blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

22 Mei 2020

5 Tips Memilih Sistem Payroll yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan




5 TipsMemilih Sistem Payroll yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan  Waktu zaman kerja dulu saya membuat sistem sendiri untuk penggajian karyawan.  Walau tidak canggih tapi lumayan membantu sistem di tempat saya kerja. 

Dulu saya masih menggunakan  software yang namanya LOTUS, duh ketahuan jadul banget ya.. hihi.  Nah, saat saya membuka usaha laundry dan rumah makan, saya menggunakan Excel. Sangat sederhana memang.

Kini sistem penggajian atau sistem payroll sudah semakin canggih ya. Tapi harus hati-hati lho, karena  sistem payroll yang ditawarkan tiap vendor berbeda. Oleh sebab itu penting sekali bagi teman-teman yang membutuhkan untuk memilih sistem dan aplikasi payroll yang benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  

Payroll sendiri merupakan penggajian menunjuk pada uang yang harus dibayarkan kepada karyawan dengan berbagai catatan.  Pengganjian ini tidak boleh dianggap sepele karena berpengaruh terhadap berbagai aspek.


Contohnya saja seperti reputasi perusahaan sampai dengan  moral karyawannya. Selain itu salah satu motivasi karyawan untuk bekerja adalah tentu saja untuk mendapatkan gaji.

Untuk payroll software sendiri merupakan software yang bisa digunakan untuk membantu proses penggajian karyawan menjadi lebih efektif dan juga efisien dimana dalam proses penggajian tersebut melibatkan banyak unsur di dalamnya seperti kehadiran karyawan, lembur, uang makan, tunjangan, BPJS, pajak, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips memilih sistem payroll yang penting untuk kita perhatikan seperti berikut ini:

Memahami Kebutuhan Perusahaan


Hal pertama yang harus kita perhatikan saat akan memilih sistem payroll untuk perusahaan adalah memahami kebutuhan perusahaan. Kebutuhan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya ini berbeda sehingga dengan memahami kebutuhan perusahaan, kita akan tahu sistem seperti apa yang benar-benar perusahaan butuhkan.



Budget


Tips memilih aplikasi payroll selanjutnya adalah sesuaikan dengan budget perusahaan. Jangan terlalu memaksakan diri menggunakan payroll dengan budget di luar kemampuan karena hal ini tidak akan bagus untuk keuangan perusahaan kita.

Untuk mendapatkan software dengan harga yang sesuai dengan budget penting bagi kita untuk membandingkan harga software dari satu vendor ke vendor lainnya,  selain itu kita harus memerhatikan kredibilitas dari vendor tersebut.

Fitur yang Sesuai Regulasi


Jika kita yang ingin menggunakan aplikasi  payroll di perusahaan, penting untuk memilih fitur yang bisa disesuaikan dengan  regulasi. Jangan sampai penggajian yang kita lakukan ini menyalahi regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

Sebagai contohnya adalah perusahaan harus mendaftarkan karyawannya ke BPJS ketenagakerjaan dan juga kesehatan, pajak penghasilan, dan lain sebagainya.

Untuk besaran pajak dan BPJS tersebut sudah ditentukan oleh pemerintah sehingga pilihlah payroll software yang bisa melakukan penghitungan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah.

Bisa Dikustomisasi


Tips selanjutnya pilih sistem yang bisa di kustomisasi sehingga fiturnya bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan kita. Tidak ada yang tahu bagaimana performa perusahan kita ke depannya nanti. 

Semakin banyak karyawan dan semakin berkembang maka fitur yang kita butuhkan pada sistem payroll tersebut tentu saja akan semakin banyak sehingga memilih sistem yang tidak bisa dikustomisasi di anggap terlalu kaku dan tidak efektif untuk bisnis kita.


Vendor yang Kredibel


Meski kita disarankan untuk menggunakan software dengan budget yang sesuai dengan kemampuan namun kita juga harus memperhatikan kredibilitas vendor yang menawarkan software tersebut.

Semakin kredibel vendor yang menawarkan software tersebut kepada kita hal tersebut akan semakin bagus karena mereka akan memiliki layanan yang profesional, bahkan mereka akan full support.

Penting sekali bagi kita yang ingin mendapatkan vendor kredibel untuk mengetahui sepak terjang mereka terlebih dahulu dan perhatikan legalitasnya.

Bagi teman-teman yang menginginkan sistem atau software payroll terbaik dengan fitur yang bisa dikustomisasi bisa menghubungi Talenta. Talenta menjadi vendor penyedia software payroll dengan harga bersahabat.

Menggunakan software dengan teknologi berbasis cloud dari Talenta, kita akan bisa memproses payroll dimana saja dan kapan saja. Fleksibilitas software kami tidak perlu diragukan lagi sehingga proses penggajian di perusahan kita akan lebih praktis bahkan saat WFH seperti saat ini.

Kita juga bisa menghitung insentif dengan mudah sesuai dengan regulasi, menjadi solusi payroll saat masa pandemi, bahkan kita juga bisa transfer gaji ke semua rekening tanpa harus terpotong biaya admin.

Hubungi Talenta sekarang juga untuk mendapatkan sistem payroll terbaik untuk perusahaan teman-teman ya.  Semoga tulisan Cerita Ida yang berjudul  5 TipsMemilih Sistem Payroll yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan ini bermanfaat ya teman-teman.


17 komentar :

  1. Penting banget ini payroll, software yang dibutuhkan oleh perusahaan2, apalagi suasana begini, sistem yang udah berjalan, tinggal memantau saja.

    BalasHapus
  2. Nah saat situasi seperti sekarang, sistem payroll seperti ini sangat membantu ya. Kita bisa memproses payroll dimana saja, saat WFH di rumah juga bisa. Apalagi bisa dikustomisasi juga sesuai kondisi perusahaan.

    BalasHapus
  3. Aku baru tau kalau sistem penggajian itu bisa pake software yah, kalau ad usaha dan udah sukses punya beberapa karyawan boleh nih dipake sistem payrollnya

    BalasHapus
  4. waaa dalam kondisi kaya gini kayanya ini membantu sekali ya teh, mau aku coba infoin ah ke beberapa temen aku hehehe

    BalasHapus
  5. kantor aku sudah menerapkan sistem payroll dari lama teh karena ngeri kalau nggak berbahaya pas gajian :)

    BalasHapus
  6. Menggunakan sistem payroll pastinya sangat membantu bagian accounting banget dalam membayar gaji karyawan tepat waktu dan sesuai jadwal ya, mba.

    BalasHapus
  7. Udah lama nggak masuk daftar payroll heheee. Semoga di masa pandemi ini tidak ada gaji yang tertunda.

    BalasHapus
  8. Di perusahaan tempat kami bekerja sistem payrollnya pernah mengalami kendala gara-gara sistemnya ada yang menghapus. Perusahaan sepertinya malas beli payroll yang lama karena mahal jadilah pakai payroll manual. Coba sudah tahu tentang Talenta mungkin berbeda dulu.

    BalasHapus
  9. Aku masih inget itu LOTUS mbak waktu SD aku sempat pakai itu :-D ketauan SDnya jaman kapan ya hehehe. Sekarang perusahaan butuh banget sistem payrol yang baik ya bantu banget pastinya dalam sistem penggajian

    BalasHapus
  10. Dulu waktu masih kerja di perusahaan, ingat banget pernah ngobrol sama bagian akuntansi tentang sistem penggajian, dan katanya dia terbantu banget karena adanya software untuk ngurusin sistem payroll, karena kalau nggak, bisa berantakan sistem penggajiannya

    BalasHapus
  11. Aku skerang dipindahin ke bagian payroll teh masyaAlloh puyeng banget hahaha udah pake sistem pdhl cuman emang jelimet bgt sistemnya

    BalasHapus
  12. Buat perusahaan atau pelaku usaha, ini penting banget ya system payroll begini. Kudu jeli milihnya biar bias memudahkan. Kudu pada tahu nih tips ini.

    BalasHapus
  13. Nah ketersediaan fitur yang sesuai dengan alur payroll perusahaan nih jadi pertimbangan juga. Selain itu kredibilitas vendor, bener banget mba, harus pesan ke yang sudah terpercaya.

    BalasHapus
  14. Makasih infonya, Teh Ida, penting nih bagi pengusaha umkm yang membutuhkan sistem payroll yang mudah dan praktis

    BalasHapus
  15. Makasih banget loh teh Ida sharingnya titik di kantor aku masih konvensional untuk sistem penggajian tapi dalam waktu dekat ini mau pakai Faipayroll. Nah, ini bisa jadi referensi.

    BalasHapus
  16. Sistem payroll yg bagus ya mbak. Aku mau share ke teman yg kemarin juga kebingungan buat sistem payroll di usaha baru.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^