blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Feb 2021

Tips Memilih Penginapan Saat Traveling di Masa Pandemi


Penginapan

Tips Memilih Penginapan Saat Traveling di Masa Pandemi  Tak terasa sudah setahun hidup di  masa pandemi, sebuah masa yang tidak pernah terlintas sedikit pun dalam benak akan bisa terjadi.  Banyak yang terpapar dengan musibah pandemi covid-19 ini, kehilangan mata pencaharian kemudian mengubah banyak hal.  Termasuk salah satunya keinginanku untuk terus berkiprah menjadi traveler blogger.  

Tak perlu menjadi blogger ngehits, karena itu memang bukan tujuan, tapi bisa berkeliling Indonesia, bahkan traveling ke mancanegara pastilah menyenangkan dan menjadi salah satu impianku sebelum pandemi terjadi.  Tapi semua itu berubah total karena di awal tahun 2020 pandemi muncul.  Beruntungnya di awal 2020 sempat 'traveling' dengan kondisi yang berbeda, yup, karena traveling kali ini bersama suami dan  menginap di penginapan yang wah. Hal yang tak pernah dilakukan selama menisbatkan diri menjadi traveler blogger.

Biasanya kalau traveling saya selalu pergi bersama dengan sahabat dan teman-teman lainnya.  Karena kalau traveling dengan keluarga lengkap dengan kelima anak-anak, saya menganggapnya bukan traveling tapi ngasuh..hahaha... Tapi tentu saja kebersamaan bersama keluarga jauh lebih menyenangkan karena ada kebahagiaan tersendiri yang tidak bisa dirasakan bersama teman-teman.

Saat pergi ke sebuah destinasi wisata bersama suami dan kelima anak-anak, saya selalu memilih penginapan untuk keluarga.  Jadi kalau hotel biasanya memilih family room atau di penginapan tertentu ada pilihan tipe bungalow.  Tipe ini seperti sebuah rumah kecil di dalam sebuah lingkungan penginapan. Tipe ini terdiri dari dua kamar tidur lengkap dengan ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi.   

Saat traveling bersama teman-teman saya jarang menginap di penginapan yang mewah,  kecuali saat di Kuala Lumpur itu memang berbeda karena dapat promo diskon hampir 70% meningap di semacam suite room yang wah dan pemandangan malam yang luar biasa dan tak terlupakan.

Tips Memilih Penginapan Saat Traveling di Masa Pandemi

Memilih penginapan saat traveling memang tergantung banyak hal, tapi yang terutama adalah tentang budget yang kita miliki.  Pengalaman traveling selama ini, saya tidak memiliki penginapan dengan kriteria khusus, semua tergantung dengan anggaran dan kondisi.

Namun tidak melulu soal budget memang, tapi juga kondisi, seperti saat saya traveling ke Labuan Bajo.  Waktu itu pulang pergi saya transit di Bali.  Hanya untuk transit jadi memilih penginapan yang murah meriah karena numpang tidur saja.  Waktu itu tiba di Bali siang hari, istirahat sebentar sekitar dua jam, kemudia sore harinya kami pergi jalan-jalan pulang larut malam, dan shubuh harus segera ke bandara menuju Labuan Bajo.  

Penginapan yang menjadi pilihan kami saat seperti itu adalah penginapan yang murah meriah tapi cukup nyaman dan tidak terlalu jauh dengan bandara. Hanya untuk numpang mandi dan istirahat sejenak melepas lelah.  Dalam kondisi seperti itu penginapan low budget jadi pilihan utama.

Kondisi seperti itulah yang menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih penginapan.  Jadi selain budget adalah tujuan menginap.  Seperti saat traveling ke Thailand misalnya, karena menginap tujuannya untuk beristirahat setelah jalan-jalan dan akan dilanjutkan lagi dengan jalan-jalan keesokan harinya maka penginapan yang dipilih adalah hotel yang nyaman dan dekat dengan destinasi wisata yang akan kami eksplor.

Memilih penginapan yang nyaman sesuai budget

Bila ada budget yang cukup, dalam kondisi seperti itu memilih penginapan yang nyaman jadi pilihan.  Mengapa?  Karena kami membutuhkan kondisi yang fit untuk mengeksplor destinasi wisata lainnya keesokan harinya.  Istirahat yang cukup akan membuat kami kembali bugar dan menikmati traveling keesokan harinya.

Selain budget, kondisi dan tujuan menginap, yang sering kami lakukan saat traveling adalah mencari penginapan yang sedang memberi promo menarik.  Kalau kita sedikit mau mencari, tentulah kita akan menemukan banyak promo menarik untuk mendapat penginapan yang nyaman dengan harga yang terjangkau.  Seperti saat di Kuala Lumpur seperti yang diceritakan di atas, kami mendapat penginapan tipe suite rooms yang wah dengan harga murah karena sedang ada diskon 70%.

Jadi kesimpulan dari tulisan di atas Tips Memilih Penginapan Saat Traveling point pentingnya adalah mempertimbangkan:

  • Lokasi
  • Budget
  • Keamanan
  • Perhatikan Fasilitas
  • Mencari Penginapan yang sedang promo

Untuk masa pandemi ini, tips ini ditambah dengan mencari penginapan yang menerapkan SOP Protokol Kesehatan yang ketat.  Saat pandemi ini kita harus lebih berhati-hati karena virus covid-19 ini sangat mudah dan cepat penyebarannya.  

Jadi kita harus tahu bagaimana aturan di penginapan tersebut terkait prokes ini.  Misalnya selain penggunaan masker, pemakaian disinfektan,  kita juga harus tahu aturan di penginapa tersebut misalnya bagaimana SOP saat breakfast.  Tentu saja aturannya berbeda dengan sebelum masa pandemi karena kita harus menjaga jarak.   

Nah teman-teman cukup sekian tulisan Cerita Ida tentang Tips Memilih Penginapan Saat Traveling di Masa Pandemi, semoga bermanfaat ya...

17 komentar :

  1. kalo aku tips yang paling penting adalah keamanan dan kebersihan :D

    BalasHapus
  2. setuju..memilih tempat menginap saat travelling memang sulit2 gampang, dg tips ini insya Allah jadi gampang deh.. Trmksh..

    BalasHapus
  3. Kalau ada penginapan yang sedang promo tuh emang pilihan deh. Dan apalagi kondisi seperti skarang juga cek yang sesuai prokes ya mba

    BalasHapus
  4. jujur saya udah kangen banget pengen liburan sama keluarga, pengen staycation tipis2 lah seenggaknya tapi masih parno huhuu

    BalasHapus
  5. Penginapan dengan menerapkan protokol kesehatan pada kondisi pandemi merupakan hal yang penting ya, mba. Biar setelah jalan2 kondisi badan tetap fit dan bugar. Kalau pas promo besar bonus banget itu, bisa dialihkan utk keperluan lain selama travelling.

    BalasHapus
  6. Setuju Teh, saat traveling pemilihan tempat menginap itu harus diperhatikan sekali. Tempatnya harus nyaman dan lokasinya strategis, supaya liburan bisa tetap menyenangkan ya...

    BalasHapus
  7. Masa pandemi sekarang pastinya aku pun memilih penginapan yang sudah bersertifikasi CHSE biar terjaga kenyamanannya.
    Ahh, semoga cepet berlalu agar bisa terbang sana sini lagi dengn aman.

    BalasHapus
  8. Menginap di hotel di masa kyk gini emang msh agak2 meragukan ya? Penting utk mencari hotel yang bener2 bagus pencegahan covidnya dan melaksanakan protokol dengan sebaik2nya.

    BalasHapus
  9. Kalau sedang promosi memang sangat membantu bahkan tidak ada rencana travelling jadi pengen ikutan travelling. Godaaan oh godaan yang tidak bisa kita hindari

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah jalan ke luar provinsi sih selama pandemi. Karena memang selain ASN sekarang agak susah cuti apalagi mau keluar daerah. Jadi baru sebatas ke kabupaten lain. Bekalnya memang jadi lebih banyak. 1 tas sendiri khusus untuk sanitizer dsb hehe. Demi keamanan ekstra termasuk saat di penginapan.

    BalasHapus
  11. Asli mba kudu penting banget nih mau nginep di penginapan ketika traveling ya Mbak, soalnya kan masa pandemi. Kudu ada CHSE-nya. Makasih mba Ida udah diingattkan

    BalasHapus
  12. Harus benar-benar diperhatikan dan teliti untuk mencari penginapan masa pandemi ya, Mbak

    Saya belum berencana, tapi jika ada yang menginap ya memang sarannya tempat menginapnya harus mengikuti prosedur yang ditentukan oleh pemerintah mengenai SOP Kesehatan y

    BalasHapus
  13. Seringkali lupa bahwa di setiap detik seharusnya kita tawakkal yaa, teh..
    Dan pandemi menyadarkan kita akan banyak hal. Termasuk untuk senantiasa berdoa dan berserah diri akan ketentuanNya.

    Ikhtiarnya, menerapkan SOP prokes yang sesuai ketika bepergian.

    BalasHapus
  14. yang pasti lokasi harus mudah diakses dan dekat dengan destinasi yang akan dituju supaya efektif waktunya.

    BalasHapus
  15. kalau aku nomor satu itu ya harus penginapan yang menerapkan prokes, biasanya di OA itu ada tandanya ya.. trus aku cek via IG dan telepon juga

    BalasHapus
  16. Setuju banget mbak, jika mau staycation harus jeli milih tempat yang tepat. Pasalnya di masa pandemi ini buat kita was-was menempati tempat yang baru.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^