blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Apr 2021

Keistimewaan Bulan Ramadan

Keistimewaan Ramadan


Baca-baca tentang keistimewaan bulan Ramadan saya baru tahu kalau hadist ini palsu:

Seandainya umatku mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadan, maka sungguh mereka akan berharap satu tahun itu Ramadan penuh.  Sesungguhnya surga berhias menymbut Ramadan setiap tahunnya.

 Awalnya mengira ini hadist shahih karena kan Ramadan itu sangat istimewa jadinya wajar kalau ingin bulan Ramadan terus sepanjang tahun tapi ternyata hadis ini memiliki sisi kelemahan yaitu di perawi Jarir bin Ayyub Al Bajali.  

Berkata Abu Nu'aim " Dia memalsukan hadist" Berkata Al BUkhari dan Abu Zur'ah "Munkarul hadists" Berkata An Nasa'i "Ditinggalkan haditsnya.  Berkata Ibnu Al Jauzi dan Asy Syaukani 'hadists ini palsu".

Ala kuli hall, terlepas dari palsunya ini hadist tapi memang Ramadan itu bulan yang sangat istimewa.  Bulan grasi dari Allah sehingga kita diberi ampunan atas semua dosa dan dijauhkan dari siksa api neraka.  Masya Allah.... dosa kita yang sangat banyak ini, bisa terampuni di bulan yang mulia ini.

"Barang siapa berpuasa Ramadan karenaiman dan mengharap pahala (dari Allah),niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (Hadist Muttafaq 'Alaih)

Keistimewaan dari bulan Ramadan ini antara lain adalah:

1. Bulan Diturunkannya Al Qur'an

Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan mulia karena pada bulan ini kitab suci Al Qur'an diturunkan. Hal ini terdapat di QS Al Baqarah 185

"Bulan Ramadan merupakan bulan di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk manusia penjelasan dari petunjuk dan pembeda (antara yang benar dan batil)"

Tentang Al Quran ini saya pernah menulisnya di Agar Al Qur'an Dapat Diaplikasikan dalam Kehidupan Sehari hari.  

2.  Dilipatgandakan Pahala

Setiap amal perbuatan kebaikan bila ikhlas mengerjakannya maka akan dilipatgandakan pahalanya.  Saat bulan Ramadan itu pahala yang diberikan akan dilipagandakan pahalanya. Terlebih di bulan Ramadan ini banyak amal ibadah istimewa seperti sholat tarawih dan zakat fitrah serta bersedekah untuk orang yang berbuka puasa.  

"Barang siapa yang mendirikan sholat malam Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (Hadist Muttafaq 'Alaih)

3.  Di Bulan Ramadan Terdapat Lailatul Qadar

Lailatul Qadar atau malam yang mulia merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan (83 tahun 4 bulan).   Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, doa dikabulkan dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan.  

4.  Pada Bulan Ini Terjadi Perang Badar

Perang Badar merupakan peristiwa besar dimana keesokan harinya Allah SWT membedakan antara haq dan batil sehingga menanglah kaum Muslimin serta hancurnya syirik dan kaum musryrikan.

5.  Bulan Ramadan Bulan Dibebaskannya Kota Makkah Al Mukarromah

Di bulan Ramadan Allah memenangkan Rasul Nya sehingga masuklah manusia ke dalam agama Allah berbondong-bondong.  Rasulullah SAW menghancurkan syirik dan paganisme yang terdapat di kota Makkah.  Makkah pun menjadi negara Islam.

6.  Bulan Ramadan Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup dan Para Setan Diikat

Bulan ini dibuka pintu surga seluas-luasnya, pintu neraka ditutup dan para setan diikat, masya Allah sebuah kesempatan emas bagi kita yang bercita-cita masuk surga untuk memaksimalkan amal kita di bulan ini.  

Setan diikat, tapi kemaksiatan tetap berlangsung?  Sesungguhnya kejahatan atau kemaksiatan yang dilakukan di bulan Ramadan adalah dilakukan oleh para pendosa yang terbiasa melakukan kemaksiatan hingga tanpa digoda setan pun ia akan melakukan kejahatan.  Hawa nafsu telah terbiasa dan terlatih bermaksiat hingga pendosa itu seperti setan dalam wujud manusia.



Nah teman-teman kita yang memahami betapa banyaknya keberkahan dan kebaikan yang terdapat id bulan Ramadan mulia ini wajib untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.  Marilah kita manfaatkan bulan ini untuk bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat, beramal shaleh semaksimal kita bisa sehingga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung.

Sungguh bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa sehingga Rasulullah pun mengaminkan do'a yang dipanjatkan Malaikat Jibril tentang Ramadan ini.  Ada pun do'a Malaikat Jibril yang diaminkan Rasulullah SAW ini terdapat di dalam hadist berikut ini...

"Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril datang kepadaku dan berkata: Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadan, namun dosanya tidak diampuni. Maka Aku pun berkata: Amiin.

Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika mendapati kedua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan kedua orang tuanya tidak membuatnya masuk ke dalam surga. Aku pun berkata: Amiin. 

Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika namamu disebutkan dihadapannya tapi dia tidak bershalawat untukmu. Maka Aku pun berkata: Amiin. 

(HR. Ibnu Khuzaimah, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam shahih al-Tirmidzi)

Nah teman-teman cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida tentang Keistimewaan Bulan Ramadan ini mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua....

9 komentar :

  1. selamat menunaikan ibadah puasa mbak, semoga di mudahkan dan dilancarkan ya ibadahnya :)

    BalasHapus
  2. Subhanallah banyak sekali kemuliaan bulan Ramadan ya Teteh. Semoga tahun ini dimudahkan dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan dan membawa habit baru yang baik untuk bulan-bulan selanjutnya,. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mb. Bersyukur sekali bisa menikmati bulan Ramadan yang penuh berkah bersama keluarga. Smoga ibadah kita dterima Allah

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah teh, emang Ramadan kerasa bedanya dr bulan lain. Banyak yg tiba2 berubah jd santun hahaha
    Pokoknya rasanya seneng aja gtu apalagi udah banyak janji Allah mengenai keutamaan bulan Ramadan yg banyak pahala ya

    BalasHapus
  5. Bersyukur ya mbak kita masih bisa bertemu Ramadhan tahun ini, semoga makin menambah kenikmatan beribadah.

    BalasHapus
  6. ada begitu banyaaak ya mbaa keistimewaan bulan yang lebih baik dari seribu bulan ini ya mba. Alhamdulillah kita bisa bertemu kembali ya mbaa dengan bulan Ramadhan

    BalasHapus
  7. Barakallahu fiik, teteh sekeluarga.
    Semoga senantiasa diberi kemudahan dan kesehatan.
    Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadan.

    BalasHapus
  8. Teteehhh, terima kasiiih sudah mengulas tentang istimewanya bulan Ramadan.
    sungguh aku pengin banget bisa ibadah dgn optimal
    semangaatt

    BalasHapus
  9. yang paling berkesan buat ku adalah perang Badr mba, betapa beratnya perjuangan Rasulullah bahkan dalam Al Quran disebutkan, Allah berfirman langsung kepada Rasulullah untuk tidak gentar dalam perang besar ini, berangkatlah meskipun harus seorang diri. Allahu Akbar.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^