blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

4 Jan 2021

Tanaman Hias Indoor


Tanaman Hias Indoor


Salah satu hobi yang sedang viral saat ini adalah berkebun tanaman hias.  Meski niatnya bukan ikut-ikutan karena viral dan memang berjalan mengalir begitu saja tetapi tetap saja sepertinya hobi saya yang baru ini seperti saya terbawa ku sakaba-kaba alias ikut karena viral...hahaha  Tentang tanaman hias ini Cerita Ida pernah menulis di sini ya... teman-teman.. Kali ini saya ingin menulis tentang tanaman hias indoor.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya bawa pandemi ini membuat saya jadi #dirumahaja.  Efeknya jadi segala kelihatan dong, akhirnya ngoprek sana-sini bebenah di dalam rumah.  Akhirnya pengen dekor rumah dengan tanaman hias palsu, lanjut ke kaktus, eh jadi hobi berkebun awalnya sayuran dan tanaman dapur sekarang ke tanaman hias begitu sejarahnya,  jadi terserah mau dibilang kebawa arus juga ya.. Sekarang merambah ke tanaman hias indoor, ini juga ada sejarahnya sih...

Nah setelah jadi hobi saya jadi keranjingan dong awalnya aglonema, alhamdulillah ada yang ngasih dua jenis, dua jenis lagi sempat beli sih ke Cihideung.  Kemudian yang beli itu malah sekarang sudah engga ada deh...huhu, tinggal aglonema pemberian saja.  Alhamdulillah kemarin sempat ada tetangga yang tiba-tiba saja ngirim pohon aglonema.

Yang satu mati, padahal sudah tumbuh subur, tapi karena beberapa kali saya terlalu rajin alias kegatelan ganti-ganti pot, akhirnya aglonema lipstik itu mati.  Satu lagi dicuri orang karena disimpan di depan makanya akhirnya saya jadi melirik tanaman hias indoor.  

Mengapa tanaman hias indoor ?  Ya karena pencurian tanaman hias sekarang merajalela.  Tetangga sebelah dicuri aglonemanya sampai 14 pohon.  Kemudian setelah itu tanaman hias yang sedang viral, Janda Bolongnya juga dicuri.  

Tanaman Hias



Tanaman Hias Indoor Adalah....


Kebayang dicuri satu saja saya sempat kehilangan dong dan tadi malam pun dicuri lagi caladium putih..sedih.. apalagi ini belasan.  Terlebih saya tahu betul pepohonan di tetangga sebelah itu sudah belasan tahun dipelihara.  Tetangga sebelah itu memang hobi berkebun dari dulu, halamannya yang luas diisi dengan berbagai macam tanaman hias yang terawat cantik.

Nah jadinya beberapa tanaman hias yang cantik atau yang 'ada harganya' saya simpan di dalam rumah.  Jadilah tanaman hias indoor saya pelajari, karena kalau tanpa ilmu takutnya pohonnya pada mati karena ditempatkan dalam kondisi yang salah, jauh berbeda dari habitatnya.Tanaman hias indoor adalah tanaman hias dalam ruangan yang bisa digunakan dalam desain interior. 


Ciri Tanaman Hias Indoor


Biasanya untuk tanaman hias indoor itu dominasi daun atau berbentuk daun bukan bunga, memiliki struktur lunak dan tidak berkayu dan hanya membutuhkan sedikit air serta tidak memerlukan sinar matahari terlalu banyak karena di dalam ruangan memang tidak akan mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Sebetulnya perlu adanya pemilihan jenis tanaman hias indoor yang sesuai dengan konsep desain rumah kita.  Pemilihan tanaman hias indoor  perlu memperhatikan adanya sinergi dan keselarasan antara elemen desain dan elemen alam dari tanaman.  

Manfaat Tanaman Hias Indoor


Awalnya hanya takut pohon-pohon kesayangan dicuri, tetapi akhirnya saya menemukan banyak manfaat memiliki tanaman hias indoor.  Tanaman hias indoor atau tanaman hias dalam ruangan selain menjadi salah satu komponen dalam desain interor yang dapat mempercantik ruangan juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, kesehatan juga bahkan kecantikan.  Manfaat itu antara lain adalah:

Mengurangi Stress


Tanaman hias indoor bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi stress yang sedang dialami.  Kadang karena kejenuhan tingkat tinggi dalam aktivitas kesehariannya atau pun kondisi tubuh yang tidak mendukung seseorang bisa mengalami stress.  

Dengan memandangi keindahan tanaman hias indoor yang memiliki nilai seni yang bagus dari segi bentuk, warna, model maupun corak bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.  Merasakan kesejukan berada didekatnya juga bisa mengurangi tingkat stress yang dirasakan karena membuat otak menjadi rileks.  

Memberi Kesegaran dalam Ruangan


Tanaman hias indoor juga tetap melakukan proses metabolisme di dalam tubuhnya seperti misalnya berfotosintesis yang menghasilkan zat makanan dan berguna bagi keberlangsungan hidupnya.  Karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia sebagai zat buangan dari aktivitas bernafas  ditangkap oleh tanaman hias indoor.

Proses dari fotosintesis itu menghasilkan oksigen yang digunakan untk bernafas.  Artinya ruangan yang di dalamnya ada tanaman akan kaya dengan oksigen.  Dan oksigen yang berlimpah ini akan membuat suasana menjadi lebih segar dan sejuk.



Menyegarkan dan Menyehatkan Mata


Penyakit mata yang biasanya sering disebabkan oleh kelelahan dapat diatasi salah satunya adalah dengan melihat sesuatu yang menyegarkan dan menyejukkan mata.  Tanaman hias indoor yang pada umumnya memiliki tampilan yang segar dan sejuk bisa menjadi solusi terbaik pada saat kelelahan menyerang mata.

Contoh Tanaman Hias Indoor


Beberapa contoh tanaman hias indoor antara lain adalah:  Kaktus, Sukulen,  Anggrek,  Anthurium, Lidah Mertua, Pakis pakisan, Alocasia, Phylodendron, Caladium, Aglonema, Sirih Gading, Palem Kuning, Monstera, Begonia, Lili Paris dan lain sebagainya.    

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Tanaman Hias Indoor ini bermanfaat untuk kita semua ya...                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

16 komentar :

  1. Tanaman indoor hrs sering dikeluarkan nggak Sist? Apakah perawatannya mudah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak terkena matahari dikeluarkan kalau saya Mba tiap pagi sampai jam 10 an kalau yang terkena sinar matahari tidak langsung dari jendela saya keluarkan sesekali saja... Pohon yg ada di dalam rumah saya selama ini mudah Mba, saya yg indoor ada anthurium, Alocasia, Phylodendro, aglonema, caladium semua itu mudah mba.. entah kalau jenis yg lain. Alocasia, caladium n Phylo, anthurium itu disiram tiap hari kalau aglonema tiga hari sekali... :D

      Hapus
  2. Lagi suka juga sama hobi ngerawat tanaman hias, tapi belum banyak.

    BalasHapus
  3. Beberapa tanamannya aku liat ada di rumah. Ibuku lagi seneng-senengnya nanam tanaman lagi. Kalau aku pribadi, lebih suka yang ukuran kecil kayak kaktus haha. gak terlalu ribet rawatnya. :)

    BalasHapus
  4. Eh iya bener Teh, sekarang lagi musim pencurian tanaman hias.
    Ya karena harganya jadi selangit sih yaaa, makanya orang jahat tuh adaaa ada idenya.
    Aku sukaaakk sama tanaman2 indoor ini, tapi kalo di rumah kami, yg biasa gardening tuh ibu mertua sama ART. Aku bagian ngerawat kucing aja wkwkw

    BalasHapus
  5. Ibu saya seneng juga nih dengan tanaman indoor. Berhubung lagi viral dan beliau juga memang senang bercocok tanam. Jadi lengkap koleksi tanaman beliau, ada yg indoor juga outdoor.

    BalasHapus
  6. Harga tanaman saat ini lagi menggoda banget, ya. Makanya sampai ada begal tanaman.

    BalasHapus
  7. ya ampun, baru tahu kalo pencurian tanaman hias sedang marak
    Mangkaning aku mah hare-hare, tanam di mana aja
    Besok cek ah, walau kayanya saya juga pelupa
    Mungkin nggak ngeh ada yang hilang saking banyaknya :D :D

    BalasHapus
  8. Bagi sebagian orang sekarang ekonomi sangat sulit, buat makan aja susah sampai mesti ngutang. Lihat orang lain punya tanaman yang bisa laku mahal, langsung deh diangkut. Apalagi kan kebanyakan orang naro tanaman di halaman.

    BalasHapus
  9. Sekarang kalo lihat kolektor talas-talasan dan daun-daunan yang cantik-cantik begini saya gak heran. Soalnya di rumah saya di kampung, ayah saya sejak tahun 90-an sudah hobi banget nge-pot-in tanaman begini. Kalo di kampung, bukan pencuri yg ditakuti mba, tapi hewan, kayak kucing-kucing dan ayam kampung tuh, suka usil dan gemesssss mereka buat ngerusakin tanaman. Wkwkwk.

    BalasHapus
  10. Hobi yang benar-benar menyegarkan hati ya Mbak Ida. Ngeliat tanaman-tanaman dengan warna dan tekstur yang indah seperti ini kita jadi terhibur meski harus di rumah aja.

    Itu kecolongan miris banget Mbak. Sampe belasan begitu. Ya ampun. Pasti sedih banget.

    BalasHapus
  11. teh Ida koleksi tanamannya cakep2 banget, duh aq suka kepoin nih di IGnya..kereen banget, klo aq suka moodyan merawatnya kebanyakan suka lupa nyiram :)

    BalasHapus
  12. Cantik banget memang yaa tanaman hias indoor bikin seger pojok ruangan ya teh, plus kalo kita hobi berkebun bisa menghasilkan juga nih karena lagi banyak peminatnya kan

    BalasHapus
  13. suka estitika ruangan baik indoor maupun outdor, menarik dan perlu dipraktikkan di rumah

    BalasHapus
  14. salah satu berkah pandemi ya ini, jadi rajin ngerawat bunga. Apalagi akhir-akhir ini liat bunga kok cakep2 banget. Jadi pengen punya juga untuk menghilangkan stress.

    BalasHapus
  15. Aku udah sering liat postingan foto tanaman hias mbak Ida di IG, dan selalu takjub tiap liat jenis tanaman yang ditampilkan. Gimana ga seneng dan gembira ya walau di rumah aja, ada yang bisa dipandangi, cantik-cantik dan menawan.

    Kalau Lidah mertuaku gagal mulu hidupnya tiap kutaruh di dalam rumah. Kebanyakan disiram kayaknya :))

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^