blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

7 Sep 2020

Pengalaman Berumroh dengan Paket Umroh Madinah Iman Wisata

Paket Umroh


Pengalaman Berumroh dengan Paket Umroh Madinah Iman Wisata  Senang sekali mendengar kabar bahwa jamaah umroh dari Indonesia sudah bisa diberangkatkan lagi mulai bulan Januari 2021 nanti.  Apalagi teman-teman yang dulu terhambat pergi berumrah karena adanya wabah korona covid-19 tentu akan lebih senang sekali.


Berumroh dengan Paket Umroh Madinah Iman Wisata


Jadi teringat dengan pengalaman berumroh pada tanggal 24 Februari 2020 sampai dengan 3 Maret 2020 yang lalu.  Saat itu saya mengambil Paket Umroh Madinah Iman Wisata atas rekomendasi teman-teman yang pernah mengambil paket umroh MIW itu.

Dari segi harga memang paket umroh Madinah Iman Wisata tidak murah, tapi katanya nyaman dan worth it kalau dibandingkan dengan paket selevel dengan fasilitas seperti hotel bintang lima di Mekah.  Berbekal rekomendasi dari teman-teman akhirnya kami (saya dan suami) memutuskan berangkat dengan menggunakan Paket Umroh Madinah Iman Wisata.

Bukan karena banyak uang, tapi saya betul-betul ingin membersamai suami dalam perjalanan kali ini.  Insya Allah saya yakin sekali dengan janji Allah SWT di dalam sebuah hadist yang isinya Allah SWT akan mengganti biaya umoh yang kita keluarkan.

"Orang yang melaksanakan haji dan orang yang melaksanakan umroh adalah tamu Allah SWT.  Allah SWT akan memberi apa yang mereka minta, akan mengabulkan do'a yang mereka panjatkan, akan mengganti biaya yang telah mereka keluarkan, dan akan melipat gandakan setiap satu dirham menjadi satu juta dirham." (HR Al Fakihani)

Masya Allah.., sebuah janji yang luar bisa ya, dan sebagai orang yang beriman kita pasti yakin bahwa Allah SWT tak akan pernah mengingkari janji Nya.

Setelah berbagai persyaratan dipenuhi dan melunasi biaya umroh akhirnya kami dipersilakan mengambil perlengkapan umroh di kantor Madinah Iman Wisata cabang Bandung yaitu di Jalan BKR No 19 D Bandung.

Pentingnya Niat Umroh dan Menjaganya


Masih ingat hari itu tanggal 15 Februari 2020 saya dan suami diundang ke Hotel Noor untuk mendapatkan manasik umroh.  "Penyampaian Bimbingan Teknis Manasik Umroh" demikian agenda undangan itu. Di sana kami semua mendapatkan bimbingan umroh dari ustadz pembimbing yaitu Ustadz Eko Budi Hartomo.

Alhamdulillah selain tata cara berumroh sesuai dengan sunnah, kami diingatkan betul tentang pentingnya niat, pentingnya menjaga niat  dan hal hal-hal yang mengurangi pahala bahkan merusak umroh kami.  Ruhiyah kami betul-betul disentuh.  Tentu saja kami senang diingatkan seperti itu, karena tak ingin dong sudah mengeluarkan uang banyak, tapi pahalanya hilang karena riya atau salah di dalam niat.

Persiapan umroh pun kami banyak dibantu, termasuk saat suntik meningitis kami dibantu didaftarkan bahkan dibersamai.  Untuk yang kesulitan uang Riyal, customer service MIW juga menawarkan fasilitas penukaran uang.  Bagi  yang kesulitan paket internet juga kami ditawari paket internet yang bisa digunakan di sana.  Hal-hal kecil yang untuk orang-orang tertentu mungkin ini adalah sebuah kemudahan.

Di bis menuju Bandara Soekarno Hatta

Akhirnya tibalah saat yang betul-betul kami nantikan, 24 Februari 2020 sebelum shubuh kami sudah berada di titik keberangkatan dari Bandung yaitu di Masjid Trans Studio Bandung.  Senangnya menunggu di masjid, menanti waktu keberangkatan bisa kami isi dengan sholat dan bermunajat kepada Allah SWT.

Setelah berbagai seremoni pelepasan jemaah umroh, kami pun siap berangkat dengan menggunakan bis yang nyaman menuju Bandara Soekarno Hatta. Menanti keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta, kami dijamu makan siang di salah satu rumah makan yang ada di dalam bandara.

Singkat cerita, setelah melewati perjalanan panjang di pesawat, kami singgah di Abu Dhabi.  Kami melakukan persiapan miqat dengan mengganti pakaian dan menggunakan baju ihram karena akan mengambil miqat di pesawat saat melintasi Qarnulmanazil.


Bersiap Miqat di Pesawat

Tiba di Mekah, kami sampai di Hotel Hilton tempat kami menginap, istirahat sebentar sholat makan dan mempersiapkan diri untuk berumrah.  Kami diingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan niat umrah kami seperti menggunakan wewangian.  Jadi saat mencuci tangan saya pun tidak menggunakan sabun.


Fasilitas yang Nyaman dan Kehusyuan dalam Beribadah


Berumroh dan berhaji memang lebih asyik di saat masih muda, karena tenaga masih kuat hingga bisa puas beribadah di sana.  Untungnya mengambil paket umroh di Madinah Iman Wisata ini karena tempat menginap cukup dekat dengan Masjidil Haram jadi tidak perlu terlalu capek saat harus bolak-balik hotel dan Masjidil Haram untuk beribadah.

pemandangan di balik jendela kamar, pelataran Masjidil Haram


Jamuan makan berlimpah buah-buahan juga sangat membantu kami tetap sehat dan fit.  Karena perbedaan cuaca yang cukup ekstrim dengan di tanah air biasanya banyak yang terserang flu di sana.  Menu makanan di Hotel Hilton juga sangat Indonesia hingga lidah ini tidak perlu kesulitan beradaptasi.

Saat di Indonesia kami dijanjikan sekamar berempat, alhamdulillah pada kenyataannya para jemaah perempuan mendapatkan kamar untuk bertiga.  Saya mengambil tempat tidur di sisi dekat jendela, di sana bisa asyik memandangi pelataran Masjidil Haram yang terlihat begitu jelas.

Suasana kamar untuk bertiga di Hotel Hilton


Kenyamanan fasilitas saat beribadah umroh sangat berpengaruh pada kekhusyuan kami beribadah.  Alhamdulillah diundang Allah SWT dengan fasilitas yang lumayan wah. Ini sangat berpengaruh pada prosesi ibadah kami di sana. Kami jadi tidak terlalu lelah dan tubuh pun menjadi fit karena hidangan makanan yang sehat dan bergizi.

Tentu saja jangan lupa hal yang penting yang satu ini, yaitu berdo'a agar dilancarkan dan diberi kemudahan, kekhusyuan dan kenikmatan saat beribadah umroh serta bisa kembali ke tanah air dalam kondisi sehat dan selamat dengan mendapatkan umroh yang mabrur.

penulis berfoto di pertokoan tempat Museum As Sahabaah



Mengambil Hikmah dari Tempat-Tempat Bersejarah


Selain beribadah secara ritual, kami pun mendapat hidangan wisata religi ke tempat-tempat bersejarah.  Dengan dibimbing muthawif atau pembimbing umroh yang tinggal di Mekah kami mendapat banyak penjelasan tentang tempat-tempat yang kami singgahi.

Museum As Sahaabah, Jabbal Rahmah, Almaodi Museum, Masjid Kuba, Bukit Uhud, dan beberapa tempat wisata religi bersejarah lainnya di Mekah dan Madinah yang kami kunjungi.  Melalui tempat-tempat yang kami kunjungi ini kami banyak sekali mendapat wawasan baru dan semangat baru.

Kisah perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat di mulai dari Mekah dan kemudian berhijrah ke Madinah sampai meraih kemenangan kami dapatkan di Musem As Sahaabah.  Kondisi sosial budaya dan sejarah bangsa Arab dari masa ke masa kami dapatkan saat berkunjung ke Museum Almaodi. Kisah heroik perjuangan para sahabat dan pelajaran berharga tentang ketaatan kami dapatkan saat berkunjung ke Bukit Uhud.

Kami juga berkesempatan untuk mengunjugi pabrik atau percetakan Al Qur'an terbesar di dunia.  Saat pulang dari percetakan kami dioleh-olehi Al Qur'an.  Ya setiap pengunjung yang datang ke percetakan itu mendapatkan satu al qur'an.  Alhamdulillah.

Bersama Muthawif bada shalat ashar mengitari tempat2 bersejarah di sekitar Masjid Nabawi 


Di Madinah saat akan mengunjungi Raudhah kami diberi pembimbing khusus perempuan yang mukim di Madinah.  Senang sekali beliau banyak memberikan banyak informasi tata cara beribadah di Raudhah ini.  Karena tempat ini sangat terbatas dan berdesakan jadi diperlukan pembimbing khusus yang paham dan mengetahui trik dan tipsnya.

Raudhah memang sangat istimewa, merupakan taman surga Allah yang dikirim ke dunia.  Sangat istimewa sehingga banyak jemaah yang sabar menanti untuk bisa beribadah di dalamnya. Saat beribadah di Masjid Nabawi pahala sholat dilipat gandakan 1000 kali lipat dibanding masjid lainnya kecuali Masjidil Haram 100.000 kali lipat. Ibadah di Raudhah ini pahala dilipat gandakan menjadi tak terhingga ... Masya Allah...

Tempat yang di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga (HR Bukhari)

Berbekal pengalaman serta tips dan trik dari ibu pembimbing kami, alhamdulillah keesokan harinya bisa lebih puas lagi berdo'a di sana.  Masya Allah... air mata tercurah deras berdo'a begitu dekat dengan makam Rasulullah SAW.

Hal yang harus diperhatikan beribadah di sini, meskipun bisa sangat nikmat tapi kita harus memperhatikan durasi, jangan egois, perhatikan hak orang lain, terlebih untuk perempuan karena waktunya dibatasi.  Kalau laki-laki dibuka 24 jam, kalau untuk perempuan dibuka saat waktu dhuha, shalat dzuhur dan shalat isya.

Sungguh sebuah perjalanan wisata ruhani yang luar biasa, bersyukur sekali semuanya bisa berjalan dengan lancar dan memuaskan.  Bahkan saat sampai kepulangan ke tanah air pun kondisi kami masih tetap cukup segar.  Alhamdulillah ternyata kenyamanan akomodasi maupun hotel sangat berpengaruh pada fisik dan mental kami.

Alhamdulillah ..membeli paket umroh di Madinah Iman Wisata juga memberi ketenangan dan kenyamanan karena MIW berani mengambil resiko rugi dengan membeli tiket pesawat ke maskapai, memesan hotel di Mekah dan Madinah sebelum paket umroh dijual ke calon jemaah umroh. Jadi bisa dipastikan insya Allah akan berangkat sesuai jadual yang sudah ditetapkan.

Tips Memilih Paket Umroh


Dari pengalaman berumroh dengan Madinah Iman Wisata ini bisa disimpulkan tips untuk memilih travel umroh itu antara lain:


  • Memilih travel umroh yang sudah resmi terdaftar
  • Pastikan mendapatkan jadual keberangkatan yang sudah jelas
  • Jangan mudah tergiur dengan harga yang jauh lebih murah
  • Mengetahui tentang riwayat travel tersebut


Duh menulis ini semua jadi membuka kenangan nikmat dan  indah saat-saat berumroh.  Semoga Allah SWT mudahkan untuk kita semua bisa kembali lagi berumroh ya.  Aamiin Allohumma Aamiin.

Protap Umroh di Masa Pandemi


Semoga kita dimudahkan bisa berumroh ya teman-teman, walaupun di masa pandemi tetap umroh bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat tentu saja.  Bagian penanganan haji dan umroh sudah mengatur sedemikian rupa sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

Pengaturan itu berupa:

Pintu masuk dan keluar akan dipisah, pintu masuk tawaf bagi mereka yang ber ihram di dekat kabah masuk dari pintu 89-93 dan keluar dari Ajyad.

Melalui cek suhu apabila lebih dari yang ditentukan tidak diperkenankan masuk.

Disediakan tempat mencuci tangan, semua jamaah harus bermasker.

Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf dengan dibatasi hanya 3 lajur tawaf yang masing-masing lajur 300 orang.

Selesai Sa'i akan diarahkan keluar dari Marwa.

Hari Jum'at kota Mekah akan ditutup untuk penduduk lokal kecuali yang mendapat tashrih.

Masjidil Haram dibuka 1 jam sebelum shubuh dan ditutup setelah shalat isya.


Nah teman-teman semua semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Pengalaman Berumroh dengan Paket Umroh Madinah Iman Wisata bermanfaat ya.  O ya, mungkin teman-teman ada yang memerlukan informasi lebih jauh tentang paket umroh yang saya rekomendasikan ini.  Silakan mampir ke media sosialnya:


Instagram :  @miwtravelofficial (IG baru karena yang sebelumnya di hack)
FB   : Madinah Iman Wisata
Web: miw.co.id

98 komentar :

  1. Semoga bisa berkunjung ke tanah suci kembali... rindu tanah suci.
    ( al fattah 90 )

    BalasHapus
  2. subhanallah cerita perjalanan umrohnya sangat indah mbak...semoga saya juga bisa berkunjung ke rumah Allah suatu saat nanti...aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin...turut mendoakan.
      Juga berdoa untuk diri saya sendiri dan keluarga..pengen banget ke sana Ya Allah..

      Hapus
  3. Harus hati-hati ya, Teh untuk memilih travel untuk umroh. Travelnya harus yang terpercaya dan resmi terdaftar.
    Mudah-mudahan saya juga bisa beribadah di tanah suci. Aamiin

    BalasHapus
  4. RINDUUU BANGEETTT bisa ke Makah Medinahhh
    Ya ALLAH, semoga 2021 kita semua bisa umroh sekeluarga ya mbaaa
    aamiin aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus
  5. waa senangnya teeeh, pengen banget ngeberangkatin keempat orang tua aku juga ih buat umrooh, semoga ada rejekinya niih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian sama Demianhya juga kalau bisa, seru umroh sekeluarga ya. Suka terharu baca-baca cerita umroh gini

      Hapus
  6. Masya Allah masih diberikan kesempatan ya mbak ke tanah suci sebelum ditutup kemarin ini. Terharu aku kalau baca perjalanan umnrih atau haji, pingin segera bisa ke sana juga, doakan ya. Nanti pilih paket umroh yang terpercaya kaya Madinah Iman Wisata

    BalasHapus
  7. Teh, aku jadi tambah mupeng mau ke Mekah. Betapa indah bisa bersujud di Masjid al-Haram. Semoga segera pulih ya negara dari wabah, dan diberi rezeki bisa umroh. Asal ga murahan malah terjadi penipuan. Kudu cek dari testimoni atau protofolio mereka ya Teh.

    BalasHapus
  8. Mbaaaa, beneran ini bikin iri.. :D Alhamdulillah ya baca tulisan Mba ini kayak dapat udara segar hihihi Kalau umrah akan dibuka bulan Oktober nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku pun ikutan iri. Semoga keran untuk ibadah umroh benar benar dibuka di Oktober ini. Semoga pandemi lekas usai juga. Aamiin.

      Hapus
  9. Kamar hotelnya kelihatannya nyaman sekali yaa mbak. Aih..saya juga punya impian bisa umroh bareng keluarga nih. Semoga bisa segera terkabul. Aamiin..

    BalasHapus
  10. Semoga yang punya rencana berumroh bisa mendapat kemudahan berangkat di pembukaan Oktober 2020 ini ya Mbak.... Semoga pandemi juga segera berakhir....

    BalasHapus
  11. Selalu tergetar rasa hati ini setiap kali membaca artikel yang membahas umroh dan haji mba. Semoga getaran hati ini pertanda segera diijabah Allah untuk bisa mengunjungi Baitullah dalam waktu tak lama lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah mbak alhamdulillah udah umrah, bisa ke tanah suci dan melihat kakbah langsung. AKu berharap juga ada kesempatan dan rezeki ke sana kelak.
    Bener kalau umrah kudu cari travel yang amanah dan berpengalaman ya mbak.

    BalasHapus
  13. MasyaAllah jadi kangen pengen Umrah mba. Senang sekali jika Allah mampukan kita yaaa. Aamiin

    BalasHapus
  14. Aamiin...
    Semoga dimudahkan dan dilancarkan juga dijaga selalu niat untuk bersungguh-sungguh berangkat ke Baitullah.
    Barakallahu fiikum, teh Ida dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travel yang terpercaya akan meringankan kita agar beribadah dengan bersungguh-sungguh saat di Baitullah.
      Semoga Oktober jamaah bisa beribadah lagi ke rumahMu ya, Allah...
      Aamiin~

      Hapus
  15. Masya Allah nyaman banget ya mba. Ya allah jadi pengen umroh bareng suami juga. Doakan ya mba. Smoga bisa kesana juga seperti mba ida

    BalasHapus
  16. Semoga bisa berkunjung dan beribadah di sana juga. Kalau pilih travel umroh maupun haji memang wajib banget tahu riwayatnya gimana. Jangan sampai tergiur murah dan akhirnya gak beres

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah yaa..
    Akhir tahun lalu baru Menerbangkan Mamaku ke sana, semoga aku bisa menyusul berkunjung ke sana. Meski beberapa kali gagal dan memang belom ada keinginan yang pas dan bersahabat antara waktu, keuangan dan keinginan.

    Tetep harus pilah2 travelnya ya teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga teh Nchie di segerakan juga ya biar kayak teh Ida bisa segera menginjakan kaki ke tanah suci :)

      Hapus
  18. Alhamdulillah ikut senang
    karena sekarang jangankan haji, umroh aja udah nggak mungkin
    masih nunggu coronces berlalu
    tapi kapan itu ya kita terus berdoa saja

    BalasHapus
  19. MasyaAllah pengin deh kesana, mudah-mudahan Allah mampukan saya.
    Aamiin
    Selamat yaa mbaaa. Mudah-mudahan bisa kesana lagi hehee

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah ikut seneng saya bacanya Mbak, doakan saya juga bisa ke sana ya. Mama sama adik pake travel yang beda, banyak cerita jadinya tentang kelebihan dan kekurangan. Pilih travel yg bagus saat umroh memang harus jeli.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah perjalanan berumrohnya dimudahkan bersama Paket Umroh Madinah Iman Wisata ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan luar biasa ya.
      Saya merinding dengan hadits ini
      "Orang yang melaksanakan haji dan orang yang melaksanakan umroh adalah tamu Allah SWT. Allah SWT akan memberi apa yang mereka minta, akan mengabulkan do'a yang mereka panjatkan, akan mengganti biaya yang telah mereka keluarkan, dan akan melipat gandakan setiap satu dirham menjadi satu juta dirham." (HR Al Fakihani)


      masya Allah ya keistimewaan berhaji dan umroh itu.

      Hapus
  22. Masha Allah, jadi ikutan bahagia bacanya.
    Dan berharap semoga suatu saat saya atau lebih-lebih mama saya bisa berumroh, karena itu impian beliau banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips memilih travelnya mantap banget tuh, kudu yang terdaftar kadang orang tuh direkrut langsung di rumah masing-masing oleh travel abal-abal.
      Setidaknya kalau tahu tipsnya, mini penipuan :)

      Hapus
  23. Masya Allah, mba Idaaaa
    daku rinduuu banget beribadah di Mekkah dan Madinah
    Semoga 2021 ada rezeki sekeluarga
    Aamiin aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus
  24. Duh jadi pengen berumroh hehe semoga dimampukan..apalagi bosa bareng keluarga ya..

    BalasHapus
  25. Kangen ke Harom, sudah 10 tahun silam. Mba Ida ksana sebelum pandemi yah. Alhamdulillah banget masih rejeki banget ya mba. Inshaa Allah bisa kesana lagu.. Aamiin YRA

    BalasHapus
  26. Aku dengar udh bisa UMROH lagi ya di bulan oktober? but, anyway...apakah PSBB di ibukota yang kembali ada,,akan membuat ditundanya UMROH ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket dan penawaran umroh skg bermacam-macam, tggal gmna qt memilih sesuai kebutuhan

      Hapus
  27. Wajahnya berseri-seri mba, pasti bahagia banget ya ke sana

    BalasHapus
  28. Bismillah, pingin banget umroh sekeluarga. Semoga diberi kesempatan ke tanah suci Mekkah bersama keluarga. Btw ibuku saat ini menunggu jadwal haji nih. Kalau umroh sudah 3tahun lalu.

    BalasHapus
  29. Sedih saat Idul Adha lalu jamaah Indonesia gak jadi berangkat karena pandemi. Semoga aja bisa segera mulai umroh lagi. Tetapi, tentunya cari yang bisa dipercaya agen perjalanannya

    BalasHapus
  30. MashaAllah teh, sungguh damai membaca tulisan ini, saya merasa ikutan umroh juga lho, karena teh ida menulisnya dengan runut dan jelas sehingga saya terbawa emosi seakan berada disana juga.. bismillah semoga saya bisa segera melaksanakan ibadah umroh juga

    BalasHapus
  31. Baca pengalaman umroh teman-teman gini, dalam hati terus berdoa semoga diberikan kesempatan sama Allah SWT, biar dimudahkan rezeki supaya bisa berangkat umroh.

    BalasHapus
  32. Subhanallah.. membaca post ini kerinduan itu menyeruak hadir. Ya Allah, semoga Kau izinkan kami berkunjung kembali menjadi tamu-Mu di dua kota suci. Aamiin..

    BalasHapus
  33. Hai Mba, alhamdulillah bersyukur banget kayanya Mba termasuk kloter terakhir sebelum umroh ditutup karena covid ya. Ohya, suamiku pas Mba berangkat dia pulang ke Indonesia, hihi.

    Denger ceritanya yang belum pulang udah rindu Mekkah Madinah itu bikin aku mupeng kuadrat ;( Semoga dimudahkan Alloh niat ini

    BalasHapus
  34. Kebahagiaan tiada Tara bagi yang meyakini, bisa beribadah di Raudhah. Semoga mendapatkan pahala tidak terhingga... Aamiin...

    BalasHapus
  35. Keluhan adikku di umroh travel lain makanannya gak enak, hambar dan kurang bervariasi. Dijanjiin satu kamar satu keluarga dapetnya malah kepisah. Complain, malah disuruh bayar biaya tambahan padahal di awal mereka udah janjiin satu kamar sekeluarga. 😅 Memang harus hati-hati pilih travel yg bagus juga ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih banyak banget yg gak sesuainya ya.
      Banyak menjanjikan ini itu tapi nyatanya bikin jemaah kecewa ya, Mbak. Semoga nih ga berjodoh dengan travel umroh macam gitu

      Hapus
  36. Ternyata hal yang bisa mengendurkan niat kadang sesepele menggunakan wewangian ya Mbak. Tiba-tiba saya ingat kasur juga. Aduh kasur empuk bisa bikin badan cepat bugar tapi juga bisa bikin pengen lama-lama.

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah sudah merasakan umroh ya mba itu waktunya pas pula dengan dimulainya pandemi di Indonesia, semoga yang umroh di bulan Oktober nanti dimudahkan dan tidak diundur lagi ya

    BalasHapus
  38. waaa udah mulai bisa umroh yaaa, semoga yang umroh di kondisi pandemic seperti ini diberi kelancaran dan keselamatan yaaa hihihi

    BalasHapus
  39. Sekarang sudah bisa umrah ya? Wah ini kabar baik nih karena seharusnya tahun ini mertuaku juga umrah, namun sempat tertunda karena pandemi, kan. Semoga umrah di masa ini diberi kemudahan ya dan keselamatan juga. Aku nanti mau info ke mertua ah kalau umrah sudah bisa lagi.

    BalasHapus
  40. Dilema juga ya teh..satu sisi seneng banget kalo bulan depan umroh udah mulai dibuka lagi. Satu sisi masih agak waswas dengan situasi pandemic yang belum benar2 kondusif. Dan saya berdoa semoga kita semua diberi kesehatan dan rezeki supaya bisa ke tanah suci lagi bareng travel umroh rekomendasi teh Ida

    BalasHapus
  41. Bulan depan sudah buka ya teh semoga aku bisa nyusul juga ke sana sama keluarga aamiin aku juga udah baca2 tentang MIW ini yang bikin keren karena insyaAllah PASTI ya teh

    BalasHapus
  42. masya allah tabarakallah ssemoga sayadisegerakan bisa umroh, aamiin

    BalasHapus
  43. Senang banget ya bisa menunaikan ibadah ya mbak. Semoga banyak yang beruntung juga bisa berumroh.

    BalasHapus
  44. Selamat ya mbak sudah berangkat umroh semoga aku dan keluargaku bisa menunaikan ibadah ini dan tentunya ingin punya fasilitas nyaman yang bikin nyaman dan ibadah juga lancar

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah mendapatkan hal-hal baik selama umroh ya Mba. Berkat penanganan biro umroh yang oke seperti MIW ini. Ibu saya juga mendapatkan perjalanan umroh yang nyaman dan aman berkat MIW nih.

    BalasHapus
  46. Barokallah ya Mbak Idah, berkah anak cucu umrohnya. Mamak saya pengen banget umroh etapi belum kesampaian hingga saat ini.

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah Semoga bisa lekas berumroh ya Teh, apalagi yang sudah menabung. Pasti rindu ke tanah suci.

    BalasHapus
  48. Baca pengalaman teh Ida umroh jadi makin pengen umroh nih sama keluarga, semoga dalam waktu dekat saya bisa umroh huhu pengen banget ke Baitullah.

    BalasHapus
  49. mudah2an setelah corona kita semua dapat panggilan ke rumah Allah di sana ya, mbak.. aamiin rindu sekali berkunjung ke mekkah dan madinah, tentram sekali di sana.

    BalasHapus
  50. MasyaAllah menetes air mata terasa ingin bisa ke sana ya Allah.

    BalasHapus
  51. langsung inget mbahnya anak2, beliau jual rumah utk bisa haji. minimal dapet umroh deh krn usianya sdh 70-an. eh, malah pandemi. semoga beliau masih diberi kesempatan oleh Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah.... Mbrebes mili mocone.
      Insya Allah niat Mbah buat buat berhaji atau berumroh sudah dicatat oleh Allah, dan diberikan jalan kemudahan.

      Hapus
  52. Suka terharu kalau baca-baca perjalanan dan pengalaman berumroh seseorang.

    Dan bicara tips memilih travel umroh, sangat penting sekali agar tak kena tipu seperti dalam film Mekah I'm Coming (2020).

    BalasHapus
  53. Masya Allah, lihat foto-fotonya bikin adem dan membangkitkan semangat untuk buat yang kuat bahwa suatu saat insya allah bisa beribadah umroh, aamiin

    BalasHapus
  54. Masya Allah Mba. Alhamdulillah sempat berumroh dengan MIW Travel pula di tahun ini.


    Semoga saya dan keluarga juga diberi kesempatan untuk umroh juga.

    BalasHapus
  55. Masyallah saya terharu mbak kalau membahas tentang Baitullah.semoga ada rejeki untuk aku Dan sekeluarga bisa umroh juga Aamiin

    BalasHapus
  56. Sudah ada ya mbak yang berumroh dari Indonesia? Ah, coba ada vlog yang lagi umroh. Seperti apa ya umroh saat pandemi ��

    BalasHapus
  57. Aku pernah keluar di pintu Marwa, Teh trus bingung nyari jalan ke hotel :D Iya, itu pas sendirian, nggak sama rombongan. Tapi senengnya, langsung nemu toilet. Abis itu baru deh nyari jalan ke hotel :D

    BalasHapus
  58. Wah, nyaan banget ternyata ya layanan dan fasilitas yang diberikan MIW travel ini. Kudu begini nih kalo memilih travel dan paket umroh. Yang memprioritaskan kenyamanan jamaah dalam beribadah. Bukan fokus ke harga yang ditekan di sana sini. Malah jadi seadanya ya pelayanan yang begitu mah.

    BalasHapus
  59. Wah teh Ìda kemarin umroh dengan MIW travel
    Rekomendasi terpercaya nih sebab pengguna langsung

    BalasHapus
  60. Alhamdulillah ya Allah,
    Senang ngliatnya,
    Semoga mba sekeluarga diberi umur panjang dan Berkah hidupnya 🤗🙏

    BalasHapus
  61. Masyaallah, asyik banget mba bisa Umroh di Hotel Hilton. Dulu saya 1km hotelnya dari Masjidil Haram. Pengen juga lain kali bisa di Hotel Hilton. Bismillah bisa ke sana lagi dan Allah mudahkan.

    BalasHapus
  62. Benar banget kak asal ada niat pasti ada jalan apalagi ini perintah ibadah dari Allah jadi tetap semangat dan terima kasih reviewnya

    BalasHapus
  63. Dulu sempat dua kali ditawari umroh, pas pertama pas lulus kuliah, eh batal karena tumburan waktunya tu pemberkasan pengangkatan. Kedua, istri keburu hamil. Jadi ora wani.

    Semoga bisa kesampaian umroh

    BalasHapus
  64. Dengan paket umroh yang tepat dan dipandu dengan travel yang tepat. Ibadah ke tanah suci makin khusyuk dan nyaman

    BalasHapus
  65. MasyaAllah baca ceritanya bikin kepengin segera merasakan juga nih Mbak. Bersyukur banget ya bisa mendapatkan travel yang terpercaya jadi semua fasilitas yang didapat bisa memuaskan dan menjalankan ibadah dengan nyaman juga tenang. ijin simpan link nya ya Mbak, terima kasih.

    BalasHapus
  66. Masyaallah indah banget ceritanya...bikin saya mupen penegn segera jadi tamu di Al Haram..ya Allah undanglah saya secepatnya untuk beribadah di Mekkah.. aamiin...

    BalasHapus
  67. Semoga kita semua dimudahkan untuk menuju rumah Allah baitullah ya kak, tentu harus bersama tour and travel yg terpercaya

    BalasHapus
  68. Pengalaman yang memberikan banyak manfaat. Mdahan2 Allah memberikan kesempatan esoknya kepada kami

    BalasHapus
  69. Kangen bangeettttt bisa berkunjung ke sana lagi, semoga terbuka banyak kesemaptan dan kemampuan utk ke sana sesering mungkin, aamiin.

    BalasHapus
  70. Doakan ada keajaiban dari allah saya bisa umroh bersama suami atau ibu ya mba. Cita-cita terdalan

    BalasHapus
  71. Senengnya bisa umroh sebelum pandemi, teh.
    Jadw umroh saya sama suami dipending entah sampai kapan.
    Semoga akhir tahun ini. Aamiin ya Allah...

    BalasHapus
  72. Ikut seneng liat teteh umrohnya lancar dan fasilitas hotelnya juga bagus, makasih rekomendasi nya

    BalasHapus
  73. Masha Allaaahh, kangennya ya bisa umroh dengan tenang dan nyaman, tanpa was-was dengan virus.
    apalagi dengan membaca pengalaman Mba ini, jadi pengen lebih banyak berdoa, biar mama saya bisa umroh seperti impiannya, aamiin :)

    BalasHapus
  74. MasyaAllah baca ini membuat saya rindu ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, berlama-lama depan Ka'bah. Semoga pandemik segera berlalu dan Allah SWT undang kami sekeluarga ke Baitullah. Aamiin

    BalasHapus
  75. Wah asik ya klo biro travelnya sangat peduli dengan kenyamanan jamaah begini. Bahkan untuk hal2 kecil seperti penukaran uang dan kebutuhan internet pun bisa dibantu oleh mereka. Jadi kita benar2 tinggal meluruskan niat dan khusuk beribadah disana saja. Keren banget.

    BalasHapus
  76. Pengalaman yang sangat menarik mba, terima kasih sudah membagikannya disini yah.. ^_^

    BalasHapus
  77. Informasi nya lengkap ni... berguna buat ku yang belum pernah umroh L( semoga ku segera di manpukan yaa makasi mbaa

    BalasHapus
  78. Makasih mbak info dan rekomendasinya. Pilih TRAVEL yang terpercaya biar aman. Sip.

    BalasHapus
  79. Kapan yaaa bisa umroh ke sana? Makasih iming2nya mbak. Bikin semangat niat untuk umroh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera diberikan kelancaran dan kemampuan untuk bisa umroh ke tanah suci.

      Hapus
  80. ya ampun liat foto-foto and baca tulisanmu bikin pengen umroh deh teh, semoga yaa kalo pandeminya mereda dan udah ada vaksinnya, kita bisa umroh kembali

    BalasHapus
  81. Masyaallah jangan sampai pilih travel untuk umroh itu penting bangeet ya. Makasih mba sharingnya. Jadi tau nih mesti hati-hati untuk mencari travel umroh

    BalasHapus
  82. Jd pas bgt beberapa hari sblm himbauan utk stay at home ya Mba. Memang nih dirindukan sekali Tanah Suci dan semoga rencana Januari 2021 sudah mulai dibuka juga. Anyway kamar hotelnya nyaman sekali, untuk istirahat jd nyaman, thanks pengalaman pilih travelnya Mbak bs jd referensi mungkin suatu saat sy butuh

    BalasHapus
  83. Subhanallah rasanya ikut lega lihat perjalanan umrohnya lancar dan fasilitas nya bagus, memilih travel umroh harus tahu yang mana yang bagus makasih infonya

    BalasHapus
  84. Memilih fasilitas umroh memang tak kalah pentingnya ya mba, agar ibadah tetap berjalan dengan baik

    BalasHapus
  85. saya umroh bulan 7 tahun 2019 kemaren, arab saudi lagi musim panas2nya, umroh bersama2 teman2 kantor, kebetulan bos perusahaan punya agenda mengumrohkan karyawannya yang memiliki waktu kerja di atas 5 tahun, kami cukup beruntung, karena tahun berikutnya tahun 2020, bos untuk sementara menutup program umroh tahunannya sampai covid benar2 bersih..hehehe

    BalasHapus
  86. saat membaca tulisan ini, aku jadi merasa makin ingin buat berkunjung ke rumah Allah, beribadah dan merasakan kedekatan lebih intim dengan Rabb di sana

    BalasHapus
  87. terakhir umroh udah lama banget nih, pas tahun 2016. semoga nanti diberikan rejeki yang cukup untuk memberangkatkan aku dan keluarga kecilku umroh.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^