul2 yang lainnya.

    Btw, kala udi Solo ada satu tempat wisata baru mba, yang katanya bekas pabrik gula itu lho. Tapi aku pas ngelewatin kok ga tertarik blas ya? Bangunannya nyeremin soalnya :D

    BalasHapus
  34. Saya yang baru sekali ke Solo aja betah banget di sana Mba. Itu gegara nemenin tante yang mau mampir ke rumah temennya di sana. Aku suka liat mbah mbah yg tiap aku lewat selalu negur dan senyum ramah, suka dengan pemandangannya yang indah, dll. Bikin betah. Tempat kedua yg pengen aku tinggal ya itu, Yogya hehe

    BalasHapus
  35. Grojogan sewu apa kabar ya sekarang? Makin bagus pasti ya tempatnya. Aku pernah ke sana pas masih SD, Mbak. Oiya, Solo kan tetanggan sama Sragen ya. Hampir sama lah ya sama Sragen, di sana pun hommy banget kotanya. No macet dan adem aja rasanya.

    BalasHapus
  36. Dah lama pengen main ke sini mbak, tambah mupeng deh diceritain sama Mbak Ida. Ntar ah kapan kapan beneran direalisasikan ke sini.

    BalasHapus
  37. Aku Januari kmrn main ke Solo. Muterin pasar Klewer, masjid Gedhe, alun2 sampe ikutan CFD hahahaha. Nginepnya di Pose In Hotel

    BalasHapus
  38. Mba, kapan hari kami sekeluarga piknik ke Solo, cuma sempat ke keraton dan pasar Klewer saja. Pengin banget kapan-kapan bisa main ke sana lagi dan masuk ke Umbul Ponggok. Penasaran dengan posting teman-teman di Instagram, sepertinya keren banget nih yang nyelam itu.

    BalasHapus
  39. Aku kalau dengar kata Solo langsung tertuju sama Kerajaan dan Sorabi solo hehe. Aku belum pernah kesana nih , rasanya pengen deh kesana buat hunting batik sama mampir ke kerajaan Solo.

    BalasHapus
  40. Wah mba Ida malah udah nyampe Umbul Ponggok, akutu belum loh. Padahal sering dilewati, tapi kenapa juga belum ada rejeki waktu bisa mampir.

    Oh iya, coba dong ke Semarang, pasti jatuh cinta deh dengan kotaku ini, mbak

    BalasHapus
  41. Aiiihhh seru banget sih mbak, aku jadi pengen deh jalan jalan ke solo, ternyata ada banyak tempat kece juga ya di solo

    BalasHapus
  42. Umbul Ponggok ini ya yang lagi kekinian. Sayangnya kmrn pas ke SOlo gak ke sana. Cuma mampir makan depan keraton aja, udah malam pula. Haha. Pengen banget deh ke kota tempat asalnya presiden yg skrng :D

    BalasHapus
  43. Pengen main ke Solo lagi nih.Sayangnya pas ke Solo nggak sempat ekplor banyak tempat. Dan aku pengen ke Solo lagi :)

    BalasHapus
  44. Hehehe.. Berarti sebenarnya dirimu mudah beradaptasi ya. Bisa merasa nyaman di mana aja ��

    BalasHapus
  45. Pingin banget ke Solo :(, belum belum terealisasikan. Saran mba diatas kayanya bakal Ujame tampung nih buat next trip kalau ke Solo. Hihi

    BalasHapus
  46. aku belum pernah ke SOLO cuma pernah lewatin daerahnya aja pas mau ke jogjakarta , cuma liat sawah2nya hiks, jadi pengen menelusuri kotanya yang udah banyak banget destinasi wisatanya

    BalasHapus
  47. Keren ih mba ida jalan2 teyus hehehe. 3 emak2 lincah ya. Btw itu keraton jdi inget pilem apa ya ada setting nya disana. Tp ku lupa judul filmnya. Thanks review nya mbaaa semoga suatu saat ku bisa ke solo 😊

    BalasHapus
  48. aku pernahnya ke Grojogan Sewu. Was-was dengan kawanan monyet yang berani merebut makanan. Eh kalau yang rumah Hobbit itu jauh gak dari tawangmangu?

    Salam,
    Helenamantra dot com

    BalasHapus
  49. Cakeep teteh..
    Aku kalo liburan ke Solo juga seringnya ke Pasar Klewer.
    Dan aku baru tahu kalau beberapa pasar dinamakan Pasar Klewer, saling larisnya.

    Jadi yang mana Oasar Klewer asli?

    Kami selalu minta panduan sepupu yang memang orang Solo buat jadi guide.
    Hiihii~

    BalasHapus
  50. Di sini,wiskulnya enak-enak semua ��

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^