blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

10 Feb 2020

9 Tips Agar Rajin Menulis di Blog


Kenapa tiba-tiba saya menulis tentang 9 Tips Agar Rajin Menulis di Blog ?  Apakah karena saya sudah merasa rajin menulis di blog? Hahaha tentu tidak Ferguso.  Saya tidak merasa rajin menulis di blog, justru saya merasa sangat moody dan jarang menulis di blog.  Lalu mengapa saya menulis tulisan Tips Agar Rajin Menulis di Blog ?


Jawabannya karena saya ingin rajin menulis di blog dan pada kenyataannya saya termasuk agak malas menulis di blog.  Tentu banyak faktor yang membuat kita jarang menulis di blog.  Kalau saya pribadi sih lebih karena saya memang bukan orang yang disiplin.  Keinginan dan semangat tentu saja ada.  Tapi hal ini bentrok dengan beberapa hal seperti:  Sibuk dengan kegiatan lain, jiwa moody yang tak terkendali, susah mendapat ide dan berjuta alasan lain untuk tidak menulis.

Padahal paham dengan makna usaha tidak mengkhianati hasil..hahaha....  Kalau kita ingin memiliki blog yang kuat tentu saja harus rajin menulis.  Tapi pada kenyataannya tetap saja tidak rajin menulis di blog.  Ini karena memang pekerjaan menulis di blog itu kita yang menjadi bos nya.  Tidak ada yang melarang dan meyuruh selain diri kita sendiri.. yekaaan ? Teman-teman blogger pasti paham tentang ini.   Baiklah tanpa berpanjang lebar inilah 9 Tips Agar Rajin Menulis di Blog ala-ala Cerita Ida...

9 Tips Agar Rajin Menulis di Blog


Ada banyak sebenarnya tapi ini hanya beberapa hal yang paling dominan yang membuat kita bisa rajin menulis di blog.  Tips itu antara lain adalah:

1.  Menikmati Proses Kita Menulis


Saat kita menikmati menulis, tentu menulis menjadi pekerjaan yang menyenangkan bukan ?  Jadi hal yang paling penting adalah tanamkan dalam diri senang menulis, menikmati proses saat menulis.  Mengerjakan sesuatu yang menyenangkan tentu membuat perasaan bahagia, nyaman dan kangen saat hal itu tidak kita kerjakan. 

Maka nikmati saat proses kita menulis, buat suasana yang menyenangkan.  Tiap orang berbeda-beda caranya, ada yang berhubungan dengan waktu, suasana di sekitar, atau perlu banyak cemilan di sekeliling kita.  Tapi kalau ini hati-hati ya ..alih-alih semangat menulis tapi malah asyik memamah biak dan hasilnya bukan blog kita yang gemuk, tapi badan kita yang menggendats dengan bahagia hahaha....

Baca juga:  Berbagai Tips dan Trik Ngeblog

2.  Tulislah Setiap Ide yang Datang


Terkadang saat kita ingin dan semangat menulis terkendala oleh bingung mau menulis apa.  Padahal katanya sih sebenarnya dengan melihat di sekeliling kita, bertebaranlah ide itu.  Tapi memang pada kenyataanya tak bisa dipungkiri, mandeg ide itu selalu ada.  Oleh karena itu buatlah buku khusus yang menuliskan ide-ide menulis saat ide itu muncul.

Kemunculan ide ini memang tanpa tedeng aling-aling sih suka sembarang datangnya.  Bisa saat kita asyik mencuci piring di dapur, saat jalan-jalan, saat ngobrol dengan teman dan lain sebagainya.  Agar ide itu tidak menguap begitu saja, cepatlah tulis ide itu dalam sebuah buku khusus bank ide.  Jadi saat kita ingin menulis kita bisa terinspirasi untuk menulis apa saat melihat kumpulan ide itu.

3.  Tulislah Tulisan yang Ingin Kita Baca


Terkadang kita ingin sekali membaca sesuatu yang kita sukai, tapi ternyata tulisan itu susah kita temukan.  Nah untuk mengatasi itu lebih baik kita sendiri yang menulisnya jadi kita akan semangat menulis, karena kita memang sedang membutuhkan materi yang sedang kita tulis.  Insya Allah dengan cara ini kita akan rajin menulis di blog.

4.  Jadikan Kegiatan Menulis sebagai Sarana Berbagi


Niatkan menulis untuk beribadah, berbagi pada teman-teman yang sedang memerlukan tulisan yang kita tulis.  Dengan memiliki niat ini kita akan menulis sebaik mungkin, termasuk urusan SEO nya.  Kita jadi berusaha agar tulisan kita mudah ditemukan mesin pencari hingga teman-teman yang memerlukan tulisan kita.

Insya Allah dengan memiliki niat berbagi atau berdakwah melalui tulisan selain membuat kita rajin menulis di blog kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.  Hidup hanya sementara, yang harus kita perhatikan dan utamakan adalah kehidupan kita setelah keamatian.  Jadi jangan sampai ada penyesalan nantinya.  Cieeeeh mulai deh jadi mamah idadeh..... hahaha...


Jalan-jalan salah satu beneit dari menulis

5.  Jadikan Menulis Sebagai Sarana Belajar


Bagi teman-teman yang senang dengan kegiatan belajar atau mempelajari sesuatu, menulis di blog bisa dijadikan sarana untuk belajar.  Saat menulis tentu kita membutuhkan banyak referensi agar tulisan kita lebih mendalam.  Nah jadikan kesempatan menulis di blog ini untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya apa yang ingin kita ketahui.  Selain tulisan kita menjadi lebih mendalam kita pun jadi tahu banyak tentang sesuatu yang kita tulis.

6.  Ikuti Program ODOP


One Day One Post sudah pernah sukses membuat saya bisa menulis 30 postingan dalam sebulan.  Bulan Januari 2020 ini saya ikut program ODOP ini di Komunitas ISB.  Walau hanya dua minggu tidak full satu bulan mengikuti program ODOP ini sukses membuat postingan di blog ini untuk bulan Januari 2020 menjadi 19 postingan.

Sebuah angka yang fantastik untuk blog Cerita Ida ini sih..hahaha... Mengingat biasanya sebulan hanya 8 - 10 tulisan saja, dan itu kebanyakan bukan tulisan organik tapi pesanan....huhuhu.... Saat pesanan sedang sepi, sukses membuat blog Cerita Ida ini sepi dari tulisan...ihiks... Jadi dengan mengikuti program ODOP yang biasa diadakan beberapa komunitas blog, akan membuat kita terpaksa dan dipaksa untuk menulis  Tapi ingat jangan sampai menjadi beban ya, nikmati saja prosesnya...

7.  Buat Jadual Menulis  Bertema


Tips ini cocok untuk teman-teman dengan tipe yang berdisiplin dan komitmen tinggi.... tapi bisa saja dicoba oleh siapa pun yang mau.  Saya pernah membaca ada seorang teman blogger yang rajin menulis di blog dengan metode ini.  Misalnya Senin Hidup Sehat,  jadi tiap hari senin dia menulis tentang bagaimana cara hidup sehat.  Selasa sharing,  menulis tiap hari selasa dengan tema bebas yang penting untuk berbagi.

Tidak perlu tiap hari seminggu tiga kali akan membuat kita rajin menulis di blog.  Dengan cara ini akan banyak tulisan bermanfaat dan organik di blog kita.  Tentu saja ini membuat blog kita aktif dan tidak hanya menjadi blog dengan tulisan pesanan saja.

8.  Bergabung dengan Berbagai Komunitas Bloger


Zaman sekarang kita bisa melihat berbagai komunitas blogger yang tersebar di seantero dunia maya.  Nah dengan mengikuti berbagi komunitas blog akan membuat kita lebih terpacu dan semangat lagi menulis di blog.  Dengan berkomunitas kita akan banyak melihat teman-teman blogger dengan pencapaian yang luar biasa yang bisa kita jadikan inspirasi saat semangat kita meredup.

9.  Mengingat Benefit Menjadi Bloger dengan Blog yang Kuat


Ini tentu saja akan menjadi motivasi terutama mungkin untuk teman-teman yang serius menjadi bloger dan menjadikannya mata pencaharian.  Banyak keuntungan menjadi blogger, apalagi dengan blog yang kuat alias DA dan PA tinggi.  Blog kita akan banyak yang mencari hingga kita bisa mendapatkan berkah darinya.

Selain berupa materi terkadang jalan-jalan gratis, mendapat produk, atau bahkan kepuasan batin yang akan kita dapatkan saat kita rajin menulis.  Dengan mengingat itu semua mudah-mudahan bisa membuat kita semangat dan rajin menulis di blog.

Nah teman-teman inilah tulisan 9 Tips Agar Rajin Menulis di Blog, sekali lagi bukan karena merasa saya sudah rajin yak...hehe...reman-teman bisa lihat kok, blog Cerita Ida masih termasuk jarang update tulisannya.   Semoga saja selain tulisan ini membuat saya rajin menulis, juga membuat teman-teman terinspirasi untuk lebih semangat menulis ya... :D

15 komentar :

  1. Tipsnya menohok Teh Ida.
    Dan yang berasa mau nulis lagi karena 1 menulis untuk menikmati proses menulis itu sendiri, as self healing, media curcol, media belajar hal baru dan berkomunitas. Bikin hati makin adem, semangat dan juga energinya yang bervibrasi... barakallah.. keep writing and inspiring teteh

    BalasHapus
  2. Setiap ada ide saya juga selalu mencatat nya. Dimana saja. Soalnya maklum sudah tua, selalu lupa hahaha...
    Apalagi kalau mau ikut lomba, ada ide buruan catat. Kalau enggak, gak bakalan menang hahaha....

    BalasHapus
  3. Aakkkk, tengkyuuuu Mak Idaaaa
    Sukaak banget dgn artikel ini
    Bisa melesatkan semangat menulis yg sempat kembang kempis, heheheheh

    BalasHapus
  4. Draft menumpuk itu tanda rajin atau enggak ya? Hahaha...

    Saya kalau lagi buntu banget kadang buka-buka draft, lalu biasanya muncul ide draft itu mau diapakan.

    Tapi kadang juga berakhir sebagai draft lagi. Haduh...gimanaaa ini.

    BalasHapus
  5. Aku ada beberapa draft, cuma nggak banyak sih. Terkdang memangl lupa tuh nulis apa yang meintas di pikiran, biar bisa ditulis panjang ya. Makasih mba, tulisan begini ini mengingatkan jugaa.

    BalasHapus
  6. Mba kalo nulis di blog banyak yg ingin d tulis tapi suka rancu kta kalo nulis itu minimal 500 kata padahal ak hanya mau tulis resep makanan saja JD bingung muter ya k mana lagi 😁

    BalasHapus
  7. Aamiin .. semoga kita semua senantiasa rajin update, Mbak Ida ... makasih tips-nya, mau ku-save ya :)

    BalasHapus
  8. Sukaaa tips nya mba Ida, semua nya bener banget nih. Terutama yang ikut odop, aku jadi rajin nulis. Sayang nya kalo odop sendiri kagak bisa, kudu ikut challange gitu

    BalasHapus
  9. hihihi yang terakhir work buat saya Mba.

    Kalau saya jujur yang bikin saya rajin menulis setiap hari di blog, salah satunya karena saya menetapkan goal bagi diri sendiri, cari yang keliatan jelas biar semangat.

    Misal, rajin menulis tiap hari itu bisa dengan cepat mengecilkan alexa rank, itu tuh terlihat signifikan setiap hari, jadinya saya makin semangat, bahkan rela mengorbankan waktu tidur untuk itu.

    Oh ya, bukannya lebay sih, tapi setelah bertahun-tahun menjalani beberapa jenis profesi sambil ngurus anak, sesungguhnya menulis tiap hari itu adalah suatu mission imposible buat seorang IRT dengan anak tanpa ART.

    Jadinya memang kudu harus ada yang dikorbankan, dan penyemangatnya ya goal tersebut :)

    BalasHapus
  10. Aku masih nyimpen ide di aplikasi. Membantu banget sih kalo setiap ada ide terus buka aplikasi buat nyatat keywordnya

    BalasHapus
  11. Huhuhu... aku masih gak bisa rutin deh nulis di blog. Padahal ide banyak. Gak jreng aja nulisnya. Kudu nyontoh Teh Ida deh :(

    BalasHapus
  12. Pengin banget bisa bikin postingan bertema, tiap hari tertentu temanya sudah ditentukan. Harus dipaksa kayaknya ya biar rutin bisa publish postingan gini hehehe.. Kalau enggak, bawaan mager tuh kok ya selalu menggoda.

    BalasHapus
  13. Draft aku banyaaak, teh...
    Tapi ujungnya mangkrak.
    Paling enak kalo nulis langsung di HP yaa..walau mentoknya hanya jadi status di wa, FB atau IG aja yaa..

    BalasHapus
  14. Makasih mba Idah tulisan ini bikin aku sedikit ada semangat lagi soale jujur aja lagi down banget dari Januari, ga produktif nulis huhu.

    BalasHapus
  15. Banyak ide dan pikiran klo ga ditulis itu bisa bikin beban. Kadang nulis jadi media pelampiasan otak yang kerja mikir terus ya mbakk


    Eh apalagi skg bisa dot uang dri blog. Makin rajib deh nulis

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^