blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

21 Agu 2020

Upaya PIP Mempercepat Kebangkitan UMKM di Indonesia



Upaya PIP Mempercepat Kebangkitan UMKM di Indonesia  Tidak ada seorang pun yang menyangka kalau ternyata tahun 2020 akan menjadi tahun yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan di muka bumi ini.  Begitu banyak sektor yang terdampak yang diakibatkan bencana global ini.


Pandemi ini telah membuat banyak perubahan, anak-anakku beberapa bulan ini sekolah secara online atau dikenal dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Abi, ayahnya anak-anak pun sempat  bekerja di rumah saja.  Di awal saat pandemi ini baru merebak kami baru saja pulang umrah, saat tiba di tanah air penanganan di bandara sudah berbeda dari sebelumnya.

Saat kepulangan dan tiba di bandara kami diberi lembaran kartu kuning, ada peraturan bahwa setiap orang yang baru dari luar negeri wajib melakukan karantina mandiri selama 14 hari.  Sebelumnya saat masih di Mekah kami mendengar bahwa, sehari setelah keberangkatan rombongan kami tidak ada lagi jemaah umrah bisa diberangkatkan.  Keberangkatan jemaah umrah dihentikan  sampai batas waktu tidak ditentukan.

Perekonomian dunia mengalami pelemahan, begitu pula tak terkecuali dengan Indonesia.  Banyak orang yang tiba-tiba saja kehilangan mata pencahariannya.  Gejolak ekonomi yang terjadi di Indonesia bagai sebuah perfect storm yang memberikan dampak luar biasa besar bagi perekonomian negara ini.

Perfect Storm ini membuat daya beli masyarakat terjun bebas cukup dalam, padahal sektor ini pengaruhnya sampai 60%  terhadap perekonomian nasional.  Pandemi ini juga menimbulkan ketidakpastian berkepanjangan hingga investasi ikut melemah yang berimplikasi pada terhentinya usaha  .UMKM menjadi sektor yang paling terpuruk dan paling banyak membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Usaha yang paling terdampak adalah akomodasi, makan minuman, restoran, pedagang eceran serta industri pengolahan karena para buruhnya tidak masuk kerja.  Padahal UMKM berkontribusi sebanyak 97% pada lapangan kerja, 60% terhadap PDB nasional, 14% terhadap ekspor nasional dan 58% terhadap investasi nasional.


Tentu saja pemerintah tidak tinggal diam menghadapi hal ini, baru-baru ini dalam rangka Dukung PEN: PIP berikan relaksasi Rp 298,7M kepada PT Pegadaian (Persero), PT BAV dan 15 Koperasi.  Selain itu juga PIP juga memberikan relaksasi senilai Rp 26 miliar kepada PT Pegadaian (Persero).

Pemerintah memang telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No 23 tahun 2020 yang mengatur pelaksanaan Program Pemulihan Eknomi Nasional (PEN).  Atas dasar Peraturan Pemerintah inilah kemudian Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membuat kebijakan relaksasi.

Relaksasi PIP ini dalam bentuk penundaan pokok dan masa tenggang kepada Debitur, Penyalur dan Lembaga Linkage/Koperasi penyalur pembiayaan UMi yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Direktur PIP Ririn Kadariyah dengan total hampir Rp 300 milyar kepada 110 ribu debitur ini adalah sebagai bentuk dukungan PIP dalam melakukan percepatan PEN khususnya membangkitkan kembali Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang terpuruk.

Penyerahkan relaksasi ini dilakukan oleh  Ririn Kadariyah pada hari Selasa 18 Agustus 2020 kepada 15 dari 43 koperasi yang menyalurkan pembiayaan Utra Mikro (UMi) nya melalui PT Bahana Artha Ventura (BAV) dengan nilai sebesar Rp272,7 Miliar.  Sementara itu relaksasi senilai Rp26 miliar telah diserahkan kepada PT Pegadaian Persero pada hari Jum'at 14 Agustus 2020 yang lalu.

"Pandemi ini berdampak secara menyeluruh kepada semua penyalur pembiayaan UMi.  Tidak hanya koperasi dan lembaga linkage yang berskala kecil tetapi juga setingkat BUMN seperti Pegadaian merasakan dampaknya.  Pelaku usaha mikro kesulitan mengangsur kembali kewajibannya sehingga berdampak pada likuidtias para Penyalur dan Koperasi sebagai Lembaga Linkage Penyaluran UMi.." 

Dalam kesempatan penyerahan relaksasi itu hadir tiga koperasi yang berkantor pusat tidak jauh dari Jakarta sebagai perwakilan penerima relaksasi yaitu KSPPS Abdi Kerta Raharja, BMT itQan dan KSP Mitra Duafa.

Sedangkan sisa 12 Koperasi di bawah PT BAV di yang mendapat relaksasi yang lainnya adalah KSPPS Al Amanah, KSPPS BMT Pradesa Finance Mandiri, KSPPS Nusa Ummat Sejahtera, KSP KUD Mintorogo, KSPPS Artha Bahana Syariah, KSPPS BMT Mentari Muammalat Mandiri.

Kemudian ada KSPPS BMT Mitra Ummat Nasional, KSPPS BMT Amanah Bina Insan. KSPPS BMT Bina Masyarakat Utama, KPPS BMT UGT Sidogiri dan KSU Krama Bali.

Sementara itu untuk menunjang percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini ternyata kebijakan relaksasi ini tidak berdiri sendiri tetapi disinergikan dengan program subsidi bunga dari pemerintah yang dicairkan melalui Kementrian Koperasi dan UKM serta kementrian BUMN yang juga menyasar Penyalur dan Lembaga Linkage penyalur UMi.


Penyaluran pembiayaan melalui UMi kepada para pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sampai dengan akhir semester I 2020, lebih dari Rp7,039 triliun dana disalurkan kepada 2,3 juta debitur.  Selain itu PIP juga memberikan pelatihan pemasaran daring kepada pelaku usaha mikro dan pendampingan program langsung di marketplace.

Mudah-mudahan saja usaha-usaha yang dilakukan oleh PIP ini dapat membantu memudahkan percepatan kebangkitan UMKM di Indonesia yang sekaligus akan meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia secara umum.

Semoga tulisan Upaya PIP Mempercepat Kebangkitan UMKM di Indonesia ini bermanfaat ya teman-teman.. :D

72 komentar :

  1. Alhamdulillah pisaan, semoga upaya PIP untuk mempercepat bangkitnya UMKM prosesnya dilancarkan ya Teh, biar bisa menjalankan kembali usahanya seperti semula.

    Salut sama program PIP yang mendukung PEN demi kemajuan bersama perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Teh Nchie, meski pandemi, para pelaku usaha ga terlalu khawatir kalau ada program ini ya

      Hapus
  2. Tulisannya bagus dan bermanfaat. Makasih ya teh...ditunggu tulisan tulisan berikutnya.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Semoga saja bisa mudah diaksesnya juga sampai tepat sasaran ya..

    BalasHapus
  5. Baguuus, semoga program ini bisa tempat sasaran.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, semoga dengan dana dan program ini umkm tidak tergerus resesi

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ada Program Pemulihan Eknomi Nasional (PEN), semoga semakin banyak UMKM yang terbantu dengan adanya program ini

    BalasHapus
  8. Dengan adanya PIP, harapan para pelaku usaha kembali muncul. Semoga saja merata, tepat sasaran dan sesuai dengan program nya ya

    BalasHapus
  9. Apalagi di Indonesia ini roda ekonomi banyak diputar oleh teman-teman dari UMKM ya mbaa. Tanpa mereka bisa merosot drastis, apalagi ketika pandemi kayak gini. Mudah-mudahan PIP bisa tepat sasaran ya

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, ada relaksasi pembiayaan yang bisa dimanfaatkan nih agar makin semangat untuk melanjutkan bisnis

    BalasHapus
  11. Setidaknya ada upaya yang dilakuk untuk membangkitkan ekonomi ya kak. Semoga pandemi segera berakhir dan kehidupan kembali normal

    BalasHapus
  12. Programnya bagus bun, semoga bisa berjalan dengan baik agar memberikan kemudahan untuk melanjutkan bisnis

    BalasHapus
  13. Bagus banget programnya lebih tepat guna lagi menyasar UMKM yang paling kena dampak pandemi ini

    BalasHapus
  14. Salut deh dengan program ini, upaya membangkitkan kembali UMKM yang terpuruk akibat pandemi. Memang ya pandemi ini ngeselin udah lama banget, hehe gemes aku

    BalasHapus
  15. Tahun ini emang tahun yang menguras tenaga dan emosi banget. Serba susah di mana-mana :(
    Semoga langkah yang dilaksanakan ini bisa membantu kita semua yang terkena dampak pandemi ini yah kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener mbak.
      semoga orang2 ignorance yang abai dengan protap covid-19 cepat bertaubat agar pandemi ini segera berlalu.

      Hapus
  16. PIP keren, sangat paham bahwa ukm adalah penopang peeekonomian yg sangat penting.
    Smg roda ekonomi bs terus berputar lancar

    BalasHapus
  17. programnya bagus, apalagi saat seperti ini banyak yang terpaksa gulung tikar karena tidak sanggup meneruskan usahanya

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya kak pelaku UMKM dpt pendampingan bantuan dari pemerintah semoga tetap survive ya para pelaku umkm dng adanya program ini

    BalasHapus
  19. Semoga dengan program ini, para pelaku UMKM bisa segera bangkit dan bertahan meski di masa pandemi yang sulit yaa mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, semogaaa yaaa dilancarkan prosesnya.

      Hapus
  20. Aamiin. Mudah2an ekonomi Indonesia cepet bangkit terutama UMKM nya.

    BalasHapus
  21. Semoga tepat sasaran dan membantu perekonomian yang sudah di depan jurang resesi ini

    BalasHapus
  22. Masa pandemi ekonomi menurun dan imbas yang sangat besar pada UMKM, hadirnya upaya PIP mampu menjawab masalah modal dan juga bangkitnya UMKM.

    BalasHapus
  23. Semoga dengan adanya PIP dapat memberikan angin segar bagi UMKM. Memang besar banget dampak Covid 19.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah...
    seneng banget ada 2,3 juta pihak yang dibantu PIP.
    semoga makin banyak lagi yang dibantu sampai akhir 2020.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yaa mbak..semoga bantuan tersebut bisa menjadi jalan mereka, para pelaku UMKM, untuk bertahan dan bangkit lagi di masa pandemi ini.

      Hapus
  25. semoga pandemi ini segera berlalu ya Mbak dan perekonomian menjadi baik kembali.
    tentunya reklasasi ini menjadi angin segar buat para pelaku UMKM.

    BalasHapus
  26. Senang sekali bahwa Pemerintah memberi perhatian khusus bagi UMKM.
    Semoga kebermanfaatannya merata hingga seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  27. Solutif banget ini programnya. Bisa membantu UMKM yang terdampak covid 19.

    BalasHapus
  28. 300 Milyar jumlah yang lumayan juga ya, semoga bisa membantu UMKM debitur terdampak untuk bisa survive di masa pandemi ini 😊

    BalasHapus
  29. Semoga perekonomian kita bangkit lagi ya mbak dan pandemi segera berlalu. Sehingga UMKM di Indonesia kembali merangkak tumbuh.

    BalasHapus
  30. Amin. Semoga UMKM bangkit lagi. Semua orang terkena dampak pandemi. Tapi kita tetap harus kuat dan bangkit lagi

    BalasHapus
  31. Betuulll banget Teh Ida, Gejolak ekonomi yang terjadi di Indonesia bagai sebuah perfect storm yang memberikan dampak luar biasa besar bagi perekonomian negara ini.

    Ahhh, untunglah upaya PIP ini angin segaarrr bagi UMKM ya

    BalasHapus
  32. Saya berharap program ini bisa kembali membangkitkan UMKM Indonesia. Biar bagaimanapun UMKM memang semacam tulang punggung ekonomi negara

    BalasHapus
  33. Semoga pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini terlaksana dengan baik dan bisa seluas-luasnya memberikan manfaat.

    BalasHapus
  34. Betul banget ya, semua orang rasanya udah bersiap menghadapi tahun 2020 dengan penuh optimisme ketika tahun 2019 akan berakhir, lalu kemudian datang badai pandemi, meluluh lantakan semuanya, jangankan UMKM ya, usaha yang gede-gede aja banyak yang menyerah.

    Semoga dengan usaha dari PIP ini, bisa cepat membuat UMKM kembali bangkit dan berdaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak banget UMKM yang jadi korbannya nih, tapi salut banget, di tengah pandemi gini, juga banyak bantuan dan kepedulian dari berbagai arah.
      Semua itu berarti banget buat para UMKM, agar bsia semangat lagi bangkit, lebih sukses dan menyerap tenaga kerja juga :)

      Hapus
  35. Semoga penyaluran pembiayaan ini lancar ya dan UMKM juga terbantu usahanya. Penting banget ini bantuan dan pendampingan biar mereka roda perekonomian mereka juga berputar.

    BalasHapus
  36. corona menghantam ekonomi begitu kuat, moga segera bangkit dan pulih kembali ekonomi indonesia, amiinnn

    BalasHapus
  37. Ekonomi kita memang lesu banget nih sejak pandemi. Banyak banget orang-orang yang kena dampaknya huhu :(
    Syukurlah ada yang program seperti ini yang membantu UMKM di tengah pandemi ya kak

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah banyak umkm yg dibantu PIP, semoga merata dan tepat sasaran kpd umkm yg benar2 terdampak

    BalasHapus
  39. syukurlah, sepertinya bantuan ini yang sudah lama dinantikan sejak awal pandemi. semoga dengan ini pengusaha kecil dan mikro bisa bertahan dan terus berjualan.

    BalasHapus
  40. semoga program ini tepat sasaran ya mbak, agar UMKM yang sedang berusaha eksis di tengah krisis ini bisa terbantu

    BalasHapus
  41. Aaminn.. semoga upaya yang telah dilakukan PIP ini berdampak bagik dan juga diikuti oleh lembaga lainnya ya sehingga percepatan kebangkitan UMKM bisa lebih terlaksana dengan baik

    BalasHapus
  42. Semoga program PEN dg PIP ini berhasil mendongkrak kembali ekonomi masyarakat ya Teh..

    BalasHapus
  43. upaya ini patut didukung dan diacungi jempol, karena semoga dengan program-program ini bisa membuat para pelaku UMKM mulai bangkit ya terutama dari masa pandemi kaya gini

    BalasHapus
  44. Aku juga terbatang kesulitan elonomi yang dialami vanyak orang saat pandemi ini. This will definitely help

    BalasHapus
  45. Semoga PIP ini bisa berdampak besar bagi UMKM ya, kalau tidak waduh bisa morat-marit juga ekonomi kita

    BalasHapus
  46. Salut dengan program ini semoga cepat disalurkan agar UMKM bangkit lagi ya

    BalasHapus
  47. sekaranng, pulang dari luar negeri mayan ribet berarti y mba,
    moga2 tahun depan sudah mendingan y, saatny saya pulang ke tanah air soalny :(
    btw, di sini pun yang cukup terdampak sektor UKM, mbaa
    tapi saya bersyukur karena pemerintah tanggap (sama seperti di sini), di mana mereka berusaha membangkitkan sektor UKM biar tetap gerak dan jalan dengan beragam bantuan
    semoga dengan begini perekonomian bisa tetap melaju

    BalasHapus
  48. UMKM sekarang ini memang butuh bantuan ya di masa pandemi untungnya ada bantuan dari PIP ya supaya bisa bangkit lagi UMKM

    BalasHapus
  49. tetanggaku salah satu yg menerima dana banuan untuk usaha mikronya juga. dia bersyukur banget karena sekarang kan bener2 perjuangan banget ya cari modal. belum untuk biaya hidup dan bayar tagihan, jd ini pemerintah kasih bantuan melalui PIP ini keren bgt.

    BalasHapus
  50. Sebelumnya PIP juga sudah memberikan relaksasi dalam hal pengembalian pinjaman ya. Yang kali ini langsung dana cair ya mba untuk masing-masing sektor?

    BalasHapus
  51. penundaan pokok dan masa tenggang buat debitur ini apa termasuk pembebasan bunga berbunga? relaksasi ini sangat membantu, mba, karena omzet turun. Mau bayar cicilan juga mikir uangnya dari mana.

    BalasHapus
  52. Amiinn .. alhamdulillah ya mbak, masih banyak harapan untuk UMKM berjaya yaa, karena ada bantuan dari PIP.

    BalasHapus
  53. semoga pip bsa menjadi benar2 solusi buat perbaikan ekonomi indonesia ya mba. memang miris lihat dampak pandemi ini.

    BalasHapus
  54. Semoga program yang sudah dicanangkan bisa membawa manfaat bagi banyak UKM di Indonesia

    BalasHapus
  55. Alhamdullilah pisan ya? Teh Ìda bisa umroh karena kontingen selanjutnya dilarang

    Eniwei emang kerasa banget resesi ini ya teh?
    Daya beli menurun tajam.
    Sudah seharusnya pemerintah membantu umkm

    BalasHapus
  56. PIP yang memberikan pelatihan pemasaran daring kepada pelaku usaha mikro dan pendampingan program langsung di marketplace pasti akan membantu mereka bangkit dan tetap beroperasi selama pandemi

    BalasHapus
  57. Semoga PIP bantuan bisa mancakuo keseluruhan umkm ya mba ya mang sangat butuh bantuan d Masa pandemi ini

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah ada program relaksasi dari PIP ya. Semoga dengan langkah seperti ini, UMKM dapat dibuat bernafas lebih lega. Himpitan akibat pandemi, benar2 membuat sesak.

    BalasHapus
  59. sip ada pendampingan langsung di marketplace. sebab dg begini, umkm jd makin dikenal deh produknya. penjualan jg niscaya makin lancar yaaa

    BalasHapus
  60. Antara senang ada peran koperasi sekaligus miris....Perfect Storm ini membuat daya beli masyarakat terjun bebas cukup dalam, padahal sektor ini pengaruhnya sampai 60% terhadap perekonomian nasional, dan ini damnpaknya pada masyarakat menengah ke bawah :(

    BalasHapus
  61. Semoga program UMKM untuk membangkitkan perekonomian Indonesia terus berlanjut yah. Terimakasih untuk artikelnya yang sangat informatif.

    BalasHapus
  62. Keren sakali program ini, smg umkm bisa bangkit dan makin berkembang

    BalasHapus
  63. Bagus nih program relaksasi ini. Bikin pengusaha, terutaman UMKM bisa narik napas dulu untuk ngumpulin cicilan. Pastinya di masa pandemi kayak sekarang, untuk setoran cicilan pasti lumayan berat. Semoga saja, nanti pas waktunya tiba, keadaan sudah lebih baik.

    BalasHapus
  64. Dampak dari Pandemi ini merambah ke berbagai sektor tidak terkecuali UMKM,cukup bersyukur masih adanya perhatian akan keberlangsungan dan keberlanjutan mereka untuk tetap fighting di tengah ketidakpastian misalnya dengan adanya
    Program Pemulihan Eknomi Nasional (PEN)

    BalasHapus
  65. pandemi ini memiliki dampak yang luar biasa banget. semoga dengan adanya bantuan ini ekonomi Indonesia bisa kembali normal

    BalasHapus
  66. Mantap nih PIP jadi bisa bantu UMKM yang sedang bergejolak untuk bangkit bantu perekonomian

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^