blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

3 Jan 2021

Kata Kata Semangat, Berpengaruhkah ?

Kata-Kata Semangat


Pernah membaca dalam sebuah forum di dunia maya kisah yang menggambarkan betapa kata-kata semangat itu sangat memberi arti.  Sekecil apa pun kata semangat yang diucapkan dengan penuh ketulusan, sopan santun dan niat yang baik akan sangat berarti bagi orang lain.

Kisah tentang Pentingnya Kata-Kata Semangat

Alkisah di sebuah rumah sakit ada dua pria yang sedang sakit, satu pria di dekat jendela dan satu lagi pria di sebelahnya, seorang pria lumpuh yang harus terbaring terus di ranjangnya.  Setiap hari pria yang di dekat jendela menceritakan tentang keindahan, tentang apa-apa yang menyenangkan di balik jendela itu.  Kata kata semangat  itu membuat hari-hari pria yang sedang sakit lumpuh itu berubah menjadi penuh semangat.

Hatinya jadi senang membayangkan apa yang diceritakan si pria dekat jendela, pria lumpuh itu jadi membayangkan hal-hal yang menyenangkan sesuai cerita si pria di dekat jendela itu.  Suatu hari si pria yang dekat jendela meninggal dunia.  Betapa sedihnya si pria lumpuh tersebut, kata kata semangat yang biasa terdengar dari temannya tak bisa di dengar lagi.

Ia lalu meminta perawat memindahkan dirinya ke sebelah jendela agar bisa melihat keindahan seperti yang diceritakan temannya dulu.  Betapa terkejutnya dia, karena ternyata di balik jendela itu sejauh mata memandang hanyalah tembok saja.  Ia lalu berteriak memanggil perawat dan bertanya kenapa yang dilihatnya tidak seperti apa yang diceritakan temannya.

Si perawat lalu mengatakan pria temannya yang baru meninggal itu sebetulnya buta, mungkin ia ingin menyemangati temannya dengan berkhayal sesuatu yang indah.  Pria yang meninggal itu memang telah memberikan semangat kepada temannya dengan kata-kata semangat dan berbagai cerita yang menyenangkannya.



Memotivasi Diri dengan Kata-Kata Semangat

Dari kisah di atas terbukti kata kata semangat atau kalimat motivasi itu bisa menjadi sebuah energi yang membuat seseorang ingin berbuat sesuatu, membuat seseorang lebih bersemangat dan tidak kehilangan harapan.  

Mendengarkan atau membaca kata-kata semangat bisa menyugesti diri dalam memerangi depresi yang bisa saja terjadi.  Kata kata semangat bahkan bisa membuat kepercayaan diri kita meningkat dan menjadi energi untuk bisa bangkit dan berbuat sesuatu.

Untuk menjadi sukses kita perlu memiliki keyakinan positif tentang diri kita sendiri.  Keyakinan yang ada pada kepala kita sangat tergantung pada berbagi pengalaman dan informasi yang meyakinkan diri kita.  

"Dalam permainan basket saya melakukan kesalahan melempar bola ke keranjang lebih dari 9.000 kali.  Saya kalah dalam pertandingan lebih dari 300 kali.  Saya dipercaya melakukan lemparan kemenangan di akhir waktu pertandingan 26 kali dan saya gagal. Saya gagal lagi dan lagi tapi saya tidak pernah menyerah.  Itulah yang membuat saya sukses" Michael Jordan pemain Legenda NBA.

Apa yang teman-teman rasakan setelah mendengar atau membaca ucapan Michael Jordan sang pemain legenda NBA yang sukses ini?  Kalau yang saya rasakan saat membaca ungkapan Michael Jordan ini adalah ada sebuah perasaan semangat dalam diri karena ada informasi ke dalam diri bahwa ternyata orang-orang sukses itu untuk menjadi sukses melalui sebuah proses belajar dan bertumbuh.  

Semua sama untuk menjadi sukses kita harus memaksakan diri untuk terus belajar, terus bertumbuh.  Kita pun perlu terus memberi input pada diri dengan kata-kata semangat yang akan membentuk diri kita memiliki citra positif.  

Seorang Napoleon Hil penulis buku Think and Grow Rich mengatakan "pengulangan pengukuhan perintah kepada pikiran bawah sadar adalah satu-satunya metode yang diketahui tentang perkembangan sukarela dari emosi keyakinan". 

Pengulangan pengukuhan perintah ini dalam istilah lain disebut sugesti pribadi. Memberi kata-kata semangat ke dalam diri sehingga pengulangan kata-kata itu akan membentuk keyakinan dan sikap positif dalam diri kita.

Maxwell Maltz seorang ahli psikologi sangat menganjurkan teknik semacam afirmasi ini dalam upaya membentuk citra diri.  Bahkan seorang Robert G Allen dalam bukunya One Minute Millioner menyertakan afirmasi sebagai salah satu langkah menuju milyuner.

Tidak ada yang bisa menghancurkan seseorang kecuali pikirannya sendiri.  Kita harus berpikir besar bahwa kita pasti bisa dan itu harus tertanam dalam pikiran bawah sadar kita.  Hal ini penting sekali karena otak kanan yaitu alam bawah sadar kita itu sangat dominan menentukan kesuksesan manusia.

Pentingnya Re-Instal Alam Bawah Sadar

Dalam psikologi modern kesuksesan manusia ditentukan oleh otak kanan sebanyak 88% dan sisanya ditentukan oleh otak kiri sebanyak 12%.  Inilah mengapa kita harus mensugesti diri kita dengan kata-kata semangat karena kadang alam bawah sadar kita membutuhkan re-instal.

Re-instal ini perlu dilakukan karena mungkin saja selama ini yang masuk adalah rasa marah, trauma, dendam, depresi, atau stress terhadap sebuah peristiwa.  Maka kita perlu memperbaikinya dengan cara mengaktifkan bawah sadar kemudian mensugestinya dengan kata-kata semangat atau kata kata postif. 

Jadi kalau yang ada dalam pikiran alam sadar kita adalah keyakinan yang buruk yang mengakar kuat, apa yang kita afirmasikan akan ditolak mentah-mentah oleh alam bawah sadar kita.  Ketika kita mengafirmasi diri dengan mengatakan "Aku orang sukses" pikiran bawah sadar kita akan menolaknya dengan berkata "Ah masa sih, yang bener aja,...jangan mimpi dong..." 

Saat kita mengafirmasi diri dengan "Aku orang bijak.." pikiran bawah sadar kita mungkin akan mengatakan "bijak kok kekanak-kanakan begitu, ngaca dong..." hahaha.... Begitulah kalau kita belum mere-instal alam bawah sadar kita.  Bantahan akan terus dilakukan bahkan menguatkan keyakinan negatif yang tersimpan dalam alam bawah sadar kita. 

Itulah hati yang berpenyakit, jiwa yang sakit yang harus kita sembuhkan.  Afirmasi positif atau sugesti positif dengan memberikan kata-kata semangat dalam diri baru bisa ampuh diterapkan jika sejak awal kita sudah memiliki keyakinan bawah sadar yang positif. Artinya hati atau jiwa kita dalam kondisi sehat.  Jadi penting sekali kita mereinstal terlebih dahulu alam bawah sadar kita. 

Iman yang Kokoh Pondasi Diri

Seorang muslim akan mendapatkan keyakinan positif bila keimanan kuat tertancap dalam diri.  Berpegang teguh pada ajaran agama berarti ia meyakini Al Qur'an sebagai penuntun hidupnya.  Meyakini bahwa apa yang difirmankan oleh Allah SWT adalah kebenaran yang hakiki.

Di dalam Al Qur'an disebutkan bahwa kita adalah umat yang terbaik atau Kuntum khoeru ummatin.. ini terdapat di dalam Al Quran Surat Al Imran ayat 110.  Atau ada ayat lainnya seperti.. manusia itu diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya di QS At Tin ayat 4.  Keyakinan -keyakinan positif inilah yang akan terbentuk bila kita memiliki kekokohan iman.

Sebetulnya dengan bersandar pada ajaran Allah SWT melaksanakan perintahNya menjauhi laranganNya akan membuat kita menjadi pribadi yang sukses.  Karena di dalam Al Qur'an itu terdapat petunjuk hidup manusia yang akan menyelamatkannya dan memberikan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.


Di dalam Al Qur'an jelas sekali tentang pentingnya kita memanfaatkan waktu yang Allah SWT sediakan dengan mengisinya untuk kebaikan.  Allah SWT bersumpah dengan nama makhluknya hanya tentang waktu.  Wal Asr, demi masa.., Wal Fajr...Demi waktu fajar, Wa Dluha , demi waktu dluha...Wa lail, Demi waktu malam dan beberapa ayat lainnya tentang waktu.....Memanfaatkan waktu tidak hanya dengan hal yang positif tapi juga produktif, jelas akan membuat kita menjadi pribadi yang unggul.  

Teori apa pun semisal meritokrasi yang membuat negara Singapura menjadi negara maju dari negara yang sangat miskin ini ada dalam Al Qur'an.  Sayangnya terkadang kita enggan mempelajarinya, kebanyakan dari kita hanya membaca saja tanpa memahami artinya.  

Ibarat sebuah resep yang diberikan dokter yang diberikan kepada kita kala kita sakit, kita hanya mengulang-ulang membacanya tanpa memahami isi resep itu terlebih melakukan perintah di dalam resep itu.  Itulah kebodohan yang sering umat Islam lakukan.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa informasi yang masuk ke dalam diri itu sangat berpengaruh kepada citra diri kita.  Untuk menjadi sukses perlu ada kata-kata semangat yang menjadi input ke dalam diri kita, namun hal itu akan berpengaruh besar bila kita memiliki kesehatan jiwa atau hati yang sehat, hati yang tidak berpenyakit, hati yang bersih.... positive vibes, positive thinking with positive people....

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Kata-Kata Semangat, Berpengaruhkah ? ini bermanfaat untuk kita semua ya, terutama untuk diri pribadi untuk menggapai menjadi pribadi yang terus lebih baik lagi.

12 komentar :

  1. Betul banget, re instal ato re programming pikiran yang diperlukan, vuma masih banyak yang belom paham. Soale ketika kita akan memasukan kata2 afirmasi di saat lagi banyak pikiran, depresi, stress, moody dll ga akan bisa masuk, sebisa mungkin mendelete dulu emosi2 negatif yang ada , baru bisa diterima.
    Ahh, kata2 penyemangat memang sangat dibutuhkan yaa.

    BalasHapus
  2. Terima kasih tulisan nya mbak. Mengingatkan kembali pentingnya motivasi dan memelihara alam bawah sadar dengan asupan2 yang positif

    BalasHapus
  3. Menurut saya..penting mba, kata2 motivasi ini baik lesan maupun tulisan, bensr2 membangkitkan semangat..

    BalasHapus
  4. Menurut saya penting, Mba, apalagi bila kata-kata motivasi itu diberikan oleh orang yang dicintai, pasti besar banget pengaruhnya :)

    BalasHapus
  5. Sugesti diri supaya tetap bisa berjalan positif, ya. Setiap orang sepertinya mempunyai kata-kata semangat favorit yang berbeda. Untuk orang lain pun, cara memberi semangat bergantung individu. Pondasi iman juga berpengaruh.

    BalasHapus
  6. Makasi udh sharing ini mbak, mengingatkan diri ini juga utk selalu ekspos kata2 yg baik utk diri sendiri

    BalasHapus
  7. Semuanya kembali ke hati dan pikiran kita yang menerima positive vibes dan merefleksikannya dalam semangat diri yaa mba

    BalasHapus
  8. Bismillah, semangat untuk terus mencintai diri sendiri dan lebih memperbaiki diri dengan bersemangat. Makasih Mba Ida selalu mengingatkan untuk terus bepikiran positif.

    BalasHapus
  9. Aku udah pernah baca yang cerita dua orang pasien itu teh tapi baru tahu cerita Michael Jordan ini bener ya kudu afirmasi postif dalam diri dan reinstal alam bawah sadarnya

    BalasHapus
  10. cerita 2 org itu saya pernah dengar tp yang Michael Jordan belum pernah, keren ya kalau mind set kita selalu berpikir positif :)

    BalasHapus
  11. Jadi orang yang sukses memang gak mudah yaa, teh..
    Selalu ada usaha dan doa yang lebih yang dilakukan. Pasti.
    Janji Allah itu nyata.

    Tabarakallahu...

    BalasHapus
  12. Buat aku kata2 penyemangat itu berpengaruh banget. sebagai imun, vitamin dan pendorong hidup aku. Zaman sekarang susah bertemu orang, otomatis ga bisa curhat2an kaya dulu. sebagai gantinya motivasi diri dengan kata2 penyemangat dibutuhkan sekali.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^