blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Agu 2020

Aplikasi HRD untuk Mencetak Slip Gaji Otomatis



Aplikasi HRD untuk Mencetak Slip Gaji Otomatis  Slip gaji sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Bentuk slip gaji simpel dan sederhana, tetapi slip gaji mempunyai kegunaan yang cukup penting untuk beberapa keperluan.

Itulah sebabnya mengapa karyawan sering meminta HRD untuk membantu menyusun slip gaji. Banyak HRD dalam perusahaan masih menggunakan cara manual untuk membuat slip gaji. 

Cara tersebut tak lagi efisien. Di era modern, slip gaji bisa disusun dan dicetak secara otomatis dengan Aplikasi HRD. Bagaimana cara kerjanya?

Sekilas Tentang Aplikasi HRD


Aplikasi HRD adalah seperangkat perangkat lunak yang memiliki sistem saling terintegrasi satu sama lain untuk membantu perusahaan dalam mengelola data dan informasi karyawan.

Seperti yang diketahui, proses administrasi karyawan seperti rekap data absen, payroll, pembuatan laporan, perhitungan upah lembur selalu melibatkan data dan informasi.  Semua proses administrasi jika dilakukan dengan cara manual akan sangat memakan waktu.

Disamping itu, ada risiko terjadinya human error oleh staff HRD. Oleh karena itu, Aplikasi HRD hadir untuk  membantu perusahaan dan HRD untuk melakukan proses administrasi karyawan lebih efektif, efisien, dan akurat.

Salah satu tugas administrasi HRD yang dapat dibantu dengan Aplikasi HRD adalah payrolL bulanan. Menerima gaji adalah hak karyawan, sementara memberi gaji adalah kewajiban perusahaan.

Setiap bulannya HRD harus mengolah dan menghitung komponen gaji seperti data absen karyawan, posisi atau jabatan, lama waktu kerja, status karyawan, jumlah lembur, reimbursement, pajak, dan lain-lain.

Hanya dengan beberapa tahapan, sistem Aplikasi HRD akan menghasilkan perhitungan gaji bersih karyawan lalu langsung dikirim ke rekening pribadi milik karyawan.




Cara Aplikasi HRD Mencetak Slip Gaji


Karyawan akan menerima gaji dengan akurat dan tepat waktu berkat Aplikasi HRD. Saat karyawan menerima gaji dengan tepat waktu, kepuasan kerja karyawan akan meningkat dan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Selain menerima gaji, ada kalanya karyawan membutuhkan slip gaji untuk kepentingan tertentu. Slip gaji biasa diperlukan karyawan untuk mengajukan kredit rumah, barang elektronik dan kendaraan serta dokumen untuk pindah ke perusahaan lain. Karyawan yang membutuhkan slip gaji akan meminta HRD untuk membuatkan dokumen tersebut.

HRD yang melakukan perhitungan payroll manual harus membuat dokumen slip gaji dengan cara manual juga.  Sayangnya, cara manual ini sangat memakan waktu lama dan HRD harus memindahkan kembali perhitungan gaji ke selembar dokumen kosong yang akan digunakan untuk menjadi slip gaji.

Mungkin kalau hanya seorang karyawan yang meminta slip gaji tidaklah masalah. Namun, bayangkan jika dalam perusahaan ada beberapa karyawan yang meminta slip gaji dalam waktu yang bersamaan.

Padahal HRD ada tugas lain yang harus diselesaikan tepat waktu. Tentu hal ini akan merepotkan HRD dan membuat kinerja HRD kurang fokus.

Mencetak slip gaji dalam jumlah banyak untuk beberapa karyawan bukan lagi masalah dengan menggunakan Aplikasi HRD. Fitur salary slip pada Aplikasi LinovHR dapat menyelesaikan permintaan slip gaji untuk karyawan.

Komponen gaji dan perhitungan pada payroll akan secara otomatis menghasilkan slip gaji. HRD tidak lagi perlu menginput atau memindahkan perhitungan ke dokumen atau spreadsheet terpisah dari payroll.

Slip gaji yang dihasilkan Aplikasi HRD dari LinovHR berformat PDF yang siap cetak. HRD pun tinggal mengirimkan PDF slip gaji ke karyawan melalui e-mail atau bisa mencetaknya langsung jika memang diperlukan dokumen fisik. Karyawan juga dapat menyimpan slip gaji tersebut lebih praktis di ponsel pintar mereka. 

Dengan demikian, proses penyusunan slip gaji jauh lebih gampang dan ringkas. Mudah sekali mencetak slip gaji menggunakan Aplikasi HRD dari LinovHR, bukan? Ingin merasakan kemudahan ini di perusahaan teman-teman? Hubungi LinovHR dan dapat kan uji coba gratis Software HRD terbaik!  

Semoga tulisan Aplikasi HRD untuk Mencetak Slip Gaji Otomatis ini bermanfaat ya teman-teman :)

29 komentar :

  1. Hihii, paling seneng tuh kalo ngurusin slip gaji anak2 di kantor. Kalo dunia digital mah dari dulu tinggal kasih soft filenya aja, meski mereka ga pernah minta. Terkecuali kalo butuh buat pengajuan barang/rumah/mobil suka pada minta ke aku. TApi untuk jaman now app hrd ini perlu banget, makin praktis, apalagi kalo karyawannya banyak.

    BalasHapus
  2. Wah asyik ya kalau ada aplikasi HRD seperti ini jadinya untuk perusahaan bisa meminimalkan pegawainya ya kalau ada aplikasi ini karena jenis pekerjaannya sudah dikerjakan aplikasi.

    BalasHapus
  3. aplikasi yang bakal memudahkan kerja bagian gaji nih..mengurangi human error

    BalasHapus
  4. Teknologi yang semakin canggih memudahkan kita untuk menyelesaikan apapun, apalagi untuk slip gaji para karyawan. Kesalahan dalam membuatnya pun sangat bisa diminimalisir bahkan bisa jadi menghindari kesalahan yang dilakukan manusia (human error)

    BalasHapus
  5. Wah tim HRD dan Human capital pasti terbantu bangeeettt dgn aplikasi ini.
    Penting nih, apalagi kalo karyawan banyaaakk bgt

    BalasHapus
  6. Jadi inget waktu pas kerja di HRD - Schneider kerjaannya nginput gaji karyawan, jadi tahu gaji semua karyawan di sana. Kalau ada aplikasi HRD dari LinovHR mungkin akan lebih mudah dan praktis ya. Karena format yang dihasilkan berupa pdf yang bisa dikirim ke email karyawan langsung.

    BalasHapus
  7. wah keren nih, kalau orang ada yang mau buka usaha bisa terbantu bnget pakai aplikasi ky gini, apalagi buat pengusaha2 newbie, pasti ngebntu banget

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu nih ada aplikasi ini. Bagus ya..sangat membantu memperlancar pekerjaan teman2 di sekretariat / tata usaha kantor..

    BalasHapus
  9. Aplikasi HRD untuk mencetak slip gaji ini harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Ini sebuah bukti valid bagi kedua belah pihak. Saya masih menyimpan slip gaji waktu kerja dulu #eh :)

    BalasHapus
  10. Bener bnaget mom meski slip gaji tuh cuma secuil tapi manfaatnya penting banget buat karyawan. Kita jadi tahu detil gaji dan potongan apa aja sih tiap bulannya hihihi.. biar enggak kebablasan kalo mau ngepos-ngeposin

    BalasHapus
  11. Aplikasi ini berguna banget buat perusahaan2 yang belum punya sistem yang baik ya.
    Beneran deh ngebantu kerjaan rutinnya HRD yang harus detil dan tepat waktu

    BalasHapus
  12. Semakin besar perusahaan, kalau semua masih manual akan berasa merepotkan dan makan waktu. Makanya penting ada aplikasi seperti ini.

    BalasHapus
  13. Memang banyak karyawan kalau harus cetak slip gaji secara manual bikin repot juga ya. Kalau udah ada aplikasi seperti ini pastinya banyak membantu. Meringankan juga ya Teh

    BalasHapus
  14. Iya juga ya, kalau cuma 1 pegawai yang minta slip gaji, masih tidak apa-apa. Kalau ada beberapa, pasti akan memakan waktu yang tidak sebentar jika dilakukan secara manual. Aplikasi HRD ini pasti sangat membantu sekali tugas HRD, jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  15. untuk mereka yag menjalani bisnis dan running an office, aplikasi seperti ini bakal membantu bangeet ya mba

    BalasHapus
  16. Saya yang awam jadi pengen tahu lebuh banyak soal aplikasi ini
    Sepertinya cocok buat bisnis suami yang abru dibangun

    BalasHapus
  17. Wuih, makin canggih dan praktis aja ya aplikasi-aplikasi saat ini. Gak hanya ke bidang hiburan aja kayak games kerasanya, bahkan dunia kerja, kayak aplikasi ini, semakin berkembang. Pastinya nih para pengusaha jadi terbantukan dengan aplikasi yang begini.

    BalasHapus
  18. wah ini bisa dipakai di kantor suami. Eh biayanya berapa ya mbak untuk pakai jasa aplikasi HRD untuk cetak slip gaji seperti ini?

    BalasHapus
  19. Semogaaaaa... Kelak bisa punya aplikasi ini ya Allah.. Artinya punya banyak karyawan kan hihi. Soalnya suami dan saya juga bukan orang kantoran sih 🤭

    BalasHapus
  20. Kalau masih manual agak repot memang ya mbak apalagi kalau karyawannya banyak, nah jadi solusi di hampir semua perusahaan ini aplikasi untuk mencetak slip gaji otomatis

    BalasHapus
  21. Mantap nih mbak ada aplikasi HRD terbantu banget buat aku yang memulai usaha dan berencana memiliki karyawan jadi urusan slip gaji lebih praktis

    BalasHapus
  22. Baru tau banget ada aplikasi canggih begini, teh Ida.
    Penting slip gaji ini. Sebagai bukti tanda terima yang sah dari kantor untuk pegawainya.

    BalasHapus
  23. Kalau ada aplikasi seperti ini makin mempermudah teman2 HRD untuk ngasi slip gaji yang dibutuhkan oleh rekan2 kantornya ya mbak. Sekarag rata2 emang apa2 perlu slip gaji, salah satunya pas ambil rumah hehehe

    BalasHapus
  24. Bagus inovasinya, urusan penggajian memang lebih baik dikerjakan oleh aplikasi karena terkadang faktor human error merugikan karyawan.

    BalasHapus
  25. Jadi inget pas zaman masih kerja, saya paling rajin nanyain slip gaji dan ngumpulin, penasaran aja sama rinciannya

    BalasHapus
  26. Asing sih mba di telinga saya tentang aplikasi ini. Tapi dengan adanya alikasi ini kjadi memudahkan banget ya

    BalasHapus
  27. Teknologi Informasi nih bikin semua urusan jadi lebih mudah yaa mbak. Salah satunya ya urusan cetak slip gaji gini, bisa memberikan kemudahan bagi pihak kantor. Dari yang biasanya dilakukan secara manual.

    BalasHapus
  28. Baru tau ada aplikasinya.sejauh ini sy kira bentuknya program aja di pc.

    BalasHapus
  29. Sekarang udah ada aplikasi beginian nih, keren jaman dulu masih bikin sendiri kalau ngantor mba. Kebetulan aku bagian keuangan. Emang ya teknologi sekarang keren-keren

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^