blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Okt 2020

Sekolah Online New Normal Pendidikan



Sekolah Online New Normal Pendidikan   Kehidupan yang akan datang hanya Allah SWT lah yang tahu, tidak ada yang menyangka bahwa di awal tahun 2020 ini akan terjadi pandemi covid-19.  Pandemi yang banyak mengubah tatanan kehidupan masyarakat di bumi ini.  Pandemi membuat rumah ibadah ditutup, haji di Indonesia ditiadakan, tempat wisata ditutup bahkan sekolah-sekolah pun ikut ditutup.

Pandemi covid 19 ini telah membuat pemerintah Republik Indonesia menutup sementara aktivitas pembelajaran di ruang kelas hingga Desember 2020.  Ini pun bisa jadi diperpanjang mengingat sampai bulan Oktober ini kurva pandemi terus menanjak bahkan belum mencapai puncaknya. Sekolah online memang betul-betul menjadi satu-satunya solusi agar pembelajaran anak-anak tetap berlangsung.

Sekolah online sekarang menjadi trend karena keadaan yang memaksanya.  Pihak sekolah, guru, murid, orang tua dipaksa untuk beradapatasi dengan situasi new normal dengan memanfaatkan teknologi era 4.0 saat ini.

Solusi yang memang bukan tanpa masalah sepertinya, karena banyak permasalahan sebagai dampak diberlakukannya sekolah online ini.  Dari masalah mulai kuota terbatas sampai tensi murid dan orang tua yang meningkat akibat sistem sekolah online yang dirasakan memberatkan ini.

Ya, memberatkan karena murid merasakan sekolah online ini terlalu banyak menekan murid dengan tugas yang menumpuk.  Selain oleh guru anak-anak pun ditekan orang tua karena guru atau pun pihak sekolah meminta orang tua berperan aktif membantu dan mendampingi anak-anaknya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia sampai turun tangan meminta kepada para pemangku kepentingan di pendidikan agar membangun rambu-rambu untuk para guru supaya sekolah online ini berjalan dengan menyenangkan dan bermakna.  Tidak menjadi beban yang justru tidak berpihak kepada anak.

Nyanyian "Aku bosan..sekolah online..”  menjadi viral dan banyak dinyanyikan anak-anak, muncul pula berbagai meme tentang keluhan para murid terhadap sekolah online.  Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta komplain karena harus banyak disibukkan dengan sekolah online tetapi tetap diharuskan membayar iuran SPP secara penuh.  Semua itu adalah dampak negatif dari sekolah online ini.

Memang sekolah online diterapkan karena dipaksakan oleh keadaan.  Banyak pihak belum siap dengan semua ini.  Termasuk platform manajemen pengelola sekolah online belum mampu memenuhi kebutuhan aktivitas pembelajaran.   Salah satunya konten pembelajaran yang masih sama dengan sistem pembelajaran offline.

Alhamdulillah sekarang sudah mulai bermunculan situs belajar online untuk mengantisipasi permasalahan yang diakibatkan sekolah online ini.  Salah satunya adalah situs belajar online kelaspintar.id. Dan ternyata kini sudah mulai banyak juga sekolah yang menggunakan situs belajar online ini.

Situs belajar online kelas pintar ini menjawab permasalahan untuk guru dan murid di dalam proses pembelajaran sekolah online.  Menjadi solusi dengan cara memberikan konten dan proses pembelajaran yang menarik. 



Situs belajar online kelaspintarid ini menjadi semacam bimbingan belajar online yang membantu sekolah online dengan latihan soal online yang berbobot dan lengkap, dan tentu saja proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Kelas pintar ini menawarkan solusi belajar digital yang dapat diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses mengajar dengan menggunakan sistem terintegrasi. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk mendukung perkembangan belajar siswa.  Orang tua pun dapat memantau perkembangan sekolah online anak-anaknya dimana pun dan kapan pun.  

Semoga saja kehadiran situs bimbingan belajar online seperti kelas pintar ini memberikan solusi terhadap dampak yang diakibatkan sekolah online selama ini.  Pembelajaran yang menyenangkan memang hal yang utama di dalam proses balajar dan mengajar.

Dalam pembelajaran anak yang menyenangkan kondisi otak anak akan berada dalam kondisi alfa dimana kondisi alfa ini menurut para ahli syarat atau neurolog merupakan tahap paling cemerlang atau iluminasi proses kreatif otak.  

Kondisi alfa merupakan kondisi terbaik untuk belajar sebab sel saraf dalam kondisi harmoni atau keseimbangan sehingga apa yang diajarkan dalam kondisi alfa ini akan diterima secara optimal. Pembelajaran yang menyenangkan yang tidak membuat anak-anak tertekan adalah syarat mutlak di dalam sebuah proses pembelajaran yang baik.

Mudah-mudahan saja tidak ada lagi anak-anak, guru dan bahkan orang tua yang stress akibat sekolah online ini. Nah teman-teman cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida kali ini semoga tulisan Sekolah Online New Normal Pendidikan ini bermanfaat untuk kita semua ya.... :)

33 komentar :

  1. Anak saya kan baru tk nih mba trus karena belajar onlen dirumah,sy berniat mau kursus baca tulis ehntaunya tempat kursusnya juga daring capekk deh, pdhal kebutuhan kalau anak 5 tahun kan harus byk latihan lgsg sm tutor ya sy cuman bs geleng geleng dan pasrah sama kondisi pendidikan kita saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, anakku yang bungsu juga harusnya TK tahun ini. Karena belajar daring, aku jadi batal masukin ke TK. Di sini sebenernya ada juga tatap muka, tapi aku malah parno. Jadinya gak masuk TK deh. Aku ajarin sendiri deh baca tulis, main, dan skill lain. Ngikutin kurikulum kakaknya waktu TK 2 tahun lalu. Butuh ekstrasabar deh. :D

      Hapus
  2. Wah, solusi nih biar anak2 yang kurang paham bisa lebih mengerti pelajaran. Iya emang sih online beda sama tatap muka maka ilmu yg diserap juga beda pastinya ya. Semangat para ortu.

    BalasHapus
  3. Kujuga pusing nih liat anak2. apalagi anak2nya jadi makin ngebet buat refreshing :(

    BalasHapus
  4. Wew! Kelas Pintar ini pas bener saat pandemi kayak gini. Ngurangin pusing orang tua

    BalasHapus
  5. Aku udah ceki-ceki website-nya mbaaa
    Beneran ini recommended buat pelajar jaman now.
    Semoga semua tetap semangat menuntut ilmu yaaaa

    BalasHapus
  6. Skrg sekolah online mudah didapatkan dan membantu anak yah apalag ad bimbel sekecee kelas.id, patut dicoba keponakan di rumah nih

    BalasHapus
  7. Jadi pengen tahu banyak dengan Kelas PIntar ini mba. Apalagi anakku yang kecil kelas 6 SD butuh materi belajar online seperti ini

    BalasHapus
  8. Suer deh teh baru tau ada Situs belajar online kelaspintarid.
    Memudahkan banget buat anak dan orang tua untuk bimbel online di rumah aja.

    BalasHapus
  9. Adanya situs atau website belajar online, bisa jd alternatif bagi orang tua aplg yg ud cluless ngajarin anak

    BalasHapus
  10. Kelas pintar memang bisa menjadi pilihan tepat bagi orangtua utk menjadikany sebagai pendamping belajar online di masa new normal ini ya.

    BalasHapus
  11. memang nih mba, semenjak pandemi dan belajar dari rumah aku sempat kewalahan dampingi anak belajar. nah kelas pintar ini bisa jadi pilihan solusi

    BalasHapus
  12. Sekolah online itu ada kemudahannya tapi anak juga butuh sosialisasi, main sama teman. Semoga pandemi segera berakhir. Kalaupun nanti ada belajar online, ya gak sesering kaya sekarang

    BalasHapus
  13. solusi buat orangtua, minimal ini bisa membantu untuk menjelaskan mata pelajaran yang buat orangtua sulit untuk menjelaskannya yaa

    BalasHapus
  14. Sekolah online memang banyak kemudahan. Tetapi, proses membimbing siswa itulah yg terasa kurang jika hanya mengandalkan sistem online 😊 tapi untuk masa pandemi seperti ini memang keberadaan bimbel online sangat membantu ortu, dan guru, mbaaa

    BalasHapus
  15. Mendampingi anak belajar online di rumah lumayan banyak dramanya yah Teh, kayaknya butuh bantuan dari Bimbel Online Kelas Pintar nih supaya mamanya gak pusing hehehe

    BalasHapus
  16. Iya mba, semoga aja kehadiran situs belajar online ini bisa bantuin para orangtua yang bingung gimana cara menjelaskan pelajaran ke anak-anak ya. Kadang tau tuh cara mengerjakannya, tapi mengajarkannya kok ya kesulitan ya. Kurang paham metodenya sih. :)

    BalasHapus
  17. Nah mwastikan pembelajaran online ini sama menyenangkannya dengan pwmbelajaran offline memang PR besar nih.. semangaat selalu untuk perbaiki siatem yang ada

    BalasHapus
  18. Menarik ya Kelaspintar ini. Aku jadi kepengen anak bujang nyobain bimbil online ini. Metodenya bagus. Bujuk-bujuk dia dulu aah. :D

    BalasHapus
  19. sedih dengan kondisi saat ini, tapi apa mau dikata emang lagi dibutuhkan banget banyak latihan dan belajar di rumah aja ya.

    BalasHapus
  20. Syukurlah ya mba sekarang bisa disiasati dengan mengikuti kelas pintar macam ini, meski pandemi pendidikan anak tetap nomor satu

    BalasHapus
  21. Segera cari bantuan melalui bimbingan seperti Kelas Pintar jika membutuhkan ya Mbak.

    BalasHapus
  22. Zaman teknologi digital seperti ini, apa - apa bisa dilakukan dengan daring. Kelas Pintar contohnya,anak-anak nggak perlu kehilangan pendidikan.

    BalasHapus
  23. Kelas belajar online begini semoga semakin membantu anak-anak dalam mencapai cita-cita.
    Berkah ilmunya, berkah gurunya yang membantu mengajar.
    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  24. Pada akhirnya semua harus beradaptasi ya mbak. Tidak cums guru dan siswa, tapi juga orang tua. Waktu memang seperti terhenti. Tapi yakin, semua bakal terlewati. Hadirnya kelas belajar online ini semoga bisa menjawab persoalan belajar daring yang saat ini sering ditemui.

    BalasHapus
  25. Sejak awal PJJ, saya menurunkan ekspektasi. Karena belajar online bisa jadi akan banyak kendala. Tetapi, supaya gak tambah stress, anak-anak saya juga ikut bimbel

    BalasHapus
  26. Salah satu aplikasi yg membantu, semakin byk pilihan tggal disesuaikn dgn kebutuhan anak

    BalasHapus
  27. aplikasi ini sangat membantu bagi kami yang memilih jalur pendidikan HS tinggal disesuakan aja dengan umur anak-anak kami..

    BalasHapus
  28. Adik saya juga mengeluhkan betapa melelahkannya belajar online. Bukan sekolah sih tapi kuliah online
    Senangnya ada kelaspintar yang hadir sebagai solusi bagi adik adik usia sekolah.

    BalasHapus
  29. Menarik sekali, Mbak. Ada pelajaran untuk anak yang sekolah MTS, nggak ya? Ini PR utama saya, sih. Ilmu cetek tapi harus menemani anak belajar dan mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  30. Ini belajarnya pake komputer apa hp? Bisa untuk kelas 3 SD?

    BalasHapus
  31. Bener sekali, kelas online seperti Kelas Pintar ini pasti sangat membantu. Secara sekarang, offline masih jauh dari harapan.

    BalasHapus
  32. Wah, thx infonya. Nanti aku kasih tahu ke adikku yang masih bersekolah, barangkali dia berminat menggunakan kelas pintar ini

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^